Update Review 10 Antivirus Terbaik 2021 (Versi Gratis)

By | September 13, 2020

Update Review 10 Antivirus Terbaik Windows (Versi Gratis)

Antivirus merupakan program pelindung dari serangan virus komputer, dan program berbahaya lainnya. Akibat serangan virus menyebabkan data-data di komputer hilang, file disembunyikan virus, hingga yang terburuk yaitu harus install ulang sistem operasi.

Antivirus bekerja sangat penting dalam mendeteksi, memblok, dan menghapus virus ataupun program-program berbahaya lainnya.

Techadvisor.co.uk dan beberapa situs lainnya menyebutkan beberapa antivirus terbaik yang bisa digunakan, baik itu versi gratis maupun berbayar, seperti Bitdefender Total Security, Norton Security Deluxe, Kaspersky Total Security, McAfee Total Protection, AVG Ultimate, Avast Premier, Avira Free Security Suite 2017 dan lainnya.

Hal yang penting diperhatikan, jangan menggunakan dua antivirus utama secara bersamaan, karena dampaknya akan menimbulkan konflik, bahkan bisa membuat PC menjadi hang.

Apabila Anda memang sangat ingin mencoba antivirus yang lain, maka disarankan menguninstall terlebih dahulu antivirus yang sudah terpasang sebelumnya.

Berikut di bawah ini berbagai antivirus terbaik berlisensi gratis:


1. Avira Free Security Suite

Logo Avira

Avira Free Security Suite berlisensi gratis. Laman Techadvisor.co.uk menyebutkan Avira Free Security Suite adalah kumpulan produk gratis untuk keamanan, privasi dan pengoptimalan.

Avira Free Antivirus merupakan program yang istimewa, laboratorium pengujian independen menunjukkan bahwa kemampuan mesinnya memberikan perlindungan terbaik, sebanding dengan produk antivirus berbayar seperti BitDefender dan Kaspersky.

Avira juga telah dilengkapi tingkat keamanan lebih tinggi dengan adanya teknologi anti-ransomware yang disempurnakan.

Avira Browser Safety merupakan ekstensi Firefox dan Chrome yang berfungsi untuk memblokir akses ke situs berbahaya. Nantinya akan menambahkan ikon pada hasil mesin telusur, yang Anda dengannya bisa melihat potensi bahaya dari suatu situs yang ingin dikunjungi secara sekilas.

Adapun apabila Anda mengeklik link berbahaya di tempat lain, maka akan segera muncul peringatkan bahwa situs yang dikunjungi memiliki risiko bahaya. Sehingga Anda sendiri yang nantinya memutuskan untuk mengunjungi situs tersebut atau tidak.

Teknologi Avira Phantom VPN mampu untuk bekerja mengenkripsi komunikasi Anda, untuk mencegah intersepsi serta membantu Anda mengakses situs web yang biasanya tidak dapat Anda jangkau. Jika Anda menggunakan versi gratisnya maka Anda diberikan data yang terbatas sebesar 500MB per bulan (1GB jika anda mendaftar).

Avira Free Security Suite menawarkan perlindungan keamanan untuk email dan browsing secara basic.

Apabila Anda menyukai produk ini, mengupdate ke Avira Internet Security membuat Anda memperoleh fitur untuk perlindungan belanja / perbankan, pemindaian perangkat USB, dan rangkaian lengkap fitur Speedup Sistem.

Adapun Avira Total Security akan memberikan Anda tambahan fitur berupa lalu lintas VPN Phantom yang tidak terbatas, dan mengamankan koneksi wifi umum secara otomatis.

Pada Avira Free Security Suite versi 15.0.27, ditambahkan beberapa fitur dan perbaikan, yaitu:

  • Daftar pengecualian untuk Scanner and Guard telah disatukan.
  • Pengguna mendapatkan opsi untuk menambahkan file ke daftar pengecualian saat memulihkan dari karantina.
  • Pengaktifkan akses Cloud untuk skenario pemindaian klik kanan.
  • Mengurangi waktu proses instalasi sekitar 15% dari versi sebelumnya.
  • Beberapa permbaruan lainnya.

Laman Techadvisor.co.uk menyimpulkan bahwa Avira Free Security Suite adalah kumpulan produk yang mumpuni, terutama fungsinya sebagai antivirus dan untuk keamanan browsing.

Laman Pcmag.com menyebutkan beberapa fitur lainnya dari Avira Free Security Suite:

Pada fitur Avira Connect, Anda juga dapat meluncurkan dasbor online, yang kegunaannya agar Anda bisa dengan mudah untuk melihat semua perangkat dan alat Avira yang terpasang. Pada dasbor, Anda juga bisa memasang produk tambahan pada perangkat Anda.

Tool Phantom VPN memiliki jaringan pribadi virtual dengan server di 20 negara, umumnya di Amerika Utara dan Eropa. Bagi pengguna versi gratis berkesempatan untuk memperoleh penggunaan data 1GB per bulan. Apabila Anda ingin memakainya secara serius, Anda bisa melakukan upgrade ke versi Pro yang dibanderol dengan harga $ 10 per bulan.

Tool Avira Free System Speedup berfungsi men-scan sistem untuk melakukan berbagai optimasi. Untuk memperoleh fasilitas pengoptimalan secara penuh dengan beberapa fitur lainnya, maka memerlukan upgrade ke System Speedup Pro.

Tool Avira Password Manager berguna untuk mengelola kata sandi, dengan juga ditawarkan akses online, backup kata sandi, dan sinkronisasi antar perangkat.

Jika Avira mendeteksi bahwa Anda sedang membuat login baru pada suatu account, maka nantinya Anda akan mendapatkan penawaran beupa suatu kata sandi yang aman. Secara default, akan muncul 12 karakter password, Anda bisa mengaturnya hingga bisa menghasilkan password dengan 30 karakter.

Kata sandinya akan menggunakan kombinasi berupa huruf besar dan huruf kecil, serta angka dan simbol.

Namun pada tool Avira Password Manager, Anda tidak akan menemukan fitur canggih seperti secure password sharing atau password inheritance.

Hal positif dari Avira Free Security Suite:

  • Tersedia fasilitas manajer password, software updater, dan banyak tool Avira lainnya. 
  • Memiliki skor bagus dari uji lab antivirus. 
  • Memiliki nilai yang sangat bagus dalam uji pemblokiran URL berbahaya.

Hal negatif dari Avira Free Security Suite:

  • Banyak komponen yang ternyata memerlukan pembayaran untuk bisa menikmati fungsionalitas penuh. 
  • Proses scan dinilai lamban. 
  • Perlindungan real-time kecolongan beberapa file perangkat lunak yang seharusnya dapat dieksekusi.
  • Avira tidak begitu baik dalam tes antiphishing, dengan skor kemampuan mendeteksi 27 poin di bawah Norton. 

Kesimpulan dari Pcmag.com, bahwa Avira Free Security Suite yang baru-baru ini diluncurkan, memiliki berbagai fitur antivirus yang bagus, namun tidak mendekati tingkat keamanan dari program suite berbayar.

Jika Anda menggunakan versi gratis (Avira Free Security Suite) akan mendapatkan fitur:

  • Essential antivirus protection
  • VPN (500 MB/month)
  • Tune-up utilities – starter kit
  • Manual software updates
  • Password manager
  • Secure and private browser
  • Browser tracking blocker
  • Secure search engine

Jika Anda menggunakan versi berbayar (Avira Prime) akan mendapatkan fitur tambahan berupa:

  • Premium antivirus protection
  • VPN (unlimited surfing)
  • Full version of tune-up tools
  • Automatic software updates
  • All Avira’s premium mobile apps
  • VIP customer support

Download Avira Free Security Suite di situs resminya Avira.com


2. Panda Free Antivirus

Logo Panda Antivirus

Laman Pcmag.com menyebutkan Panda Free Antivirus sebagai antivirus yang ringan, dan atraktif. Ini masih produk antivirus yang bagus, tetapi bukan yang terbaik dalam pilihan pihak Pcmag.com.

Ketika dalam proses menginstalnya, Anda akan ditawarkan untuk menggunakan fitur Panda Safe Web, merupakan suatu komponen perlindungan online untuk memproteksi terhadap situs-situs berbahaya. Selain itu, Anda bisa mengatur beberapa hal lainnya dalam proses instalasi.

Sebuah tes yang dilakukan penguji dari Pcmag.com, untuk mengetahui seberapa baik Panda Free Antivirus menangani sampel malware terbaru.

Tim mengujinya dengan satu set URL hosting malware yang ditemukan oleh MRG-Effitas dalam beberapa hari terakhir. Tim penguji meluncurkan setiap URL dan mencatat apakah Panda memblokir semua akses ke URL, menghapus malware yang diunduh, atau justru diam saja tanpa melakukan tindakan pengamaan.

Tim terus melakukan pengujian hingga dikumpulkan hasilnya untuk 100 URL hosting malware terbaru.

Hasilnya cukup mengecewakan. Panda memiliki skor tingkat perlindungan total 48 persen, itu adalah terendah kedua di antara produk saat ini. Hanya Comodo Antivirus 10 yang mencetak angka lebih rendah.

Norton melindungi 98 persen sampelnya, terutama dengan menghilangkan malware saat mendownload. Avira Antivirus memiliki skor 95 persen, untuk menjaga pengguna agar menjauh dari URL berbahaya.

Fasilitas Panda Safe Web melindungi pengguna terhadap situs phishing, situs palsu yang mencoba mencuri data-data penting dari akun bank, akun email, dan hal penting lainnya.

Untuk menguji perlindungan phishing, tim penguji mengumpulkan URL penipuan terbaru dari berbagai situs web. Tujuan tim peneliti adalah menggunakan URL yang telah dilaporkan, namun belum dianalisis atau dimasukkan ke dalam daftar hitam.

Tim penguji juga memeriksa setiap URL terhadap perlindungan phishing yang ada di Firefox, Chrome, dan Internet Explorer. Hasilnya, tingkat deteksinya tidak istimewa (skornya biasa saja), untuk skor terbaik adalah Norton.

Apabila Anda masuk ke panel My Protections di jendela utama, akan menampilkan tiga fitur bonus, yaitu: USB Protection, Process Monitor, dan Rescue Kit.

Panda menawarkan fitur pemindaian USB, prosesnya cepat dan sederhana.

Pada bagian Proses Monitor. Akan ditampilkan semua proses yang telah dijalankan pada PC Anda. Ada juga pilihan untuk melihat proses yang telah diblokir Panda, dan Anda juga akan melihat laporan identifikasi tingkat ancaman menengah sampai tinggi.

Fitur Process Monitor ini tidak seperti Windows Task manager, ini akan memberi Anda informasi tentang sifat proses, apakah aman atau tidak. Juga menginformasikan jumlah koneksi HTTP yang terkait dengan setiap proses.

Seperti halnya semua produk antivirus, antivirus ini bekerja untuk pemindaian secara real-time dan pemindaian on-demand, dan hal ini bisa dikonfigurasi, termasuk perlindungan eksplisit untuk drive USB yang dimasukkan.

Panda Antivirus juga bisa memblokir file executable baru, hingga nantinya informasi tentang reputasi mereka telah diterima dari cloud.

Pcmag.com menyebutkan kelebihan Panda Free Antivirus ini yaitu:

  • Penanggulangan serangan malware lewat drive USB
  • Fitur Panda Safe Web untuk menandai situs berbahaya.

Adapun kekurangannya yaitu memiliki skor buruk dalam tes laboratorium independen, dan dua tes lainnya oleh tim penguji.

Kesimpulannya, Panda Free Antivirus memiliki tampilan antarmuka pengguna yang menarik dan memiliki fitur vaksinasi USB yang baik, hanya saja nilainya kurang memuaskan dalam tes laboratorium independen.

Download Panda Free Antivirus di situs resminya Pandasecurity.com

3. Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus

Laman Pcmag.com menyebutkan Avast Free Antivirus 2017 secara khusus memberi penggunanya lebih dari banyak produk komersial, memberikan perlindungan antivirus yang sangat baik, selain itu juga memberikan fitur pemindai keamanan jaringan, keamanan browsing, password manager, dan banyak lagi

Saat menginstal Avast, Anda akan ditawarkan untuk memasang Google Chrome dan memasang Google Toolbar di browser Anda yang lain.

Pada hasil uji lab, AV-Test Institute menilai produk antivirus pada tiga kriteria: perlindungan, kinerja, dan kegunaan. Avast memperoleh poin yang cukup bagus. Dimana avast memperoleh nilai sempurna pada kategori perlindungan dan kegunaan, namun poinnya rendah dalam kategori kinerja.

Avast memiliki kemampuan perlindungan malware yang sangat bagus. Dalam pengujian, Avast berhasil mendeteksi 97 persen sampel, skor keseluruhannya adalah 9,7 poin. Ini sedikit lebih baik AVG yang memperoleh 9,5 poin AVG. Adapun Comodo, PC Matic, dan Webroot meraih 10 poin sempurna dalam tes ini.

Avast memiliki kemampuan pemindaian boot-time untuk pembersihan menyeluruh. Hal ini bagus, pemindaian sebelum Windows sepenuhnya boot berarti Anda bisa lebih terhindari dari malware.

Avast memberikan perlindungan dari phishing yang cukup baik. Situs phishing membahayakan, karena mereka membuat situs replika seperti bank, PayPal, dan situs besar lainnya. Setiap pengguna yang log in, tidak menyadari itu palsu.

Tim melakukan pengujian antiphishing dengan menggunakan situs phishing terbaru, yang belum dimasukkan dalam daftar hitam. Juaranya dalam fungsi antiphishing ini adalah Symantec Norton AntiVirus Basic.

Sangat sedikit produk yang bisa menandingi Norton dalam tes ini. Avast bekerja sangat baik dengan hanya satu persen kalah dibandingkan Norton.

Avast memiliki kemampuan mengesankan, yaitu memeriksa jaringan Wi-Fi Anda untuk masalah keamanan. Avast bisa melaporkan status keamanan untuk semua perangkat yang terdeteksi di jaringan Anda.

Avast Free Antivirus juga memiliki kemampuan sebagai network inspector yang cukup baik.

Avas memiliki fitur manajemen password, untuk menangani semua fungsi dasar, dan melakukannya dengan baik. Untuk memulai, Anda diminta membuat kata sandi utama yang akan melindungi semua kata sandi situs web Anda.

Avast menyediakan fitur untuk menyarankan pembuatan kata sandi yang kuat, dengan garis kode warna yang mewakili kekuatan.

Avast juga menawarkan fitur untuk menyimpan kredensial login yang Anda masukkan ke situs yang aman. Saat mengunjungi kembali situs web itu, maka pada situs akan terisi kredensial tersimpan Anda.

Apabila Anda memiliki banyak akun login di situs ini, Anda bisa mengklik ikon tombol kecil di kolom nama pengguna untuk ditampilkan daftar dari semua pilihan Anda.

Avast memiliki fitur generator kata sandi yang menghasilkan password sepanjang 15 karakter, dengan menggunakan semua tipe karakter.

Jika Anda menggunakan versi Premium (berbayar) akan memperoleh fitur:

  • Jaringan pribadi virtual (VPN).
  • Fitur Cleanup Premium yang dapat memindai sistem, untuk mengatasi masalah file sampah, entri Registry usang, dan pengaturan yang tidak efisien. 

Pcmag.com menyebutkan kelebihan Avast Free Antivirus, yaitu memberikan perlindungan antivirus yang memiliki nilai yang tinggi dalam tes langsung, memiliki nilai yang sangat bagus dari lab pengujian independen, skor bagus dalam uji antiphishing, dan memiliki fasilitas keamanan jaringan.

Adapun untuk memperoleh fitur bonus (tambahan) maka hanya tersedia untuk pengguna premiun (berbayar). Namun, secara umum Avast tetap menjadi produk pilihan tim editor Pcmag.com sebagai antivirus gratis.

Download Avast Free Antivirus di situs resminya Avast.com

loading…


4. AVG AntiVirus Free

Logo AVG AntiVirus

Pada Jendela utama AVG terdapat dua panel utama. Panel perlindungan dasar mencakup fitur perlindungan komputer, serta perlindungan Web dan email, kedua fitur tersebut tersedia secara gratis.

Adapun pada panel proteksi penuh menyediakan fitur perlindungan data pribadi, perlindungan dalam pembayaran online, dan perlindungan dari serangan hack. Fitur-fitur ini tidak tersedia untuk versi gratis, jika ingin mendapatkan fitur ini maka Anda diharuskan mengupdrage ke versi berbayar AVG.

Di bagian bawah dua panel tersebut, ada tombol besar “Scan Computer”, dengan mengkliknya maka akan memulai proses scan secara penuh. Scan yang dilakukan tidak hanya sekedar memindai program-program berbabaya, juga memindai file sampah, jejak browser, log sistem, dan masalah registry.

Tim penguji dari Pcmag.com, menghitung waktu pemindaian penuh selesai dalam durasi enam menit. Tim penguji menemukan pilihan lain yang disebut Deep Virus Scan. Pemindaian ini akan memakan waktu lebih dari satu jam.

AV-Test Institute melaporkan kemampuan antivirus di tiga bidang: perlindungan, kinerja, dan kegunaan. AVG juga memperoleh poin sangat baik (walaupun tidak sempurna) yaitu 5,5.

AVG memperoleh pon sebanyak 17 poin (dari 18 poin untuk sempurna). Hal ini sangat baik, seperti halnya Kaspersky dan Avira AntivirusFree yang memperoleh poin yang juga sangat baik.

Pcmag.com menyebut AVG memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk perlindungan sistem PC dari serangan malware. Awalnya tim penguji menentukan bahwa AVG mendeteksi 94 persen sampel dan mencetak 9,0 dari 10 kemungkinan poin.

Namun, setelah diketahui bahwa untuk perlindungan penuh, maka harus mengaktifkan fitur “detection of potentially unwanted applications” (pendeteksian aplikasi yang berpotensi tidak diinginkan). Dengan fitur tersebut diaktifkan, maka skor AVG meningkat menjadi 97 persen deteksi dan 9,5 poin.

Untuk kemampuan pemblokiran malware dan URL jahat. Tim penguji memperoleh hasil AVG berhasil memblokir akses dari lebih separuh URL berbahaya, dan menghapus hampir seperempat lagi pada tahap unduhan. AVG memperoleh skor total perlindungan 73 persen.

Skor ini sedikit lebih baik dari Comodo, adapun yang terbaik adalah Symantec Norton AntiVirus Basic yang memiliki skor perlindungan 98 persen, dan Avira dengan skor 95 persen.

Pcmag.com menyebutkan kemampuan AVG untuk antiphishing mengecewakan. Website phishing merupakan penipu yang berkedok menggunakan website replika (palsu). Yang ingin mencuri data login penting Anda seperti bank dan lainnya.

Situs phising bisa ditemukan dan masuk daftar hitam secara cepat, namun penjahat akan membuat website phising baru dengan cepat juga.

Pada tes terbaru, AVG memperoleh hasil yang buruk, yaitu tertinggal 70 poin persentase dibawah Norton, ini sangat buruk.

Padahal pada tes edisi sebelumnya, AVG hanya tetinggal 28 poin persentase dibawah Norton, yang poin ini masih lebih baik daripada mayoritas produk pesaing.

Kali ini, tertinggal dengan 70 poin persentase dari Norton, menempatkannya di posisi sangat bawah dalam fungsi antiphishing.

Fitur-fitur lainnya dari AVG:

  • Fitur peringatan ketika Anda mengunjungi situs web yang berisiko atau berbahaya.
  • Fitur “Jangan Lacak” ketika browsing di berbagai situs Web.
  • Fitur browser cleaner untuk membersihkan riwayat browsing, cookie, data formulir Web yang tersimpan, dan lainnya. Sehingga terhindar dari diketahui orang lain.

Kesimpulan oleh Pcmag.com
AVG mendapat nilai yang sangat bagus dari semua laboratorium independen, dan juga berhasil dengan baik dalam tes pemblokiran malware. Tidak sebagus memblokir download berbahaya, tapi masih mengalahkan banyak pesaing.

Hanya saja performa sebagai antiphishing-nya tidak bagus, tapi perlindungan dari phishing bukanlah hal yang terpenting. Secara keseluruhan, AVG adalah pilihan yang sangat baik.

Nilai Positif:

  • Nilai yang sangat bagus dari banyak laboratorium pengujian independen. 
  • Skor pemblokiran malware sangat bagus. 
  • Skor pemblokiran URL jahat yang layak.
  • Terdapat plugin keamanan web yang mencakup rating setiap situs web.
  • Terdapat fitur agar Anda terbebas dari pelacakan saat browsing.

Nilai Negatif:

  • Skor buruk dalam tes antiphishing. 
  • Pemindaian awal lebih lambat dari rata-rata.

Download AVG AntiVirus Free di situs resminya AVG.com

5. Bitdefender Antivirus Free Edition

Logo Bitdefender Antivirus

Pcmag.com menyebutkan Bitdefender memperoleh hasil lab yang bagus, dengan mencetak 84,36 persen tes RAP Virus Bulletin (Reaktif Dan Proaktif).

Dalam uji tiga bagian oleh AV-Test Institute, BitDefender memperoleh 6 poin (sempurna) untuk perlindungan dan kegunaan, dan 5,5 poin untuk kinerja. Sehingga total skor 17,5 poin membuatnya menjadi produk unggulan. Yang terbaik adalah Avira dan Kaspersky yang memperoleh poin sempurna (18 poin).

Dalam hal SecurityWatch, Bitdefender menghasilkan skor lab 9,3 poin. Avira Antivirus dan Norton mencetak 10 poin (sempurna).

Kemampuan Bitdefender dalam perlindungan malware dinilai sangat bagus. Tingkat deteksi 90 persen dengan skor keseluruhan 8,8 poin. Yang terbaik, Webroot berhasil mendeteksi 100 persen dan 10 poin (sempurna). Avast mendeteksi 100 persen, dengan meraih skor keseluruhan 9,7 poin.

Untuk kemampuan pemblokiran malware, Bitdefender memiliki tingkat perlindungan 90 persen, ini cukup baik, lebih baik daripada banyak produk pesaing. Norton memiliki nilai tertinggi dengan perlindungan 98 persen.

Dalam hal Antiphishing, hampir semua produk mendekati tingkat deteksi Norton. Avast dan Qihoo 360 Total Security hanya tertinggal 1 poin di belakang Norton. Webroot mengalahkan Norton dengan 1 poin persentase, dan Kaspersky mengalahkannya dengan 2 poin. Dan, Bitdefender dalam tes ini, memiliki 5 poin persentase lebih baik dari Norton.

Terdapat fitur manager password, memutar ulang kata sandi, mengimpor kata sandi dari browser Anda, menghasilkan password yang kuat, dan fitur mengisi formulir Web.

Kemudian terdapat fitur keamanan jaringan rumah Anda (Wifi), dan memperingatkan saat Anda terhubung ke jaringan yang tidak aman.

Fitur “File Shredder” berguna untuk menghapus file sensitif secara permanen. Fitur Add-in Search Advisor untuk menandai situs berbahaya di hasil pencarian.

Terdapat fitur perlindungan khusus ransomware untuk melindungi file penting Anda.

Pcmag.com menyebutkan Bitdefender memiliki skor bagus dari laboratorium uji independen. Demikian juga skor antiphishing dalam posisi teratas.


Download Bitdefender Antivirus Free Edition di situs resminya Bitdefender.com

loading…


6. Comodo Antivirus

Logo Comodo Antivirus

AV-Test Institute mengevaluasi produk antivirus dengan tiga kriteria: perlindungan, kinerja, dan kegunaan. Sebuah produk dapat memperoleh enam poin di setiap kategori, dengan total 18 poin maksimal yang bisa diperoleh.

Pcmag.com menyebutkan hasil AV-Test Institute untuk antivirus Comodo tidak begitu bagus, hanya memperoleh total skor 12,5 poin, ini merupakan skor yang sangat rendah dibadingkan produk pesaing. Dalam kategori proteksi yang ini sangat penting, Comodo hanya menghasilkan tiga poin dari maksimal enam poin.

Dengan satu klik, Anda dapat mengganti jendela utama Comodo dari tampilan dasar default ke tampilan lanjutan. Mode ini menampilkan seperti panel status untuk Auto-Sandbox, HIPS (Host Intrusion Prevention System), dan Viruscope.

Viruscope memantau dan mencatat perilaku dengan proses yang tidak diketahui, dengan tujuan untuk mengidentifikasi apapun yang berbahaya.

Pcmag menyebutkan nilai positif dari Comodo Antivirus:

  • Skor sempurna dalam uji coba pencekalan malware oleh tim penguji.
  • Otomatis sandboxing pada program yang dicurigai berbahaya. 
  • Mampu mendeteksi malware berdasarkan perilaku. 
  • Memiliki fitur desktop virtual dan browser aman. 

Nilai negatifnya:

  • Gagal mendeteksi sampel perangkat lunak yang dimodifikasi.
  • Skor yang buruk dalam tes unduhan perangkat lunak berbahaya. 
  • Hasil uji laboratorium independen yang kurang baik.
  • Tidak memiliki fitur perlindungan berbasis Web dari masalah URL jahat dan penipuan.

Download Comodo Antivirus di situs resminya Comodo.com

7. ZoneAlarm Free Antivirus

Check Point ZoneAlarm Free Antivirus logo

Pcmag.com menyebutkan Check Point ZoneAlarm Free emiliki sejumlah fitur bonus dengan firewall dasar. Juga hadir dengan 5GB backup online yang disediakan oleh mitra IDrive. Produk IDrive berguna untuk backup online.

Mitra lainnya, Identity Guard, memberikan pemantauan kredit dan pencurian identitas selama satu tahun secara gratis.

Dan fitur Identity Lock memungkinkan Anda mengontrol informasi pribadi yang ditentukan pengguna dari komputer Anda.

Adapun tes laboratorium cukup terbatas, karena ZoneAlarm melisensikan teknologi antivirus yang digunakan di Kaspersky Anti-Virus. Namun, produk ini tidaklah memiliki setiap fitur pelindung yang ditemukan di antivirus Kaspersky.

Secara khusus, ZoneAlarm tidak menawarkan perlindungan berbasis cloud secara real-time, juga tidak memblokir ancaman Web.

Nilai Positif:
Cukup tangguh, efektif two-way firewall. Perlindungan antivirus berlisensi dari Kaspersky. Beberapa fitur bonus yang bermanfaat.

Nilai Negatif:
Hampir tidak ada hasil dari laboratorium pengujian independen. Tidak memiliki setiap fitur antivirus Kaspersky. Tidak ada perlindungan phishing.

Download ZoneAlarm Free Antivirus di situs resminya Zonealarm.com

loading…


8. Sophos Home

Pcmag.com menyebut Laboratorium ICSA Labs dan West Coast Labs mensertifikasi Sophos baik untuk deteksi malware dan penghapusan malware.

AV-Test Institute mengevaluasi produk antivirus dari tiga sudut, perlindungan, performa, dan kegunaan. Dalam tes perlindungan yang sangat penting, Sophos memperoleh 6 dari 6 kemungkinan poin, dan berhasil 5 poin untuk performa. Skor 5,5 poin untuk kegunaan. Sophos memperoleh 16,5 dari 18 poin, ini cukup bagus.

Beberapa produk menghasilkan skor 18 tes (sempurna) yaitu BitDefender, Kaspersky Internet Security (2016), dan Symantec Norton Security Premium.

Pcmag menyebut Sophos Home memilii fungsi antiphishing yang akurat, untuk memblokir akses ke situs web berbahaya dari semua jenis (situs phishing, dll). Dalam pengujiannya, terbukti cukup akurat.

Selain antiphishing, fitur Web Protection berfungsi memblokir situs web yang mengandung malware atau spyware, atau yang diketahui berbahaya. Kemampuannya sangat bagus dalam hal ini.

Dalam pengujian, Sophos berhasil melindungi 90 persen, hampir semuanya memblokir akses ke URL dengan benar.

Hanya dua produk yang memiliki skor lebih baik dalam tes ini. Norton dan McAfee keduanya memperoleh 91 persen, diatas satu poin dibandingkan Sophos.

Pcmag menilai kemampuan Sophos kurang mengesankan dalam perlindungan malware. Sophos berhasil mendeteksi dan menghilangkan 61 persen sampel. Itu tidak buruk, namun banyak pesaing yang berhasil menghapus lebih banyak lagi sampel. AVG AntiVirus Free dan Panda Free Antivirus menghilangkan lebih dari 80 persen sampel pada tahap ini.

Nilai Positif:
Nilai yang sangat bagus dari tes laboratorium independen. Skor bagus untuk pengujian pencekalan antiphishing dan URL berbahaya. Fitur Pemantauan dan pengelolaan jarak jauh yang hebat.

Nilai Negatif:
Skor buruk dalam uji coba pencekalan malware. Konfirmasi UAC diperlukan setiap kali Anda membuka user interface.

Download Sophos Home di situs resminya Sophos.com

9. Adaware Antivirus Free

Pcmag.com memaparkan hasil pemblokiran malware, dimana tingkat proteksi adaware yang dicapai dalam tes ini adalah 63 persen. Ini merupakan skor yang rendah, tapi tidak seburuk Comodo yang hanya memperoleh 37 persen. Norton menduduki puncak tes ini, dengan perlindungan 98 persen. Avira Antivirus memperoleh skor 95 persen.

Nilai positif pada Adaware Antivirus Free: Scan penuh menandai program yang aman, mempercepat pemindaian berikutnya.

Nilai negatifnya: Skor rendah dalam tes langsung pihak Pcmag.com. Tidak ada proteksi terhadap URL jahat atau penipuan.

Pcmag menyebutkan hasil tes Adaware Antivirus Free bukan yang terbaik.

10. Qihoo 360 Total Security

Qihoo 360 Total Security Free Logo

Pada AV-Test Institute, laboratorium ini memberikan produk antivirus dengan skor hingga enam poin pada masing-masing pada tiga kriteria: Perlindungan, Kinerja, dan Kegunaan.

Pcmag.com menyebutkan Qihoo meraih enam poin penuh dalam kategori perlindungan. Skor empat poin untuk kinerja. Skor lima poin pada kategori kegunaan. Total skornya adalah 16 poin, ini skor yang bagus, namun BitDefender Antivirus Plus berhasil mengumpulkan 18 poin sempurna, Avira Antivirus mengumulkan 17,5 poin.

Qihoo 360 Total Security bekerja untuk pemblokiran malware. Qihoo berhasil menghilangkan 76 persen sampel selama proses download. Itu skor yang oke, tapi Avira berhasil 99 persen perlindungan, untuk memblokir semua akses ke URL hosting malware. Adapun skor 91 persen dicapai oleh McAfee AntiVirus Plus dan Symantec Norton Security Premium.

Qihoo 360 Total Security memiliki fungsi untuk perlindungan belanja dan dari ransomware

Adapun dalam hal mengatasi situs Phishing, pada uji terbaru Qihoo memiliki tingkat pendeteksiannya yang buruk, menurun drastis performanya dibandingkan uji lab sebelumnya. Sehingga Pcmag menyebutkan bahwa “Jangan mengandalkan Qihoo untuk mengatasi situs palsu!”

Kemampuan Qihoo 360 Total Security dalam fungsi pemblokiran program perusak dan pemblokiran URL berbahaya, hanya memberoleh nilai rata-rata (tidak istimewa). Skor antiphishing-nya juga menjadi buruk pada uji lab tebaru.


*Semua uji lab yang dipaparkan diatas merupakan periode uji lab tahun 2017

Berikut di bawah ini tabel perbandingan antar antivirus berlisensi gratis dan penilaiannya masing-masing:

Tabel Perbandingan Antar Antivirus Berlisensi Gratis
Tabel Perbandingan Antar Antivirus Gratis (klik gambar untuk memperbesar) | Sumber: Pcmag.com

Semua program antivirus yang disebutkan diatas berlisensi gratis, jika Anda ingin mengetahui tentang program antivirus berbayar, berikut di bawah ini nama-namanya:

  1. Bitdefender Total Security 2017
  2. Norton Security Deluxe 2017
  3. Kaspersky Total Security 2017
  4. McAfee Total Protection 2017
  5. ESET Internet Security 10
  6. Trend Micro Internet Security
  7. AVG Ultimate
  8. Avast Premier

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *