Cara Memperkuat Sinyal Indosat 4G 2021 Yang Lemot

By | September 19, 2020

Cara Memperkuat Sinyal Indosat 4G 2021 Yang Lemot – Cara Memperkuat sinyal indosat adalah salah satu cara agar koneksi internet menjadi cepat dan tidak lemot. Jika dibandingkan dengan negara lain, sebenarnya koneksi internet di Indonesia masih terbilang lambat. Namun dengan kecepatan 1 Mbps saja rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan baik bersosial media ataupun streaming youtube. Sayangnya sering kali kecepatan internet yang dialami oleh para pengguna terutama pengguna indosat sangat lemot bahkan hanya mampu berjalan 20kbps. Jika demikian, hanya untuk mengakses sosial media seperti instagrampun jadi sangat lamban. Lantas bagaimana cara mempercepat jaringan indosat tersebut? itulah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Ada beberapa penyebab internet indosat lemot. Memiliki pengguna yang sangat banyak, tentu sedikit banyak akan berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Apalagi jika kamu mengakses pada jam jam free seperti jam 6 petang hingga 8 malam. Hal itu juga tak lepas dari harga kuota internet indosat sendiri yang tergolong murah. Bahkan kamu bisa mendapatkan paket internet 1000/ Gb seperti yang pernah kita ulas sebelumnya. Faktor lainya adalah jaringan atau kekuatan sinyal. Jika kekuatan sinyal rendah, misalnya hanya ada 1 atau 2 bar saja pada indikator sinyal, tentunya akan berpengaruh pada kecepatan internet. Oleh karenanya diperlukan sebuah cara memperkuat sinyal indosat

Cara Memperkuat Sinyal Indosat, Internet Cepat Anti Lemot

Selain memperkuat sinyal, ada beberapa hal lainya yang perlu diperhatikan agar bisa mengatasi koneksi internet indosat yang lemot. Mulai dari settingan APN, memaksimalkan slot kartu, pemilihan mode jaringan, dan lainya. Berikut penjelasan selengkapnya

Cara Memperkuat Sinyal Indosat Agar Tidak Lemot

1. Aplikasi Penguat sinyal Indosat
Jika penyebab koneksi internet indosat lemot adalah sinyal yang buruk. solusinya adalah dengan menggunakan aplkasi penguat sinyal. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan adaah HSPA+ tweaker, PINGER, dan Connection Stabilizer Booster. Selain menggunakan software, kamu juga bisa mengunakan hardware berupa alat bantu seperti antena penguat sinyal.

Setting APN
Jika sinyal bagus, tapi koneksi lemot maka bisa menggunakan cara kedua yakni dengan menyeting APN. Untuk settingan APN Indosat sudah pernah kami bahas sebelumnya.

3. Pilih Mode Jaringan terbaik
Jika ditempatmu, sinyal 4G masih lemah tak perlu dipaksakan. Jika tetap menggunakan 4G justru malah membuat koneksi lambat karena smartphone akan berganti ganti mode dari 3G ke 4G atau sebaliknya. Jika jaringan 4G tidak bagus, setting saja menggunakan mode 3G.

4. Tukar slot kartu
Pada smartphone tertentu, slot 1 bisa berada pada jaringan 4G sedangkan di slot 2 hanya untuk 3G. Pastikan hal tersebut tidak tertukar.

5. Maksimalkan jam jam non sibuk
Untuk mendapatkan kecepatan internet yang cepat, maksimalkan pada jam jam dimana orang orang tidak mengakses internet. Misalnya jam 12 malam atau pada jam jam kerja.

Indosat merupakan salah satu operator seluler yang menyediakan beragam paket internet murah. Selain harganya yang terkesan miring provider ini juga menawarkan volume kuota besar untuk para pelanggannya. Katakanlah paket yellow indosat kuota harian 1GB yang bisa dibeli dengan harga 1 ribu rupiah, paket internet unlimited, dan beberapa pilihan paket reguler lainnya. Meski memberikan kuota melimpah dan harga murah namun provider ini tidak dibeli dengan jaringan yang mumpuni. Terbukti dengan banyaknya pelanggan yang mengeluhkan koneksi internet indosat lemot, sinyal patah-patah, lag, dan buffering saat dipakai.

Inilah cara mempercepat koneksi internet indosat 4G

Meskipun sudah berlabel 4G LTE namun masih banyak pelanggan yang berusaha mempercepat internet indosat karena merasakan koneksi yang kurang maksimal. Padahal koneksi menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan komunikasi jarak jauh baik lewat internet, telpon, maupun sosial media. Di lain sisi, cara mengatasi indosat lemot tidaklah semudah membalikan telapak tangan karena pelanggan harus berjibaku mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Mengapa demikian? karena tidak semua masalah bisa diselesaikan hanya dengan solusi yang sama.

Walau sudah mengetahui kelemahan indosat namun nyatanya masih banyak orang yang tertarik menggunakan layanan Indosat. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, melainkan karena harga paketnya yang murah dan tidak menguras kantong. Untuk membantu anda mengatasi masalah jaringan dan koneksi indosat yang tidak stabil saya telah merangkum beberapa informasi bermanfaat. Dalam artikel kali ini kita akan belajar mempercepat koneksi internet indosat yang lemot dan lag ketika dipakai. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan di bawah hingga selesai..

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot (100% Berhasil)

Pernahkah terbayang dibenak anda apa yang menyababkan koneksi internet indosat menjadi lemot atau sinyal jelek? tentu saja pernah. Terlebih lagi kalau kita sering mengalami kejadian tidak mengenakkan tersebut berulang kali. Untuk mengatasinya kita perlu melakukan tindakan pencegahan sejak dini. Namun untuk melakukannya tentu kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Terlepas dari baik buruknya kualitas sinyal, Indosat merupakan salah satu operator terbaik yang menyediakan paket internet murah. Sangat disayangkan jika sebagai pelanggan kita tidak bisa memaksimalkan jaringan indosat yang lemot tersebut. Meski dibayang-bayangi sinyal tidak stabil, koneksi jelek dan internet lemot tapi kita bisa mengatasi masalah tersebut.

Sebagai catatan, Saya telah memperbarui artikel ini untuk menjaga informasi di dalamnya tetap valid dan bermanfaat untuk pembaca. Di lain sisi, kontribusi anda sebagai pembaca pun juga saya butuhkan untuk merevisi cara mempercepat internet indosat di bawah jika memang terdapat kesalahan.

Nyalakan Mode Pesawat

Memakai mode pesawat menjadi alternatif ketika anda merasa performa koneksi indosat lemot. Karena prinsip mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat sama seperti anda sedang mereset jaringan. Ketika mode pesawat aktif secara otomatis ponsel akan terputus koneksinya, dan ketika kita sudah terhubung kembali maka ponsel akan mendapat IP baru.

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot dan mempercepat Koneksi 4G

Cara mengatasi internet lemot yang satu ini tidak hanya dipakai untuk operator indosat saja melainkan bisa juga untuk provider lainnya. Langkahnya pun juga cukup mudah dan saya yakin kalian semua sudah mengetahuinya. Swipe menu atas ponsel dan aktifkan mode pesawat hingga bar sinyal berganti icon menjadi pesawat. Selanjutnya matikan mode tersebut agar ponsel terhubung kembali dengan jaringan operator.

Setting Jaringan Indosat

Hinggga saat ini kita mengenal ada 3 tipe jaringan yang dipakai yakni GPRS, 3G, dan 4G. Singkatnya, ketiga tipe koneksi tersebut memiliki perbedaan dari segi kualitas serta kecepatan. Tapi mayoritas pengguna ponsel pintar dan operator seluler sekarang hanya berfokus pada akses internet berbasis 3G dan 4G saja. Biasanya pengaturan pemilihan jaringan akan diatur secara otomatis untuk menangkap semua sinyal yang ada. Nah, kalian bisa mengatasi internet indosat lemot dengan mengatur tipe jaringan menjadi 4G only untuk memprioritaskan koneksi 4G LTE. Namun, cara yang satu ini tergantung juga pada wilayah masing-masing apakah sudah tercover sinyal 4G indosat atau belum.

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot dan mempercepat Koneksi 4G

Setiap ponsel memiliki menu pengaturan tersendiri untuk mengganti sinyal 4G. Pada contoh dibawah saya memakai ponsel samsung A6 Plus, tapi tutorial berikut juga valid dugunakan untuk semua tipe ponsel karena sejatinya letak pengaturannya sama saja. Silahkan ikuti tutorial berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan umum
  2. Pilih menu koneksi.
  3. Pilih pengelola kartu SIM.
  4. Jika anda ponsel anda dual sim pilih kartu SIM Indosat.
  5. Masuk kembali ke submenu mode jaringan.
  6. Langkah terakhir ubah mode jaringan menjadi LTE/3G 2G (sambungan otomatis).

Jika di daerah anda tercover sinyal 4G maka secara langsung ponsel anda akan menangkap dan memprioritaskan sinyal tersebut secara langsung. Akantetapi, ketika suatu wilayah belum terjangkau sinyal 4G LTE ponsel akan memprioritaskan koneksi 3G atau H+. Mode jaringan indosat tersebut bisa diatur sesuka hati menyesuaikan keadaan anda masing-masing. Apakah ingin mengoptimalkan tangkapan semua tipe sinyal ataukah berfokus hanya sinyal 4G atau 3G saja.

Setting APN Indosat Tercepat

Mengganti APN sudah menjadi trik dasar untuk mengatasi indosat lemot dan sinyal internet lag patah-patah. Access point name (APN) atau dalam bahasa indonesia disebut nama akses poin ibarat pintu gerbang yang menjembatani akses ponsel ke internet. Setiap operator seluler memiliki pengaturan default APN yang berbeda beda, demikian pula dengan indosat. 
Ketika anda pertama kali memakai indosat maka operator ini secara otomatis akan membekali anda dengan pengaturan APN Indosatgprs. Karena dipakai banyak orang sebagai APN default akhirnya performa jaringan pun terkesan menjadi jelek dan sinyal patah patah ketika ponsel terhubung ke internet. Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti APN lain untuk mempercepat internet indosat yang lemot.
Silahkan setting APN indosat di ponsel anda sesuai dengan informasi di bawah:

 Nama APN: Indosat 4G
APN: Internet
Username: –
Password: –

Meski masuk dalam trik mempercepat internet indosat tapi tidak semua server APN memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu pelanggan harus megecek terlebih dahulu performa koneksi melalui situs speedtest. Disamping itu, ada pula beberapa pengaturan akses poin untuk kegiatan yang lebih spesifik seperti bermain game online, streaming film, kegiatan download, maupun berinternetan gratis.

Restart Ponsel

Merestart perangkat menjadi salah satu cara mengatasi internet indosat lemot ketika tiga trik diatas masih belum terasa dampaknya. Dalam beberapa kasus, sistem operasi dan perangkat yang kelebihan beban bisa menyebabkan performa hp menjadi lemot. Hal ini pun akhirnya mempengaruhi kemampuan ponsel menangkap sinyal dan menguraikan perintah ketika kita mengakses internet. Rata-rata penyebabnya karena aktivitas multi tasking yang berlebihan tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel itu sendiri.

Batasi Penggunaan Jaringan

Cara mempercepat jaringan internet indosat selanjutnya ialah dengan membatasi penggunaan jaringan itu sendiri. Jaringan akan semakin lemot jika akses koneksi ponsel anda semakin banyak, inilah yang dinamakan multi tasking. Misalnya dalam satu waktu melakukan download file besar dan juga melakukan streaming di youtube. Disisi lain anda juga melakukan berbagi koneksi (teathering) dengan hp lain. Dari kondisi ini sudah dipastikan bahwa koneksi internet indosat pada ponsel akan menjadi lemot. Untuk itulah penggunaan jaringan (bandwidth) perlu dibatasi sehingga lebih maksimal kecepatan yang akan diperoleh.

Saran saya utamakan hal-hal penting terlebih dahulu, misalnya sedang download tunggulah hingga selesai. Atau ketika sedang streaming film maka hentikanlah aktivitas lain yang berhubungan dengan internet karena bandwith indosat sedang difokuskan pada aktivitas streaming tersebut. Dengan demikian anda sudah mengatasi internet indosat lemot dari hal yang paling kecil yakni pengaturan bandwith.

Hubungi Call Center Indosat

Menghubungi call center merupakan cara mengatasi indosat lemot yang tidak banyak dipikirkan oleh pelanggan operator ini. Namun faktanya trik ini cukup ampuh menyelesaikan masalah seperti sinyal jelek dan beberapa permasalahan jaringan lainnya. Di samping itu, menghubungi call center menjadi langkah terakhir ketika sudah mengalami kebuntuan ketika menjalankan usaha mempercepat internet indosat.

Customer service yang menjawab call center memiliki informasi penuh tentang paket dan pengaturan jaringan yang dipakai oleh pelanggan. Mereka juga merupakan bentuk layanan pengaduan untuk membantu pengguna ketika mengalami masalah ketika menggunakan operator indosat. Anda bisa menghubungi customer service melalui nomor 021-30003000 atau mention akun twitter mereka di Indosat Ooredoo.

Penyebab koneksi Indosat lemot

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi baik buruknya jaringan indosat. Salah satu yang paling berpengaruh adalah cakupan sinyal di suatu wilayah sedikit banyak akan mempengaruhi kecepatan internet. Contohnya sinyal internet indosat di daerah pedesaan cenderung lebih lemot daripada di wilayah perkotaan. Pembangunan infrastruktur yang lambat dan tidak merata menyebabkan sinyal indosat tidak stabil dan akhirnya menyebabkan internet lemot.

Device Ponsel

Perangkat ponsel yang kurang mumpuni memang dapat menjadi alasan jaringan indosat lemot sehingga bukan hanya karena providernya saja. Misalnya banyaknya bandwidth yang disebabkan penginstalan aplikasi yang banyak atau cepat panasnya ponsel kita. Hal ini tentunya membuat internet indosat tidak stabil meskipun di bar sinyal ponselnya penuh. Terlebih lagi jika ponsel dipakasa menjalankan aplikasi berat diluar spesifikasinya seperti memainkan game PUBG, Mobile legends, dan streaming secara terus menerus.

Cuaca

Sebagai salah satu operator besar di Indonesia, harusnya sinyal indosat akan tetap stabil walaupun diterpa cuaca buruk. Namun, dalam beberapa kasus banyak yang mengeluhkan sinyal tiba-tiba hilang atau koneksi indosat lemot ketika terjadi hujan badai. Menurut saya hal ini sangat lumrah karena setiap provider memiliki batas toleransi tersendiri jika berkaitan dengan cuaca buruk. Akan tetapi sinyal indosat patah patah tidak akan berlangsung lama karena perubahan cuaca dan bahkan cepat pulih. Untuk itulah cara mempercepat jaringan internet indosat ooredoonya cukup menunggu saja.

Perbaikan Jaringan

Perbaikan jaringan adalah proses dimana suatu operator berusaha meningkatkan kualitas jaringan agar layanan yang diberikan menjadi lebih baik. Kita juga bisa menyebutnya maintenance atau proses perbaikan jika terdapat kerusakan. Dlam prosesnya, maintenance terkadang menimbulkan beberapa dampak negatif yang turut dirasakan pengguna operator itu sendiri. Tidak ada cara mengatasi indosat lemot selain menunggu jika masalahnya disebabkan karena proses perbaikan jaringan.

Mau internet indosat ooredoo kalian kencang? Bisa saja, kalian hanya perlu melakukan beberapa pengaturan penting untuk bisa mendapatkan akses internet anti lemot dan super cepat dalam mode jaringan 4G dan 3G.

Indosat Ooredoo terkenal dengan paketan internetnya yang murah dengan kuota yang termasuk banyak. Namun sekaligus menjadi operator yang lelet apalagi pada saat jam-jam sibuk seperti malam hari dan siang hari. Bahkan beberapa pengguna banyak yang komplain tidak bisa konek internet padahal kuota masih ada.

Tidak heran sih kalau indosat sering lemot, soalnya operator seluler tersebut memiliki pengguna yang banyak yang memungkinkan pada saat mereka melakukan koneksi secara bersamaan pasti akan lemot.

Tentu kita tidak ingin internet indosat kita lemot kan? Maka dari itu yuk ikutin beberapa tips yang bisa meminimalisir hal tersebut.

6 Tips Memperkuat Sinyal Indosat Ooredoo

1. Gunakan Waktu Non-Sibuk

Cara ini cukup ampuh dilakukan dan banyak yang sudah membuktikan, terbukti di jam non sibuk akses internet bisa kencang kembali karena pengguna rata-rata sedang istirahat dan minim sekali aktivitas internet yang dilakukan oleh pengguna indosat di jam-jam ini. Jam non sibuk yang bisa anda coba adalah pada jam 12 malam sampai jam 6 pagi.

2. Luar Ruangan

Jika anda ingin mendapatkan cakupan sinyal yang maksimal, pastikan anda berada diluar ruangan. Sebab cakupan sinyal lebih kuat saat tidak ada batas penghalang seperti dinding agar dapat langsung diterima oleh hp kita. Pasti anda sering mengalami saat berada didalam ruangan sinyal menurun, setelah keluar baru sinyal menjadi full.

3. Pilih Mode Jaringan Terbaik

Kita tau bahwa 4G menjadi jaringan paling cepat saat ini, maka dari itu kami merekomendasikan anda untuk mengubah mode jaringan di ponsel menjadi 4G agar lebih maksimal. Namun tidak semua area sudah tercakup sinyal yang satu ini, hal pertama yang harus anda pastikan bahwa daerah anda sudah support sinyal 4G.

4. Coba Ganti APN Internet

Hal yang berpengaruh saat anda ingin memperkuat sinyal indosat baik download dan streaming adalah APN. Apa itu apn? APN adalah singkatan dari access point name dimana ini diperlukan saat kita ingin terkoneksi ke internet. Gunakan apn tercepat untuk mendapatkan kualitas sinyal yang bagus agar indosat tidak lemot.

5. Coba Ubah Posisi Kartu SIM

“Terkadang” posisi slot sim card juga berpengaruh pada kecepatan akses. Jika anda pengguna dengan smartphone dual sim, anda bisa mencoba pindah sim 1 ke sim 2 atau sebaliknya.

6. Menggunakan Antena Eksternal (Outdoor)

Alat ini biasanya digunakan pada daerah pelosok dimana di area meraka memang sinyal kurang kuat dan bahkan minim. Antena yagi atau semacamnya bisa anda coba untuk memperkuat sinyal indosat di tempat anda. Atau anda juga bisa mencoba dengan cara membuat antena sendiri berbekal video di youtube.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk cara mempercepat sinyal indosat agar mendapatkan akses internet yang cepat super kenceng. Anda juga bisa menonaktifkan beberapa aplikasi berjalan yang bisa saja menyedot kuota saat internetan dan akhirnya membuat akses lemot. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sekian penjelasan mengenai cara mempercepat koneksi internet indosat ooredoo 4G. Untuk melakukan cara mempercepat jaringan internet Indosat tersebut biasanya disesuaikan dengan beberapa faktor penyebabnya. Penyebab koneksi internet indosat lemot dapat berupa cuaca, device ponsel maupun perbaikan jaringan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *