Mengatasi Hasil Print Hp Laser Jet M402n kosong [tidak mencetak]

By | Februari 13, 2020

Printer Hp laserjet Pro M402 ini merupakan seri seri update dari seri sebelumnya hp laserjet pro m401n. Secara fitur dan teknologinya tentunya printer ini lebih baik dari seri-seri sebelumnya. Selanjutnya seperti biasa saya akan membahas masalah atau kerusakan pada printer hp seri ini dan cara mengatasinya. Mengenai printer hp laserjet M402n pada postingan sebelumnya kita telah membahas beberapa kasus berikut ini.

  1. Cara Melepas Mekanik Tray 1 Printer Laser Hp m402
  2. Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata [Tipis Sebagian]
  3. Printer LaserJet Hp M402 Tidak Menarik Kertas [Paper Jam]

Anda bisa membacanya sebagai referensi dan supaya ketika suatu saat ketika kita menemukan kasus kerusakan pada printer laserjet m402 ini kita sudah punya gambaran. Masalah diperbaiki sama anda ataupun ke jasa orang lain tidak masalah, paling tidak kita mempunyai gambarannya.

Hasil Print Hp Laser Jet M402n kosong (Blank)

Untuk pembahasan saat ini kita bahas salah satu kerusakan atau masalah yang sering terjadi pada printer laserjet hp M402n yaitu hasil cetakan blank atau kosong. Untuk kerusakan ini sebenarnya simpel namun jika tidak tau tentunya kan membuat pusing ketika kita hendak memperbaikinya.

Mungkin diantara Anda pernah atau sedang menghadapi kasus printer yang error tidak bisa mencetak atau dengan kata lain “mencetak tetapi kertas blank tidak ada hasil cetaknya”. Jika Anda menemukan kasus seperti ini saran saya jangan langsung membawanya ke tukang service, tetapi coba dulu beberapa tips yang akan dijelaskan pada postingan ini.

Dengan memperbaiki sendiri tentunya selain hemat biaya juga bisa menambah pengetahuan Anda, tentunya dengan syarat kita harus menerima segala resiko yang mungkin akan terjadi. Saya tidak memaksa Anda untuk mencoba memperbaiki printer sendiri. Jika yakin silahkan lanjutkan dan jika tidak yakin langsung saja bawa ke tempat service.

Saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi karena mengikuti arahan dari artikel ini.

Penyebab hasil print kosong pada printer laserjet hp M402 dan cara perbaikannya

Untuk kasus hasil cetak kosong pada printer ini ada beberapa lokasi atau komponen yang mesti kita curigai dan harus kita periksa satu persatu mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu. Adapun bagian yang mesti kita curigai adalah catridge, grounding, lampu /laser dan mainboard. Baiklah mari kita bahas satu-persatu.

Kawat Grounding Catridge pada printer (tidak tahu nama istilahnya)

Hal pertama kali yang harus kita periksa adalah bagian grounding  catridge. Bagian ini terletak tepat di dalam printer tempat kita memasang catridge. Untuk printer tipe M402n ini biasanya bagian tersebut posisinya berubah atau bengkok.

Kondisi ini telihat sepele namun berakibat yang cukup fatal yaitu menyebabkan hasil print kosong atau blank. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini

Penyebab hasil print kosong pada printer laserjet hp M402 dan cara perbaikannya
Penyebab hasil print kosong pada printer laser m402n

Pada gambar di atas telihat dua buah kawat yang saling berhadapan. Kawat tersebut akan menempel pada grounding catridge pada saat catridge dipasang. Jika bagian ini posisinya berubah maka akan menyebabkan koneksi ke catridge tidak tersambung.

Pada gambar di atas adalah kondisi kawat groundin catridge yang posisinya berubah karena bengkok.

Untuk mengatasi kerusakan ini cukup gampang, Anda hanya perlu merubah posisinya seperti semula dengan tangan atau tang jepit. Pastikan antara kawat depan dan belakang posisinya lurus. Setelah itu silahkan tes print lagi

Grounding Pada Catridge 

Bagian ini adalah grounding pada catridge yang pada saat dipasang pada printer akan terhubung ke bagian grounding yang ada pada printer (pasangan pada poin sebelumnya di atas).

Jika setelah pemeriksaan pada poin sebelumnya tidak ada masalah maka selanjutnya kita periksa bagian pada catridge. Jika hasil print kosong coba tes menggunakan catridge yang lain. Jika menggunakan catridge lain tidak ada masalah berarti printer tidak ada masalah, dan yang mengalami kerusakan adalah catridge yang sebelumnya dipakai untuk tes (yang menyebabkan hasil print kosong).

Untuk mengatasi kerusakan ini silahkan perhatikan bagian yang diberi tanda pada gambar di bawah ini.

Mengatasi Hasil Print Hp Laser Jet M402n kosong [tidak mencetak]
Grounding pada catridge

Terlihat ada dua bagian yang diberi tanda anak panah. Pada contoh di atas saya menggunakan catridge original. Untuk catridge compatible bisanya menggunaka plat, dan biasanya untuk yang menggunakan plat jarang terjadi kerusakan.

Jika catridge Anda menggunakan jenis seperti pada gambar maka untuk pemeriksaannya bisa diikuti seperti berikut ini.

Siapkan sebuah AVO meter kemudian posisikan ke pengukuran ohm kemudian ukur dari titik yang diberi tanda panah atas dengan tanda anak panah yang bawahnya. Pastikan pada avo meter menunjukan nilai resistansi. Perhatikan gambar di bawah ini

Mengatasi Hasil Print Hp Laser Jet M402n kosong [tidak mencetak]
Titik pengukuran pada catridge

Selanjutnya kita periksa juga jalur yang satunya lagi. Cara pengukurannya sama persis dengan bagian sebelumnya. Untuk posisinya perhatikan gambar berikut.

Mengatasi Hasil Print Hp Laser Jet M402n kosong [tidak mencetak]
Titik pengukuran

Untuk memperjelas bagaimana cara pengukurannya, Anda bisa memperhatikan beberapa gambar dibawah ini.

Penyebab hasil print kosong pada printer laserjet hp M402 dan cara perbaikannya
Mengukur jalur grounding catridge 26A dengan Avo meter
Penyebab hasil print kosong pada printer laserjet hp M402 dan cara perbaikannya
Mengukur jalur grounding catridge

Jika hasil pengukuran ditemukan jalur yang putus, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan cairan carbon yang biasa digunakan untuk perbaikan titik pada pcb joystick. Silahkan oleskan cairan carbon (jangan terlalu tebal), kemudian tunggu sampai kering.

Lampu laser

Lampu laser pada printer laser jet juga bisa menyebabkan hasil print menjadi kosong. Untuk bagian ini biasanya jarang rusak. Adapun yang sering bermasalah adalah kaca reflektornya. Berdasarkan pengalaman biasanya reflektor ini sering kotor karena debu dan bubuk toner. Keadaan ini menyebabkan sinar laser tidak sampai ke bagian drum pada catridge sehingga menyebabkan hasil print menjadi blank

Untuk perbaikannya cukup dengan cara membersihkannya menggunakan angin kompressor kemudian gunakan lap untuk memastikan reflektor dan bagian lainnya bersih.

Main board printer (formater)

Bagian ini adalah yang menjadi otak dari semuanya. Jika mainboard mengalami kerusakan maka printer tidak akan bekerja dengan normal. Banyak sekali gejala yang bisa ditimbulkan karena kerusakan pada mainboard  dan salah satunya adalah hasil cetak polos/kosong/blank.

Pemeriksaan bagian mainboard kita lakukan setelah bagian lain yang dicurigai sudah dilakukan dan tidak ada masalah.

Dari beberapa bagian printer penyebab hasil print kosong yang sudah dijelaskan di atas adalah berdasarkan pengalaman saya ketika memperbaiki kerusakan pada printer laserjet hp m402n. Kerusakan hasil print kosong tentunya tidak mutlak disebabkan oleh bagian yang sudah dijelaskan di atas. Mungkin masih banyak bagian atau komponen lainnya yang bisa menjadi penyebabnya.

Jika Anda menemukan penyebab yang lainnya silahkan tulis pada komentar. Nanti saya masukan pada artikel ini.

saya bukan seorang ahli jadi mohon maaf jika pada artikel ini terdapat banyak kesalahan terutama untuk nama istilah pada komponen printer.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel ini. mohon maaf atas segala kekurangan, dan terima kasih atas kunjungan Anda. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *