Apa Itu Website Portfolio? Buat Website Untuk Menarik Pelanggan

Apa Itu Website Portfolio – website portfolio perlu dipertimbangkan karena ada banyak hal positif jika menggunakannya. Melalui website ini, Anda bisa membagikan profil pribadi, pendidikan, skill, sampai karya yang pernah Anda buat sebelumnya.

Dengan demikian, ini akan mudah untuk menarik orang yang membaca website Anda. Kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan dan orang yang membutuhkan kemampuan Anda menjadi lebih tinggi. Berikut akan dijelaskan lebih lengkap mengenai manfaatnya.

Apa Itu Website Portfolio

Website portfolio adalah situs yang berisi tentang karya dan pengalaman bekerja Anda. Ini sama halnya dengan CV namun dibuat di website sehingga siapa saja bisa melihatnya dengan mudah.

Di dalam website ini, Anda bisa menarik klien dengan menawarkan berbagai kemampuan dan pengalaman yang sampai saat ini digeluti. Ini lebih menarik dan terlihat lebih profesional. Terutama bagi freelancer yang ingin memulai usaha sendiri/start up.

Lalu, bagaimana jika Anda tidak memiliki pengalaman membuat website sebelumnya? Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada jasa pembuatan website salah satunya dari Niagaweb.

Melalui jasa ini, Anda tidak perlu memiliki skill coding sejak awal. Ada pula website builder yang memiliki performa baik sehingga tidak perlu susah-susah membangunnya dari awal.

Harga yang ditawarkan terbilang terjangkau dengan kualitas dan layanan yang lengkap. Fitur yang menjadi keunggulan Niagaweb ini yaitu websitenya mobile friendly, SEO friendly, gratis domain dan hosting, SSL, dan email bisnis.

Tak hanya itu, servernya juga cepat dan mudah diakses. Semua itu akan menunjang portfolio Anda terlihat lebih premium.

Manfaat Website Portfolio Bagi Freelancer

Bagi Anda yang seorang freelancer, website khusus portfolio dapat memberikan Anda manfaat yang beragam terutama dalam menunjang karir. Berikut adalah manfaatnya:

1. Menunjukkan Profesionalitas

Dengan membuat portfolio di website, tentu Anda akan terlihat lebih profesional. Ini juga akan memudahkan orang lain mendapatkan informasi dari Anda.

Pihak perusahaan bisa menilai kualitas Anda lewat portofolio yang telah dibuat. Di website ini, Anda menyajikan gambar, video, dan tulisan yang berkenaan tentang keprofesionalitasan Anda. Ini akan menarik perekrut karena Anda bersusah payah membuat website untuk profil Anda.

Bagi pemula, Anda bisa menggunakan berbagai situs yang mudah diterapkan. Contohnya WordPress, Blogspot, dsb.

2. Potensi Mendapatkan Job dari Klien

Freelancer lebih mudah mendapatkan job jika ada portfolio. Hal ini karena akan banyak yang mengetahui potensi Anda. Apalagi jika Anda membagikan karya-karya tersebut di website.

Maka akan lebih mudah diketahui secara meluas. Contohnya jika Anda seorang freelance writer. Kemudian, membuat website yang didalamnya berisi tulisan bertema wisata.

Ini bisa membuka kesempatan bagi perusahaan atau jasa biro perjalanan tertarik. Sehingga meminta Anda untuk menuliskan artikel tentang wisata dan mempromosikan biro perjalanan mereka di website Anda atau untuk perusahaan.

3. Bangun Personal Branding

Manfaat selanjutnya yaitu bisa membangun personal branding. Personal branding adalah citra diri yang bisa membentuk persepsi masyarakat/publik tentang aspek yang Anda unggulkan.

Jadi, website portfolio akan membantu mengenalkan diri Anda kepada orang lain dengan kemampuan dan keunggulan yang dimiliki. Diharapkan publik akan memiliki persepsi yang positif terhadap diri sendiri.

Contohnya jika Anda memiliki kemampuan memasak dan punya catering. Anda membagikan hasil masakan dan tips memasak bagi pemula di website Anda. Ketika orang menyukainya,, publik akan mengenal Anda sebagai seorang koki atau ahli dalam memasak.

Buntutnya, bisa jadi ada ajakan dan permintaan untuk memesan catering makanan untuk sebuah acara atau menjadi pembicara di kelas memasak.

4. Wujud Ekspresi Kreativitas

Membuat portfolio adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele apalagi jika menguploadnya di website. Perlu kemampuan dalam mengolah kata sampai memamerkan karya terbaik dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Selain dari tulisan, Anda juga bisa mengekspresikannya melalui podcast, youtube, video yang dishare di website Anda.

Dari sini, lakukan eksplorasi kreativitas dalam membuat portfolio agar terlihat unik dibandingkan orang lain.

Kreativitas ini yang mahal untuk didapat karena tidak semua orang memilikinya. Skill dalam editing, membuat konten menarik, dsb perlu untuk ditingkatkan. Hal ini agar memudahkan dalam menggapai cita-cita.

5. Refleksi Personal

Ketika membuat portfolio sebenarnya Anda bisa menemukan jati diri. Disini karena orang akan berpikir mana yang menjadi minatnya dan keunggulannya saat ini.

Dengan begitu, ia akan lebih mengenal tentang kelebihan dan kelemahannya selama ini. Kelebihan dari portfolio kemudian akan ditingkatkan untuk mencapai tujuan karirnya. Sedangkan kelemahannya bisa menjadikannya mencari cara untuk memperbaiki diri.

6. Asah Skill dan Kemampuan

Membuat portfolio haruslah sekreatif mungkin. Formatnya juga pasti berbeda dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, dalam membuatnya tentu dibutuhkan skill dan kemampuan. Pilihlah format informasi lengkap untuk data pribadi Anda.

Selanjutnya, tambahkan skill Anda didalamnya agar lebih menarik dibaca oleh orang lain.

Tips Membuat Website Portofolio yang Menghasilkan Banyak Pelanggan 

Seperti yang kita ketahui bersama, teknologi internet sudah bisa digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Ini merupakan peluang untuk menunjukkan eksistensi kita di dunia. Apalagi saat ini sudah banyak social media yang memiliki banyak pengguna, sekali klik informasi mengenai kita dapat dilihat oleh seluruh dunia.

Untuk menunjukkan eksistensi kita di internet salah satu caranya adalah kita harus memiliki website portfolio, yang mana di website tersebut kita dapat memamerkan skill yang kita miliki atau apapun tentang diri kita agar dikenal orang dan kita mendapatkan peluang pekerjaan atau peluang usaha dari website tersebut. Berikut adalah tips untuk membuat website portfolio Anda agar menghasilkan banyak pelanggan:

1. Tentukan Tujuan

Sebelum membuat website portofolio ada baiknya jika anda membuat tujuan terlebih dahulu. Hal ini membantu Anda mendapatkan arah dan sasaran yang lebih tepat. Misalnya tujuan Anda membuat website portofolio ini untuk mendapatkan pekerjaan, menjual karya-karya, atau hanya untuk memamerkan karya Anda.

Pastinya tujuan ini harus Anda tentukan sebelum proses pembuatan website, karena tujuan ini dapat mempengaruhi isi atau konten website portofolio Anda.

2. Tampilan Simple

Setelah menentukan tujuan, Anda bisa mulai mendesain tampilan website Anda. Tentunya untuk membuat portofolio Anda bisa membuatnya dengan simple atau sederhana. 

Hal ini dapat membantu agar pengunjung yang melihat website portfolio Anda langsung mengerti apa yang Anda tampilkan. Dengan tampilan yang sederhana, Anda juga dapat menarik lebih banyak pengunjung. Karena tidak semua orang mengerti dan paham tentang website Anda yang terlalu ramai dan rumit.

3. Resource Server yang Digunakan

Anda bisa menggunakan konten/template menyesuaikan dengan resource server atau hosting yang Anda gunakan. Penggunaan website khusus seperti website portofolio memang mengharuskan membuat resource. Anda bisa memilih hosting 24 jam agar dapat memenuhi kebutuhan website Anda.

4. Unik dan Menarik

Portfolio kamu harus menarik agar mudah dikenal oleh pengunjung website. Jika kamu seorang Fotografer, cantumkan foto semenarik mungkin dan juga tampilan website yang simple dan unik agar pengunjung website dapat dengan mudah mengingat kamu dan segera menghubungi kamu.

Buat desain dan isi konten dengan kreatif agar mudah menarik perhatian dari pengunjung. Tampilkan gambar dan judul yang menarik, hal itu bertujuan agar pengunjung tertarik dengan website portofolio kamu.

Sebisa mungkin tampilkan karya-karya Anda yg terbaik saat membuat website portofolio. Hal ini bertujuan agar pengunjung dapat melihat  portofolio dengan cepat dan pengunjung melihat hasil karya terbaik Anda.

Demikian penjelasan tentang Apa Itu Website Portfolio dan manfaat website portfolio bagi freelancer uintuk menarik pelanggan. Segera buat portfolio melalui website agar lebih menjangkau banyak orang. Untuk membangun website lebih cepat sehingga efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website di Niagaweb.