Contoh Interaksi Sosial di Lingkungan Masyarakat

Contoh Interaksi Sosial – sosial adalah hubungan sosial yang dinamis berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok.

Terdapat empat ciri-ciri sebuah interaksi bisa disebut sebagai interaksi sosial. Pertama, Ada pelaku dengan jumlah lebih dari satu orang. Jika seseorang sendiri saja maka tidak akan terjadi interaksi

Sebutkan 3 contoh interaksi sosial yang pernah ananda lakukan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat!

Simak pembahasan kunci jawaban dari tema 5 subtema 3 kelas 5 SD dan MI tentang contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat.

Adik-adik, berikut adalah penjelasan dari pertanyaan sebutkan 3 contoh interaksi sosial yang pernah ananda lakukan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Adik-adik dapat mencari jawaban lainnya dengan bereksplorasi lebih lanjut, contoh jawaban ini tidak selamanya mutlak.

Contoh kunci jawaban tema 5 subtema 3 kelas 5 SD dan MI ini hanya berlaku sebagai panduan untuk orang tua.

Namun jika adik-adik mengalami kesulitan saat menjawab, adik-adik diperkenankan untuk bertanya kepada ayah dan ibu di rumah.

Sebelum memulai pembahasan kali ini, adik-adik harus terlebih dahulu mempelajari tema 5 subtema 3 tentang contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat.

Sekilas Interaksi Sosial

Muatan pelajaran kali ini akan menjelaskan pembahasan tentang contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat.

Sekarang mari kita simak penjelasan lengkap di bawah ini sebelum menjawab pertanyaan sebutkan 3 contoh interaksi sosial yang pernah ananda lakukan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang tentu berinteraksi satu sama lain. Hal ini dikarenakan manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan orang lain untuk bisa terus bertahan hidup.

Selain pengertian dan ciri, interaksi sosial juga mempunyai syarat untuk terjadi. Ada dua syarat utama, yaitu kontak sosial dan komunikasi. 

Kontak sosial merupakan bertemunya dua pihak atau lebih secara fisik, baik tanpa alat (langsung) maupun dengan alat (tidak langsung, contohnya seperti telepon, SMS, media sosial).

Seberapa penting interaksi sosial? Manusia bisa dikategorikan sebagai mahluk sosial yang artinya hidup dengan saling bergantungan satu sama lain. Manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bergantung dengan orang lain, manusia pasti memerlukan bantuan dari orang lain. Contohnya saat kita sedang sakit, teman, sanak saudara ikut untuk membantu merawat kita sampai sembuh

Agar lebih jelas, berikut akan dibahas mengenai pengertian, syarat, ciri dan bentuk interaksi sosial.

Pengertian interaksi sosial menurut para ahli:

a. Soerjono Soekanto

Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang perorang, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorang dengan kelompok manusia.

b. Basrowi

Interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok, maupun orang dengan kelompk manusia.

c. Kimball Young

Interaksi sosial adalah kunci dari semua kehidupan sosial. Tanpa interaksi sosial tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

Jenis dan Contoh Interaksi Sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan interaksi sosial dalam hidupnya. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik berupa aksi saling memengaruhi antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok.

Dalam hubungan ini, individu atau kelompok dapat saling bekerjasama atau bahkan berkonflik secara formal maupun informal, langsung maupun tidak langsung sebagai bentuk interaksi.

Contoh nyata dari interaksi sosial adalah kerja sama tim sepak bola dalam sebuah pertandingan, debat calon presiden, tawar-menawar antara pembeli dan penjual, dan lain sebagainya.

Interaksi mempunyai beberapa jenis, untuk mudah dipahami mari simak berikut ini:

1. Interaksi Sosial Individu dengan Individu

Interaksi sosial individu merupakan pertemuan antara seseorang dengan individu lain yang bertujuan untuk memberikan aksi atau respon untuk menjadi teman dan mengarah ke arah bekerja sama jika reaksinya positif, namun jika reaksinya negatif kemungkinan akan muncul konflik atau pertentangan

Contoh:

  • Ketika bertemu saling menyapa, bertanya dan menginformasikan tentang apa yang dibutuhkan.
  • Mengajak bermain main sepeda bersama adik
  • Guru mengajari les bahasa pada seorang murid.

2. Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok

Interaksi sosial individu dengan kelompok pada salah satu bahkan lebih kelompok yang besar biasanya terdiri lebih dari 3 orang yang dimana memberikan informasi entah itu promosi, informasi, bahkan seminar.

Contoh:

  • Menjadi seorang narasumber dalam kegiatan seminar
  • Menyampaikan informasi promosi kepada komunitas
  • Kepala sekolah sedang berbicara pada murid-murid sewaktu upacara

3. Interaksi Kelompok dengan kelompok

Interaksi Kelompok dengan kelompok merupakan pertemuan antara dua kelompok atau lebih dengan kelompok  yang berbeda, untuk mengkomunikasikan hal yang berkaitan namun sifatnya bukan hal pribadi namun untuk kepentingan kelompok itu sendiri.

Namun untuk berkomunikasi antar kelompok terkadang menghadapi pro dan kontra harus lebih berhati-hati, karena setiap pendapat seseorang bisa saja menyerang kelompok lainnya.

Contoh:

  • Para pemuda karang taruna memberi informasi kepada masyarakat untuk saling bekerjasama membersihkan halam rumah agar menjadi juara perlombaan kebersihan di acara HUT-RI 17 Agustus.
  • Kelompok TNI dan kelompok Polisi melakukan kerjasama interaksi sosial untuk memberantas kejahatan di daerahnya.

Menyatukan individu dengan karakter yang berbeda tidak mudah dilakukan, namun ada baiknya untuk saling berinteraksi secara baik, sopan dan jelas to the point apa tujuannya. Karena komunikasi yang baik akan memberikan ketenangan dan kesepakatan yang mungkin dapat menjadi suatu hal yang berjangka panjang. Misalnya, keterkaitan tentang usaha bisnis menjadi pelanggan, menjadi seseorang yang dipercaya, dan hal lainnya.

Saat ini, kita juga dapat melakukan interaksi melalui internet atau tepatnya media sosial yang memudahkan kita untuk bertukar informasi. Jika Grameds tertarik untuk memahami topik ini lebih dalam, buku Media Sosial, Interaksi, Identitas dan Modal Sosial oleh Shiefti Dyah Alyusi sangat tepat untuk mempelajari topik ini

Interaksi sosial bisa terjadi di mana saja, termasuk di lingkungan sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat adalah saat bersama-sama melakukan kerja bakti di lingkungan sekitar demi mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih agar organ peredaran darah selalu sehat.

Adik-adik, sebagai makhluk sosial, manusia tidak terlepas dari interaksi sosial.

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok lainnya.

Lingkungan masyarakat adalah lingkungan paling luas dalam kehidupan sosial sehingga manusia dengan mudah terlibat dengan interaksi sosial di lingkungan masyarakat.

Sebuah hubungan bisa disebut sebagai interaksi sosial bila mana menunjukan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Jumlah pelaku dua orang atau lebih
  2. Terdapat komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol atau lambang
  3. Terdapat suatu dimensi waktu yang meliputi masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang
  4. Terdapat tujuan yang hendak dicapai sebagai hasil dari interaksi tersebut

Selain ciri-ciri tersebut, interaksi sosial harus terjadi dengan adanya dua syarat, yakni kontak sosial atau interaksi dan komunikasi berupa pembicaraan, gerakan fisik, dan sikap

Adik-adik, interaksi sosial tidak akan terjadi jika tidak ada kontak sosial dan komunikasi, maka dari itu kontak sosial dan komunikasi adalah syarat utama terjadinya interaksi sosial.

Hal ini dikarenakan setiap aktivitas manusia dalam bermasyarakat selalu diawali dengan kontak sosial dan komunikasi.

3 Contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat

  1. Bergotong royong atau kerja bakti bersama warga sekitar

Membersihkan lingkungan di sekitar rumah dan membuatnya menjadi asri dengan kerja sama yang solid antar satu warga dengan warga lainnya.

  1. Mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan

Contohnya adalah pemberdayaan keluarga atau PKK, bakti sosial atau kegiatan lainnya.

  1. Membeli kebutuhan rumah tangga ke toko tetangga

Membeli kebutuhan rumah tangga ke toko tetangga yang menjual sembako agar hubungan semakin harmonis dan berupaya untuk membantu perekonomian tetangga.

  1. Mengikuti lomba peringatan kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus dan turut memeriahkan dan membantu pelaksanaan berbagai lomba agar berjalan lancar.

Syarat Interaksi Sosial

Secara umum, ada dua syarat yang harus dipenuhi untuk menciptakan terjadinya interaksi sosial, yaitu kontak sosial dan komunikasi. Ini penjelasannya.

1. Kontak Sosial

Kontak sosial dapat diartikan sebagai hubungan antara dua pihak yang saling bereaksi dan menjadi awal terjadinya interaksi sosial. Kontak sosial dapat terjadi melalui kontak fisik atau kontak secara langsung dan kontak tidak langsung.

Contoh kotak sosial secara langsung adalah dua orang yang saling menyapa atau saling tersenyum. Sementara itu, contoh kontak sosial tidak langsung adalah dua pihak yang berinteraksi melalui perantara, seperti surat, telepon, atau media sosial.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan berupa ide atau gagasan dari satu pihak ke pihak lain sebagai upaya saling mempengaruhi. Dalam proses komunikasi, pesan harus disampaikan menggunakan bahasa atau simbol yang saling dimengerti oleh kedua pihak.

Agar dapat berlangsung dengan baik, komunikasi memerlukan beberapa komponen, seperti:

a. Pengirim atau komunikator sebagai pihak yang mengirim pesan kepada pihak lain,
b. Penerima atau komunikan sebagai pihak yang menerima pesan dari pengirim,
c. Pesan, merupakan ide atau gagasan yang ingin disampaikan,
d. Umpan balik (feedback), merupakan tanggapan dari penerima pesan terhadap pesan yang disampaikan,
e. Media atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Media ini dapat berupa tulisan, lisan, gambar, atau film.

Tinggalkan komentar