Cara Upload File JSON ke WordPress (Export Template Elementor)

Cara Upload File JSON ke WordPress – Taukah kalian apa itu File JSON? pastinya sudah pada mengetahuinya kan. nah admin teknmisi blogger akan memberikan tutorial Cara export File JSON ke WordPress dengan elementor. Sebelum masuk ke tutorialnya kita akan bahas dulu apa sih JSON itu? Biar kita tidak sekedar tahu cara meng-uploadnya, tetapi juga tahu apa arti dari JSON itu sendiri.

Cara Upload File JSON ke WordPress

JSON adalah singkatan dari JavaScript Object Notation. JSON merupakan suatu format penyimpanan informasi yang terstruktur, biasanya JSON digunakan untuk mentransfer data dan informasi antara server dengan clien. File JSON biasanya lebih simpel dan juga ringan, dan merupakan alternatif dari file .xml (Extensive Markup Language) yang selama ini sudah kita kenal yang mempunyai fungsi yang sama seperti JSON ini. 

FIle JSON ini biasanya kita dapatkan apabila kita mengikuti program affiliate produk – produk digital, biasanya kita akan mendapatkan file JSON atau file mentah yang bisa kita upload kembali ke website kita tujuannya tidak lain yaitu untuk mempromosikan produk mereka. Itu singkatnya ya sob tentang apa itu JSON. Untuk lebih jelasnya, nanti saya akan coba menulis artikel lagi tentang JSON.

Banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet namun tidak tau darimana untuk memulainya dan bagaimana cara menjalaninya.

Salah satu bisnis internet yang paling mudah untuk dijalankan adalah jualan produk digital, karena selain komisinya yang besar juga difasilitasi alat promosi mulai dari email swipe, banner promosi, file json, dan lain sebagainya.

Tentang file json

Nah kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara import file json ke elementor wordpress supaya jualan produk digital seakan- akan adalah produk milik kita sendiri. Dengan file json Anda tidak perlu lagi untuk membuat landingpage dalam menjual produk digital, cukup import file json lalu ganti link affiliasinya dengan link affiliasi yang Anda dapat dari vendor.

JSON adalah singkatan dari JavaScript Object Notation yang artinya sebuah format data yang digunakan untuk pertukaran dan penyimpanan data di elementor wordpress.

JSON itu merupakan bagian atau sebuah subset dari Javascript dan bisa dibaca dengan berbagai macam bahasa pemrograman seperti C, C++, C#, Java, Javascript Perl, Python, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebelum Anda mengimport file json tersebut pastinya Anda harus memiliki domain dan hosting agar bisa akses ke wordpress. Jika belum mempunyai domain dan hosting Anda bisa membelinya dilayanan domain dan hosting yang terpercaya di Niagahoster. 

Cara Upload file JSON ke WordPress 

1. Pertama yang harus kita siapkan adalah yang pasti website dengan platform WordPress ya. Bebas, mau web utama maupun subdomain. 

2. Setelah kita punya website berbasis WordPress, kita siapkan dulu elementor di Plugin dengan cara masuk ke menu Plugin, lalu pilih Tambah Baru, lalu pada pencarian kita ketikkan “Elementor” 

Setelah muncul berbagai plugin dengan kata kunci Elementor, pilih untuk diinstal yang dari elementor.com ya sob.

3. Setelah plugin di instal, jangan lupa untuk diaktifkan. Setelah sobat mengaktifkan plugin elementor itu, akan muncul di dasbor wordpress sobat menu baru yaitu Elementor

4. Setelah itu, kita masuk ke bagian Halaman atau page. Kita disini bikin halaman atau page baru maka akan keluar halaman seperti gambar dibawah ini. 

Pada gambar diatas, silahkan sobat menuliskan judul terlebih dahulu ( disini saya menuliskan judul Template Undangan Digital ). Lalu pada bagian menu di sebelah kanan, pada Atribut Laman lalu pada bagian template (templat) kita pilih Elementor Canvas.

5. Lalu kita upload file JSON yang sudah kita miliki ke wordpress yang sudah kita siapkan tadi. Dengan cara kita klik pada tombol biru bertuliskan “Edit With Elementor” diatas judul yang sudah kita buat. 

Tunggu hingga muncul halaman dari Elementor itu seperti gambar dibawah ini : 

Pada tampilan seperti gambar diatas, dibagian tengah halaman ada dua tombol logo PLUS dan icon folder. 

Kita pilih yang icon folder ya sob. lalu akan muncul Library dari template – templat yang sudah ada, Namun kita disini akan memasukkan atau mengupload template yang sudah kita miliki sendiri dari affiliate program yang kita ikuti. 

klik pada icon di sebelah kanan atas bergambar Panah keatas, lalu kita akan diminta untuk menarik dan menaruh file JSON yang sudah kita miliki atau dengan cara kita klik tombol berwarna hijau bertuliskan “Select File“. 

Setelah kita pilih file JSON yang akan kita import atau upload, kita tunggu Loading sampai selesai. Setelah selesai, kita klik INSERT pada pilihan di sebelah kanan layar. 

Lalu klik YES, dan tunggu sampai loading selesai. 

Setelah loading selesai, maka website landingpage kita telah selesai kita buat. Langkah selanjutnya sobat tinggal mengotak-atik saja landingpage itu sesuai dengan yang sobat inginkan. Misalkan sobat ingin mengganti Judulnya, dan lain sebaginya. Silahkan sobat sesuaikan sendiri dengan selera sobat. 

Cara Import File Json ke Elementor

1. Download File Json

Silahkan Anda download file json yang sudah disediakan oleh vendor yang membuat produk digital tersebut, biasanya file berupa zip atau json.

Sebagai contoh adalah produk Kelas Shopee adalah sebuah kelas online yang mengajarkan cara berjualan di shopee terpercaya yang di mentori oleh team Zuper ID.

Jangan lupa siapkan juga link order affiliasi produk yang didapat dari vendor agar kalau ada yang order melalui link affiliasi tersebut Anda akan mendapatkan komisi, contohnya bisa Anda lihat digambar

2. Masuk WordPress

Setelah file json yang Anda download tadi sudah tersimpan dikomputer atau laptop Anda, langkah selanjutnya Anda masuk ke wordpress Anda dan jangan lupa sudah terinstal plugin elementor.

3. Buat Laman

Silahkan buat laman baru dan isi dengan judul produk digital yang ingin Anda jual. Lalu klik edit with elementor.

4. Upload file Json

Untuk mengupload file json tersebut Anda klik menu elementor di wordpress, klik tanda panah lalu klik select file. Bisa lihat gambar.

5. Insert Template

Silahkan klik insert template json yang sudah Anda upload tadi, ingat judul template jsonnya harus sesuai dengan yang tadi diupload.

6. Pilih Elementor Canvas

Agar tampilan landingpagenya terlihat full halaman penjualan, silahkan klik tombol gerigi dan pilih elementor canvas.

7. Ganti Link Affiliasi

Setelah file json tadi terinstal di elementor Anda, jangan lupa ganti tombol order dengan link order affiliasi yang Anda dapat dari vendor.

8. Selesai

Itulah artikel tentang Cara Import File Json ke Elementor untuk Jualan Produk Digital yang bisa Anda praktekan.

Demikian ulasan teknisi blogger tentang Cara Upload dan import File JSON ke WordPress yang menggunakan elementor, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.