Contoh Teks Berita Tentang Idul Adha dan Kegiatan Kurban yang Singkat

Hai Sobat Guru Penyemangat, bisakah Sobat membuat teks berita tentang pelaksanaan kegiatan Idul Adha di tempat kalian?

Ya, kisah Idul Adha dan pelaksanaan kurban di masing-masing daerah itu berbeda dan memiliki kesannya sendiri-sendiri.

Terkadang kita temui ada hewan kurban yang ngamuk, namun banyak pula pelaksanaan penyembelihan hewan yang berjalan dengan lancar. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari kesiapan dan kekompakan para panitia kurban.

Contoh Teks Berita Tentang Idul Adha
Contoh Teks Berita Tentang Idul Adha. Dok. GuruPenyemangat.com

Berikut disajikan contoh teks berita tentang Idul Adha dan pelaksanaan kurban yang singkat beserta cara membuatnya.

Mari disimak ya:

Cara Membuat Teks Berita Tentang Idul Adha

Nah, untuk membuat teks berita tentang Idul Adha, caranya tidaklah sulit. Sobat hanya perlu memberitakan kegiatan dengan menggunakan rumus 5W+1 H.

Intinya seperti ini:

What: Apa, menceritakan tentang kegiatan yang Sobat ikuti seperti pelaksanaan Shalat Idul Adha atau berita tentang penyembelihan hewan kurban.

Who: Siapa, menceritakan tentang tokoh atau pelaku dalam kegiatan Idul Adha. Misalnya seperti imam masjid, atau panitia kurban.

When: Kapan, menceritakan tentang waktu kejadian atau pelaksanaan Shalat Idul Adha dan ibadah kurban.

Where: Di mana, menceritakan tentang lokasi kegiatan atau pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban. Misalnya di masjid atau di lapangan desa.

Why: Mengapa, menceritakan tentang sebab terjadinya peristiwa. Misalnya ada hewan kurban yang mengamuk, maka bisa dijelaskan apa alasannya.

How: Bagaimana, menceritakan tentang keadaan selama kegiatan. Misalnya Shalat Idul Adha berjalan dengan hikmat dan tertib, atau distribusi daging kurban yang berjalan lancar.

Contoh Teks Berita Tentang Shalat Idul Adha di Masjid

Tepat pada 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah, saya bersama keluarga melaksanakan kegiatan Shalat Idul Adha berjamaah. Saya, ayah, ibu, kakak, dan adik rencananya bakal melaksanakan Shalat di masjid Al-Ikhlas desa Air Meles Atas, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Pada tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 1 Juli tahun 2022. Dengan demikian, kami khususnya warga besar desa Air Meles Atas melaksanakan Shalat Idul Adha berjamaah pada hari Ahad, 10 Juli Tahun 2022.

Sehari sebelumnya, tepatnya sesudah Magrib, lantunan takbir, tasbih, tahmid, dan tahlil terus tergaung indah baik di masjid, di lapangan, hingga pawai mobil dan motor. Hal tersebut terus berlangsung hingga malam hari, dan dilanjutkan hingga Subuh.

Sebagaimana diterangkan oleh Imam masjid, Shalat Idul Adha berjamah bakal digelar pada pukul 07.30 WIB. Maka dari itu kami berangkat dari rumah pukul 06.30 WIB, agar nanti tidak khawatir kalau semisal saf sudah penuh.

Sebelum Shalat Idul Adha dimulai, para jamaah secara bergantian memegang microfon untuk bertakbir dan memuji Allah.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pelaporan rencana kegiatan kurban oleh panitia, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa.

Sebagaimana yang disampaikan oleh ketua panitia kegiatan, pada tahun ini kurban di masjid Al-Ikhlas totalnya ada 20 ekor hewan kurban yang terdiri atas 8 sapi dan 12 kambing.

Menurut pemaparan Pak Dika selaku penanggung jawab kegiatan kurban, nantinya penyembelihan dan pemotongan hewan kurban akan dimulai pada pukul 10.00 WIB dan daging kurban akan didistribusikan ke seluruh dusun yang ada di desa Air Meles Atas.

Tepat pukul 07.30 WIB, Shalat Idul Adha Berjamah pun dimulai. Sebelum dimulai, Pak Imam pun mengingatkan kepada jamaah untuk bertakbir 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali pada rakaat kedua. Pada setiap jeda takbir disunnahkan membaca Subhanallah wal Hamdulillah wa Lailaha illallahu Allahu Akbar.

Setelah Shalat Idul Adha selesai, kegiatan langsung dilanjutkan dengan penyampaian Khutbah Idul Adha oleh Khotib desa Air Meles Atas. Tema Khutbah Idul Adha kali ini bercerita tentang keutamaan haji dan kurban dalam menguatkan aqidah, akhlak, dan solidaritas sosial.

Belum selesai sampai di sana, setelah khotib turun dari mimbar, kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal dan saling memaafkan antar sesama jamaah masjid. Hal ini tiada lain dan tiada bukan ialah untuk menguatkan tali persaudaraan atau ukhuwah islamiyah khususnya di desa Air Meles Atas.*

Boleh Baca: Contoh Karangan dan Cerita Tentang Idul Adha Singkat

Contoh Teks Berita Tentang Kurban di Hari Raya Idul Adha Singkat

Pada hari Minggu siang, 10 Juli 2022 pukul 13.00 WIB, kegiatan kurban di masjid Al-Ikhlas yang bertempat di desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu dimulai. Sehabis jamaah menunaikan Shalat Zuhur, para panitia pun bergegas merapikan tenda dan mengasah pisau.

Pada tahun ini, ada total 20 hewan kurban di masjid Al-Ikhlas yang nanti dagingnya akan didistribusikan ke beberapa dusun dan RT di desa Air Meles Atas.

Tepat seusai Zuhur, saya tidak lekas pulang karena ingin melihat proses dan tata cara penyembelihan hewan kurban.

Adapun hewan kurban yang disembelih pertama kali adalah sapi. Salah satu panitia kurbannya adalah ayah saya, dan kebetulan pada saat itu ayah saya ikut membantu merobohkan sapi.

Cukup sulit untuk merobohkan sapi karena postur tubuhnya yang besar dan berat. Hanya saja, dengan kekompakan para panitia kurban, sapi pun berhasil dirobohkan dan disembelih.

Pada kegiatan kurban dalam rangka hari raya Idul Adha hari pertama ini semuanya berjalan cukup lancar. Tidak ada hewan kurban yang mengamuk. Hal ini juga merupakan buah dari kecekatan para panitia yang sudah menyiapkan segala sesuatunya.

Sekitar pukul 13.30 WIB, para panitia kurban terutama dari kalangan wanita mulai ikut membantu untuk membungkuskan daging kurban. Supaya adil dan merata, setiap daging kurban yang dimasukkan ke dalam plastik ditimbang terlebih dahulu agar sama beratnya.

Setelah 100 bungkus daging kurban sudah siap, maka panitia kurban yang lain segera memasukkan daging tersebut ke mobil untuk didistribusikan kepada fakir miskin di daerah setempat.

Pak Dika selaku ketua panita kurban menuturkan bahwa pada hari pertama pihak masjid Al-Ikhlas telah menyembelih sebanyak 5 hewan kurban yang terdiri atas 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Adapun untuk hewan yang belum disembelih nantinya akan dikembalikan ke kandang, diberi pakan, dan terus diperiksa kesehatannya supaya terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kegiatan kurban di masjid Al-Ikhlas desa Air Meles Atas masih akan berlanjut hingga tiga hari ke depan, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah 1443 Hijriah.

***

Boleh Baca: Cerpen Tentang Hewan Qurban Singkat

Nah demikianlah tadi contoh teks berita tentang Idul Adha dan Kurban yang bisa GuruPenyemangat.com sajikan.

Teks berita di atas hanyalah contoh, namun bisa menjadi rujukan dan referensi Sobat dalam memenuhi tugas di sekolah.

Semoga bermanfaat ya
Salam.