Jawaban Buku Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 5.2 Hal 213 – 214 Gunakan Tabel Untuk

By | Agustus 18, 2020

Ayo Kita Berlatih 5.2 Semester 1
1. Gunakan tabel untuk menentukan titik impas(break event point) dari persamaan berikut
A. C = 15x + 150
P = 45x
B. C = 24x + 80
P = 44x
C. C = 36x + 200
P = 76x

2. Pasangkan dua sistem persamaan berikut dengan tiga grafik A, B, atau C dibawahnya. Kemudian gunakan grafik untuk memperkirakan selesaiannya.
A. Y= 1.5x – 2
Y= -x + 13
B. Y= x + 4
Y= 3x – 1

3. Tentukan selesaian dari sistem persamaan linear berikut dengan menggunakan grafik.
A.y=2x+9
Y=6-X
B.y=-x-4
Y=3/5x+4
C=y=2x+5
Y=1/2x-1
D=x-y=7
0,5+y=5

4. Biaya untuk merawat serta perbaikan kuda dan kereta dinyatakan dalam prsamaan, C = 15.000x + 2.000.000, dimana x adaah banyaknya berkeliling. jika ongkos untuk satu kali naik berkeliling kota adalah 35.000.
a. Tentukan persamaan pendapatan yang diperoleh pemilik kereta kuda
b. berapa kali kereta berkeliling kota supaya memperoleh break even point.

5. sebagai latihan menghadapi uas, kalian mendapatan tugas matematika dan ipa untuk dikerjakan di rumah sebanyak 42 soal. tugas matematika yag kalian peroleh 10 soal lebih banayk daripada soal IPA. berapa banyak soal untuk setiap mata pelajaran ? gunakan sistem persamaan linier

Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih Halaman 213 Semester 1
1. Dari perhitungan yang telah dimuat pada tabel terlampir, diperoleh kondisi titik impas sebagai berikut:
a. Saat C = P = 225, nilai x = 5, atau dengan koordinat (5, 225)
b. Saat C = P = 176, nilai x = 4, atau dengan koordinat (4, 176)
c. Saat C = P = 380, nilai x = 5, atau dengan koordinat (5,380)

2.  a. y = 1.5x – 2  dan y = -x + 13
      x = 0 → y = 1.5 (0) – 2  = -2
                  titik (0 , -2)
      y = 1 → y = 1.5x – 2
                  1 = 1.5 x – 2
            -1.5 x = -3
                   x = -3/-1.5 = 2
                titik (2 , 1)
     x = 0 → y = -x + 13 = – 0 + 13 = 13
                titik (0 , 13)
    y = 0 → y = -x + 13
                0 = -x + 13
                x = 13
               titik (13 , 0)
persilangan dari persamaan y = 1.5x – 2 dan y = -x + 13 tersebut berada di titik (6 , 7) yang bersesuaian dengan grafik B.

B. persamaan garis y = x + 4

jika x = 0 , maka y = x + 4
                           y = 0 + 4
                           y = 4
                titik (0 , 4)

jika y = 0 , maka y = x + 4
                           0 = x + 4
                          -x = 4
                           x = -4
                 titik (-4 , 0)

Persamaan garis y = 3x – 1
jika x = 0 , maka y = 3x – 1
                           y = 3 (0) – 1
                           y = -1
                  titik (0 , -1)

jika y = 2 , maka y = 3x – 1
                           2 = 3x – 1
                        -3x = -1 – 2
                        -3x = -3
                            x = -3 / -3
                            x = 1
                 titik (1 , 2)

persilangan dari persamaan  y = x + 4dan y = 3x – 13 tersebut berada di titik (2.5 , 6.5)

3.

4. a)35000x-(15000x+2000000)
b)35000x=15000x+2000000
35000x-15000x=2000000
20000x=2000000
x=2000000/20000
x=100 kali

5. Pada soal diketahui tugas matematika yag kalian peroleh 10 soal lebih banyak daripada soal IPA
x = 10 + y

Tugas matematika dan IPA untuk dikerjakan di rumah sebanyak 42 soal.
x + y = 42

Subsititusikan (x = 10 + y) ke persamaan (x + y = 42)
x + y = 42
(10 + y) + y = 42
10 + 2y = 42
2y = 42 – 10
2y = 32
y = 32/2
y = 16

Substitusikan y = 16 ke persamaan (x = 10 + y)
x = 10 + y
x = 10 + 16
x = 26

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *