Pembagian Role di League of Legends 2021: Wild Rift

By | Oktober 1, 2020
role lol mobile, pembagian lol mobile, pembagian role league of legend wild rift, role wild rift, tanggal rilis lol mobile

Umumnya pembagian role disetiap game moba, seperti LoL, MLBB, DOTA, AOV intinya sama saja, cuma mungkin beda nama. Pada artikel kali ini mari kita bahas tentang pembagian role di Wild Rift. 

Perlu ditekankan disini saya dengan ilmu sok tau saya akan membahas dasar-dasarnya saja untuk pemula yang belum pernah bermain Wild Rift, mungkin untuk pembahasan di setiap lanenya akan saya bahas di artikel berikutnya.

Role di League of Legends: Wild Rift

Untuk role di LoL mobile dibagi menjadi 5 ya sebernarnya sama si kaya yang engga ada perubahan yang sangat signifikan, berikut adalah pembagian role League of Legends: Wild Rift berserta penjelasannya :

1. Baron Lane

Baron lane atau solo lane, biasanya player LoL pc menyebutnya dengan TopLane atau atas tapi untuk di versi mobile mungkin berbeda, untuk letak baron lane bisa kalian temukan pada saat mulai game, nanti akan ada tulisan SOLO dengan tanda panah berwarna ungu, maka lane itulah yang dinamakan baron lane. 

Lane ini biasanya di isi oleh champion atau hero yang bisa sustain dilane tanpa harus bolak balik ke fountain atau ke base, seperti Nasus, Jax, Yasuo, Garen, Singed, dan lain lain.

Tujuan dari solo lane ya itu tadi dapat sustain di lane, mendapatkan last hit sebanyak mungkin dan memenangkan lane tentunya, jika memungkinkan kamu bisa bantu mid untuk melakukan gank.

Lane ini biasanya adalah by one, atau satu lawan satu, jika kamu punya keunggulan pada championmu, atau heromu itu bisa lah lawan hero lawan intinya heromu itu berani untuk adu pukul, ya udah pukulin aja, main agresif gitu, itu bisa menurunkan mental hero lawan dan akhirnya kamu bisa last hit dengan mudah dan unggul dilane itu.

Tapi jika kamu kalah hero, ya kamu bisa main aman aja, yang penting lasthit jangan sampai dilewatkan, dan jangan terlalu sering balik ke base. Tapi jika kamu terus di pressure dan tidak mungkin bisa bertahan mintalah teman anda untuk swap lane. 

2. Mid Lane

Namanya juga mid lane ya pasti letaknya di tengah atau lane tengah, midlane biasanya diisi oleh satu hero saja, tugasnya apa?, ya farming dapetin last hit sebanyak mungkin, bukan hanya itu karena posisinya yang ditengah ini bisa membuat kamu mudah untuk membantu lane lain (ngegank).

Seorang Midlaner harus selalu berhati-hati, jangan terlalu offside karena midlane itu posisinya sendirian itu berpotensi lawan akan melakukan gank. Untuk hero yang cocok untuk midlaner ada Ahri, Annie, Ziggs, Lux, Zed, Yasuo, Fizz dan lain lain

Sama seperti baron lane, jika heromu berani ya udah tabrak aja buat mental musuh jadi ciut dengan kamu yang main agresif. Jika kamu menang di midlane itu juga bisa membuat space ADCmu untuk farming.

3. Jungler

Seperti namanya jungler ya itu yang farmingnya atau cara dapet duitnya dengan cara membunuh monster jungle yang ada di hutan dan jangan lupa bunuh epic monster, tapi bukan berarti kamu di situ terus sampe gamenya kelar, kamu juga harus bantu gank. 

Berbeda dengan ML, di Wild Rift tidak ada item jungle, jadi item junglenya itu nyatu sama spell udah sekalian gitu, kamu cukup bunuh 4 camp, maka nanti spell itu akan bisa di upgrade, kalian bisa milih warna biru (untuk slow) atau merah (untuk demage).

Untuk champion yang sering saya jumpai adalah hero-hero assasin seperti Master Yi, Nasus, Vi, Olaf, Graves, Jax dan lain-lain, hero mm juga bisa dipakai buat jungler. 

4. Dragon Lane

Letak dragon lane dapat kama tentukan jika kamu melihat mini map, kemudian ada logo dragon disitulah letak dragon lane, atau kamu bisa lihat pada awal game nanti ada tulisan DUO disitu lah letak lanenya.

Karena duo dragon lane biasanya diisi oleh ADC dan Support. Attack Demage Carry (ADC) adalah hero atau champion yang dapat mengcarry gamenya menuju kemenangan. Contoh hero atau champhionya ada Ashe, Vayne, Varus, Jinx, Jhin dan lain lain.

Tugas kamu sebagai ADC disini adalah farming dapetin lasthit sebanyak mungkin, pokoknya kamu harus jadi yang paling kaya diantara hero temen maupun musuh, karena kamulah yang nantinya harus carry game.

Jika kamu bermain ADC fokusin farming dulu, atur waktu kamu untuk war, jika kamu untuk war ya ikut tapi kalo engga kuat ya udah lanjut farming dulu, nanti kalau dipaksakan malah kamu mati malahan banyak waktu yang terbuang, mending buat farming.

Saran si kalo war yang deket deket kamu aja, misal kamu lagi di lane bawah, trus ada war disitu ya disitu kamu bisa bantu war, tapi kalo kamu di lane bawah dan warnya di lane atas mending gak usah ikut deh, mending farming aja.

5. Support

Support disini tugasnya membantu ADC tadi, iya bantuin farming tapi jangan sampai ambil lasht hit, biar carrynya aja yang lasthit. Lah terus dapet duit dari mana dong?. Ya pas carry kalian lasthit nanti kamu juga dapet duit, asalkan jarak kamu dengan carry tadi tidak terlalu jauh.

Kamu juga bisa farming dengan mengisi lane yang kosong, atau saat carry kamu sedang mati kamu bisa melakukan lasthit. Ingat ya jangan ambil lasthit jika kamu sedang bersama carry, nanti ADCmu lama jadinya, malahan kalah sama carry lawan.

Sebagai support kamu juga harus bikin space ke carrymu agar carrymu itu mudah farmingnya, misal dengan harass atau cicil cicil lawan, untuk hero yang cocok sebagai support ada Alistar, Braum, Sona, Nami, Soraka, dan lain-lain.

Seorang support juga harus rela mati demi ADCmu, gak papa kamu mati banyak yang penting carrynya selamat, jika carrymu mati itu suatu kerugian yang besar, sebisa mungkin carrymu jangan sampai mati. Kamu juga harus bisa melakukan warding untuk memperluas vision dan membaca pergerakan lawan.

Itulah tadi pembahasan kita untuk Pembagian Role di League of Legends: Wild Rift, untuk pembahasan pada setiap lanenya mungkin nanti saya buatkan diartikel yang berikutnya, jika kamu ingin memberi kritik dan saran silahkan kirimkan melalui komentar ya.

Semoga bermanfaat, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *