Contoh Resume MPLS yang Singkat, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah Sobat membuat resume kegiatan MPLS hari ini?

Untuk memastikan keaktifan dan partisipasi, biasanya siswa baru secara individu diminta untuk menuliskan rangkuman maupun resume selama mengikuti kegiatan MPLS.

Tapi, apakah Sobat sudah bisa membuat resume yang singkat dan menarik?

Sejatinya cara membuat resume kegiatan MPLS tidaklah sulit. Sobat bisa menggunakan rumus 5W+1H yang dilengkapi dengan ringkasan materi kegiatan.

Artinya, dalam membuat resume Sobat perlu menceritakan seperti apa kegiatan MPLS, siapa saja pemateri MPLS, kapan kegiatan dilaksanakan, di mana saja lokasi kegiatan, mengapa kegiatan MPLS itu penting dilaksanakan, serta bagaimana kesan dan pesan yang Sobat rasakan.

Biasanya tugas menulis resume bakal diberikan oleh panitia OSIS atau dewan guru selama kegiatan berlangsung dan setelah akhir kegiatan MPLS.

Contoh Resume MPLS yang Singkat
Contoh Resume MPLS yang Singkat. Dok. GuruPenyemangat.com

Nah, jika Sobat masih bingung, silakan disimak saja contoh resume yang Sobat racik berikut ini ya.

Ada kumpulan contoh resume dan rangkuman kegiatan MPLS yang singkat dan bisa dijadikan referensi bagi Sobat di SD, SMP, SMA atau SMK.

Mari kita Simak:

Contoh Resume MPLS Singkat

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2022/20223 di SMP/SMA/SMK *Guru Penyemangat* baru saja selesai dilaksanakan.

Kami mengikuti kegiatan MPLS dengan hikmat dan tertib selama 3 hari dengan serangkaian acara dan kegiatan yang menarik.

Tema MPLS tahu ini yaitu “Melalui Kegiatan MPLS, Kita Tumbuhkan Motivasi dan Semangat Belajar Supaya Menjadi Siswa yang Bermartabat”.

Tema yang diambil oleh panitia OSIS sangat menarik. Di sisi yang sama, kepala sekolah, yaitu Bapak/Ibu *Dika* menerangkan bahwa kegiatan MPLS adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa. Tidak hanya sekadar berkenalan dengan teman baru, lingkungan baru, serta suasana baru, melainkan juga untuk menguatkan motivasi belajar.

Kegiatan MPLS kali ini diikuti oleh 100 siswa baru. Sepanjang kegiatan, masing-masing siswa baru dibagi menjadi 5 gugus.

Pada MPLS hari pertama, kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan MPLS. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Wawasan Wiyata Mandala dan Pengenalan Kurikulum Sekolah yang masing-masing pematerinya adalah *Pak Alan* dan *Pak Dika*.

Penyajian materi MPLS pada hari pertama ini sangat menarik dan berkesan karena diselingi dengan minigames yang seru dan melatih kekompakan.

Berlanjut ke hari kedua, kegiatan MPLS dibuka dengan acara senam pagi dan jalan sehat. Kami secara berkelompok diajak untuk berkeliling di sekitar lingkungan sekolah, lalu diteruskan dengan kegiatan senam.

Setelah beristirahat sekitar setengah jam, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Budaya Literasi, Tata Tertib Sekolah, dan Pentingnya Pendidikan Karakter.

Kegiatan MPLS di hari kedua juga tidak kalah seru karena ada sesi tanya jawab. Penyampaian materinya juga santai, namun juga mudah untuk dipahami.

Memasuki hari ketiga, kegiatan MPLS di sekolah *Guru Penyemangat* semakin seru. Ya, kegiatannya ialah penampilan dan pengenalan ekstrakulikuler yang ada di sekolah.

Dikatakan seru karena acaranya mirip seperti pentas seni. Kami para siswa baru akhirnya semakin bersemangat dan sudah berencana untuk bergabung dengan esktrakulikuler yang sesuai dengan minat masing-masing.

Setelah kegiatan penampilan esktrakulikuler selesai, acara dilanjutkan dengan upacara penutupan MPLS oleh pembina kegiatan.

Sembari menutup kegiatan, kepala sekolah berpesan agar segenap siswa tetap semangat belajar dan terus berusaha untuk menguatkan karakter supaya bisa menjadi pelajar yang bermanfaat bagi diri sendiri, bagi keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa.

Boleh Baca: Kumpulan Pertanyaan Seputar MPLS Beserta Jawabannya

Rangkuman Kegiatan MPLS Singkat

Pada tahun ajaran baru 2022/2023, kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMP *Guru Penyemangat* akhirnya selesai dilaksanakan dan berjalan dengan hikmat.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari ini diikuti oleh 110 siswa. Adapun tema yang diangkat panitia yaitu: “Melalui MPLS, Kita Wujudkan Pelajar yang Cerdas, Berakhlak Mulia dan Berprofil Pancasila”.

Pada hari pertama, materi kegiatan MPLS adalah Wawasan Wiyata Mandala dan Pengenalan Kurikulum Sekolah.

Kami para siswa baru mendapatkan wawasan tentang pentingnya menyesuaikan diri serta berbaur dengan lingkungan dan suasana sekolah.

Selain itu, kurikulum di sekolah ini terus berkembang dan diperbaharui. Yang ditekankan tidak hanya kecerdasan di bidang akademik melainkan juga pemantapan karakter.

Berlanjut menuju hari kedua, materi MPLS penting yang kembali kami dapatkan ialah tentang Pendidikan Karakter, Tata Krama dan Profil Pelajar Pancasila.

Sebagaimana yang diketahui bahwa karakter adalah perilaku yang tidak bisa diwujudkan hanya dalam sehari-dua hari saja, maka dari itulah diperlukan pembiasaan perilaku yang baik, beradab, memerhatikan tata krama, serta terus menjalin hubungan baik antar sesama siswa maupun guru.

Adapun mengenai profil Pancasila, karakter yang perlu siswa baru tumbuhkan ada enam poin yaitu: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong-royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif.

Selain mendapatkan materi yang menarik dan bermanfaat, para siswa baru pun dikenalkan dengan beragam esktrakulikuler agar nantinya bisa memilih kegiatan tambahan dan pengembangan diri yang sesuai dengan kebutuhan, bakat, serta minat masing-masing.

***

Demikianlah tadi seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh resume kegiatan MPLS yang singkat beserta cara membuatnya.

Contoh teks resume dan ringkasan kegiatan MPLS di atas bisa Sobat sesuaikan dengan rangkaian acara yang ada di SD, SMP, SMA, atau SMK Sobat.

Agar lebih berbobot, Sobat bisa menyertakan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan MPLS. Ragam contohnya silakan simak di: Contoh Kesan dan Pesan MPLS

Semoga bermanfaat ya
Salam.