Lengkap! 6 Perbedaan Komputer Server dan Client

By | September 17, 2020
Di dalam suatu jaringan komputer, jenis komputer itu sendiri dibedakan menjadi 2 macam, yakni komputer server dan komputer client.
Yang mana, kedua komputer tersebut saling berkaitan satu sama lain, memiliki hubungan dan saling sinkronisasi satu sama lain dan tentunya mempunyai peran yang berbeda-beda.
Sementara itu, apabila diringkas, server memiliki arti komputer yang memiliki peran sebagai penyedia data, sementara client itu sendiri berarti komputer yang memiliki peran sebagai pengakses informasi yang sudah tersedia dan diberikan oleh server.

Pengertian Komputer Server dan Client

Perbedaan Komputer Server dan Client
Komputer Server, via tutgwarnetgold.com

Komputer Server

Komputer server merupakan komputer yang memiliki tugas untuk melayani permintaan dan kebutuhan dari komputer di dalam suatu lingkup jaringan pada komputer server itu.
Selain itu, komputer-komputer yang berada di dalam lingkup jaringan tersebut dinamakan dengan komputer client. Ada juga kebutuhan khusus yang harus dilayani atau diberikan oleh komputer server kepada client.
Kebutuhan tersebut seperti menyediakan berbagai macam sumber daya, mulai dari memori yang besar, harddisk dengan kapasitas tinggi, hingga printer yang serbaguna, bisa digunakan oleh siapa saja di jaringan tersebut.

Komputer Client

Komputer client merupakan komputer yang digunakan untuk meminta atau request data berupa file, aplikasi, resource dalam penggunaan memori, printer, harddisk, dan lain sebagainya.
Sebagai contoh, untuk mengambil suatu file dari file server, suatu program yang ada di komputer client harus bisa melakukan pemformatan suatu request (permintaan) lalu mengirimkannya kepada program yang mana sedang berjalan di server.

Perbedaan Komputer Server dan Client

Perbedaan Komputer Server dan Client
Komputer Server, via guntursatria2006.wordpress.com

1. Berdasarkan Fungsinya

Komputer Server
Komputer server memiliki fungsi sebagai pusat dari seluruh jaringan komputer yang ada. Komputer server memiliki peran yang penting dalam menyediakan seluruh informasi yang ada, sehingga bisa dikatakan jika seluruh data yang berkaitan di suatu perusahaan atau sekolah, hingga organisasi, di simpan di dalam komputer server.
Komputer ini sendiri juga digunakan sebagai database yang bisa menampung berbagai macam jenis database management system atau DBMS. Tidak hanya itu saja, komputer server juga mempunyai peran penting dalam melakukan tindakan troubleshooting dari adanya suatu kerusakan jaringan komputer.
Komputer Client
Komputer client memiliki peran hanya untuk mengakses suatu data atau suatu informasi yang diberikan oleh komputer server. Komputer ini digunakan secara pribadi atau hanya sebatas keperluan individu.
Semua koneksi jaringan komputer client itu berujung kepada komputer server. Sehingga, jika komputer server tengah mengalami masalah, maka komputer client juga terindikasi dan terkena dampak dari masalah tersebut.
Kerusakan dari komputer server akan sangat mengganggu dan berdampak terhadap sistem yang bekerja di dalam suatu jaringan komputer.

2. Berdasarkan Perangkat Keras yang Digunakan

Komputer Server
Secara umum, komputer server membutuhkan spesifikasi perangkat keras (hardware) yang jauh lebih kompleks dan lebih tinggi, jika dibandingkan dengan komputer yang biasa.
Paling tidak, di dalam suatu komputer server itu wajib memiliki processor dan kapasitas RAM yang tinggi, sehingga bisa melakukan suatu bentuk tindak pemrosesan data dengan cepat. Semuanya harus dengan memiliki spesifikasi tinggi.
Komputer Client
Sementara untuk komputer client itu sendiri, spesifikasi komputer yang dipergunakan seperti komputer pada umumnya.
Cukup dengan berbekal RAM 2GB atau 4GB, harddisk dengan kapasitas 500 GB dan processor yang cukup juga sudah memadai untuk menunjang kinerja harian para pengguna.

3. Berdasarkan Spesifikasi Penggunaan

Komputer Server
Beberapa spesifikasi yang dibutuhkan seperti :
  • RAM paling tidak 16GB
  • Optical disc drive
  • Koneksi internet berkecepatan tinggi
  • Layar yang mendukung penggunaan
  • VGA berkualitas
  • High definition audio
  • Sistem operasi Microsoft Windows (asli)
  • Software aplikasi Microsoft (asli)
  • Memiliki standar kualitas ISO
  • dan lain sebagainya

Komputer Client
Beberapa spesifikasi yang dibutuhkan :
  • RAM setidaknya 2GB
  • Harddisk setidaknya 512GB
  • VGA Card NVIDIA
  • dan lain sebagainya

4. Berdasarkan Sistem Operasi yang Digunakan

Komputer Server
Biasanya, untuk sistem operasi yang digunakan oleh komputer server ini seperti Windows Server, Mac OS Server, Linux Server dan lain sebagainya.
Komputer server mempunyai sistem operasi tersendiri dan secara khusus, agar bisa menjadi pusat dari jaringan di seluruh komputer yang ada.
Komputer Client
Komputer client biasanya menggunakan standar Personal Computer (PC) yang biasa. Sistem operasi yang biasa digunakan seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10, Linux, Mac OS dan masih banyak lagi yang lain.

5. Berdasarkan Perawatannya

Komputer Server
Setidaknya, untuk komputer server diperlukan ruangan khusus yang bisa memuat semua hardware yang dimiliki, seperti hub, switch dan lain sebagainya.
Bahkan, tidak hanya itu saja, komputer server harus bisa beroperasi selama 24 jam penuh dan tak berhenti sama sekali.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika komputer server mati, maka jaringan komputer yang lain akan ikut mati, sehingga pastikan adanya suplai aliran listrik untuk komputer server secara terpisah dari komputer client dan harus mempunyai cadangan sumber daya listrik yang lain.
Perlu juga untuk komputer server selalu dingin dan selalu untuk dijaga kebersihannya, yang mana hal ini berguna untuk menghindari komputer server dari berbagai kerusakan, seperti kerusakan kabel atau malah timbul overheating.
Komputer Client
Seperti halnya Personal Computer (PC), komputer client diletakkan pada ruangan yang cukup memiliki suhu udara dan tentunya ruangan tersebut dingin (ber-AC) agar bisa meringankan beban CPU.
Karena memang spesifikasi komputer client ini seperti spesifikasi komputer standar pada umumnya, maka tak memerlukan suatu bentuk perawatan khusus.

6. Berdasarkan Jaringan Internet

Informasi dan segala layanan yang bisa diakses di internet akan disediakan oleh komputer server. Komputer client tak akan menyediakan informasi atau layanan yang bisa diakses oleh komputer lain.
Komputer server di internet menyediakan berbagai macam informasi yang disajikan dalam bentuk teks ataupun multimedia. Dalam menggunakan komputer client, bisa mengakses berbagai macam informasi dengan mengakses alamat server yang sudah disediakan dengan menggunakan perangkat lunak (software) tertentu.

Kesimpulan

Komputer Server menjadi pusat bagi seluruh data, pemegang seluruh kendali koneksi dari semua client dan memiliki hak akses secara penuh.
Sementara itu, untuk Komputer Client memiliki hak akses yang terbatas, hanya bisa menghapus dan mengedit beberapa data (itupun jika ada, harus meminta izin Administrator untuk mengeditnya).
Jadi, peran paling penting di suatu jaringan komputer ialah komputer server, yang memiliki spesifikasi tinggi, sistem operasi khusus dan tentunya harus bisa dijalankan 24 jam penuh hingga berhari-hari, berbulan-bulan, hingga bertahun-tahun untuk menunjang kebutuhan pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *