Siapa Eko Pratama? Sosok dibalik Partai Mahasiswa Indonesia

Siapa Eko Pratama – munculnya partai baru yang dimotori oleh para mahasiswa dengan nama Partai Mahasiswa Indonesia, sempat membikin gempar publik. Pasalnya, partai itu mencuat usai terjadi aksi demonstrasi para mahasiswa beberapa waktu lalu.

Kali pertama, munculnya partai baru itu memang dikenalkan oleh Wakil DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Dia nyeletuk ada Partai mahasiswa Indonesia yang kemudian diajak untuk berkompetisi mencari kursi di DPR.

Belakangan, Partai Mahasiswa Indonesia benar-benar sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Dari daftar partai politik Kemenkumham ini, terungkaplah pimpinan Partai Mahasiswa Indonesia.

Pendiri Partai Mahasiswa Indonesia

Saat ini banyak yang mencari siapa ketua umum Partai Mahasiswa Indonesia, pengurus Partai Mahasiswa Indonesia, pendiri Partai Mahasiswa Indonesia, AD/ART dan apakah maha

Ketahui susunan pengurus Partai Mahasiswa Indonesia yang AD ART sudah diresmikan Kemenkumham berikut siapa pendiri, hingga Ketua Umum serta pengurus lainnya.

Pada demo yang digelar Jumat, 22 April 2022, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa telah lahir Partai Mahasiswa Indonesia, yang kemudian hal itu mengagetkan khalayak.

Lantas, Siapa Eko Pratama ? Apakah dia Pimpinan Partai Mahasiswa Indonesia?

Dikutip dari berita Pikiran Rakyat berjudul 4 Fakta Tentang Eko Pratama Ketua Partai Mahasiswa Indonesia, Eko Pratama dikenal sebagai Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara periode 2021-2022. Dia juga sempat menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS). 

Penetapan Eko Pratama sebagai Ketua BEM Nusantara dilangsungkan pada 12 Maret 2021 lalu di Gedung Bangsal Pancasila Universitas Wijaya kusuma Surabaya.

Sementara susunan pengurus, hingga kini masih belum diumumkan oleh Partai Mahasiswa Indonesia itu sendiri dan Kemenkumham secara resmi

Dikutip dari detik.com, data partai politik ini dari Kepala Bagian Humas Kementerian Hukum dan HAM Tubagus Erif Faturahman, Sabtu (23/4/2022).

Data ini termuat dalam surat Penyampaian Data Partai Politik yang Telah Berbadan Hukum berkop Kemenkumham, Nomor M.HH-AH.11.04-19, tertanggal 17 Februari 2022. Surat ini merupakan tindak lanjut dari permintaan KPU atas data parpol pada 4 Januari 2022. Surat ditandatangani Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly.

“Daftar partai politik yang dicantumkan di surat ini adalah daftar yang terakhir diperbaharui per 21 Januari 2022. Ada 75 partai yang terdaftar, dari Partai NasDem hingga Partai Ummat,” terangnya.

Partai Mahasiswa Indonesia ada di daftar nomor 69. Lambang partai ini adalah bidang bundar berwarna merah dengan gambar topi toga hitam di tengah, ada simbol sayap di tengahnya pula. Tulisan ‘Partai Mahasiswa Indonesia’ dengan huruf kapital semua ada di bagian bawah dari gambar toga hitam.

Di sini, tertera pengurus tingkat pusat Partai Mahasiswa Indonesia sebagai Ketua Umum adalah Eko Pratama, Sekretaris Jenderal digawangi oleh Mohammad Al Hafiz, Bendahara Umum dipegang oleh Muhammad Akmal Mauludin, Ketua Mahkamah diprakarsasi Tegus Stiawan dan Anggota Mahkamah Davistha A, Rican.

Alamat markas Partai Mahasiswa Indonesia ada di Jakarta Selatan. Di dokumen ini tertulis pula Nomor Keputusan Menteri Hukum dan HAM untuk Partai Mahasiswa Indonesia, yakni M.HH-6.AH.11.01 TAHUN 2022 Tanggal 21 Januari 2022.

Demikian artikel Siapa Eko Pratama? Sosok dibalik Partai Mahasiswa Indonesia 2022. Artikel ini telah tayang di beberapa berita news indonesia.