Filter Tiktok Viral Terbaik? Begini Cara Mencarinya

Filter Tiktok – anda sudah tahu bagaimana cara membuat video menarik di aplikasi TikTok? Berikut cara mencari filter di TikTok agar video yang anda hasilkan lebih menarik!

Dengan TikTok kita tahu ada banyak filter atau efek yang berguna agar video anda lebih menarik. Bahkan, anda bisa menambahkan sound yang sedang viral dan enak didengar.

Tentu saja jika anda bisa menggunakan edit efek dengan baik maka video anda pasti akan lebih banyak penontonnya.

Nah, anda yang baru belajar menggunakan aplikasi ini pasti masih berusaha untuk membuat video menarik, kan?

Kawula Muda, maraknya penggunaan media sosial TikTok semakin mengguggah kreativitas para kreator konten untuk menunjukkan bakat dan kreativitasnya.

Pastinya, setiap orang memiliki harapan videonya bisa masuk dalam For You Page (FYP) orang lain dan berujung viral. Berdasarkan pengamatan saya sebagai pengguna TikTok, munculnya sebuah video dalam FYP seseorang pastinya menggunakan lagu, ide konten, hingga filter dan efek yang banyak digunakan oleh orang lain juga.

Itulah mengapa istilah “ib” atau inspired by sangat sering kita jumpai dalam caption video orang lain.

“Lalu, bagaimana caranya sebuah video bisa masuk dalam FYP?”

Salah satunya dengan menggunakan filter dan efek terbaik di TikTok yang sering digunakan oleh TikTokers. Melansir Brilio, berikut deretan nama filter dan efek yang bisa kamu gunakan

Filter Tiktok Viral

Kamu pasti setuju bahwa TikTok jadi aplikasi yang banyak menghasilkan konten viral. Hampir setiap konten yang populer di TikTok akan jadi perbincangan di media sosial lainnya, seperti Instagram. Hal ini tidak lepas dari berbagai fitur menarik, salah satunya efek TikTok yang semakin banyak dan menghibur. 

Hingga saat ini TikTok memiliki 12 kategori efek yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten lebih bervariasi. Masing-masing konten setidaknya memiliki lebih dari 10 efek yang bisa kamu gunakan, bahkan jumlahnya bisa mencapai ratusan.

Ketersedian efek yang begitu banyak membuat kamu lebih mudah untuk berkreasi membuat konten yang lebih menarik setiap hari. Agar mempermudah kamu saat membuat konten, ada 10 efek TikTok yang tidak hanya sedang viral dan banyak digunakan selebgram, tapi juga menghibur

Time Warp Scan

efek tiktokIlustrasi efek pada TikTok. (TIKTOK/KSENIASENN)

Efek Time Wrap merupakan salah satu efek yang sudah cukup lama digunakan. Bahkan, banyak sekali tren-tren video TikTok yang silih berganti menggunakan Time Wrap ini.

Efek ini diketahui akan mendistorsi gambar apapun yang ada di layar. Sehingga, ketika gambar apapun melewati garis biru, gambar itu akan tertangkap dan membeku. Tentunya efek ini bisa menghasilkan konten yang lucu dan menyenangkan!

Green Screen

Bisa dibilang efek ini merupakan efek “Dewa”, karena bisa digunakan diberbagai kesempatan. Sesuai dengan namanya, efek ini nantinya bisa mengubah latar belakang video menjadi sebuah foto ataupun video yang kamu pilih. Kamu pun bisa berkreasi dengan bebas, misalnya dengan membahas hal-hal yang lucu atau bahkan berimajinasi dengan idola favorit kamu, Pilih mana?

Disco Light

Efek ini sangat berguna banget untuk kamu yang sering buat konten TikToknih! Efek ini nantinya akan membuat kamu terlihat berada di bawah lampu disco. Berkat keajaiban efek ini, kamu pun tak perlu beli lampu disco yang mahal demi sebuah konten.

Triple Me

@im.khairull

semua mata tertuju padamu, congrats😇🙏🏻 insta @im.khairull #mlackmink♬ poker face – ♡

Selanjutnya, ada efek Trio yang bisa kamu gunakan untuk video kamu, Kawula Muda. Efek Trio ini akan menggandakan diri kamu menjadi tiga orang dan akan mengikuti setiap gerakan kamu.

Biasanya, efek ini digunakan untuk seseorang yang ingin menari, atau bahkan membuat konten-konten yang kocak.

Double Screen Effect

Double Screen Effect menjadi efek yang belakangan ini sangat ramai digunakan pengguna. Efek tersebut nantinya akan membagi dua layar. Layar sebelah kiri akan menampilkan tema monokrom, sedangkan layar sebelah kanan akan menyajikan warna yang lebih cerah dan eye-catching.

Half Filter Tiktok Buat Wajah Jadi Ganteng-Cantik

Nah, untuk efek satu ini, biasanya sering digunakan untuk menunjukkan reaksi kamu dalam dua situasi yang berbeda.

1. Buka aplikasi TikTok di smartphone lalu Login.

2. Klik tanda ‘+’ untuk membuat video baru lewat fitur kamera TikTok.

3. Klik ‘Efek’ di sebelah kiri bawah untuk memilih efek yang akan digunakan

4. Pilih efek ‘Half Filter’ yang ditandai gambar separuh wajah.

5. Tekan tombol capture untuk mulai merekam video

6. Selesai merekam, tekan tombol centang.

7. Tambahkan tulisan serta tambahkan musik sesuai yang diinginkan.

Lakukan pengambilan gambar atau video di ruangan yang kurang akan cahaya sehingga efek dari ‘Half Filter’ TikTok akan lebih terlihat dan wajah jadi glowing alias lebih bersinar.

Filter Baby and Me Asli dari TikTok

Di aplikasi TikTok, kita bisa menemukan filter Baby and Me di jajaran filter yang lain. Filter ini dinamai dengan ‘Baby and Me’

Anda bisa mencarinya di pencarian TikTok, caranya:

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Masuk ke kolom pencarian
  3. Tulis kata kunci ‘Baby and Me’
  4. Di bagian paling atas, nanti muncul filter yang Anda cari. Klik ikon kamera pada efek untuk mulai merekam video dengan filter tersebut

Adapun cara yang lebih instan, yaitu dengan mencari langsung filter ini di daftar filter TikTok. Petunjuknya, carilah filter dengan gambar 2 wanita, yang bagian atas wanita imut dan bagian bawah wanita dewasa.

  1. Buka aplikasi TikTok lalu buat video baru
  2. Di bagian perekaman video, klik bagian efek
  3. Cari efek filter dengan gambar 2 wanita (1 wanita imut dan 1 lagi wanita dewasa)

Setelah itu, Anda tinggal merekam wajah Anda memakai efek filter tersebut.

Cara Agar Video TikTok Viral Lebih Menarik

Platform sosial media buatan ByteDance, TikTok yang menawarkan pengguna untuk dapat membuat clip video pendek kini menjelma menjadi aplikasi yang banyak digemari di Indonesia.

Untuk mendukung para kreator membuat konten-konten kreatif, TikTok menyediakan beragam fitur menarik untuk dicoba dan diaplikasikan menjadi video yang memikat seperti fitur-fitur berikut :

1. Tambahkan musik

Dalam aplikasi TikTok musik jadi salah satu fitur utama untuk mendukung pengguna memproduksi konten video. Judul-judul musik pun terbagi menjadi sejumlah kategori seperti Valentine, Dangdut, Back to 90s dan lain sebagainya.

Musik yang tersedia dapat disesuaikan dengan jenis video. Jika ingin memproduksi video bertema komedi, musik yang relevan dengan tema komedi bisa dipilih sebagai latar suara.

Deretan Fitur TikTok Yang Wajib Kamu Coba, Simak Nih!Foto: CNBC Indonesia

2. Voice Changer Function

Bukan hanya stiker dan filter, sekarang pengguna juga dapat mengubah suaranya dengan fitur Voice Changer Function ini. Dengan beragam efek suara berbeda, termasuk suara tupai, suara pria, suara vibra, elektronik, echo, mic, elf and raksasa, pengguna kini dapat menambahkan keseruan dan kreativitas ke dalam video mereka dengan mudah.

3. Pakai Sticker dan Effect

Setelah pengguna TikTok menentukan konsep dan tema video yang akan dibuat, ini saatnya menambahkan stiker. Fitur ini fungsinya tak lain adalah menjadikan video variatif.

Salah satu stiker yang boleh dicoba adalah stiker horor yang dapat disesuaikan dengan ekspresi wajah pengguna serta latar belakang atau kondisi sekitar pengguna. Para pengguna pun bisa mengeksplor diri dengan ekspresi wajah seram untuk menjadi sosok seram.

4. Filter

Setelah ada fitur stiker dan musik, anda juga dapat memperindah tampilan fisik dengan filter yang telah disediakan oleh TikTok. Banyak sekali filter yang ditawarkan dengan berbagai kategori.

Contohnya, jika obyeknya adalah pemandangan maka tona dan rona akan disesuaikan dengan konsep pemandangan sehingga tampak lebih segar dan natural. Bila obyeknya dalam bentuk makanan, maka tona dan rona akan disesuaikan sehingga obyek tersebut tampak lebih menggugah selera.

5. Timer

Fitur ini satu ini tentunya tak lain berfungsi sebagai asisten pribadi untuk membidik obyek. Bila pengguna TikTok tak memiliki rekan yang bisa membantu mengambil gambar atau video, dengan adanya fitur ini pengguna dapat melakukannya sendiri berkat fitur timer

6. Beautify

TikTok menyediakan berbagai filter agar wajah pengguna tampak berbeda. Dengan fitur ini para pengguna akan terlihat jadi jauh lebih cantik atau lebih tampan, bahkan terlihat lebih keren dan unik. Fitur ini juga bisa mengatur bentuk wajah, warna mata, dan memperhalus wajah sehingga tampak lebih cantik dan tampan dan lebih menarik.

Cara Menggunakan Filter Video TikTok Lebih Menarik

Ada beberapa fitur utama yang bisa membantu video anda agar terlihat lebih menarik. Dan, jika berhasil membuat sebuah video yang cetar, pasti ada banyak yang tertarik untuk menonton video yang anda buat tersebut.

Namun, tidak sedikit orang yang masih lupa akan fitur-fitur tersebut. Fitur yang bisa anda gunakan untuk membuat video makin menarik, adalah:

  • Fitur beauty dimana fitur ini bisa mempercantik tampilan gambar video anda. Jika anda melakukan close up pada wajah, maka wajah akan terlihat lebih menarik, cantik bahkan glowing.
  • Voice effect yang ada pada aplikasi ini juga sangat berguna. Anda bisa merubah suara asli dengan banyaknya suara lucu serta menarik lainnya. Misalnya berubah menjadi kang “borax”. 
  • Di dalam aplikasi ini juga terdapat sticker dan edit video berguna. Misalnya anda bisa membuat video slow motion, anda bisa split video. Bahkan ada banyak efek menarik untuk digunakan dalam video anda tersebut.
  • Musik yang nikmat dan seru untuk didengarkan. Bahkan, tak jarang juga musik tersebut dijadikan sebuah challenge baru bagi pengguna Tik Tok.
  • Uniknya lagi, anda bahkan bisa menikmati berbagai jenis filter. Bahkan ada filter lucu dengan banyak gaya yang menjadi incaran tiktokers. Tentu saja, ada sederet filter beauty yang selalu menjadi incaran.

Cara Mencari Filter di Aplikasi TikTok

Lantas, bagaimana cara jika anda ingin menggunakan filter yang ada di TikTok? Bagaimana anda bisa mencarinya?

Ada dua cara umum untuk mencari filter TikTok yakni:

  • Langsung Menggunakan Fitur Discovery

Jika anda memilih langsung mencari di fitur discovery ini maka berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, anda harus jalankan terlebih dahulu aplikasi TikTok di perangkat anda.
  2. Pada bagian bawah di tengah-tengah menu utama akan ada ikon kaca pembesar. Itu adalah kolom discovery atau pencarian.
  3. Tuliskan filter effect atau kata kunci yang berhubungan dengan filter yang ingin anda gunakan.
  4. Kemudian, klik cari dan akan ditampilkan banyak filter di hasil pencarian.
  5. Jika anda masih ingin melihat lebih banyak tinggal klik tombol See More.
  6. Pilih salah satu effect yang anda inginkan dan akan muncul tombol Try This Effect 
  7. Anda akan dibawa ke halaman untuk merekam video dan tinggal ketuk tahan tombol tengah untuk mulai merekam.

  • Melalui Video Yang Sudah Ada

Anda juga bisa mencari filter dari video orang lain yang menggunakan effect sama. Caranya adalah:

  1. Pilih menu discover atau ketuk ikon kaca pembesar.
  2. Ketikkan kata kunci tentang effect tersebut di kolom pencarian.
  3. Anda akan melihat video orang lain yang sudah menggunakan filter atau effect yang sama.
  4. Jika anda tertarik buka videonya.
  5. Akan ada tulisan nama filter di dalam kolom kuning di atas caption video.
  6. Klik nama filter tersebut dan pilih tombol Try This Effect.
  7. Kemudian anda akan di bawa ke bagian rekam video TikTok.

Demikianlah cara mencari filter di TikTok yang bisa anda gunakan, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar