Cara Mencari Domain Expired DA PA Tinggi

Tutorial Cara Mencari Domain Expired DA PA Tinggi – kalian ingin beli domain untuk website baru dengan platform blogger ataupun wordpress? nah sebelum membeli domain alangkah baiknya kalian cek terlebih daghulu apakah domain anda mempunyai DA PA tinggi dan backlink berkualitas. pada kesempatan artikel kali ini teknisi-blogger.id akan membagikan tutorial untuk sobat tentang bagaimana cara mencari domain expired yang bagus atau yang memiliki DA PA tinggi. 

Expired domain adalah nama domain yang tidak diperpanjang oleh pemiliknya setelah memasuki masa kadaluarsa. Kalau domain baru biasanya bisa dibeli di hosting dan penyedia layanan domainIndoworx misalnya. 

Sedangkan expired domain bisa didapatkan dengan melalui lelang yang diadakan oleh register. Dan kita mungkin juga harus membayar harga yang lebih tinggi daripada membeli domain baru. Expired domain juga bisa disamakan dengan domain bekas. 

Meski begitu, ternyata ada sebagian orang yang lebih memilih membeli domain expired daripada domain baru. Menurut mereka, ada banyak keuntungan membeli domain bekas, salah satunya adalah tidak perlu membangun popularitas domain dari awal. 

Domain yang kadaluarsa juga biasanya menyimpan banyak backlink, yang tentunya dianggap berguna untuk perkembangan blog kedepannya. Itulah beberapa alasan mengapa banyak blogger profesional lebih memilih domain expired daripada domain baru. 

Namun bukan berarti dengan membeli domain expired kita hanya mendapatkan banyak keuntungan, ada juga beberapa dampak negatif dari membeli domain bekas. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan membeli domain expired.

Sebelum masuk ke pembahasan, kita perlu tahu dulu apa yang dimaksud expired domain, domain authority dan page authority (DA PA) terlebih dahulu. 

Tentang Domain Expired

Kalian sudah tahu? Untuk yang belum mengetahui, Expired Domain, dari katanya saja sudah kelihatan ya, expired adalah kadaluarsa. Jadi expired domain adalah domain yang sudah kadaluarsa, maksudnya domain itu sudah tidak diperpanjang oleh pemilik sebelumnya, bisa dikatakan domain bekas. 

Expired domain merupakan domain yang tidak diperpanjang oleh pemiliknya setelah memasuki domain tersebut memasuki masa kadaluarsa. Kalau domain baru biasanya dapat Anda beli di hosting dan penyedia layanan domain, sementara untuk expired domain bisa Anda dapatkan dengan melalui lelang yang diadakan oleh register. Mungkin saja Anda juga harus membayar harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan membeli domain baru.

Expired domain juga dapat diartikan sebagai domain bekas. Meskipun begitu, terdapat beberapa orang yang lebih memilih membeli domain expired ketimbang domain baru. Ada beberapa keutungan yang akan didapat apabila Anda mendaptkan expired domain, salah satunya adalah tidak perlu membangun popularitas domain dari nol karena tak sedikit juga expired domain biasanya menyimpan banyak backlink, yang tentunya dianggap berguna untuk perkembangan webiste ke depannya.

Itulah beberapa alasan mengapa banyak spesialis SEO yang lebih memilih domain expired daripada domain baru. Namun bukan berarti dengan mendaptkan domain expired tanpa ada kekurangan ya guys, ada juga beberapa kekurangan ketika Anda menggunakan expired domain. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan membeli domain expired, seperti nama domain tidak sesuai keinginan dan yang paling ditakuti ialah domain sempat de-indeks oleh Google. Deindex ibarat hukuman yang diberikan oleh Google karena melakukan teknik-teknik SEO yang tidak wajar (Black Hat SEO).

Lalu apa itu domain dan page authority? DA PA adalah sebuah skor atau nilai suatu situs dan halaman di situs tersebut. Skor ini dikembangkan oleh MOZ sebagai salah satu tools SEO yang populer. 

Apa Itu Domain Expired DA PA Tinggi

Perlu diketahui, jika kita hendak mencari Domain expired yang memiliki nilai DA PA tinggi, kita tidak bisa begitu saja dengan mudah mendapatkan alamat domain yang bagus atau mudah diingat. Bisa jadi domain yang memiliki nilai tinggi tersebut sangat panjang, bisa jadi juga domain susah dibaca tetapi yang terpenting adalah nilai DA PA yang tinggi. 

Expired domain banyak digunakan untuk monetisasi blog, tanpa harus khawatir dengan domain yang dioptimasi itu sendiri, baik dari BacklinkPage Authority maupun Domain Authority. Sudahkah teman-teman melihat/mencari tahu tentang domain yang kedaluwarsa? 

Dengan memiliki domain yang memiliki DA PA tinggi, bisa kita jadikan PBN (Private Blog Network) atau jaringan blog pribadi untuk menaikkan blog utama kita. Atau kita bisa menjual jasa backlink. 

Nah, lalu bagaimana caranya kita bisa mendapatkan domain dengan skor DA PA tinggi? simak ulasannya sampai selesai ya..

Cara Mencari Expired Domain dengan DA PA Tinggi

Domain adalah komponen penting yang harus Anda pikirkan sebelum membangun sebuah website. Bagi Anda intenet marketing yang ingin memperkenalkan brand baru yang masih fresh milik sendiri tentu tidak disarankan untuk mencari domain expired. Tapi bagaimana jika Anda seorang spesialis SEO? Tentu perlu mempertimbangkan antara menggunakan domain baru dengan domain expired yang memiliki nilai DA dan PA yang tinggi.

Membangun sebuah authority website tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan perjuangan yang gigih dari pemilik website untuk bisa meningkatkan DA PA blog / website mereka. Tak jarang banyak yang menghabiskan uang saku mereka dengan melakukan usaha-usaha meningkatkan DA PA website, seperti memasang content placement / guest post di blog yang authority nya bagus, press release website di media nasional, membeli jasa backlink: link building – blogroll PBN (Public Blog Network), dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan.

Semua itu dilakukan demi meningkatkan nilai DA PA website. Jadi selain usaha yang mengeluarkan keringat, Anda juga perlu usaha yang menguras isi dompet ya guys, dan jangan lupa berdoa. Karena pengalaman saya, sebagus apapun artikel yang Anda posting, tidak akan ada yang membaca apabila artikel Anda tidak mendapatkan organic traffic dari mesin pencari, seperti Google. Maka diperlukanlah kiat-kiat menaikkan DA PA agar website mendapatkan tempat yang bagus di SERP.

Kembali lagi ke topik awal kita yaitu Cara Mencari Domain Expired DA PA Tinggi. Sebagai jalan pintas Anda yang ingin mendapatkan domain dengan DA PA tinggi maka Anda harus bisa jeli mencari domain expired berkualitas yang sudah terlisting di Google dan sudah memiliki DA PA yang tinggi. Tidak lah mudah mencari domain seperti itu, karena di luaran sana juga ada yang dinamakan Domain Hunter, yang mana kerjaan nya muter-muter terus di beberapa situs expired domain untuk bisa mendapatkan domain berkualitas dengan nilai DA PA yang tinggi.

1. Kunjungi situs penyedia layanan mencari domain expired salah satunya adalah www.expireddomains.net

2. Setelah itu, buatlah akun agar bisa masuk kedalam dashboard dan bisa menggunakan semua pengaturan untuk mencari expired domain. Buat akunnya gratis.

3. Lalu buka Delete Domain, dan pilih domain extensi yang akan dicari, disini saya contohkan mencari extensi domain .com

4. Klik Show Filter

5. Setting filter sesuai dengan keinginan, disini saya mencontohkan untuk mencari expired domain dengan awalan TUTORIAL. Pada settingan filter ini, kalian bisa mencari berdasarkan kata awal, kata akhiran, kata ditengah, panjang domain, negara domain, dan banyak pengaturan lain. Jika sudah ditetapkan mau mencari berdasarkan apa, lalu klik Apply Filter pada tombol warna biru di bawah.

6. Setelah itu akan muncul banyak list domain yang sudah expired. Karena kita disini hendak mencari domain yang memiliki domain authority dan page authority yang tinggi, kita tidak memilih domain sesuka hati, tetapi berdasarkan nilai atau skor yang dimiliki. 

7. Setelah itu sobat bisa lakukan copy paste list domain tersebut di microsoft excel.

8. Cek nilai Da Pa domain satu persatu  melalui situs penyedia layanan cek authority disini saya menggunakan websiteseochecker.com. Melalui situs pengecekan DA PA ini, kita bisa sekaligus mengecek 3 situs dalam sekali cek.  

Dari hasil pencarian dan cek domain authority dan page authority diatas, bisa kita lihat bahwa ketiga domain tersebut memiliki DA PA yang cukup bagus yaitu skor 12 dan 13 untuk DA dan 21, 25, dan 32 untuk PA. Namun, ketiga domain tersebut mendapatkan raport merah, yaitu nilai spam score (SS) diatas 50%. Lalu bagaimana? Ya mau tidak mau kita harus mencari yang nilai SSnya juga bagus, sebisa mungkin dibawah 20%. Tidak perlu bersedih, karena list domain cukup banyak.

Nilai Spam Score blog ini didapat karena domain atau blog dengan domain bukan berarti melakukan spam atau sarang spam, tetapi menurut pihak MOZ pemilik domain harus melakukan pengecekan terhadap kualitas dan relevansi situs. 

Mengapa kita harus mencari nilai SS yang rendah? Karena dengan nilai SS yang tinggi, akan merepotkan saat pengindexkan oleh Google Search Console.  

Jika kita sudah mendapatkan nama domain dengan nilai DA PA yang tinggi, dan yang pasti dengan nilai spam score yang rendah, segera lakukan pembelian domain. Hal ini menghindari domain sudah dimiliki oleh orang lain karena yang mencari domain expired DA PA tinggi tidak hanya kita, tetapi juga semua orang yang paham akan nilai dari sebuah domain.

Cara Mencari Domain Expired Berkualitas

Untuk mencari expired domain dengan kualitas yang baik tentunya kita akan bingung bagaimana cara mencari list/daftar expired domain. Saya sering mencari domain yang berkualitas dengan menggunakan website yang menyediakan expired domain secara gratis, website tersebut adalah expired domain. net. Kalian dapat mencari ribuan domain, dari yang dijatuhkan, kedaluwarsa, dan dihapus. 

Nah untuk menemukan domain expired dengan kualitas bagus, kita harus melakukan 4 langkah sebelum benar-benar membeli domain tersebut. Apa saja langkah tersebut? Berikut ini adalah cara mendapatkan expired domain dengan kualitas tinggi. Namun sebelumnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan menggunakan expired domain, sehingga kita bisa mempertimbangkan kembali apakah ingin membeli domain baru atau expired domain.

1. Cek domain masih terindeks ke Google atau tidak

Untuk cara pertama ini adalah salah satu faktor yang paling penting, dimana domain kamu bisa digunakan atau tidak tergantung apakah domain tersebut masih terindeks oleh Google atau tidak, bagaimana cara mengetahui domain  masih terindeks oleh Google atau tidak? 

Caranya cukup ketik site: nama domain-mu di Google, jika domain masih terindeks oleh Google maka akan muncul beberapa artikel atau link, namun jika hanya muncul Google Search Console saja maka domain tersebut tidak layak untuk dibeli

2. Cek PA dan DA

Jika cara pertama sudah dikerjakan dan masih terindeksi, kamu bisa mengecek PA dan DA domain-mu. Untuk domain expired yang layak dibeli yaitu domain yang memiliki PA dan DA minimal 20+, namun jika menemukan domain dengan nama yang cocok dan memiliki PA dan DA 10 itu bukanlah suatu masalah.

3. Cek Backlink dan Kualitas Backlink

Berikutnya yaitu dengan mengecek kualitas backlink. Domain expired biasanya memiliki banyak sekali backlink, untuk itu kita perlu cek agar kita mendapatkan backlink yang berkualitas. Untuk cara mengecek backlink-nya bisa tinggal masuk ke dalam web bernama Ubersuggest dan selanjutnya masukan nama domain kalian pada web tersebut. Backlink dengan kualitas baik adalah .com dan .edu

4. Cek Ketersedian Nama Domain pada penyedia Domain

Cara terakhir adalah mengecek apakah domain tersebut sudah  registrasi atau masih tersedia, kalian bisa masuk ke situs domain paling murah yaitu DomaiNesia. Apabila cara pertama sampai ketiga sudah lolos dan masih tersedia Anda bisa beli domain tersebut. 

Cukup mudah bukan untuk mencari sebuah domain expired dengan kualitas yang bagus, tentunya semoga artikel ini dapat memberikan gambaran kepada teman-teman ketika ingin membeli sebuah domain expired nantinya. 

Kesimpulan

Dalam mencari expired domain dengan nilai DA PA Tinggi dan SS rendah memang diperlukan kejelian dan kesabaran, karena mengingat list situs yang begitu banyak dan tidak semua domain tersebut memiliki DA PA Tinggi. Bahkan, ketika kita telah mendapatkan domain dengan DA PA bagus, tetapi nilai Spam Skor tinggi juga. Untuk itu, kejelian dan kesabaran juga diperlukan dalam berburu domain bagus ini. 

Cari sebanyak-banyaknya domain dengan nilai DA PA Tinggi dan nilai Spam Score rendah, setelah itu daftarkan di penyedia domain. Lalu jadikan domain-domain tersebut sebagai PBN atau sebagai sumber pendapatan dengan membuka layanan backlink.

Demikian ulasan kami mengenai Cara Mencari Domain Expired DA PA Tinggi. Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua.