3 Cara Mengubah Kuota Kemendikbud Telkomsel Menjadi Kuota Reguler 2020

By | Oktober 23, 2020
cara mengubah kuota kemendikbud telkomsel menjadi kuota reguler

Teknisi-Blogger.id – Cara Mengubah Kuota Kemendikbud Telkomsel Menjadi Kuota Reguler 2020 – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyalurkan bantuan berupa kuota data internet untuk pelajar, mahasiswa, guru dan dosen.

Kuota data internet dari Kemendikbud ini diberikan secara gratis dalam rangka membantu para peserta didik dan pendidik dalam kegiatan pembelajaran secara online.

Bantuan berupa kuota edukasi ini memang sangat diperlukan mengingat kondisi dunia dan Indonesia khususnya yang saat ini sedang mengalami pandemi Covid 19.

Akibat dari adanya pandemi ini memang membuat kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah dan di kampus diganti menjadi pembelajaran secara online.

Tentu saja kegiatan belajar mengajar secara online ini membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit.

Banyak orang tua siswa yang mengeluh karena besarnya pengeluaran untuk pembelian kuota internet untuk keperluan anak-anak mereka belajar online.

Oleh karena itu inisiatif dari Pemerintah untuk memberikan bantuan kuota data internet secara gratis ini perlu kita apresiasi.

Pemerintah Berikan Kuota Gratis Edukasi 2020

Salah satu yang diberikan oleh pemerintah melalui semua operator di Indonesia adalah kuota kemendikbud. Kuota ini biasanya, akan diberikan melalui nomor yang sudah didaftarkan oleh teman-teman ke sekolahnya masing-masing.

Semua operator ya. Telkomsel, indosat, axis, xl, smartfren bahkan juga kartu tri. Sementara, kuota yang diberikan juga sangat banyak, yaitu sebesar 50 Gb.

Eits, tapi tunggu dulu. Besaran kuota tersebut, ternyata hanya bisa dipakai pada aplikasi tertentu yang menunjang kegiatan belajar anda di sekolah maupun universitas. Sedangkan, yang bisa anda pakai untuk berselancar di semua browser hanyalah 5 Gb saja.

Kalau 5 Gb, pergibaca yakin, hanya dalam hitungan beberapa hari saja pasti sudah habis. Karena dipakai untuk menonton vlog youtube, instagram, bermain aplikasi tiktok, twitter, facebook dan masih banyak lagi.

Tapi, tenang. Pergibaca punya solusinya. Kita ternyata bisa mengubah paket kemendikbud tersebut menjadi paket reguler, yang bisa dipakai untuk kuota utama. Jadi tidak pada aplikasi tertentu saja.

Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud 2020

Bagaimana sih caranya cek kalau kita sudah dapat kuota kemendikbud tersebut? Caranya beragam. Tentunya, berbeda operator, juga berbeda cara mengetahuinya.

Pada kartu Tri, anda bisa cek dengan kode dial *123*10*3# atau dengan aplikasi resmi Tri, yaitu Bima+. Kalau yang kartu lainnya bagaimana?

  1. Kartu Telkomsel > ketik kode dial *888# atau melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pada kartu telkomsel, mengetahui ada atau tidaknya kuota kemendikbud di kartu kalian. Bisa menggunakan cara via sms.

Anda bisa ketik UL info kirim ke 3636. Setelah itu, anda akan mendapatkan balasan mengenai kuota yang anda miliki.

Selain dengan cara di atas. Nomor yang sudah didaftarkan, pasti mendapatkan sms pemberitahuan jika kuota kemendikbud sudah anda terima.

Cara Mengubah Kuota Kemendikbud Menjadi Kuota Utama 2020

Cara ini bisa anda coba pada semua operator yang kalian pakai. Tapi, khusus pada cara ini, kebetulan pergibaca memakai kartu telkomsel, dan work 100%.

Bagaimana sih cara merubah kuota belajar menjadi kuota utama?

Nah, pertanyaan tersebut, banyak sekali dilontarkan oleh teman-teman semua. Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa kita lakukan.

Pastinya, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga ya. Sejauh ini aplikasi yang paling banyak dipakai oleh untuk menjalankan cara seperti ini adalah Psiphon Pro, AnonyTun, HTTP Custom, dan juga TLS Tunneel.

Untuk topik cara mengubah paket edukasi indosat menjadi paket internet, dan cara mengubah kuota ilmupedia telkomsel menjadi kuota utama sudah pernah pergibaca tulis di artikel lainnya ya. Silahkan anda baca dan mencoba masing-masing caranya.

Pada artikel kali ini, aplikasi yang kita pakai ialah TLS Tunnel. Kenapa menggunakan TLS Tunnel? Karena aplikasi ini salah satu yang paling mudah menurut mimin. Yuk simal penjelasan di bawah ini.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama (Cara 1)

Oke, langsung saja kita menuju penjelasan langkah-langkah cara mengubahnya ya. Perhatikan langkah yang mimin jelaskan di bawah. Jangan sampai ada langkah yang terlewat ya.

  1. Silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi TLS Tunnel. Anda bisa download di playstore anda masing-masing atau di appstore jika hp anda iphone.
  2. Kalau sebelumnya, anda sudah punya aplikasi ini. Anda bisa meng-update aplikasinya menjadi versi terbaru
  3. Pada bagian beranda aplikasi, silahkan klik Home
  4. Selanjutnya, pada opsi Connection Method silahkan ubah menjadi Custom SNI
  5. Kemudian, di opsi SNI Host > ubah menjadi classroom.google.com. Seperti gambar di bawah.
  6. selanjutnya, opsi Port > ubah menjadi 443
  7. Pada bagian Server > pilih negara yang terdapat tanda hijau di bagian kanan layar dan jumlah user online yang paling sedikit. Supaya apa? Agar koneksi anda lebih cepat.
  8. Masuk ke menu settings > hilangkan centang pada opsi forward DNS. Ini dilakukan agar tetap kuota kemendikbud yang dipakai bukan kuota utama.
  9. Klik Start > sampai ada tulisan connected jika dilihat di bagian LOGS
cara mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota internet

Jika masih belum menyambung setelah menunggu lama atau tersambung tapi koneksi lambat bagaimana? Gampang saja teman. Anda hanya tinggal mengganti servernya ke negara lain saja. Coba terus sampai koneksi anda tersambung.

Catatan Penting: Meski dengan menggunakan opsi forward dns, bertujuan agar kuota utama (reguler) tidak tersedot. Tapi, untuk berjaga-jaga, pakai saja cara ini apabila kuota utama anda sudah habis saja ya.

Karena, ada beberapa kasus yang dialami para pengguna, yang jika menggunakan TLS Tunnel bersamaan kuota utama yang masih ada. Kuota utama mereka juga ikut tersedot.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet (Cara 2)

Masih belum selesai loh teman. Meski cara di atas mimin jamin work. Saya masih punya cadangan cara lain yang juga work 100% di hp teman sekalian.

Penasaran? Yuk simak dengan baik penjelasan di bawah ini. Mimin berharap, teman-teman online sekalian memiliki banyak pilihan yang bisa anda gunakan dalam mengubah kuota belajar menjadi kuota utama.

Catatan Penting: Cara ini bisa dilakukan di semua kartu tanpa terkecuali. Jadi, anda bisa coba di kartu anda yang sudah terdapat kuota Kemendikbud ya.

Cek terlebih dulu di handphone teman-teman. Biasanya, kuota kemendikbud, bisa dipakai untuk whatsapp. Nah, jika bisa, maka anda bisa melakukan cara ini.

Cara ini menggunakan aplikasi yang berbeda. Jadi, kita tidak menggunakan TLS Tunnel ya. Tetapi menggunakan aplikasi yang bernama AnonyTun.

Sama dengan TLS Tunnel. AnonyTun bisa anda dapatkan dengan mudah dan gratis di playstore juga. Jadi anda tidak perlu ribet mencari link download lagi.

Oke langsung saja ke penjelasan langkah-langkahnya ya. Berikut langkah yang bisa anda ikuti.

  1. Silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi AnonyTun di hp anda masing-masing
  2. Opsi server (negara) bisa anda pilih > Best Performance, United States, atau Singapura. Silahkan pilih salah satunya. Sejauh ini, pilihan server best performance yang paling cepat.
  3. Aktifkan opsi Stealth Tunnel > ON (geser toogle ke bagian kanan)

Jika setelah work dan dipakai beberapa saat, tiba-tiba koneksi terputus, maka saran saya, silahkan coba lagi klik CONNECT, sampai bisa tersambung lagi.

Sekali lagi, saran mimin. Silahkan coba saja cara-cara yang dijelaskan ini, apabila kuota utama anda sudah habis ya. Karena masih ada beberapa orang mengalami kejadian kuota utamanya juga ikut tersedot saat menggunakan aplikasi ini.

Biasanya ketika aplikasi tiba-tiba terputus karena masalah koneksi dan jaringan yang dipakai banyak orang. Akhirnya, kita tidak sadar jika pemakaian internet yang kita lakukan menggunakan paket utama kita. Jadi, cermati baik-baik.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai cara mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota internet. Saya harap cara ini dapat memberikan manfaat untuk anda yang ingin menghemat kuota. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *