Fungsi Keyword Turunan dalam Teknik Seo

Fungsi Keyword Turunan – anda ingin tahu apa itu keyword turunan. Keyword Turunan merupakan peruahan dari keyword utama, yang saya maksud disini adalah saat kita menentukan keyword utama untuk blog kita pasti anda akan membuat artikel yang berkaitan dengan keyword tersebut. Judul untuk artikel tersebut pastilah tidak akan lepas dari keyword utama tadi.

Dengan kata lain adalah mengembangkan keyword tersebut untuk dijadikan judul artikel Contohnya : Jika keyword anda ” Jual Sepatu ” maka keyword turunanya bisa Jual Sepatu Murah Berkualitas, Jual sepatu Murah, Jual sepatu murah daerah Jawa Timur, dan masih banyak lagi.

Semua kegiatan Search Engine Optimization selalu dimulai dari keyword atau kata kunci. Mari kita bahas keyword dari dua sudut pandang yaitu; sudut pandang mesin pencari dan sudut pandang pengguna.

Keyword adalah sekumpulan kata yang membentuk kalimat dan frase yang dijadikan rujukan untuk “memanggil” sebuah konten artikel, berita, newsletter, gambar, dan video pada sebuah mesin pencari. Secara sederhana, keyword adalah kata-kata atau frasa yang diketikan oleh pengguna internet di mesin pencari untuk menemukan berbagai informasi di internet.

Dari pengertian tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa keyword tak bisa lepas dari fungsinya. Baik bagi para produsen konten, mesin pencari, dan pengguna internet. Oleh karena itu, kita akan membahas satu persatu mengenai fungsi keyword dari berbagai sudut pandang tersebut.

Pengertian Keyword Turunan

Bagi pemilik blog atau website, pemilihan kata kunci menjadi langkah yang penting agar lalu lintas website meningkat. Untuk menentukan kata kunci yang sesuai, sebelumnya kita harus melakukan riset terlebih dahulu.

Lantas apa yang dimaksud dengan kata kunci utama dan kata kunci turunan? Mengapa keduanya dibedakan?

Masing-masing memiliki fungsi yang tidak sama. Jika kata kunci utama lebih berperan dalam menjaring target secara spesifik, sedangkan kata kunci yang sifatnya turunan lebih sebagai penunjang saja, namun tetap memiliki manfaat yang hampir sama.

Bagi blogger atau pelaku usaha yang masih pemula dalam dunia SEO, pasti akan merasa kesulitan mengkreasikan kata kunci yang dapat membantu website menjadi lebih optimal.

Dapat disimpulkan keyword turunan adalah pengembangan dari keyword utama.Fungsi Keyword Turunan di dalam Blog dan Tehnik SEO

Keyword Turunan

Fungsi Teknik Seo Keyword Turunan

Search Engine Optimization (SEO) memegang peran yang semakin penting dalam content marketing. Dalam digital marketing, content marketing merupakan salah satu strategi paling penting dalam setiap kampanye pemasarannya. Content marketing merupakan salah satu strategi dimana produksi konten seperti infographic, blog post, newsletter, social video dibagikan kepada pengguna sebagai sumber edukasi, informasi, dan hiburan.

Dalam membuat konten, Search Engine Optimization berperan agar konten-konten terkait dapat diakses oleh pengguna melalui mesin pencari seperti Bing dan Google. Oleh karena itu, SEO berperan agar konten-konten dapat dibaca, dinikmati, dan dibagikan oleh jutaan pengguna Internet.

Dalam memulai Search Engine Optimization (SEO) setiap orang pasti akan memulainya dengan mengidentifikasi keyword. Apa itu keyword? Simak selengkapnya di sini.

Meskipun hanya hal kecil tapi keyword turunan memiliki kegunaan yang besar. Ketika kita tidak bisa bersaing dengan website raksasa atau web yang memiliki domain dengan umur lebih tua, gunakanlah keyword turunan untuk membuat blog baru anda bisa menempati SERP (Search Engine Page Rage). Untuk dapat menentukan keyword turunan itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika anda sudah memiliki akun adword itu akan lebih mudah lagi. Karena di google adwords disediakan tempat untuk merevisi keyword utama menjadi keyword turunan.

Untuk menetukan keyword turunan yang paling penting adalah
-jangan keluar dari apa yang dibahas di keyword utama
-jangan ada pengulangan kata yang sama
-Simple tapi berisi
-Gunakan 5 sampai 6 kata agar artikel kita bisa muncul di SERP

Fungsikan juga meta tag dan meta deskripsi agar dapat memaksimalkan website anda. Dan juga penggunaan heading (H1 sampai H6). Dengan memfokuskan pada pembuatan konten yang natural dan pengoptimalan tehnik seo yang lain, artikel anda bisa dipastikan dapat bersaing dengan para raksasa yang lain, yang meskipun mungkin berada di page 2 atau mungkin 3.

Setelah mengetahui apa itu kata kunci utama dan turunan,  Anda bisa mulai menggunakan teknik yang tepat untuk meningkatkan popularitas website Anda. Hal ini agar website Anda menempati halaman utama dan lebih tertarget secara spesifik.

Kemampuan memilih kata kunci yang tepat setiap kali akan menulis artikel dapat memberikan efek yang dahsyat terutama untuk mendatangkan trafik dari mesin pencari. Karena itulah banyak istilah-istilah kata kunci yang sering kita dengar salah satunya “Riset Keyword”. Pada umumnya aktivitas ini ditujukan untuk mencari dan membidik kata kunci yang tepat, dengan harapan artikel yang sudah di posting bisa berada pada peringkat teratas yaitu halaman utama hasil pencarian.

Banyak blogger pemula yang mencari informasi mengenai cara riset keyword dan sudah mempraktikkannya sesuai dengan petunjuk senior yang mereka percaya tetapi apa yang terjadi ? Apakah artikel yang mereka buat dengan riset keyword dapat muncul di halaman pertama ? Belum tentu. Mengapa begitu ?

Melakukan riset kata kunci tanpa di dasari dengan pengetahuan tentang kata kunci sama saja bohong. Sebagai ilustrasinya coba Anda bayangkan, Anda tidak mengerti atau mengenal tentang komputer. Kemudian Anda disuruh melakukan instalasi hanya dari buku petunjuk, apakah dapat di pastikan instalasi dapat berjalan dengan sukses?

Tentu saja tidak. Bagaimana mungkin Anda bisa sukses jika fungsi tombol, istilah dan bagian-bagian penting dari komputer saja Anda tidak mengetahuinya. Hal ini juga berlaku ketika Anda melakukan riset kata kunci.

Nah, karenanya ketika Anda akan memaksimalkan dan bermain dengan kata kunci untuk memenangkan persaingan blogging, sebaiknya Anda terlebih dahulu harus mengetahui tentang beberapa hal penting berikut ini :

Macam Keyword dengan Jenisnya

KEYWORD DARI SUDUT PANDANG PEMBUAT KONTEN

Dari sudut pandang pembuat konten, keyword berfungsi untuk mendapatkan traffic dengan cara menempatkan halaman konten blog, newsletter, video, dan website pada jajaran tertinggi di hasil pencarian Google. Untuk menempatkan halaman kontennya pada halaman hasil pencarian Google, seorang pembuat konten harus melakukan riset keywordkeyword placement, dan berbagai kegiatan Search Engine Optimization (SEO) lainnya.

Setelah mengetahui fungsi keyword dari tiga sudut pandang yang berbeda, Anda mungkin sudah memahami apa yang dimaksud dengan keyword. Ketiga fungsi keyword dari sudut berbagai sudut pandang tersebut memiliki satu kesamaan yaitu untuk menempatkan konten pada halaman depan hasil pencarian Google, karena dengan sebuah konten berada pada halaman depan pengguna akan mendapatkan informasi yang diinginkannya, blogger atau pembuat konten akan mendapatkan traffic, Google akan semakin dipercaya sebagai mesin pencari andalan.

Lalu apa saja jenis-jenis keyword yang harus diketahui dalam mencari informasi dan membuat konten? Simak selengkapnya di sini.

SHORT-TAIL KEYWORD

Seperti namanya short-tail keyword adalah kata kunci yang pendek. Biasanya kata kunci ini hanya terdiri dari satu atau tiga kata. Beberapa pakar menyebut short-tail keyword sebagai head keyword. Mesin pencari akan mengasosiasikan short-tail keyword dengan konten yang sangat luas sehingga volume pencarian untuk short-tail keyword ini sangat tinggi. Contohnya, untuk keyword “rumah” konten yang tercover oleh keyword tersebut berjumlah 676.000.000.

Pengguna internet akan menggunakan short-tail keyword untuk mencari topik umum sebelum bergerak ke topik yang lebih spesifik. Oleh karena ke-umumannya, short-tail keyword memberikan kompetisi yang sangat tinggi. Sebagai contoh, ketika seorang pengguna mengetikan keyword “lemon” maka keyword akan memunculkan berbagai konten dari mulai artikel mengenai buah lemon, cara menanam lemon, penjual lemon, kandungan nutrisi buah lemon, dan masih banyak hal-hal umum lainnya.

Oleh karena itu, dari sisi pembuat konten short-tail keyword akan sangat sedikit menghasilkan traffic karena kesulitannya berkompetisi dengan berbagai keumuman kajian mengenai topik tertentu.

LONG-TAIL KEYWORD

Long-tail keyword bisa dikatakan adalah kebalikan dari short-tail keywordLong-tail keyword memiliki jumlah lebih dari 3 kata kunci. Mesin pencari akan mengasosiasikan keyword ini dengan konten yang spesifik sehingga volume pencariannya-pun akan lebih rendah dibandingkan dengan short-tail keyword. Misalkan untuk kata kunci “rumah di karawang barat” konten yang ter-cover berjumlah jauh lebih sedikit yaitu 44.800.000an.

Dari sisi pengguna, long-tail keyword mencerminkan intensi atau keinginan untuk mencari informasi yang spesifik. Misalkan jika pengguna mengetikan keyword “resep jus lemon yang mudah” maka si pengguna memiliki intensi yang lebih spesifik mengenaik topik lemon yaitu cara membuat jus lemon, bukan kandungan nutrisi, cara menanam, ataupun topik lainnya.

Bagi kebanyakan pencipta konten, long-tail keyword merupakan sumber utama traffic karena persaingan antar konten yang cukup rendah sehingga topik konten yang dibuat akan lebih mudah masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google.

SHORT-TERM FRESH KEYWORD

Short-term fresh keyword adalah kata kunci yang sedang menjadi tren pencarian pada waktu-waktu tertentu. Pada waktu event tertentu misalkan olimpiade, maka tren pencarian dengan keyword “olimpiade” akan sangat tinggi selama event tersebut sedang berlangsung.

Kebanyakan pengguna mesin pencari Google akan menuliskan beberapa kata sebagai kata kunci pada sesuatu yang ingin mereka ketahui. Kemudian biasanya mereka mengklik website yang berada di urutan atas dari hasil pencarian tersebut.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, beberapa teknik SEO perlu digunakan baik On Page maupun Off Page.

Kualitas SEO pada sebuah website saat ini memang ditentukan oleh konten yang ada didalamnya.

Namun, hanya sekedar menulis saja tanpa mengetahui apa itu kata kunci utama dan kata kunci turunan bisa membuat lalu lintas website tidak berkembang.

Selain diletakkan dalam isi konten, kata kunci juga dapat dimasukkan dalam judul dan sub judul suatu tulisan.

Cara Mencari Keyword Yang Relevan

Masukkan Kata Kunci apa yang terkait dengan niche Anda, misalnya; Saya mulai mengetik “SEO Keywo” dan hasil pencarian yang disarankan Google search. Tergantung pada jenis posting Anda, kemudian kita dapat memilih beberapa dari hasil dari keyword turunan yang relevan yang muncul pada saran hasil pencarian. Bisa kita perhatikan pada gambar dibawah ini:

Setelah Anda menemukan 3 sampai 4 Kata Kunci tersebut, mulailah menambahkannya ke Google search dan lakukan pencarian. Misalnya saya memilih dua kata kunci dari daftar saran kemudian digabungkan menjadi : “Pencarian Kata Kunci SEO”  dan “penelitian kata kunci SEO” karena keduanya mirip dan sesuai untuk niche saya,tentu akan menghasilkan hasil dari postingan saya.

Sekarang langkah selanjutnya adalah menentukan apakah kedua Kata Kunci tersebut akan memberikan hasil lalu lintas yang baik, atau hanya akan menjadi artikel dengan nilai kata kunci yang kurang relevan.

Mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya: Analisis pencarian kata kunci: Sekarang, saya akan meletakkan kedua Kata Kunci dibatas ke dalam pencarian google dan melakukan pencarian. Dari hasil pencarian tersebut kita akan mendapatkan ide Kata Kunci yang lebih relevan dan itulah kata kunci yang kita gunakan pada postingan, karena akan memungkinkan bagi kita menemukan banyak Kata Kunci yang relevan yang dapat kita targetkan.

Gagasan kata kunci yang dihasilkan dari keyword turunan. Saya biasanya menargetkan 2-3 Kata Kunci / posting. Anda dapat membuat strategi SEO Anda tergantung pada kualitas dan panjang tulisan Anda.

Jadi, dari hasil penelitian tersebut, saya telah memilih hanya Dua kata kunci seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas untuk mengoptimalkan postingan saya. 

Untuk keperluan bisnis online, kata kunci juga dijadikan sebagai domain (tapi tidak kami sarankan) agar memudahkan menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya.

Anda juga menggunakan jasa SEO yang kami tawarkan untuk hasil SEO yang lebih optimal untuk website Anda.

Tinggalkan komentar