You dont have javascript enabled! Please enable it!
Scroll untuk baca artikel
Agama

Peristiwa – Peristiwa Penting saat Kelahiran Rasulullah SAW

43
×

Peristiwa – Peristiwa Penting saat Kelahiran Rasulullah SAW

Sebarkan artikel ini

Rasulullah SAW adalah Nabi terakhir yang diturunkan Allah kepada umat manusia. Beliau dilahirkan pada bulan Rabiul Awal tahun 571 M. di Makkah. Ia adalah seorang yang diberkahi oleh Allah dengan kearifan, keadilan, kebenaran dan kasih sayang.

Ia membawa risalah yang mengajarkan kita untuk menghargai dan cintai sesama manusia, membawa perdamaian dan toleransi, menghormati orang lain dan menjadi teladan bagi umat manusia. Dengan kelahiran Rasulullah SAW, dunia mengalami perubahan yang luar biasa.

Advertise
Advertise

Pada saat kelahiran beliau, ada beberapa peristiwa menakjubkan diantaranya adalah seperti berikut.

Padamnya Api yang Disembah Orang Majusi

Dalam satu riwayat Imam al-Baihaqi disebutkan:

لما كانت الليلة التي ولد فيها رسول الله صلى الله عليه وسلم ارتجس إيوان كسرى، وسقط منه أربع عشرة شرفة، وخمدت نار الفرس، ولم تَخمُد قبل ذلك بألف عام، وغاضت بحيرة سَاوة

Artinya, “Pada malam kelahiran Nabi Muhammad saw, balkon istana Kisra runtuh, 14 gereja runtuh, api (sesembahan Majusi) di Persia padam yang sebelumnya menyala selama 1000 tahun, dan gereja Bahira ambles ke tanah.

Baca Juga :  Keutamaan Sholat Berjaamaah dibandingkan Sholat Sendirian

Menurut Imam az-Zurqani, selain diriwayatkan Imam al-Baiqahi, hadits ini juga diriwayatkan oleh Abu Nu’aim al-Khara’iti, Ibnu ‘Asakir, dan Ibnu Jarir ath-Thabari, yang semua sanadnya sampai kepada Hani al-Makhzumi (Imam Abu Abdilah az-Zurqani, Syarh Mawahibul Ladduniyyah, 2012: juz I, halaman 228).

Hancurnya Pasukan Abrahah yang Hendak Menyerang Ka‘bah

Selain peristiwa diatas ada juga peristiwa hancurnya pasukan Abrahah yang hendak menyerang Ka‘bah oleh kawanan burung Ababil. Peristiwa ini berlangsung pada tahun 571 M, tepat pada tahun kelahiran Nabi SAW.

Alasan mengapa Abrahah hendak adalah kecemburuannya melihat bangunan Ka’bah yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Arab dari berbagai penjuru. Kendati sudah mendirikan gereja yang megah, namun masyarakat arab lebih melmilih ka’bah yang dibangun Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Namun Allah SWT. mencegah hal tersebut terjadi dengan mengirim kawanan burung ababil yang membawa batu dari neraka. Alhasil Abrahah dan pasukannya musnah. Peristiwa ini kemudian diabadikan dalam Q.S Al – Fiil ayat 1-5.

Itulah beberapa peristiwa yang terjadi saat Rasulullah lahir.

Baca Juga :  Tata Cara dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Baca juga

error: Alert: Content selection is disabled!!