Optimasi SEO OnPage Untuk Meningkatkan hasil pencarian Google

By | September 28, 2020

Optimasi SEO OnPage Untuk Meningkatkan hasil pencarian Google – Teknisi Blogger Panduan Lengkap Optimasi SEO OnPage Pada Blog Bagi Pemula – Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer”. Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Pastikan meneliti kemungkinan keuntungan serta kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh SEO yang tidak bertanggung jawab terhadap situs Anda. Banyak SEO dan agen serta konsultan lain yang menyediakan layanan yang bermanfaat bagi pemilik situs web.

Memilih Jasa SEO

Jika Anda berencana menggunakan jasa SEO, semakin cepat semakin baik. Waktu yang tepat untuk mempekerjakan SEO adalah saat Anda mempertimbangkan perancangan ulang situs atau berencana meluncurkan situs baru. Dengan cara itu, Anda dan SEO dapat memastikan bahwa Anda merancang situs yang ramah mesin telusur. Akan tetapi, SEO yang baik juga dapat membantu Anda menyempurnakan situs yang sudah ada.

  • Buat komitmen bahwa Anda akan menerapkan perubahan yang direkomendasikan. Perlu waktu dan tenaga untuk menerapkan perubahan yang rekomendasikan oleh SEO; jika Anda tidak ingin meluangkan waktu untuk membuat perubahan ini, tidak ada gunanya menyewa tenaga profesional.
  • Wawancarai calon SEO Anda. Beberapa pertanyaan berguna untuk ditanyakan kepada SEO meliputi:
  • Dapatkah Anda menunjukkan kepada saya contoh hasil kerja sebelumnya dan berbagi beberapa kisah sukses?
  • Apakah Anda mematuhi Pedoman Webmaster Google?
  • Apakah Anda menawarkan layanan pemasaran online atau nasihat untuk melengkapi bisnis penelusuran organik Anda?
  • Jenis hasil pencarian apakah yang ingin Anda lihat dan dalam batasan waktu apa? Bagaimana cara Anda mengukur keberhasilan?
  • Apa pengalaman Anda dalam industri saya?
  • Apa pengalaman Anda di negara/kota saya?
  • Apa pengalaman Anda dalam mengembangkan situs internasional?
  • Apa teknik SEO yang terpenting bagi Anda?
  • Sudah berapa lama Anda bekerja dalam bisnis ini?
  • Bagaimana cara saya menghubungi Anda? Apakah Anda bersedia memberitahukan semua perubahan yang Anda buat pada situs saya, dan menyediakan informasi mendetail tentang rekomendasi Anda beserta alasannya?

Ketahui apakah SEO tertarik pada Anda dan bisnis Anda. Jika tidak, carilah yang lain. SEO yang baik akan mengajukan pertanyaan seperti:

  • Apa yang membuat bisnis atau layanan Anda unik dan bernilai bagi pelanggan?
  • Siapa pelanggan Anda?

Bagaimana Blog Anda menghasilkan uang, dan bagaimana hasil penelusuran dapat membantu?

  • Apa saluran iklan lainnya yang Anda gunakan?
  • Siapa pesaing Anda?
  • Periksa referensi bisnis SEO Anda. Tanyakan kepada klien sebelumnya apakah menurut mereka SEO ini memberikan layanan yang bermanfaat, enak diajak bekerja sama, dan memberikan hasil yang positif.
  • Minta audit teknis dan penelusuran atas situs Anda untuk mempelajari apa yang menurut SEO perlu dilakukan, alasannya, dan hasil yang bisa diharapkan. Anda mungkin perlu membayar untuk layanan ini. Anda mungkin perlu memberikan akses baca saja ke situs Anda di Search Console. (Pada tahap ini, jangan berikan akses tulis.) Calon SEO harus bisa memberikan perkiraan peningkatan yang realistis dan apa saja kira-kira pekerjaan yang perlu dilakukan. Jika mereka menjamin bahwa perubahan yang dibuat akan membuat situs Anda muncul di tempat teratas dalam hasil penelusuran, temukan SEO lain.
  • Putuskan apakah Anda ingin mempekerjakan SEO.

Pengertian SEO On-Page

Istilah SEO on page biasa disebut juga sebagai on-page SEO adalah serangkaian proses optimalisasi, optimalisasi dilakukan oleh Website Owner atau Web Master. Proses optimalisasi konten website diharapkan bisa berpengaruh terhadap pengguna. Tidak hanya pengguna namun juga dalam mesin pencari. Setelah menggunakan rangkaian proses optimalisasi diharapkan kamu bisa menduduki pencarian halaman pertama.

Panduan Langkah Optimasi SEO Onpage

Untuk bisa melakukan optimasi seo onpage pada blog berikut beberapa langkah-langkah yang bisa anda tempuh:

  • Membuat Title Tag /Judul Artikel Blog
  • Meta Description 
  • Alamat URL yang dibuat singkat dengan struktur mudah dipahami.
  • Tambahkan gambar pada postingan (sertakan atribut alt) 
  • H1 Tag untuk judul artikel
  • Penempatan kata kunci pada 100 kata pertama
  • Buat artikel panjang, 1500+ suku kata
  • Gunakan long tail keyword untuk judul.
  • Sertakan kata kunci LSI dalam artikel
  • Buat artikel yang berkualitas.

Membuat Title tag / Judul Artikel Blog

Title tag merupakan salah satu trik SEO sebab search engine suka dengan blog yang memasang alt dan title tag pada konten nya. Optimasi SEO on page dengan menambahkan title tag selain pada popular post dan blog archive juga yang tidak kalah pentingnya adalah di judul posting pada halaman depan blog yang bisa memperbaiki missing titles pada gambar serta linknya dan meningkatkan skor SEO di chkme. Gunakan title tag untuk meletakan keyword, berdasarkan anjuran pakar seo kata kunci yang diletakan di awal judul itu lebih baik dari kata kunci yang diletakan ditengah atau di akhir judul,
Sebagai contoh kita akan membuat judul dari kata kunci “Panduan Lengkap Optimasi SEO OnPage”, misalkan saja setelah melakukan Riset kata kunci dengan google keyword planner judul artikel yang bisa kita kembangkan dari kata kunci tersebut adalah sebagai berikut:
Judul 1: Langkah Optimasi SEO Onpage pada blog
Judul 2: Cara Mudah Optimasi SEO Onpage pada blog Bagi Pemula
dari kedua contoh judul diatas terlepas dari faktor lainnya, google akan lebih memprioritaskan Judul pada Judul 1, karena pada Judul 1, kata kunci Optimasi SEO Onpage diletakan paling awal, sedangkan contoh judul 2 kata kunci diletakan ditengah.

Kesimpulan 
yang bisa kita ambil mengenai title tag ini adalah, upayakan setiap kali kita membuat artikel, kata kunci yang kita bidik kita letakan diawal judul artikel agar lebih seo friendly.

Panduan Lengkap Optimasi SEO OnPage Pada Blog Bagi Pemula

Meskipun meta deskripsi ini digunakan oleh mesin pencari Google, namun Google tidak menggunakannya sebagai salah satu faktor penentu ranking.

Tapi meta deskripsi ini masih sangat penting keberadaannya karena dapat kita manfaatkan untuk manampilkan deskripsi yang menarik perhatian pada halaman hasil pencarian.Gunakan meta description untuk menempatkan deskripsi dari judul yang kita buat, panjang deskripsi sebaiknya sampai 156 karakter, deskripsi adalah pilihan kedua yang akan dipertimbangkan oleh pengunjung ketika mereka menemukan judul artikel anda, oleh karena itu and harus benar-benar memperhatikan penulisan meta description ini, silahkan buat meta description yang dapat menarik perhatian orang, 

Panduan Lengkap Optimasi SEO OnPage Pada Blog Bagi Pemula

Secara umum, permalink adalah alamat URL yang diberikan sebagai identitas untuk memudahkan pengguna dalam mengakses halaman artikel atau halaman produk di website Anda.

Istilah permalink sendiri berasal dari akronim kata “permanent link”, sebuah link URL yang seharusnya memang bersifat tetap/permanen agar lebih maksimal dalam proses optimasi SEO algoritma mesin pencari.Sering kita temukan bermacam macam bentuk penulisan alamat url suatu halaman blog/situs, ada yang mudah untuk dihapal dan ada yang sulit bahkan sangat panjang dan sulit untuk dimengerti, kenapa alamat url begitu penting pada optimasi seo onpage?, sama halnya seperti title tag dan isi artikel, alamat url merupakan sebuah petunjuk untuk mesin pencari mengenai niche dari artikel yang kita buat. Salah satu cntoh url seo adalah : https://teknisi-blogger.blogspot.com/2020/04/panduan-lengkap-optimasi-seo-onpage.html
Berikut merupakan beberapa tips pengaturan permalink yang baik agar performa artikel Anda lebih SEO Friendly:

1. Keep Short and Simple

Dalam menulis permalink usahakan untuk membuat kalimat seefektif mungkin dengan cara membuang kata hubung yang tidak perlu. Permalink yang pendek bukan perarti hanya terdiri dalam satu atau dua kata saja, melainkan juga harus bisa mendeskripsikan kata kunci yang ingin dibidik.

2. Selipkan Kata Kunci

Tahukah Anda jika permalink yang mengandung keyword (kata kunci) lebih berpotensi untuk nangkring di posisi pertama mesin pencari?

Jika tidak percaya coba buktikan saja dengan mengetikkan kata “Web Phising” di pencarian Google, lihatlah hasil pencarian di posisi pertama hingga terakhir hampir semuanya menggunaakan permalink dengan kata web phising.

3. Gunakan Huruf Kecil (Lowercase)

Neil Patel pernah membahas soal tata cara penulisan permalink pada poin ketiga ini. Ahli SEO dengan cri khas kepala plontos tersebut memberikan fakta bahwa beberapa server tidak bisa mengakses halaman website dengan permalink yang menggunakan huruf besar (Uppercase) alhasil website menampilkan pesan 404 not found.

Jadi, jika Anda menulis permalik usahakan untuk memperhatikan ejaan setiap kata agar tidak ada yang terselip meskipun maksud dan tujuannya bisa dipahami oleh pembaca.

Menulis prermalink yang relevan dan sesuai dengan isi konten tidak hanya akan menimbulkan efek positif dari segi SEO. Melainkan juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna jika artikel tersebut dibagikan via sosial media.

Menambah gambar pada postingan Blog

Panduan Lengkap Optimasi SEO OnPage Pada Blog Bagi Pemula

Menambahkan gambar pada artikel akan memiliki pengaruh besar pada artikel anda, gambar membuat artikel kita hidup, lebih interaktid dan tidak mudah bosan dimata pengunjung, semakin pengujung berlama-lama di halaman artikel kita, maka akan mendapatkan nilai plush dari mesin pencari mengenai bouncing out rate.
Silahkan masukan minimal 1 gambar pada tiap artikel yang anda buat, agar gambar seo friendly dimata search engine, dianjurkan setiap gambar yang kita masukukan harus disertakan atribut alt, dan usahakan nama gambar harus sama dengan text yang kita sertakan silahkan atur ukuran gambar dan jangan terlalu besar kalou perlu dikompress juga akan lebih baik, yang penting tidak terlalu berpengaruh terhadap loading halaman yang menjadi lama. 

Pasang Kata kunci pada Paragraf pertama tiap artikel

Pada teknik SEO, menempatkan kata kunci (keyword) pada artikel website merupakan langkah ke dua setelah kita melakukan riset kata kunci. Langkah ini sangatlah penting karena menentukan bagaimana search engine seperti Google akan merangking website Anda. Kenyataan di lapangan, banyak orang yang bisa melakukan riset kata kunci tetapi sedikit yang bisa menempatkan kata kunci (keyword) dengan baik di tempat yang tepat.

Bahkan kalau Anda cari tutorial tentang SEO, maka Anda akan menemukan banyak sekali artikel tentang riset kata kunci dan link building. Sedangkan artikel mengenai bagaimana menempatkan kata kunci sangatlah sedikit. Mengingat riset kata kunci dengan menempatkan kata kunci tersebut sama pentingnyaGoogle sangat memperhatikan letak kata kunci yang kita tempatkan dalam artikel, artikel yang relevan setidaknya akan terdapat paling tidak satu kata kunci yang diulang pada artikel, meskipun untuk kepadatan kata kunci dalam artikel itu sendiri kontroversi dikalangan para pakar seo ada yang memperhatikan kepadatan kata kunci ada juga yang natural, jika anda ingin memperhatikan peletakan kata kunci, sangat dianjurkan untuk meletakan kata kunci pada 100 kata pertama dalam artikel, kata kunci yang diletakan lebih awal, mengindikasikan halaman tersebut dianggap penting.

Membuat kata kunci pada Tag H1

Tag secara umum digunakan untuk mengklasifikasikan konten dengan cara yang bermanfaat untuk pembaca dan mudah untuk dipahami mesin pencarian, sehingga berpotensi membuat tag ini penting baik untuk SEO dan penggunaannya. Enam elemen heading, H1 sampai H6, menunjukkan heading bagian konten. Meski urutan dan keberadaan heading tidak dipaksakan oleh HTML DTD, dokumen tidak boleh melewatkan tingkat misalnya dari H1 ke H3, karena mengubah dokumen menjadi representasi lain kadang menimbulkan masalah. Berikut ini kami akan memberi penjelasan lebih jauh tentang heading tag H1-H6 yang perlu digunakan oleh ahli SEO dan para penulis. Usahakan setiap judul artikel diletakan dalam tag H1, tag H1 harus ada dalam setiap artikel yang kita buat dan jumlahnya harus satu, tidak boleh lebih.H1 tag sangat berperan sekali dalam SEO onpage, berdasarkan penelitian artikel yang tidak memiliki H1 tag dibandingkan dengan artikel yang memiliki H1 tag, yang berpeluang lebih baik adalah artikel yang memiliki H1 tag didalamnya,
Gunakan satu elemen H1 pada halaman. Google telah merekomendasikan hal ini sejak lama. Banyak yang berdebat kalau memiliki lebih dari satu H1 per halaman bisa dilakukan. Pada akhirnya, itu akan bergantung sepenuhnyapada situs yang ingin Anda buat dan audiens yang dilayani. Implementasi yang konsisten penting dilakukan pada seluruh situs Anda untuk memaksimalkan penggunaan. Bila menggunakan banyak H1, jangan sampai semuanya dipenuhi dengan kata kunci.
Misalnya:

<h1>Optimasi SEO OnPage<h1>
<p>Isi teks</p>
<h2>HTML</h2>
<p>Isi teks</p>
<h2>CSS</h2>
<p>Isi teks</p>  

Gunakan Long tail Keyword untuk judul artikel

Long tail keyword adalah kata kunci utama yang kita kembangkan menjadi 5 suku kata atau lebih , meskipun kata kunci yang terdiri dari 5 suku kata atau lebih tidak akan muncul ketika kita masukan pada pencarian riset kata kunci, pengunjung lebih banyak melakukan pencarian menggunakan bentuk kata kunci tersebut. 
Kenapa Menggunakan Long Tail Keyword?
Dengan menggunakan strategi Long Tail Keyword, maka anda bisa…

a. Mendapatkan visitor blog yang berkualitas

Long Tail Keyword membantu pengunjung menemukan artikel yang spesifik sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. Misalnya, rumah anda di Bandung, dan anda ingin membeli sepatu “Nike”, tentunya anda tidak hanya akan menulis “Sepatu Nike” saja di kolom mesin pencari bukan?

Dengan mengoptimalkan Long Tail Strategi, itu artinya anda menyediakan informasi yang jelas bagi visitor blog mengenai artikel anda.

b. Lebih maksimal di mesin pencari. Karena minim kompetitor

Nah, ini dia. Untuk meningkatkan visitor blog seorang blogger selalu terfokus pada persaingan Head Keyword. Dan melupakan Long Tail Keyword. Meski porsinya lebih sedikit, kesempatan anda untuk meningkatkan visitor blog amatlah besar.
Mendesain judul artikel yang spesifik merupakan salah satu cara mengoptimalisasi Long Tail Keyword.

c. Memudahkan blog bersaing di mesin pencari

Sudah menjadi rahasia umum, persaingan keyword merupakan hal utama yang sering dikeluhkan oleh blogger pemula.

Buat artikel panjang 

Menulis mungkin merupakan hal yang mudah bagi sebagian orang dan susah bagi sebagian yang lain. Terlebih lagi jika harus menulis artikel yang SEO friendly. Panduan cara menulis artikel SEO friendly ini akan memudahkan kamu menulis artikel sesuai standar google. Jadi artikel kamu akan ramah terhadap mesin pencari namun juga tetap enak dibaca untuk manusia. Jika anda hendak membidik kata kunci yang memiliki nilai kompetitor tinggi, sangat disarankan untuk membuat artikel yang panjang, buat artikel minimal mengandung 1500 kata atau lebih, beberapa industry yang meneliti tentang SEO (SerpIQ salah satunya), membuktikan bahwa artikel yang mengandung lebih dari 1500 kata atau lebih, memiliki peluang untuk menduduki peringkat lebih baik pada mesin pencari google. oleh karena itu akan lebih baik membuat artikel yang terdiri dari 1500 suku kata atau lebih setiap kali kita membuat artikel dengan membidik kata kunci yang memiliki nilai kompetitor tinggi.
Paragraf dan kalimat juga merupakan bagian penting dari sebuah artikel berkualitas namun kadang diabaikan. Paragraf dan kalimat merupakan bagian dari cara menulis artikel SEO friendly berkualitas. Walaupun pengaruhnya mungkin tidak terlalu besar namun tetap tidak boleh diabaikan.

Paragraf yang baik, umumnya berisi 3,4, atau 5 baris. Idealnya adalah 3 atau 4 baris, jika memang harus lebih sebaiknya maksimal adalah 5 baris. Paragraf yang terlalu panjang akan membuat orang malas untuk membacanya. 

Idealnya panjang satu kalimat adalah berisi kurang dari 20 kata. Hal ini karena artikel dengan kalimat pendek akan lebih mudah untuk dibaca. Artikel yang berisi kalimat-kalimat panjang akan membuat pusing pembacanya. Sehingga mereka kesulitan mendapatkan inti dari kalimat tersebut.

Posting artikel yang berkualitas

apa ciri artikel yang berkualitas? Artikel berkwalitas adalah type konten artikel dengan banyak kata dan kalimat yang lebih teliti atau lengkap, mudah dimengerti, dilengkapi dukungan konten pendukung dan ringan dibaca. Buatlah artikel yang berkualitas, artikel yang memiliki relevansi yang baik dengan kata kunci yang kita bidik, dan jangan sekali-kali membuat artikel dari hasil kopi paste. artikel yang baik akan memberikan point berarti untuk setiap backlink yang kita tujukan ke artikel tersebut.
Setiap blog atau website perlu diupdate dengan postingan artikel-artikel baru secara berkala. Hal ini bertujuan supaya menarik minat pembaca untuk datang kembali dan juga supaya disukai Google karena dengan begitu website atau blog anda akan dengan mudah mendapatkan posisi teratas di mesin pencari Google dan Google akan mengirimkan traffic gratis ke website atau blog anda.

Sebaliknya jika anda tidak pernah merawat website atau blog anda dengan tidak memposting artikel-artikel baru, maka bisa dipastikan tak ada lagi orang yang mau berkunjung ke website atau blog anda dan akibatnya tentu saja penjualan akan menurun.

Namun kini anda tak perlu khawatir karena kami siap membantu anda memposting artikel dengan kaidah-kaidah SEO On Page sehingga artikel anda akan teroptimasi dengan baik.

Tools Untuk Mempermudah Penulisan Artikel SEO Friendly

Ada beberapa tools atau alat yang dapat memudahkan kita untuk menulis artikel SEO Friendly berkualitas. Tools ini tentunya bisa digunakan secara gratis. Mengenai tools untuk membantu penulisan artikel SEO friendly akan kita bahsa secara singkat disini. Dan untuk lebih lengkapnya akan kita bahas pada artikel berikutnya.

1.Google Keyword Planner

Google keyword planner berfungsi untuk melakukan riset keyword. riset kata kunci sangat penting dilakukan sebelum menulis artikel. Sehingga kita bisa mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari orang lewat google. Google keyword planner akan memudahkan kita untuk menemukan kata kunci yang tepat. Selain itu, GKP juga menampilkan keyword turunan dari kata kunci utama yang kita inginkan.

Tampilan google keyword planner bisa dibilang sangat lengkap, mulai dari jumlah pencarian volume bulanan hingga daerah terbanyak yang melakukan pencarian. Mungkin hasil GKP akan sedikit berbeda jika kamu belum pernah melakukan running ads di Google. Untuk yang belum pernah beriklan di Adwords namun ingin menggunakan google keyword planner secara lengkap bisa mencoba Ubersuggest.

2. Keyword Everywhere

Ini merupakan extension gratis yang dapat kamu pasang di browser google chrome. Keyword everywhere akan otomatis menampilkan jumlah pencarian perbulan ketika kamu mengetikan suatu kata kunci di google. Extension ini juga akan menampilkan kata kunci turunan beserta kata kunci berkaitan dengan keyword utama yang juga dicari orang.
Demikian infromasi yang bisa saya share mengenai Panduan Lengkap Optimasi SEO OnPage Pada Blog Bagi Pemula, mudah mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *