Inilah Penyebab Shutdown Windows 10 Lama

By | Juli 18, 2020

Proses Shutdown lambat bagi sebagian perangkat, terutama untuk perangkat yang masih menggunakan Hardisk, meskipun begitu, ada beberapa kasus dimana perangkat baru bisa mengalami hal yang sama, dan Microsoft mengakui perihal ini.

Shutdown-Windows-10

Ini dikarenakan adanya sebuah Bug pada Windows 10 yang menyebabkan proses Shutdown atau Sleep memerlukan waktu lebih lambat dibandingkan dengan biasanya, dan Microsoft menjelaskan bahwa terkadang proses tersebut bisa memakan waktu sampai 2 menit, hanya untuk mematikan perangkat saja. Bug yang menyebabkan hal ini semua adalah sebuah Glitch Controller USB Type-C yang diimplementasikan di Windows 10.

Berdasarkan pengakuan dari Microsoft sendiri, masalah ini terjadi jika ada sebuah perangkat USB Type-C yang terpasang atau dicabut ketika proses shutdown sedang dilakukan, tentu saja Charger dengan Type-C pun ikut terpengaruh.

“Bug di USB Type-C Connector System Software Interface (UCSI) yang diimplementasi perangkat lunak dalam Windows 10 versi 1809 dapat menyebabkan 60 detik keterlambatan dalam proses sleep atau shutdown sistem jika power-down terjadi sementara perangkat lunak UCSI sedang sibuk menangani koneksi baru atau koneksi diputuskan pada port USB tipe-C,” Karyawan Microsoft Philip Froese Menjelaskan

USB-C explained

“Selain dari satu menit tambahan proses sleep atau shutdown berlangsung dalam keadaan ini, bug ini tidak mempengaruhi fungsi normal dari USB tipe-C pada mesin yang digunakan. Sistem dan port USB tipe-C harus terus berfungsi dengan baik setelah perangkat dinyalakan berikutnya atau ketika restart system sedang berjalan.”

Baca Juga :
Spesifikasi Redmi Note 7
Filipina Pertama di ASEAN Komersialkan Jaringan 5G
Datasheet NIKOS P1003EK P-Channel

Spesifikasi Lenovo IdeaPad 320 14IKBN i5-7200U GeForce GT 920MX

Terkait masalah ini, Microsoft belum memberikan keterangan lebih jauh, apakah masalah akan segera diperbaiki atau belum, namun jika kamu pengguna USB Type-C sangat direkomendasikan untuk mencabut perangkat USB kamu sebelum Windows dimatikan atau di Sleep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *