You dont have javascript enabled! Please enable it!
Scroll untuk baca artikel
Dokumen

Contoh Izin Sakit Lewat Whatsapp Ke Guru Dengan Bahasa Yang Sopan

46
×

Contoh Izin Sakit Lewat Whatsapp Ke Guru Dengan Bahasa Yang Sopan

Sebarkan artikel ini
Contoh Izin Sakit Lewat Whatsapp Ke Guru

Contoh Izin Sakit Lewat Whatsapp Ke Guru – Surat izin sakit adalah salah satu cara untuk memberi tahu sekolah tentang kondisi kesehatan anak. Di zaman modern ini, surat izin sakit dapat dikirimkan melalui WhatsApp. Dengan ini, orang tua dapat dengan mudah mengirimkan surat izin sakit ke sekolah tanpa harus mengunjungi sekolah secara fisik.

Surat izin sakit ini dapat diatur sedemikian rupa sehingga mencerminkan kondisi kesehatan anak dan juga alasan mengapa anak tidak dapat hadir di sekolah. Dengan demikian, sekolah dapat mengetahui situasi kesehatan anak dengan lebih baik dan mengambil tindakan yang tepat.

Advertise
Advertise

Dalam era teknologi yang semakin maju seperti saat ini, banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah memberitahu guru bahwa kita sedang sakit melalui pesan Whatsapp.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar izin sakit yang diberikan melalui Whatsapp tetap baik, benar, dan sopan.

Jangan lupa untuk meminta maaf dan menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian guru. Dengan mengikuti hal-hal tersebut, izin sakit yang diberikan melalui Whatsapp akan menjadi baik, benar, dan sopan.

Banyak orang tua murid yang kini berkomunikasi dengan guru untuk menyampaikan bahwa anaknya tidak masuk sekolah, hanya melalui WhatsApp.

Di zaman yang semakin modern ini, surat izin pun dapat langsung disampaikan pada guru maupun HRD Perusahaan melalui sosial media maupun aplikasi untuk mengirimkan pesan, salah satunya adalah WhatsApp. Namun meminta izin melalui WhatsApp dan lain sebagainya juga ada etikanya. Salah satunya adalah menggunakan bahasa yang santun dan tidak mengirim pesan pagi-pagi sekali maupun malam hari.

Akan tetapi terdapat masalah yaitu tidak ada yang mengantarkan surat, entah karena orang tua sedang sibuk sekali karena ada pekerjaan yang sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan serta tidak ada tetangga ataupun teman yang bisa dititipi untuk mengantarkan surat ke sekolahan.

Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut ada satu cara yaitu membuat surat izin tidak masuk sekolah lewat SMS ataupun mengirim pesan secara online.

Untuk membuat surat izin semi formal tentu saja jangan asal kirim dan sembarangan, karena akan dinilai tidak sopan dan kurang berpendidikan oleh sang penerima, seperti halnya surat izin sakit ke guru lewat WA.

Dalam situasi normalnya sendiri, pengiriman surat melalui aplikasi WhatsApp saja sudah dinilai kurang sopan oleh beberapa orang. Jadi alangkah baiknya untuk memberikan surat tertulis secara langsung yang dapat dilakukan menyusul.

Baca Juga :  Cara Mengurus Perceraian Yang Perlu Dilakukan Dan Besar Biaya

Oleh karena itu penggunaan kata-kata yang benar sangat diperlukan dalam membuat surat izin sakit ke guru lewat WA.

Tentang Surat Izin Sakit

Ketika ingin membuat surat izin sakit tidak masuk sekolah, anak didik harus jujur dengan kondisi yang dialami. Isi surat yang dibuat pun harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dalam hal ini, surat izin tidak masuk sekolah dibuat oleh orang tua anak didik atau wali murid, mewakili murid bersangkutan.

Karena mimin menyadari bagaimanapun juga kita bisa menjaga kesehatan tubuh se rajin mungkin tetap aja bisa sakit, Sehingga untuk sementara tidak bisa menuntut ilmu di sekolah.

Bingung bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang benar via whatsapp? Jangan khawatir karena domainjava melalui artikel berikut akan membahas beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah yang benar kepada guru pengajar lewat whatsapp.

Surat izin adalah surat yang berisikan sebuah permohonan dan dibuat oleh seseorang kepada orang lain yang terikat dengan suatu komunitas, lembaga, instansi atau perusahaan. Permohonan izin itu ada banyak macamnya misalnya izin tidak masuk sekolah, Yang saat ini sedang banyak dicari baik oleh para murid murid SD, SMP, SMA/SMK dan Mahasiswa Perkuliahan.

Mengingat situasi pembelajaran di Indonesia yang masih belum normal, sehingga ada beberapa kegiatan belajar mengajar dimana terpaksa dilakukan secara daring. Maka tidak ada salahnya dong, Kamu mengirim Surat Izin Tidak Masuk Sekolah meski hanya lewat Wwhatsapp Agar daftar hadir kamu nanti tidak tertulis alfa.

Surat izin sakit tidak masuk sekolah dapat dibuat dengan tulisan tangan atau diketik. Surat izin sakit ini termasuk jenis surat resmi. Itulah mengapa, ada aturan dan struktur dalam penulisannya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya surat yang dibuat terlihat bagus dan sopan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak beberapa contoh surat izin sakit tidak masuk sekolah di bawah ini, yang bisa menjadi referensi ketika hendak membuat surat ini.

Baca Juga :  Cara Mengurus Perceraian Yang Perlu Dilakukan Dan Besar Biaya

Entah itu menggunakan murni SMS, ataupun sosial media seperti WhatsApp , Facebook, dan masih banyak lainnya. Namun ada kendala juga pada bagian ini yakni dimana anda tidak tahu mengenai kata kata surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang benar lewat sms. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan diberikan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit lewat SMS.Lalu bagaimana jika siswa ingin izin ke guru tidak mengikuti pembelajaran hari ini dikarenakan sakit atau ada urusan lainnya?. Maka siswa bisa menggunakan aplikasi Whatsapp dan memberitahukan izin tidak masuk ke guru lewat aplikasi tersebut.

Contoh Surat Izin Sakit Lewat WhatsApp Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah merupakan surat resmi yang ditulis oleh orang tua atau wali murid. Tujuan surat ini adalah untuk memberikan izin kepada siswa untuk tidak hadir di sekolah. Surat izin ini berisi alasan kenapa siswa tidak dapat hadir dan juga ditandatangani oleh orang tua atau wali murid yang bersangkutan. Dengan surat izin ini, siswa dapat mengajukan kepada sekolah untuk memperbolehkan absen.

Adanya COVID19 membuat sekolah dan tempat pendidikan lainnya menutup metode pelajaran tatap muka. Dimana sekarang para siswa dan guru menggunakan teknologi untuk metode pembelajaran.

Teknologi tersebut seperti aplikasi Whatsapp, Zoom, Google Classroom dan aplikasi pendukung lainnya. Hal ini membuat para siswa tidak seperti berangkat sekolah karena pembelajarannya di rumah saja.

Berikut adalah Contoh Surat Izin Sakit Lewat WhatsApp. Berikut kumpulan contoh surat izin tidak masuk sekolah yang benar kepada guru pengajar lewat whatsapp.

Kondisi badan yang sakit memang tidak bisa dipungkiri lagi karena memang sudah karunia yang diberikan oleh sang pencipta. Apabila badan sedang tidak enak maka biasanya lebih baik kita sebagai siswa pelajar entah itu SD, SMP dan SMA/SMK untuk istirahat di rumah dan memulihkan badan maupun raga kemudian keesokan harinya berangkat sekolah lagi.

Nah jika kita lebih memilih untuk beristirahat di rumah maka kita akan izin terlebih dahulu kepada bapak/ibu guru dengan surat izin sakit tidak berangkat sekolah dengan cara mengantarkan ke bapak atau ibu guru. Nah mungkin anda sudah tahu, entah itu anda sebagai orang tua ataupun anda sebagai siswa mengenai bagaimana cara membuat surat izin sakit.

Baca Juga :  Cara Mengurus Perceraian Yang Perlu Dilakukan Dan Besar Biaya

Cara Izin ke Guru Lewat Whatsapp dengan Menggunakan Bahasa Sopan

Mengajukan izin ke guru melalui Whatsapp dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahasa yang sopan. Hal ini penting untuk menghormati guru dan membangun hubungan yang baik. Saat mengirim pesan, gunakan bahasa yang santun dan jelas.

Jangan lupa untuk menyertakan alasan izin yang jelas dan lengkap. Jika ada pertanyaan, jawab dengan jelas dan ramah. Ini akan membantu guru untuk memahami dan memproses izin dengan lebih cepat. Dengan menggunakan bahasa yang sopan, Anda dapat mengajukan izin dengan mudah dan menghormati guru.

Izin ke guru tidak mengikuti pelajaran hari ini yang kami beritahukan disini karena alasan sakit ataupun ada hal lain yang membuat siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran. Meskipun tidak mengirimkan surat ke sekolah, namun kamu harus membuat surat tersebut dalam bentuk word yang nantinya dikirimkan melalui Whatsapp.

1. Silahkan Buka Aplikasi Whatsapp atau Whatsapp WEB

Pertama kamu harus persiapkan surat izin tidak mengikuti pembelajaran yang format suratnya kami beritahukan setelah langkah-langkah ini. Kemudian kamu buka aplikasi Whatsapp atau WEB.

2. Lalu Beritahukan Alasan Izin ke Guru

Setelah itu pilih nomor kontak wali kelas guru kamu, dan ketikkan pesan ini “Selamat pagi bapak/ibu guru. Mohon maaf bapak/ibu guru saya ingin menginformasikan bahwasanya saya tidak bisa mengikuti pembelajaran online untuk hari ini dikarenakan sakit XXX. Untuk surat sakit dari dokter dan surat izin tidak mengikuti pembelajaran online saya lampirkan disini. Terima kasih.

3. Kirimkan Surat Izin

Setelah mengirimkan pesan maka kamu kirimkan file surat dan foto surat sakit dari dokter jika alasan kamu sakit serta memiliki surat sakit. Caranya klik icon “+” dan pilih “Dokumen” lalu cari dokumen surat yang kamu tadi buat dan foto surat dari dokter.

Kumpulan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit ke Guru

Setelah memahami cara memberitahukan kepada guru bahwa kamu hari ini tidak bisa mengikuti pembelajaran online. Maka kamu wajib juga pelajari Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit ke Guru dibawah ini.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Lewat SMS

Sebelum membuat surat, pastikan anda memiliki nomor BK ataupun wali kelas ataupun guru mata pelajaran yang anda ikuti pada hari itu. Jika sudah silahkan kirimkan sms seperti di bawah ini dengan menggunakan kata kata seperti di bawah ini juga.

Baca Juga :  Cara Mengurus Perceraian Yang Perlu Dilakukan Dan Besar Biaya

“Assalamualaikum Wr.Wb , sebelumnya mohon maaf mengganggu waktu bapak/ibu, disini saya selaku orang tua/wali murid dari (nama anak yang ijin tidak masuk sekolah) memberitahukan kepada bapak/ibu guru di tempat, bahwa anak tersebut tidak dapat mengikuti mata pelajaran yang bapak/ibu ampu dikarenakan sedang sakit demam. Maka dari itu, kami selaku orang tua/wali murid memohon agar bapak/ibu guru memberikan izin kepada anak kami untuk tidak berangkat sekolah. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Wassalamualaikum Wr Wb.”

Jadi itulah mengenai contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit lewat sms. Bagaimana hampir sama bukan seperti pada umumnya?.

Contoh Surat IZIN ke Guru Lewat WhatsApp

Selamat Siang Bapak/Ibu Guru…..
Mohon maaf sebelumnya, Saya orang tua dari
Nama :
NISN :
Kelas :
Alamat :
dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut diatas pun harus beristirahat total selama dua hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan pesan ini.

Demikian permohonan izin ini dibuat. Atas perhatian Bapak/Ibu guru, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
Nama Orang tua/Wali Siswa

Dalam lingkup sekolah salah satu manfaat penggunaan WA adalah kita dapat saling terhubung atau terkoneksi baik antara guru, siswa, orang tua/wali siswa dan pihak terkait dengan dunia pendidikan. Sebagai media komunikasi antara guru/wali kelas dengan orang tua/wali, aplikasi WA biasanya digunakakan oleh orang tua/wali siswa untuk memberikan pemberitahuan berupa ketidak hadiran anaknya (siswa) dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas (izin). Apabila orang tua/wali belum sempat membuat surat izin sakit, biasanya orang tua/wali siswa akan mengirimkan pesan  melalui WA.

Tapi ada kalanya ada siswa yang jail yang berpura-pura izin mengirimkan pesan WA kepada guru dengan alasan sakit padahal dia dalam keadaan baik-baik saja, cuma siswanya memang yang malas atau tidak mau mengikuti proses belajar mengajar. Nah, Untuk memberikan informasi yang baik dan jelas kepada guru mengenai izin sakit, Anda perlu memperhatikan hal berikut.

  1. Melampirkan surat keterangan dari pihak Rumah Sakit, Puskesmas atau Dokter Praktek. Terlebih dahulu ketik pesan atau chat yang berisi izin sakit kemudian kirim chat tersebut. Setelah itu foto surat keterangan dokter yang ada kemudian kirim sebagai lampiran chat. Apabila nanti sudah sehat, nantinya surat dokternya dibawah ke sekolah agar pihak sekolah menyimpan sebagai arsip mereka.
  2. Bagi yang belum sempat ke Puskesmas, Rumah Sakit atau Dokter Praktek, Usahakan mengirimkan foto atau video anak yang sakit. Caranya yaitu untuk yang mengirim foto maka yang dilakukan adalah orang tua/wali berada disamping anak yang yang lagi sakit kemudian di ambil gambar/fotonya. Untuk video caranya  hampir sama yaitu orang tua/wali berada disamping anak kemudian direkam yang durasinya tidak terlalu panjang antara 15-30 detik saja. Terlebih dahulu kirim chat atau pesan pemberitahuan izin sakit kemudian kirim lampiran foto atau video tadi.
Baca Juga :  Cara Mengurus Perceraian Yang Perlu Dilakukan Dan Besar Biaya

Untuk Penulisan teks surat izin perhatikan hal-hal berikut ini.

  • Perhatikan Waktu: Perhatikan kapan Anda mengirim WA, usahakan bukan pada waktu istirahat atau beribadah
  • Penggunaan Bahasa: Gunakan bahasa yang baik dan sopan, jangan menggunakan kata yang disingkat misalnya jg, lg, kpn, otw dan kata singkat lainnya.
  • Salam Pembuka: Tulislah salam pembuka misalnya selamat pagi, selamat siang, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, atau salam pembuka lainnya.
  • Kata Permohonan atau penghormatan: Misalkan mohon maaf, minta maaf, mohon maaf sebelumnya, dengan hormat.
  • Isi surat: yang terdiri atas 3 bagian, pembuka yang berisi identitas siswa yang meminta izin, inti yang berisi alasan kenapa yang siswa yang bersangkutan meminta izin, penutup yang berisi penyampaian permintaan maaf serta ucapan terima kasih atas diberikannya izin.
  • Salam penutup, sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak/Ibu guru.
  • Nama penulis surat: berisi orang tua/wali yang menulis surat.

Nah, berikut contoh izin sakit siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK melalui atau lewat WhatssApp (WA)

Contoh Surat Izin Sakit Lewat WA Ke Guru

Namun apabila anda sudah mengirimkan sms tersebut, jika hari esok sudah bisa masuk, akan tetapi masih tetap membuat surat izin secara langsung. Agar nantinya biar lebih sopan dan guru pun akan percaya.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Surat Izin Sakit Lewat WA Ke guru atau ijin Tidak Masuk Sekolah yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp. Semoga bermanfaat.

baca juga

error: Alert: Content selection is disabled!!