Langkah Membangun Usaha Mulai Dari Nol Hingga Sukses Tahun 2020

By | Oktober 20, 2020

Teknisi-Blogger.id – Langkah Membangun Usaha Mulai Dari Nol Hingga Sukses Tahun 2021 – Jika sobat ingin membangun sebuah usaha dari nol atau bisnis hendaklah memakai tahapan atau cara yang benar sehingga jalan sebuah usaha bisa lebih maksimal dan rendah resiko. Mempunyai bisnis atau usaha sendiri merupakan sebuah impian bagi sebagian orang, namun dengan impian saja belum cukup, harus dengan ilmu yang mumpuni pada bidang tersebut, pengetahuan dan management usaha yang terlatih.

Ilmu mengenai membangun usaha mulai dari nol yang saya share kali ini juga saya ambil dari kehidupan nyata yang saya rangkum dari pendirian usaha keluarga di Bidang Mebel di Boyolali Jawa Tengah. Meskipun belum besar layaknya perusahaan mebel ekspor tapi setidaknya sudah bisa mandiri tidak ada pada telunjuk orang lain adalah salah satu kebahagiaan tersendiri. Beberapa tahapan tersebut akan saya rangkum dalam artikel dibawah ini.

15 Langkah Membangun Usaha Mulai Dari Nol Hingga Sukses

Langkah Mendirikan Usaha Mulai Dari Nol Hingga Sukses Tahun 2021
Langkah MembangunUsaha Mulai Dari Nol Hingga Sukses Tahun 2021

1. Menentukan Ide Usaha

Menentukan jenis usaha seperti apa yang akan anda pilih merupakan hal paling utama dan pertama kali anda tentukan. Disini ada beberapa pertimbangan yang perlu anda fikirkan. Ada orang yang bisa menyesuaikan diri dengan trend namun ada juga yang paten. Namun jenis yang paten bukan berarti tidak bisa menyesuaikan trend.

Artinya adalah pilihlah usaha yang paling sesuai dengan diri anda, keahlian anda, pashion anda namun tetap mengikuti metode perkembangan zaman. Karena kalau tidak update akan mudah sekali ketinggalan. Contoh orang yang membangun usaha mebel, namun cuma menuggu orang lewat saja tidak mau menjual secara online, pastinya akan ketinggalan, apalagi belum memiliki nama yang terkenal
Dalam memilih jenis usaha yang tepat anda bisa menilainya dari beberapa hal yang nantinya anda bakalan menemukan potensi yang terkuat yang ada pada diri anda. Tips mengenali potesi diri anda yang sebenarnya bisa dengan langkah berikut, antara lain

  • Prestasi apa dan dalam bidang apa yang pernah anda raih
  • Hobi dan kebiasaan apa yang paling anda sukai
  • Di bidang apa anda bisa paling senang melakukannya
  • Saat mengerjakan apa anda bisa menghasilkan produk yang sangat bagus
  • Pekerjaan apa yang dulu anda paling sukai
  • Di lingkungan seperti apa anda merasa paling nyaman
  • Usaha apa yang menurut anda brospek jangka menengah dan jangka panjang

Diatas adalah beberapa tips mengenai usaha apa yang ingin anda jalankan. Jangan sampai anda menjalankan sebuah usaha atau bisnis hanya bermodalkan meniru orang lain. Karena setiap orang memiliki tingkat kemampuan dan pashion yang berbeda-beda.

2. Menentukan Produk Atau Jasa Dalam Usaha

Langkah kedua adalah melakukan spesifikasi. Spesifikasi bisa berupa menentukan produk utama dan juga produk pendukung. Atau bisa juga dengan menentukan poduk ditambah dengan jasa. Yang jelas anda harus memiliki nilai lebih dibandingkan dengan kompetitor anda. Jika anda bisa memiliki beberapa spesifikasi produk juga akan lebih mudah dalam mendatangkan banyak pelanggan, namun pastikan beberapa produk tersebut masih dalam kategori yang sama agar brand image usaha anda cepat naik.

Contohnya misalkan usaha mebel, produk andalan nya adalah Lemari, lalu produk pendukung bisa hiasan ukir-ukiran, sangkar burung atau jasa perbaikan mebel yang rusak

Contoh lagi misalkan usaha konter, produk andalan adalah hanphone dengan merk A, kemudian produk pendukung bisa berupa accesoris dan juga yang lainnya

Nah sekarang anda bisa mulai mengkatogikan sendiri sesuai dengan jenis usaha yang anda tentukan pada point 1. Dan jangan cuma mengandalkan 1 produk saja, karena kelengkapan itu sangat penting. Produk-produk pendukung juga bisa menjadi pemanis dan penglaris, artinya anda bisa menjual murah produk tententu hanya untuk mendatangkan banyak orang dan dari situ otomatis akan mengangkat penjualan produl utama atau produk lainnya.

Contoh nya seperti seseorang membangun sebuah konter handphone dia menjual pulsa 10.000 dengan harga 10.000 flat akan menarik banyak orang meskipun tidak mendapatkan untung dari pulsa tersebut tapi memungkinkan produk lain yang memberi untung. Itulah fungsi dari produk utama dan pendukung.

3. Menentukan Lokasi Usaha

Menentukan lokasi usaha bisa anda taruh pada point pertama atau kedua juga terserah. Intinya ini masuk dalam kategori awal anda membangun sebuah usaha. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih lokasi usaha agar bisnis yang anda jalankan lebih cepat berkembang. Gunakan beberapa pertanyaan berikut untuk menganalisa menentukan lokasi usaha, antara lain :

  • Apakah membutuhkan tempat yang luas?
  • Apakah perlu ruko?
  • Apa bisa dijalankan dari rumah sendiri?
  • Lebih maksimal dari online atau dari orang yang lewat?
  • Berapa budget yang dimiliki untuk memilih tempat?
  • Lingkungan seperti apa yang cocok untuk menjual jenis produk anda?
  • Apakah ada kemungkinan usaha akan berkembang dan membutuhkan tempat besar?

Lokasi memang sangat menentukan jalannya usaha yang didirikan, misalkan saja lokasi yang strategis dan tidak banyak saingan di lokasi tersebut. Namun untuk menemukan lokasi seperti itu untuk pendatang baru saya kira cukup sulit. Maka dari itu terapkan sesuai dengan kemampuan saja, masih banyak cara lain untuk mendongkrak sebuah usaha misalkan kurang dari segi lokasi.
Pertimbangan yang tidak kalah penting adalah daru segi permodalan dan tenggang waktu membangun usaha. Yang namanya merintis tidak selalu langsung ramai, jadi jangan sampai usaha gagal karena keberatan sewa tempat sementara usaha belum menghasilkan secara maksimal.

4. Menentukan Sumber Produk, Material dan Bahan

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset dan menentukan dari mana anda mendapatkan produk tersebut. Kalau jenis usaha anda adalah produksi, berarti dari mana alat dan juga bahan yang akan anda gunakan. Dari sini anda mulai memilih-milih supliyer mana yang bagus dalam kualitas dan juga harga.

Banyak orang yang bisa mendapatkan harga bagus tentunya dengan menembus pada pusatnya langsung. Begitu juga anda, misalkan ingin menjual sesuatu belilah produknya pada pembuatnya langsung. Namun jangan buru-buru, biasanya sumber produk atau produsen itu juga banyak, bandingkan diantara mereka yang memiliki produk dengan kualitas bagus namun juga dengan harga yang masih masuk perkiraan.

Jika anda mendapatkan produk yang berkualitas tentunya akan lebih mudah dan nyaman dalam menjual. Begitu juga jika mendapatkan bahan atau material yang bagus, anda bisa menghasilkan produk yang bagus pula.

5. Menentukan Modal Usaha

Sekarang lanjut pada bab permodala. Ini hal yang cukup sensitif karena menyangkut kelangsungan usaha yang anda jalankan. Dalam hal ini anda memiliki modal berapa dan ingin menjalankan usaha seperti apa harus sinktron.

Untuk memulai sebuah usaha milik sendiri utamakan memakai modal sendiri, itu adalah sebuah kunci yang cukup menentukan. Namun ada juga beberapa orang yang berani ber spekulasi pada pinjam modal. Ada kelebihan dan kekurangannya pastinya, misalkan saja dengan modal sendiri maka tidak ada beban tambahan berupa mengembalikan uang atau bagi hasil. Namun jumlahnya mungkin kadang terbatas.

Jika melakukan pinjaman pada pihak lain bisa jadi jumlahnya akan sangat besar dan mempunyai kesempatan untuk mengembangkan usaha dengan lebih kuat. Tapi resikonya adalah kalau rugi nanti bagaimana, kemudian kalau untung pun bisa jadi gak sepenuhnya milik anda.

Tips dari saya jalankan usaha sesuai dengan kemampuan modal anda, jangan memaksa. Semua perusahaan besar mereka mulai dari kecil, bahkan banyak yang dimulai dari keisengan dari rumah mereka. Jadi modal besar tidak menjamin kesuksesan sebuah bisnis. Tapi pelaku bisnis itu sendiri yang menentukan.

Dengan memakai modal sendiri anda akan lebih tenang dan lebih fokus dalam menjalankan usaha. Mulailah usaha dengan membeli barang-barang utama terlebih dahulu dan lakukan secara bertahap. Meskipun anda memiliki modal banyak, jangan sekaligus anda pergunakan semua karena anda masih harus menjalani masa tenggang. Dari mulai anda membangun sampai mendapatkan untung, anda gak tahu akan cepat atau lambat.

6. Mulai Mendirikan Usaha

Setelah semua hal diatas sudah anda fikirkan sudah anda rinci dan anda siapkan. Ya segera dimulai ! Karena kalau bicara rancangan dan rancangan terus tapi gak segera dimulai anda sudah kehilangan banyak waktu. Semuanya bisa sambil jalan sambil di benahi, sambil jalan sambil belajar, namanya juga masih merintis, aneh kalau merintis tapi tidak pernah salah.

Jangan takut untuk memulai, karena tidak ada kesuksesan apapun didunia yang bisa terwujud kalau cuma difikirkan saja. Berani terjun dan segera.

7. Menjalankan Pemasaran dan Promosi

Langkah yang ketujuh adalah melakukan promosi usaha, promosi produk kepada calon konsumen atau customer anda. Nah dalam tahap ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mengetahui pangsa pasar
  • Mengetahui jangkauan pasar
  • Menentukan anggaran promosi
  • Menentukan metode promosi

Dari ke empat point tersebut adalah sebagai acuan bagi anda dalam menjalankan promosi usaha. Pangsa pasar meliputi dari kalangan mana saja yang membutuhkan atau memungkinkan membeli produk anda, jangan sampai salah sasaran, nanti jadinya mubazir dana promosinya,
Kemudian seluas apa jangkauan bisnis anda nantinya. Dari situlah anda bisa menentukan daerah mana saja anda perlu promosi. Jangan asal semua daerah, karena anda ini posisinya masih harus hemat anggaran, kecuali kalau modal kuat ya terserah.
Kemudian selanjutnya adalah metode promosinya. Mau pakai iklan berbayar apa gratis. banyak sekali cara dan jenis promosi,

8. Menjalankan Strategi Pejualan

Penjualan adalah ujung tombak kemajuan sebuah usaha apapun, baik itu usaha kecil sampai dengan perusahaan besar. Penjualan tinggi bisa mendapatkan keuntungan tinggi serta bisa menjadikan menopang kelangsungan usaha anda.

Ada banyak sekali stategi penjualan mulai dari penjualan langsung atau direct selling, penjualan dari store atau lokasi usaha itu sendiri. Bisa juga dengan penjualan online dan selain itu ada juga penjualan secara sistem afiliasi, yakni menjaring orang-orang yang mau ikut menjualkan prroduk yang anda miliki. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa simak pada materi : Macam-macam Strategi Penjualan Untuk Bisnis Anda

9. Menjalankan Strategi Pelayanan

Pelayanan adalah faktor kedua kesuksesan bisnis setelah penjualan. Dan dari pelayanan yang baik pula akan meningkatkan penjualan. Yang perlu anda fikirkan adalah bagaimana setiap ada orang atau calon customer anda merasa sangat nyaman dengan pelayanan yang anda berikan.

Selain membuat pelanggan dan calon pelanggan merasa nyaman, fikirkan juga untuk keunikan pelayanan dari anda. Contoh kecil dengan memberikan minum kepada setiap yang datang, sepele memang tapi anda sudah punya ciri khusus dalam hal pelayanan usaha anda.

10. Pelayanan Purna Jual

Pelayanan purna jual bisa menentukan perkembangan bisnis anda. Purna jual biasanya meliputi tanggapan keluhan dan kendala yang dialami oleh pelanggan. Ini juga merupakan sesuatu yang sensitif bagi bisnis yang anda jalankan.

Jangan sampai mereka merasa kecewa karena sudah membeli atau memakai jasa dari anda. Kekecewaan mereka bisa membawa dampak buruk untuk image usaha anda, apalai jika mereka adalah orang-orang yang cukup berpengaruh dalam sebuah komunitas. Ketika mereka cepat sekali tersebar image usaha anda.

Tapi jika anda menerapkan pelayanan purna jual yang bagus tentu saja yang akan tersebar adalah image bagus dari bisnis yang anda jalankan. Selain itu dengan pelayanan purna jual yang bagus akan membuat pelanggan kembali lagi pada anda.

11. Membangun Komunitas

Langkah penting untuk membesarkan bisnis yang anda jalankan adalah membangun komunitas. Buatlah komunitas yang sesuai dengan bisnis anda, baik itu secara khusus untuk orang-orang yang sudah pernah belanja atau memakai jasa anda atau anda buat juga komunitas secara umum atau terbuka.
Membuat sebuah komunitas bisa anda buat dalam sebuah group media sosial seperti facebook, whatssap, atau media sosial lainnya. Di dalam komunitas tersebut fungsikan juga untuk berbagi informasi apapun gak harus terus menerus mengenai bisnis anda. Hal ini bertujuan agar mereka yang bergabung dengan komunitas anda akan merasa bermanfaat.

12. Menjalankan Evaluasi Jangka Pendek Dan Menengah

Selanjutnya jika usaha sudah mulai berjalan jangan lupa untuk menjalankan yang namanya evaaluasi. Baik itu jangka pendek, maupun jangka panjang. Jangka pendek misalkan membuatkan sebuah draft laporan harian yang anda koreksi setiap akhir minggu. Evaluasi jangka panjang bisa mulai dari setiap bulan atau setiap tahun.

Dari eveluasi inilah anda bisa mulai mengetahui mengetahui sejauh mana perkembangan usaha yang anda jalankan. Selain itu anda juga bisa tahu kelemahan usaha anda yang mana yang harus dibenahi dan ditingkatkan lagi.

13. Maintenance Usaha

Selanjutnya adalah melakukan maintainance usaha. Sama halnya seperti alat atau senjata yang kita pakai, kalau sering kita pakai harus kita asah kembali biar tetap tajam. Begitu juga dengan bisnis, hasil dari evaluasi juga bisa anda jadikan sebuah dasar merawat jalannya usaha yang anda miliki.

Selain hasil evaluasi bisa juga melakukan fresh branding tempat atau juga promosi ulang. Ini sangat perlu karena usaha anda perlu terus eksis. Jangan mentang-mentang udah ada pelanggan tidak pernah promosi lagi, nanti bisa saja disalip kompetitor anda.

Maintainance juga bisa pada karyawan anda untuk dilakukan training ulang atau semacamnya. Selain itu juga bisa pada alat-alat mana yang rusak bisa diperbaiki. Maintainance yang tidak kalah penting adalah dengan mitra bisnis anda. Kalau anda gak update dengan mereka bisa jadi anda ditinggal.

14. Konsistensi dan Fokus

Dalam menjalankan sebuah usaha akan banyak sekali godaan dan juga tantangan. Salah satunya adalah dengan adanya peluang lain dan anda tidak fokus, ada permasalahan lain terus anda tidak fokus. Fokus dan konsisten adalah menjalankan usaha anda secara terus menerus dengan mentargetkan peningkatan.

Banyak orang yang menjadi besar dan berhasil mengembangkan bisnis mereka menjadi perusahaan besar adalah karena mereka fokus dan konsisten. Mereka tidak peduli dengan godaan dan juga penawaran lain, mereka hanya menjalankan satu bisnis yang mereka telah rintis.

15. Upgrade Usaha dan Pengembangan

Langkah ke 15 adalah anda upgrade. Ini jika memang anda sudah cukup berkembang. Upgrade bisa anda lakukan dalam banyak hal. Bisa upgrade jenis produk, upgrade banyaknya macam produk, upgrade pelayanan dan lain-lain.

Upgrade juga bisa dengan jalan menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi. Contoh kecil misalkan seseorang tidak uprade merka akan ketingalan, misalkan saja usaha taksi, zaman dulu belum ada order online, makanya pada mangkal sama nungguin dipinggir jalan, setelah upgrade taksi akan jemput sampai depan rumah, kalau gak melakukan upgrade dan masih mangkal sendirian ya pasti ketinggalan.

Demikian mengenai langkah mendirikan usaha mulai dari nol ,  semoga bisa memberikan manfaat untuk anda dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *