Pengaturan APN XL 4G LTE Internet Tercepat 2021

By | September 20, 2020

APN Kartu XL 4G LTE Internet Tercepat 2021 – Apa itu APN ? Access Point Name adalah kepanjangannya yang memiliki fungsi sebagai penghubung smartphone dengan internet. Access Point memiliki peran penting dalam kestabilan internet pada smartphone, Maka jika ada kesalahan dalam setting APN, maka akses data tak berjalan dengan semestinya.

Setiap kartu dari operator seluler telah tertanam setting APN default, Namun jika tidak sengaja terganti, bisa di reset ke default di menu Pengaturan (Setting) -> Jaringan Seluler -> Nama Poin Akses (APN)Aka tetapi akhir-akhir ini banya pengguna internet mengeluhkan sinyal yang tidak stabil pada operator mereka, nah kali ini kami akan memberi informasi apn yang stabil, cepat, dan terbaru 2020 khususnya untuk operator xl

APN atau Access Point Names merupakan pengaturan jaringan internet yang Kamu gunakan di ponsel. Setiap provider internet saat ini telah memberikan kebebasan untuk penggunanya untuk memilih sendiri jaringan yang ia mau. Pengguna bisa menikmati internet dalam jaringan GSM, 3G, maupun 4G. Jaringan tersebut bisa Kamu ganti sewaktu-waktu dengan pengaturan APN yang telah disimpan.

XL yang merupakan salah satu provider penyedia jasa internet di Indonesia juga membuat APN khusus buat penggunanya.

Ada dua APN yang umum digunakan selain settingan default. XL memberikan APN untuk pengguna internet jaringan 3G dan 4G.

Terdapat pula beberapa alternatif apabila dua APN itu kurang maksimal. Dalam artikel ini Kamu bisa mengetahui bagaimana cara setting APN XL untuk ponsel Kamu.

Sekilas Tentang Xl

PT XL Axiata Tbk (IDXEXCL), (sebelumnya bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk) atau disingkat XL adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia. Pada 16 November 2009, RUPSLB XL menetapkan perubahan nama perusahaan dari PT Excelcomindo Pratama Tbk. menjadi PT XL Axiata Tbk.

XL memiliki dua lini produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Prioritas (Pascabayar). Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP.

XL Axiata telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi Axis Telekom Indonesia, pada tanggal 26 September 2013. Perjanjian jual beli bersyarat atau conditional sales purchase agreement (CSPA) dilakukan dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment BV (Teleglobal), yang merupakan anak perusahaan STC. XL disebut akan membayar nilai nominal saham yang disepakati dan akan membayar sebagian dari utang dan kewajiban Axis.

Kesepakatan perjanjian jual beli bersyarat ini meliputi beberapa hal, yaitu:

  • Teleglobal akan menjual 95 persen saham di Axis kepada XL. 100 persen nilai perusahaan Axis dinilai sebesar 865 juta dollar AS, dengan catatan buku AXIS bersih dari utang dan posisi kas nol. Harga Pembayaran akan digunakan untuk membayar nilai nominal saham Axis, serta membayar utang dan kewajiban Axis.
  • Transaksi tersebut akan rampung setelah mendapatkan persetujuan pemerintah terkait dan persetujuan pemegang saham XL melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).
  • Satu hal lagi, transaksi itu juga akan rampung apabila tidak ada perubahan dari kepemilikan spektrum.

“Kami yakin semua pemain di industri sepakat bahwa konsolidasi harus terjadi di industri telekomunikasi,” kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengenai akuisisi ini. Merril Lynch (Singapura) Pte Ltd (Bank of America Merril Lynch) bertindak sebagai penasihat keuangan dari XL untuk transaksi ini.

Setting APN XL Default

Secara Default XL telah melakukan Setting untuk APN nya di perangkat selular kamu saat kamu mengaktifkan koneksi internet kamu dengan kartu XL. Adapun kamu bisa melihat settingan Default APN XL :

NamaXL GPRS
APNInternet
ProxyNot set
PortNot set
UserNot set
PasswordNot set
ServerNot set
MMSCNot set
Proxy MMSNot set
MCC510
MNC11
Tipe otentikasiPAP
Tipe APNdefault,supl
Protokol APNIpv4
Protokol jelajahAPNIPv4
Aktifkan/nonaktifkan APNNonaktif
BearerUnspecified
Tipe Operator jaringan virtual selulerNone
Nilai Operator jaringan virtual seluerNot set

Daftar Setting APN XL 4G Tercepat dan Terbaru

Berikut dibawah ini akan kami berikan daftar setting APN XL Tercepat dan terbaru 2020. Untuk melakukan setting kamu hanya perlu mengganti Nama APN dan APN nya saja. Konfigurasi yang lain dibiarkan default. Dibawah ini adalah listnya :

NoNamaAPN
1XL Superwww.xlsuper.net
2XL Aluwww.xlalu.net
3XL Ghsdpaxlgsdpa.net
4XL 4Gwww.xl4g.net
5XL Speedwww.xlspeed.net
6XL Speedwww.xlspeed.co.id
7XL Playwww.xlplay.net
8XL Tintingwww.xltinting.net
9XL BroadbandInternet
10XL Turbinwww.xlturbin.ne

Diatas terdapat 10 APN XL yang bisa kamu coba. Setelah melakukan konfigurasi dan setting pada APN XL, sangat disarankan kamu melakukan speed test untuk melihat kecepatan internet kamu. Jikalau tidak kamu juga bisa mencoba dengan melakukan streaming youtube ataupun membuka mobile game yang biasa kamu mainkan. Settingan dianggap berhasil jika kecepatan dan kestabilan sudah menjadi milik kamu. Lantas apakah settingan ini dapat dilakukan di hp android atau iphone ? Pasti bisa dibawah ini caranya :

Setting APN XL di Android

Untuk kamu yang menggunakan HP Android ikuti langkah langkah dibawah ini untuk melakukan setting APN XL di android mu :

  • Masuk ke Menu Setting / Pengaturan 
  • Pilih Menu Koneksi 
  • Pilih Jaringan Seluler / Mobile Network
  • Pilih Nama Poin Akses / Access Point Names
  • Pilih salah satu APN XL yang telah kami berikan diatas, dan ganti Nama dan APN nya saja. Jika kamu tidak ingin merubah dan takut terjadi kesalahan pada APN Default kamu bisa juga membuat APN yang baru kok. Untuk pengaturan defaultnya telah kami berikan diatas.
  • Jalankan Speed test untuk cek koneksi kamu apakah sudah lancar dan stabil. Mudah kan ?

Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat Anti Lemot

Mengganti APN banyak dilakukan pengguna ponsel pintar untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Meskipun pada dasarnya settingan default APN XL sudah bisa dipakai mengakses internet internet yang lumayan cepat. Namun terkadang koneksi tersebut terasa kurang maksimal. Maka dari itu banyak pelanggan mencari cara mengubah APN XL tercepat untuk menjaga stabilitas koneksi internetnya.

Setting APN XL 4G LTE Internet Tercepat 2020
Setting APN XL 4G LTE Internet Tercepat 2020

Cara setting APN XL 4G tercepat

Seperti yang kita ketahui bahwa XL telah dibekali oleh koneksi HotRod yang tidak perlu diragukan lagi kecepatannya di jaringan 3G. Namun sebagian orang yang beralih menggunakan jaringan 4G sering menemui masalah dimana jaringan XL lemot bahkan drop secara tiba-tiba. Hal ini tentunya menggangu aktivitas kita seperti bermain game online, streaming film, bersosial media, dan lain sebagainya.

Namun dalam proses dan cara setting APN XL tercepat diperlukan ketelitian dan hati hati. Hal ini disebabkan karena sektor pada pengaturan jaringan sangatlah rawan. Alih-alih mendapatkan koneksi cepat dan stabil, jika kita salah setting ataupun input server APN maka kartu XL malah tidak bisa digunakan untuk terhubung ke internet. Inilah alasan mengapa saya membahas cara mengubah APN XL beserta dengan server tercepat untuk segala aktivitas digital.

Cara Setting APN XL 4G Unlimited Stabil Tercepat Anti Lemot

Trik ganti APN pada dasarnya sudah menjadi hal biasa di kalangan pelanggan lama khususnya mereka yang berlangganan paket internet unlimited. Pasalnya dengan mengganti APN kita bisa menghilangkan FUP XL dan mendapatkan koneksi internet super cepat layaknya tanpa FUP. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

APN bisa diibaratkan sebagai sebuah pintu gerbang yang menghubungkan smartphone dengan internet. Setiap provider memiliki settingan APN tersendiri dan berbeda beda. Fungsinya adalah agar tidak terjadi tabrakan jaringan yang menyebabkan internet menjadi lemot dan tidak stabil.

Namun faktanya di beberapa daerah sinyal XL masih lemah bahkan sering drop tanpa adanya alasan yang jelas. Hal ini diperkuat dengan banyaknya pengguna yang mengeluhkan sinyal 4G hilang mendadak hingga jaringan lemot ketika dipakai bermain game online. Solusi dari masalah ini adalah mengganti APN XL default dan melakukan setting APN XL 4G yang lebih stabil.

  • Selain server yang cepat, dalam mengganti APN XL memang diperlukan ketelitian dan kehati-hatian. Alih-alih mendapatkan kecepatan internet yang stabil cara setting APN XL yang salah bisa mengakibatkan ponsel tidak bisa tersambung ke internet. Selain itu pemilihan server pun juga menjadi hal penting karena setiap APN memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Seperti contoh APN khusus 4G, APN XL unlimited untuk menghilangkan FUP, hingga pengaturan APN game online.

APN XL 4G

Meskipun XL sudah dibekali teknologi hotrod yang sangat unggul di jaringan 3G, namun masih banyak yang meragukan provider ini di jaringan 4G. Dan benar saja, banyak pelanggan yang mengeluhkan lemotnya jaringan internet 4G XL di beberapa kota. Padahal sinyal 4G harusnya mengindikasikan kecepatan dan stabilitas internet mengingat 4G merupakan teknologi terbaru saat ini.

Untuk mengakalinya, kita bisa mengubah APN XL 4G tercepat yang memang diperuntukan untuk pengguna 4G XL. Lalu bagaimana caranya? silahkan buka pengaturan APN di ponsel anda dan samakan settingan seperti di bawah ini.

  • Nama apn: XL 4G
  • APN: www.xl4g.net
  • Proxy: 202.152.240.50
  • Port: 80
  • Username: Not set
  • Password: Not set
  • Server: Not set

Syarat utama yang harus anda ingat sebelum memakai pengaturan APN XL 4G diatas adalah pastikan wilayah anda sudah tercover jaringan 4G. Karena settingan tersebut tidak akan bekerja di jaringan 3G maupun 2G (GPRS).

Setelah selesai setting APN XL 4G diatas, silahkan simpan dan refresh jaringan anda. Hasil setiap orang berbeda beda karena gateway APN juga memiliki limit pemakaian. Jika masih terasa lemot silahkan coba APN XL lainnya. Lalu settingan apa saja yang bisa dipakai selain settingan APN diatas? silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Setting APN XL Jaringan Internet Lebih Cepat

Setting APN XL 4G LTE Internet Tercepat 2020
Setting APN XL 4G LTE Internet Tercepat 2020

Di ponsel Android, Kamu bisa mengutak-atik settingan APN di menu Pengaturan/Setting. Pada umumnya Android memiliki cara setting APN yang sama pada semua merk ponsel.

Yang membedakan biasanya hanya penamaan menunya saja. Periksa ponselmu terlebih dahulu sebelum mengatur APN, jangan gunakan jaringan 4G jika ponselmu tak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Berikut cara mengatur APN XL di ponsel Android:

  • Masuk ke menu Pengaturan/Setting di ponsel Kamu.
  • Pilih menu Jaringan Seluler/Mobile Network.
  • Pastikan Kamu berada di setting kartu SIM XL jika Kamu memakai dua nomor dalam satu ponsel.
  • Klik menu Access Point Name (APN).
  • Klik tombol ‘+’ untuk menambah APN baru.
  • Jika tak ada menu Access Point Name (APN), Kamu bisa mencarinya di kolom pencarian pada halaman awal menu Pengaturan/Setting.
  • Setelah menekan tombol ‘+’, akan muncul kolom-kolom yang Kamu bisa isi sesuai petunjuk di artikel ini.

Cara Mengatur APN XL di iOS

Pengaturan APN di iOS sedikit berbeda dengan Android. Keduanya memiliki sistem operasi yang berbeda sehingga memerlukan metode yang berbeda dalam pengaturannya.

Setting APN di iOS lebih mudah dan sederhana daripada Android. Namun, tiap sistem operasi iOS memiliki perbedaan dalam hal penamaan menu.

Jadi, jangan bingung jika menu yang disebut di artikel ini tak sama persis dengan ponselmu.

Berikut cara mengatur APN XL di ponsel iPhone:

  • Masuk ke menu Setting di ponsel Kamu.
  • Klik menu Cellular hingga muncul informasi tentang jaringan seluler ponselmu.
  • Klik Cellular Data Network.
  • Kamu bisa mengatur APN dengan mengisi kolom-kolom yang ada pada menu tersebut. Simpan setting APN default ponselmu dengan screenshot untuk berjaga-jaga apabila setting APN baru tidak berfungsi.
  • su_note note_color=”#fbfcfa” radius=”17″] Baca Juga: Cara Cek Kuota Internet XL[[/su_note]

Setting APN XL 4G Tercepat Unlimited 2021

Untuk hape yang menunjang internet dengan jaringan LTE, pengaturan APN ini paling cocok pas buat Kamu.

APN ini membuat koneksi internet 4G Kamu lebih stabil dan kencang daripada sistem APN default. Kamu cuma perlu mengisi kolom APN hingga kolom Server, selebihnya tak perlu Kamu utak-atik.

Jangan lupa klik tombol save untuk menyimpan pengaturan APN. Isi kolom APN seperti di bawah ini:

  • Name: XL 4G
  • APN: www.xl4g.net
  • Proxy: 202.152.240.50
  • Port: 80
  • Username: –
  • Password: –
  • Server: –
  • APN XL 3G Tercepat

Buat sebagian orang, bertahan di jaringan internet 3G memberikan kenyamanan tersendiri. Selain karena cakupan jaringan yang lebih merata di beberapa daerah, sinyal 3G juga tak membutuhkan waktu lama terhubung ke internet.

Jika Kamu ingin mencoba jaringan 3G yang ditawarkan XL, Kamu bisa mencoba setting APN ini. Di kolom nama, Kamu bebas menulis apapun, Isi kolom APN seperti di bawah ini:

Name: (Bebas)

  • APN: xlunlimited
  • Proxy: 202.152.240.50
  • Port: 8080
  • Username: –
  • Password: –
  • Server: 8.8.8.8

Alternatif

  • Name: (Bebas)
  • APN: aha
  • Proxy: –
  • Port: –
  • Username: –
  • Password: –
  • Server: –

Setting APN XL Jaringan 4G Terbaik Tercepat 2020

Setting APN XL 2020 Jaringan 4G Internet Lebih Cepat
Setting APN XL 4G LTE Internet Tercepat 2020

Selain dua pengaturan APN yang telah disebutkan di atas, XL juga memiliki tiga APN unggulan yakni XL Unlimited, XL GPRS, dan XL MMS.

Ketiganya bisa Kamu coba untuk mencari jaringan yang terbaik buatmu. Atur sendiri kebutuhan internet yang paling cocok dengan ponselmu.

Sama seperti pengaturan APN sebelumnya, Kamu cuma perlu mengganti sampai kolom server. Isi kolom APN seperti di bawah ini:

APN XL Unlimited

Name: XL Unlimited
APN: wap1.xl.co.id
Proxy: 202.153.129.73
Port: 80
Username: –
Password: –
Server: 8.8.8.8

APN XL GPRS

Name: XL GPRS
APN: www.xlgprs.com
Proxy: –
Port: –
Username: –
Password: –
Server: –

APN XL MMS

Name: XL MMS
APN: www.xlmms.net
Proxy: –
Port: –
Username: xlgprs
Password: xlgprs
Server: –

Setting APN XL Lainnya

Masih belum puas dengan setting APN di atas? XL masih punya beberapa pengaturan APN yang bisa Kamu pakai.

Kamu dapat mengatur proxy, port, dan server dari APN ini sesuai keinginanmu. Beberapa setting APN ini mungkin tidak sesuai dengan ponselmu, jadi pilih yang terbaik agar dapat merasakan manfaat maksimal. Kamu cukup isi kolom nama dan APN seperti di bawah ini:

APN XLalu

  • Name: XL alu
  • APN: www.xlalu.net

APN XL Tinting

  • Name: XL tinting
  • APN: www.xltinting.net

APN XL Speed

  • Name: XL speed
  • APN: www.xlspeed.net

APN XL Super

  • Name: XL Super
  • APN: www.xlsuper.net

APN XL Ghsdpa

  • Name: XL Ghsdpa
  • APN: xlgsdpa.net

APN XL Turbin

  • Name: XL turbin
  • APN: www.xlturbin.net

APN XL Play

  • Name: XL Play
  • APN: www.xlplay.net

Mengatur APN XL tak terlalu sulit, pilih setting yang sesuai dengan keinginanmu. Tak ada salahnya mencoba satu persatu APN tersebut hingga menemukan yang paling pas.

Jika jaringan internetmu justru bermasalah saat mencoba APN yang dicontohkan di atas, hubungi pihak Customer Service XL yang siap menyelesaikan persoalanmu.

Settings APN XL 4G di Android

Tap – Settings -> More ->Mobile Network -> Access point Names -> + ( to add)

Setting APN XL 4G LTE Internet Tercepat 2020
  • Name : XL
  • APN : internet
  • Proxy : Not Set
  • Port : Not Set
  • Username : Not Set
  • Password : Not Set
  • Server : Not Set
  • MMSC : http://mmc.xl.net.id/servlets/mms
  • MMS Proxy : 202.152.240.50
  • MMS Port : Not Set
  • MCC : 510
  • MNC : 11
  • Authentication Type : Not Set
  • APN type : Not Set
  • APN protocol: Ipv4
  • APN roaming protocol: Ipv4
  • Enable/disable APN: APN Enabled
  • Bearer: Unspecified
  • MVNO type : None
  • MVNO Value : Not set

Setting Proxy XL

Jika kamu telah melihat daftar APN XL di atas, mungkin kamu bingung mengapa ada APN yang proxynya diisi dan ada yang kosong.

Pengisian proxy pada APN ini juga tergantung dari jenis APN yang kamu gunakan, jadi kamu tidak boleh sembarangan mengisi proxy dari APN itu.

Apabila kolom proxy harus dikosongi, maka kosongilah kolom tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

Untuk kamu yang ingin menggunakan proxy tercepat, maka dapat mencoba untuk meggunakan APN XL UNLIMITED.

Hal ini dikarenakan telah banyak yang membuktikan bahwa APN tersebut memiliki kecepatan yang lebih baik dan stabil jika dibandingkan dengan jenis APN yang lain.

Seperti yang telah diketahui bahwa masalah pada APN ini mungkin tidak dapat di atas dengan melakukan registrasi kartu ulang.

Jadi kamu dapat menggunakan cara mengatur APN XL ini untuk mengembalikan jaringan yang tidak sesuai pada kartu XL yang kamu gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *