Penyebab DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Android, Ini Cara mengatasinya

dns_probe_finished_nxdomain android — munculnya DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN merupakan error yang terjadi karena gagal menemukan ip adress yang ada di DNS. Banyak orang tidak tahu apa itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN ketika mereka melihatnya di layar browser. Namun, ini adalah kesalahan yang sangat umum. Seperti yang disarankan oleh kode kesalahan, ini adalah masalah DNS.

Domain Name System – atau disingkat DNS – adalah sistem yang membantu Anda mengakses situs web dengan alamat web berupa nama yang mudah diingat. Ketika seseorang memasukkan alamat web di bilah pencarian dan menelusuri web, DNS mengirimkan permintaan ke database online-nya; temukan alamat IP yang benar yang ditunjuk oleh alamat web tersebut. Jika DNS tidak menemukan kecocokan, Google Chrome akan menampilkan kesalahan ini.

dengan kata lain, pesan ini menginformasikan gagalnya domain mencari name server ip address. hal ini terjadi karena pemilik domain tidak berhasil menghubungkan atau pointing antara domain dan server.

Pesan ini biasanya terjadi di Google Chrome untuk pengguna Android, windows dan juga mac. banyak orang bingung bagaimana cara mengatasi error ini.

dns_probe_finished_nxdomain Android
dns_probe_finished_nxdomain Android

pada artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi error yang terjadi kepada pengguna chrome yang menampilkan pesan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Penyebab Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN 

Ketika anda sedang berselancar di internet, namun tiba – tiba situs yang anda tuju tidak dapat dilihat. Walaupun kondisi internet anda saat ini sedang stabil. Namun, tiba – tiba muncul tulisan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang berada dalam layar putih laptop anda.

Tentu saja anda kebingungan dan melakukan refresh di URL yang anda tuju tersebut, namun ada yang berhasil masuk ke URL yang dituju, ada yang tetap menampilkan tulisan tersebut.

Nah, loading ini akan membuat anda masih kebingungan dengan apa yang terjadi dengan koneksi dan laptop anda. Maka dari itu, pada artikel ini akan membahas lengkap tentang DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Ketika muncul layar putih dengan tulisan error tersebut akan membuat kesal anda, Namun, Jangan khawatir dengan tulisan “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN” pada broser ini. Itu artinya pada Chrome menandakan bahwa DNS (Domain Name System) yang kita gunakan tidak merespon dengan DNS pada server website tujuan, maka dari itu berikut penyebab terjadinya Error pada chrome:

  • Menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network).
  • Menggunakan Antivirus yang akan memblok koneksi DNS.
  • Sering gonta-ganti DNS Google.
  • Menggunakan href flag yang salah di Chrome.

dns_probe_finished_nxdomain android

error dns_probe_finished_nxdomain android ini terjadi karena pemilik situs web gagal mengarahkan atau pointing antara domain dengan ip address, kegagalan ini membuat pengguna web tersebut resah karena tidak bisa mengakses website. dan akhirnya kebingungan bagaimana cara mengatasi error dns_probe_finished_nxdomain .

Chrome mungkin menyimpan informasi yang menyebabkan halaman tidak dimuat. Membuka halaman di Jendela samaran. Di ponsel atau tablet Android. dns_probe_finished_nxdomain umumnya disebabkan pada kesalahan pada DNS (Domain Name Server). Dns merupakan sebuah server yang dipakai untuk mengetahui alamat IP (IP Address) dalam suatu host terhadap host lainnya. DNS yang berfungsi untuk mengenali Komputer kita dimana saat kita mengetikkan Url di Chrome dan DNS akan melakukan Request ke database dari Situs tujuan untuk cari IP dan hasilnya tidak ditemukan maka pada Browser akan muncul dns_probe_finished_nxdomain.

selain gagal mengarahkan antara domain dengan server, penyebab lain terjadinya error ini adalah, melunjaknya trafik web tersebut sehingga mengakibatkan server overload dan akhirnya website tersebut menjadi down.

Cara Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Android

Anda pengguna browser untuk melakukan googling? Ketahui cara mengatasi eror DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN pada Browser yang sangatlah mudah.

Ketika sedang browsing di internet kemudian terdapat situs yang tidak dapat dikunjungi maka hal tersebut memang sebuah permasalahan yang membuat situs menjadi eror.

Biasanya hal tersebut memunculkan suatu pesan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Permasalahan tersebut juga bisa terjadi pada sebuah situs browser seperti, firefox, opera, google chrome, dan yang lainnya.

Hal tersebut pastinya memberikan ketidak nyamanan kepada pengguna. Oleh karena itu, untuk mengatasinya maka ketahui cara yang terdapat pada ulasan di bawah ini.

pada kesempatan kali ini teknisi blogger akan memberi panduan untuk mengatasi error ini yang terjadi di aplikasi google chrome android, ios, windows, ataupun mac.

Update Aplikasi Google Chrome

langkah pertama adalah anda bisa mengupdate aplikasi google chrome ke versi terbaru. solusi ini bisa jadi karena google chrome anda belum diupdate atau berada di versi lama. anda bisa mengupdate google chrome ke versi baru dengan mengunjungi link dibawah ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.android.chrome&hl=en&gl=US

Restart Data Seluler

anda bisa melakukan restart data seluler untuk cara yang kedua. cara ini dilakukan agar cache yang berada di browser tergapus,

Cache DNS

Cache DNS dapat menyimpan informasi alamat IP situs web yang telah Anda kunjungi. Clear cache, atau flush cache, adalah perintah yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN, perintah ini akan menghapus cache yang mungkin berisi IP lama yang saat ini tidak dapat diakses dan memuat ulang IP baru jika ada. Untuk membersihkan cache, Anda perlu menjalankan perintah di Command Prompt sebagai administrator di Windows, ketik ipconfig/flushdns dan tekan enter.

Ubah DNS

Anda juga bisa mengatasi cara eror DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN menyelesaikan eror dengan mengubah pengaturan DNS manual dengan mengklik Open Network Sharing Center.

  • Klik kanan logo network yang terletak dipojok kanan bawah.
  • Setelah itu, pilih Change Adapter Setting kemudian lanjutkan dengan memilih jaringan kemudian klik kanan, lalu pilih Properties.
  • Selanjutnya, scroll kebawah kemudian pilih Internet Protocol version 4 (TCP/IP4) lalu klik tombol Properties.
  • Kemudian Anda bisa lanjutkan klik Ceklist Use the following DNS server Addresses lalu mengisi Preferred DNS server dengan 8.8.8.8 dan Alternate DNS server dengan 8.8.4, tekanbOK

Atur ulang flags

Untuk langkah yang kedua khusus pengguna Google Chrome, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara:

  • Buka alamat chrome://flags/ dan tekan enter pada adress bar.
  • Kemudian klik tombol setel ulang semua ke default.
  • Setelah itu, Anda bisa menjalankan ulang browser google chrome nya.

Hapus cache browser

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi eror DNS_probe_finished_nxdomain maka Anda bisa melakukan clear chace pada web browser kemudian melanjutkan menjalankan browser tersebut kembali.

Jadi cache yang terlalu banyak terkadang mempengaruhi kecepatan browser dalam membuka situs.

Menonaktifkan Antivirus dan VPN di HP android

Antivirus dan VPN di ponsel android sangat mudah di berhentikan service nya. Cara untuk melakukan non aktif VPN dan Anti virus kamu bisa masuk ke Pengaturan >> Aplikasi terinstall >> Pilih aplikasi VPN >> Uninstall.

Ganti Jaringan

solusi ketiga adalah berganti jaringan, mungkin jika anda pengguna data seluler bisa pindah ke wifi. atau mungkin sebaliknya, jika anda menggunakan wifi bisa beralih ke data seluler.

hubungi webmaster website atau aplikasi

langkah terakhir adalah, anda bisa menghubungi pemilik website atau aplikasi pada email atau kontak yang telah disediakan. mungkin saja pemiliki web belum tahu webnya mengalami masalah seperti itu.

Restart Netsh winsock

Untuk cara yang ketiga Anda bisa membuka command prompt atau melakukan run dengan administrator.

  • Nah, untuk memudahkannya maka Anda bisa menggunakan tombol windows+ tombol X kemudian pilih Command prompt admin.
  • Setelah itu masukan perintah: netsh winsock reset.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung restart komputer.

Langkah Termudah Atasi DNS_Probe_Finished_Nxdomain

Perbaiki kesalahan DNS_Probe_Finished_Nxdomain dengan menonaktifkan VPN dan Antivirus
VPN dan Antivirus memiliki peran yang sangat penting ketika bergabung dengan internet. Untuk memperbaiki kesalahan DNS_Probe_Finished_Nxdomain, pengguna mencoba menonaktifkan VPN dan Antivirus terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah 1: Jalankan => Panel Kontrol
  • Langkah 2: Klik “Koneksi Jaringan” => Daftar koneksi yang ada akan muncul
  • Langkah 3: Pilih “Ubah pengaturan koneksi ini” untuk mematikan VPN
  • Langkah 4: Klik “Jaringan”
  • Langkah 5: Klik “Copot”
  • Langkah 6: Nyalakan kembali komputer sehingga VPN benar-benar dinonaktifkan

Demikiaalah Cara mengatasi dns_probe_finished_nxdomain android dan PC, Semoga membantu

Tinggalkan komentar