Inilah Cara Mengatasi Typo Dalam Artikel Blog Dengan Mudah

By | Juli 20, 2020
Inilah cara Mengatasi Typo Dalam Artikel Blog Dengan Mudah



Tidak mudah memeriksa satu persatu ejaan kata dalam artikel blog, guna memastikannya tidak lagi terdapat kesalahan sebelum artikel diterbitkan. Apa lagi sebagai blogger pemula tentunya pasti ada saja kesalahan pengetikan kata yang kadang-kadang tidak sesuai dengan ejaan kata seharusnya. Tips ini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk artikel blog, namun bisa juga untuk memeriksa ejaan kata dalam makalah, skripsi, tesis dan lain-lain.


Sebenarnya tidak ada software khusus yang diperlukan untuk menerapkan tips ini, disini kita hanya akan memanfaatkan fitur pemeriksa ejaan (spell checking) Google Chrome. Jadi Anda hanya perlu memiliki browser Google Chrome, sebaiknya menggunakan versi terbaru. 


Setelah Anda memilikinya, buka browser Chrome. Klik tombol # untuk membuka menu Settings. Gulir layar komputer Anda hingga paling bawah sampai Anda menemukan menu Show advanced settings…. Jika sudah menemukannya klik menu tersebut.


Kemudian cari menu Languages, lalu klik tombol Language and input settings


Kemudian akan tampil kotak dialog yang menampilkan daftar bahasa dalam Chrome Anda, disini kita membutuhkan bahasa Indonesia. Jika tidak terdapat bahasa Indonesia, klik tombol Add. Kemudian akan muncul kotak dialog Add language. Cari bahasa Indonesia lalu klik OK.


Setelah Anda klik OK, bahasa Indonesia akan ditambahkan ke daftar bahasa dalam Chrome Anda. Untuk mengaktifkan pemeriksa ejaan kata, centang menu Use this language for spell checking.


Sekarang pemeriksa ejaan Chrome Anda telah aktif. Untuk menguji cobanya, cobalah dengan membuat posting baru di blogger. Kata yang tidak sesuai dengan ejaan yang sebenarnya akan diberi garis merah dibawah kata.


Selain online, fitur pemeriksa ejaan Chrome ini juga dapat digunakan dalam keadaan offline (tanpa koneksi internet). Berikut caranya:


Download file SpellChecker.html yang berfungsi untuk menampilkan teks area pada Google Chrome, Simpan, lalu buka file tersebut dengan Google Chrome.


Ketikkan teks yang Anda inginkan, maka secara otomatis kata yang tidak sesuai dengan ejaan yang sebenarnya akan diberi garis merah dibawah kata. Teks tersebut juga dapat dipindahkan ke tempat lain seperti Microsoft Office Word atau Excel, seperti biasa yaitu menggunakan fitur copy paste. Admin rasa hanya sekian saja tipsnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *