Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, apa yang akan terjadi

1. Hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Setujukah kamu? Berikan pendapatmu!
Jawab :
Menurut pendapatku, saya setuju bahwa hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Hal ini dapat dibuktikan dari beraneka ragam flora, fauna, dan ekosistem yang terkandung di dalamnya. Seperti adanya tanaman nephentes, primata orang utan, dan ekosistem berupa hutan hujan tropis.

2. Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, apa yang akan terjadi dengan ekosistem di sekelilingnya?
Jawab :
Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, yang akan terjadi dengan ekosistem di sekelilingnya adalah ekosistem tersebut akan rusak. Hal ini dikarenakan pepohonan dengan diameter besar pada umumnya memiliki kerapatan yang tinggi, sehingga dapat menjadi kanopi dan memberikan banyak keuntungan bagi flora dan fauna di sekelilingnya. Apabila pepohonan ini habis ditebang atau terbakar, tentu ekosistem di sekelilingnya akan rusak.

3. Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?
Jawab :
Karena sungai adalah sumber kehidupan bagi mereka. Sungai adalah tempat manusia bisa mencari sumber makanan seperti ikan dan kerang. Sungai juga menyediakan air yang melimpah. Kawasan lembah sungai juga menawarkan kesuburan tanah sehingga beragam tanaman mudah dijumpai.

Selain itu, pada masa bercocok tanam, air juga dijadikan sebagai sarana irigasi dan transportasi sehingga hidup dekat dengan sungai adalah pilihan terbaik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.