Inilah Bahan-Bahan Penyusun LCD

By | April 2, 2020
Mungkin sebagian besar orang penasaran mengapa teknologi layar LCD sekarang telah mengalahkan teknologi layar dalam bentuk tabung.
Apa sebenarnya bahan yang ada di dalam LCD itu sehingga masyarakat dan industri TV/monitor perlahan-lahan meninggalkan TV/monitor tabung?



Dari hasil pembongkaran LCD laptop bekas oleh mariadilmu yang didasari rasa penasaran, ternyata dapat disimpulkan bahan2 yang digunakan dalam layar LCD adalah bahan2 yang relatif lebih baik dan canggih daripada layar tabung.
Sebagian besar bahannya adalah kaca dan plastik mika yang diterangi oleh lampu LED. Kita ketahui lampu LED lebih hemat daripada lampu biasa. Jadi pencahayaan dengan LED akan lebih baik dan mengurangi konsumsi listrik.
Menghemat energi mungkin merupakan salah satu alasan semakin berkembangnya produk industri LCD. Walaupun lebih mahal harganya dari layar monitor tabung, namun hasil gambarnya sangat memuaskan.
Layar LCD yang dulunya masih ada di smartphone, kini telah dipakai pada monitor laptop, Televisi. Bahkan ukurannya semakin besar dan full HD (High Definition).
Untuk tidak penasaran lagi, kita bongkar saja LCD nya dalam video berikut ini. Yang benar saja, walaupun LCD rusak masih ada lampu LED yang sangat berguna dipakai sebagai kreasi atau bahan untuk penghobi rakit merakit elektronik.
Silahkan ditonton dan subscribe ya sobat mariadilmu.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *