Download Aplikasi KKM PJOK SD/MI Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Download Aplikasi KKM PJOK Sekolah Dasar/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.xls – Aplikasi KKM Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar/Madsrasah Ibtidaiyah (SD/MI) revisi terbaru sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dalam memperlancar proses pekerjaan dan pembelajaran Guru Mata Pelajaran PJOK. berangkat dari keperluan dan kebutuhan guru mapel khusus PJOK tersebut pada pagi ini admin bloggoeroe,blospot.com akan membuatkan Aplikasi KKM PJOK secara lengkap mulai dari kelas 1 – 6 Sekolah Dasar/MI, selanjutnya dapat Bapak Ibu unduh sebagai materi referensi dalam pembuatan administrasi dan nantinya menjadi pegangan dalam melaksanakan PBM untuk setiap hari kerja sesuai aktivitas yang telah ditentykan.

Download Aplikasi KKM PJOK SD/MI Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021
Download Aplikasi KKM PJOK SD/MI Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021


Secara umumnya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan akseptor didik mencapai ketuntasan. KKM harus dibuat dan ditetapkan diawal tahun prlajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM, dan sama juga untuk Mapel PJOK di SD/MI harus dibuat milai tahun aliran.


Admin sedikit membahas terkait dengan KKM, silahkan baca selengkapnya berikut ini !

Kegunaan/Fungsi KKM

  1. Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi akseptor didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)
  2. Sebagai pola bagi akseptor didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran
  3. Sebagai target pencapaian penguasaan materi sesuai dengan SK/KD – nya
  4. Sebagai salah satu instrumen dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran
  5. Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (khususnya orang tua dan wali murid)

Tahapan Penetapan KKM

Seperti pada uraian diatas bahwa penetapan KKM dilakukan oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran. Adapaun langkah dan tahapan penetapan KKM antara lain:

  • Guru atau kelompok guru memutuskan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake akseptor didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK sampai KKM mata pelajaran.
  • Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melaksanakan penilaian
  • KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu akseptor didik, orang tua, dan dinas pendidikan
  • KKM dicantumkan dalam laporan hasi belajar atau rapor pada ketika hasil penilaian dilaporkan kepada orang renta/wali akseptor didik
  • Jadi yang menjadi pertimbangan dalam menentukan KKM yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake. Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan. Daya dukung meliputi kelengkapan mengajar mirip buku, ruang belajar, laboratorium (jikalau dibutuhkan) dan lain-lain. Sedangkan Intake merupakan kemampuan penalaran dan daya pikir penerima didik.

Inilah Langkah-langkah dalam Menentukan KKM :Menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata penerima didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung mencakup warga sekolah / madrasah, sarana dan prasarana dalam menyelenggarakan. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria Ketuntasan Belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

Baca Juga

Inilah Aspek-Aspek dalam KKM

Aspek Kompleksitas (kesulitan dan kerumitan).Ditentukan bila dalam pelaksanaan pencapaiaan kompetensi berdasarkan:a. Pemahaman SDM :

  1. Memahami kompetensi yang harus dicapai siswa.
  2. Memiliki pengetahuan dan kemampuan sesuai bidang studi.

b. Daya kreativitas dan penemuan dalam melaksanakan pembelajaran.c. Waktu yang diperlukan untuk pencapaian kompetensi (memakai metode yang berpariasi)d. Daya logika dan kecermatan siswa yang tinggi.e. Latihan khusus dengan perlindungan orang lain.f. Semakin kompleks atau sukar Kompetisi Dasar(KD) maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.

Aspek Daya Dukung.

Ketersediaan tenaga SDM.Sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan misalnya : 

  • Biaya Operasional Pendidikan(BOP).
  • Manajemen Sekolah/Madrasah.
  • Kepedulian Stakeholder Sekolah/Madrasah.

Perbandingan antara sarana dan prasarana ideal yang dibutuhkan dengan sarana dan prasarana yang ada. Semakin tinggi daya pendukung maka nilainya semakin tinggi. Aspek Intake siswa (Tingkat kemampuan rata-rata siswa) yaitu; Keberagaman latar belakang, potensi dan kemampuan siwa secara individual)

Kemampuan rata-rata yang dimiliki siswa untuk mencapai kompetensi :

  • Hasil seleksi PSB.
  • SKHU.
  • Rapor kelas 1

Cara menetapkan KKM Standar Kompetensi(SK): Kriteria Ketuntasan Minimal Standar Kompetensi adalah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan masing-masing SK. Berdasarkan perhitungan rata-rata KKM Kompetensi Dasar pada kelas dan semester yang bersangkutan.
Contoh : Standar Kompetensi Mata Pelajaran ‘A’ Kelas 2 Semester 1, ada 3 SK masing-masing SK ada 5 KD, SK ke 2 ada 4 KD dan SK ketiga ada 4 KD. Maka KKM Standar Kompetensi (SK) pertama :
Kompetensi Dasar 1 = 77 Kompetensi Dasar 2 = 80Kompetensi Dasar 3 = 75 Kompetensi Dasar 4 = 76 Kompetensi Dasar 5 = 80Maka KKM Standar Kompetensi pertama pada mata pelajaran A untuk kelas 2 semester 1; 77%+80%+75%+76%+80% = 77,6% atau 78% ——————- 5KKM SK keduaKompetensi Dasar 1 = 77Kompetensi Dasar 2 = 80Kompetensi Dasar 3 = 75 Kompetensi Dasar 4 = 76 Maka KKM Standar Kompetensi kedua pada mata pelajaran A untuk kelas 2 semester 1; 77%+80%+75%+76% = 77,00% atau 77% —————- 4KKM SK ketigaKompetensi Dasar 1 = 77 Kompetensi Dasar 2 = 80Kompetensi Dasar 3 = 80 Maka KKM Standar Kompetensi ketiga pada mata pelajaran A untuk kelas 2 semester 1; 77%+80%+80% = 79,00% atau 79% ———– 3Cara memutuskan KKM Mata Pelajaran KKM Mata Pelajaran ditetapkan sesudah KKM masing-masing Standar Kompetensi pada mata pelajaran dan Semester yang bersangkutan diketahui atau telah ditetapkan.Contoh KKM Mata Pelajaran ‘PAI’ pada kelas 2 semester 1 sebagai berikut;KKM SK pertama ditetapkan 78KKM SK kedua ditetapkan 77KKM SK ketiga ditetapkan 79 78+77+79Maka KKM Mata Pelajaran ‘PAI’ pada kelas 2 semester 1 = ————– x 100% = 78%Menetapkan KKM per Mata PelajaranLihat alur di bawah;KKM Indikator KKM KDKKM SK KKM MP

Cara memutuskan KKM pada Indikator :

Dengan melaksanakan analisis terhadap kompleksitas, daya dukung dan intake siswa, lalu dibikin skor/point pada setiap criteria yang ditetapkan
Contoh ; Kompleksitas rendah (skor 3), Daya dukung Tinggi (Skor 3) dan Intake sedang (skor 2), maka ; (3+3+8) KKM indicator menjadi : ———— x 100% = 88,88% dibulatkan 89%.9 Angka pembagi 9 merupakan penjumlahan nilai maksimal dari ketiga(3) unsur yaitu; kompleksitas, daya dukung dan intake siswa. Penentuan KKM indicator selain memiliki kegunaan untuk memilih keluasan dan kedalaman materi yang harus dikaji peserta didik, juga untuk kepentingan penilaian berbasis SAS (Sistem Administrasi sekolah) yang kini ini mulai dikembangkan di Sekolah/Madrasah yang telah menerapkan teknologi gosip agar praktis diakses.
Cara Menetapkan KKM Kompetisi Dasar (KD) Untuk Menetapkan KKM Kompetisi Dasar (KD) dilakukan dengan menghitung rata-rata KKM seluruh indicator dibagi jumlah indicator dari KD yang bersangkutan. Contoh;
Kompetisi Dasar :Indikator 1 = 80%Indikator 2 = 75%Indikator 3 = 75%Indikator 4 = 77%Maka KKM KD(Kompetisi Dasar) tersebut adalah; 80% + 75% + 75% + 77% ——————— = 76,7% atau 77%. 4

Inilah Rambu-Rambu KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

  • KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran.
  • KKM ditetapkan oleh lembaga MGMP Sekolah/Madrasah.
  • Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 40 – 100.
  • Sekolah/Madrasah dapat memutuskan nilai dibawah nilai ketuntasan.
  • Nilai KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Siswa

Semua paparan di atas telah admin buat dalam aplikasi yang di bagikan di bawah ini. Bapak Ibu diusah repot untuk menghitung lagi, hanya merubah nama sekolah, nama guru, nama kepala sekolah, semuanya sudah secara otomatis dalam apliksi KKP PJOK SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 format excel, silahkan unduh pada linknya di bawah ini.

KKM PJOK SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2

INILH FILENYA. 

Unduh Aplikasi KKM PJOK SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.xls

Download Aplikasi KKM Kurikulum 2013

Demikianlah yang dapat admin bagikan. Semoga mampu memperlancar Proses Pembelajaran Bagi Bapak dan Ibu sebagai pembagi ilmu kepada peseta didik di sekolah.

Comments are closed.

error: Alert: Content is protected !!