Cara Menurunkan RKT Laman AdSense Tinggi Agar Tidak DiBanned

By | Oktober 7, 2020

Teknisi-Blogger.id – Cara Menurunkan RKT Laman AdSense Tinggi Agar Tidak DiBanned – Mungkin banyak publisher yang masih banyak bertanya, berapakah RKT laman Adsense yang aman? jawabannya adalah RKT laman Adsense yang aman adalah dibawah 10%, jika suah melebihi 10% maka akan kemungkinan besar akun Adsense kamu akan kena banned. Mungkin bagi kamu yang belum tau apa itu RKT laman, saya akan menjelaskan secara ringkas mengenai RKT laman. Jadi RKT adalah singkatan dari Ratio Klik Tayang, ini sebagai metrik pengukuran Google Adsense, so presentase iklan akan dibagi dengan dengan jumlah tayang iklan. Akan terjadinya RKT laman tinggi misalnya tayangan iklan kamu sedikit, namun memiliki klik iklan yang cukup banyak yang terlihat gak Balance, maka ini akan mengakibatkan RKT laman tinggi.

Cara menurunkan rkt (CTR) halaman (laman) di google adsense. RKT abreviasi dari Rasio Klik Iklan yang terdapat arti jumlah klik dibagi dengan jumlah tampilan laman iklan muncul. Menurut admin ctr itu merupakan jumlah rasio perklik dalam suatu penampilan sebuah artikel dalam satu halaman.

Sejatinya sistem kerja rkt itu sendiri ialah semakin tinggi persentasenya maka akan gampang terkena efek banned disebabkan ctr tersebut sudah dibagi dengan jumlah laman yang tampil ketika anda membuka sebuah iklan atau kerap disebut dengan jumlah klik yang kekayaan (bom klik).

Cara Menurunkan RKT Laman AdSense Tinggi Agar Tidak DiBanned

Makara admin was – was dan merasa khawatir akan bencana tersebut. Menurut sumber yang telah admin baca, kaya tips yang malah mempersulit keadaan dimana anda harus mencopoti iklan satu persatu dalam sebuah blog.

Bayangkan apabila anda terdapat blog sejumlah 10 dan kesepuluh blog itu terdapat akun adsense terkait dengan akun utama anda. Dan akun utama tersebutlah yang mengalama penaikkan yang tak signifikan. Oleh alasannya yaitu itu anda ingin tak ingin harus mencopoti semua iklan yang ada di 10 blog tersebut.

Baca Juga

Faktor Naik Turunnya CTR, RKT Google Adsense

RKT (rasio klik-tayang) atau CTR (click-through rate) di Google AdSense adalah perbandingan antara jumlah klik iklan dengan jumlah tampilan laman. Karena RKT dinyatakan dalam persentase, perlu dikalikan dengan nilai 100 untuk mendapatkan persentase RKT. RKT menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam memperoleh penghasilan (earning) sebagai publisher Google AdSense.

  • RKT = klik / tampilan laman
  • RKT% = (klik / tampilan laman) * 100

Sebagai contoh, bila Anda mendapatkan 4 klik iklan dalam 100 tampilan lama web, maka RKT yang diperoleh adalah 4%. Google sendiri tidak memberikan batasan maksimal secara pasti RKT yang dianggap wajar dan diperbolehkan. Namun banyak publiser AdSense menyatakan bahwa RKT 5% masih termasuk aman, sedangkan RKT lebih dari itu, Google akan memantau blog tersebut dengan serius. Kenyataannya, ada blog yang sulit mencapai RKT 1% dan ada blog yang mudah mencapai RKT lebih dari 5%.

Mengapa RKT setiap blog bisa berbeda-beda? Ada banyak faktor yang mempengaruhi RKT di setiap blog. Bila persentase RKT rendah, Anda perlu melakukan upaya untuk mengoptimalkan didasarkan pad faktor yang mempengaruhi RKT tersebut agar diperoleh RKT yang lebih baik. RKT yang lebih baik memungkinkan untuk memperoleh penghasilan Google AdSense yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi RKT Google AdSense:

1. Ukuran iklan.

Ketika Anda membuat unit iklan AdSense baru, ada cukup banyak pilihan ukuran unit iklan yang bisa digunakan. Memilih ukuran unit iklan yang tepat akan memberikan perbedaan pasti dan signifikan pada penghasilan AdSense. Ukuran unit iklan tertentu yang digunakan dapat memberi klik lebih banyak jika dibandingkan dengan ukuran unit iklan lainnya. Umumnya, pengiklan akan menawar harga lebih tinggi untuk ukuran unit iklan yang berkinerja baik.

Banyak publisher AdSense menyatakan bahwa semakin besar ukuran unit iklan akan memberi kinerja lebih baik karena lebih terlihat. Namun, Google sendiri juga memberikan rekomendasi beberapa ukuran unit iklan yang berkinerja baik berdasarkan hasil eksperimen yang dijalankan. Peningkatan jumlah klik juga dapat diperoleh dengan memadukan beberapa variasi ukuran unit iklan berbeda pada sebuah laman blog.

2. Tipe Jenis iklan.

Ketika Anda membuat unit iklan baru, ada tiga pilihan tipe iklan yang dapat digunakan yaitu Text ads only, Display ads only dan Text and display ads. Secara default, Google menggunakan Text and display ads. Google sendiri menganjurkan memilih Text and display ads untuk memastikan bahwa semua pengiklan dapat menawar untuk bisa menampilkan iklannya di website. Google kemudian akan menampilkan iklan manapun yang memiliki tawaran tertinggi dan memungkinkan iklan untuk diklik.

3. Warna iklan.

Warna iklan mempunyai peranan yang cukup penting dalam menentukan tinggi rendahnya RKT Google AdSense. Untuk publisher AdSense sendiri mungkin sudah tidak asing dengan istilah ad blindness (kebutaan iklan) yaitu kecenderungan visitor untuk mengabaikan begitu saja iklan yang ada. Dengan mencoba bereksperimen dengan warna iklan, diharapkan iklan akan lebih terlihat oleh visitor.

Anda mungkin pernah melihat iklan AdSense dengan warna tertentu di sebuah laman blog. Pemilik blog mencoba untuk menggunakan warna agar iklan terlihat lebih mencolok oleh visitor. Google sendiri juga memberikan teknik yang dapat dicoba, misalnya membuat warna latar dan batas tepi iklan sama dengan warna latar laman blog (blend), menggunakan warna iklan yang sama dengan salah satu warna yang ada di blog (complement) atau membuat warna iklan yang kontras dengan warna latar blog (contrast).

4. Posisi Penempatan iklan.

Posisi iklan sangat berpengaruh pada keterlihatan iklan oleh visitor. Letakkan iklan di posisi yang tepat dan menjadi fokus mata pengunjung. Ada area tertentu di laman web yang mendapatkan atensi lebih oleh visitor. Karena setiap blog unik dilihat dari banyak sisi, Anda perlu melakukan eksperimen untuk menentukan posisi iklan yang paling tepat agar tidak terabaikan oleh visitor dan memberi kemungkinan untuk diklik.

5. Trafik Blog

Kita mengenal beberapa macam sumber trafik darimana visitor blog berasal. Ada organic traffic, direct traffic, paid traffic, email marketing traffic, social media traffic dan juga referral traffic. Trafik berbeda dapat memberi perbedaan pada jumlah kilik yang diperoleh. Trafik yang berasal dari mesin telusur (organic traffic) dan referral traffic secara umum dapat menyumbang jumlah klik yang lebih baik dibandingkan dengan direct traffic atau social traffic.

6. Iklan Adsense Yang Relevan

Google selalu berupaya untuk menampilkan iklan yang relevan dengan konten blog. Untuk bisa menampilkan iklan yang relevan, perayap Google AdSense akan merayapi laman dan mendapatkan kata kunci (keywords) yang ada di laman. Ketika visitor mengunjungi laman blog, Google AdSense akan menampilkan iklan yang sesuai dengan keyword tersebut. Proses perayapan menjadi bagian penting untuk mendapatkan keyword yang tepat.

Iklan relevan yang ditampilkan di laman blog mempunyai kemungkinan lebih besar untuk diklik sehingga RKT menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan iklan yang tidak relevan. Namun demikian, tidak selamanya Google dapat menampilkan iklan yang relevan karena suatu hal, misalnya Anda meminta perayapan ulang karena telah memperbarui konten dan ini perlu waktu atau memang saat itu tidak tersedia iklan yang relevan konten. Bila Anda merasakan bahwa RKT rendah, salah satu kemungkinannya adalah iklan yang ditampilkan tidak relevan dengan konten website.

Cara Agar RKT Laman Adsense Turun dalam Posisi Aman

Cara menurunkan rkt (CTR) halaman (laman) di google adsense. RKT singkatan dari Rasio Klik Iklan yang memiliki arti jumlah klik dibagi dengan jumlah tampilan laman iklan muncul. Menurut saya ctr itu adalah jumlah rasio perklik dalam suatu penampilan sebuah artikel dalam satu halaman.

Sejatinya sistem kerja rkt itu sendiri ialah semakin tinggi persentasenya maka akan mudah terkena dampak banned dikarenakan ctr tersebut sudah dibagi dengan jumlah laman yang tampil ketika anda membuka sebuah iklan atau sering disebut dengan jumlah klik yang kebanyakan (bom klik).

1. Mencopot Kode Ads.txt

Dengan mencopot pemasangan isyarat ini maka iklan dalam hitungan jam akan mengalami hilang dari blog yang sudah terpasang ads txt. Makara ketika anda melihat dashbord adsense dan melihat bahwa ctrnya melonjak dengan pesat maka hal yang harus dilakukan pertama kali ialah dengan cara mencopot ads txt.

Mengingat bahwa blog yang tak terpasang ads txt maka iklan adsensenya tak akan muncul alasannya yaitu cara kerja isyarat ini merupakan memvalidasi bahwa itu pengguna orisinil adsense tersebut.

2. Menonaktifkan Situs Otoritas

Situs otoritas ini sanggup anda jumpai di sajian situs admin pada sajian menu google adsense. Hal itu sanggup dinonaktifkan sementara semoga iklan tak akan lagi tampil di sedikit blog yang terkait adsense anda.

Dengan begitu anda sudah tak akan khawatir lagi alasannya yaitu situs yang terkait sudah dimatikan atau disable dalam sedikit waktu berikutnya dan anda sanggup eksklusif mengaktifkan situs otoritas disaat suasana benar – benar aman serta tak akan ada lagi yang namanya kenaikan ctr yang meninggi.

3. Turunkan Persentasi Ad Balance

Ad balance merupakan salah satu diantara fitur penyaringan di adsense alasannya yaitu kiprah ad balance merupakan menyeimbangkan jumlah iklan yang tampil dalam suatu laman blog. Maka dari itu anda sanggup tuh memanfaatkan fitur ini untuk menurunkan rkt yang tinggi.

Biasanya untuk menurunkan admin setting 14%, kenapa harus? Sebab semakin rendah adbalance maka iklan yang akan tampil disuatu laman situs akan semakin sedikit lagikan jumlah taksiran penghasilan akan semakin tinggi namun RKT laman sesuai dari berapa jumlah klik yang ada disaat waktu yang bersamaan.

Banned Adsense Karena RKT (Rasio Klik Tayang)

Hal yang perlu diperhatikan dalam AdSense adalah RKT (Rasio Klik Tayang), jangan sekali-kali anda mencoba mengakali Google AdSense karena Google AdSense telah menyiapkan semua itu untuk mendeteksi ketidak logisan halaman yang di akses oleh pengguna dan IP akan memberikan informasi mengenai lokasi anda serta jika anda berusaha merubah IP tetapi lokasinya sama berarti anda mendapat RKT. Semakin tinggi RKT yang anda dapat semakin cepat akun anda akan di banned (ditutup).
Untuk mengetahui jumlah RKT adalah dengan banyaknya pengunjung membuka halaman website yang menampilkan iklan. Jumlah ini harus seimbang dengan jumlah klik, jadi untuk menetralisir banyaknya jumlah RKT anda dapat membuat iklan tampil banyak di halaman anda, disini saya menampilkan kurang lebih 10 iklan di halaman, hal ini dapat membantu mengurangi RKT pada AdSense anda.
Dan jika ada yang membuat RKT anda tinggi, anda dapat mengatasinya dengan cara membuka halaman website anda melalui browser dengan mode penyamaran, buka halaman yang sudah menampilkan iklan. Jika RKT anda 100% karena pagi-pagi website anda baru dilihat sedikit orang dan mendapat klik maka RKT 100%, maka anda harus mengunjungi banyak halaman anda minimal 20 halaman maka anda dapat melihat hasilnya.

Cara Meningkatkan CPC (Cost per Click)

Mungkin banyak dari para publisher baik blogger maupun wordpress bagaimana cara meningkatkan CPC. Perlu diingat pada pembahasan RKT sebelumnya, keseimbangan antara jumlah tayang dengan jumlah klik. Tampilkan iklan sebanyak mungkin dihalaman anda agar jumlah tayang dapat menyeimbangkan jumlah klik.
Akan tetapi jangan membuat para pengunjung menjadi susah untuk mengakses situs anda karena iklan anda yang terlalu banyak dan berat. Dari pada anda menampilkan banyak witget yang tidak penting saran saya lebih baik anda menampilkan iklan pada halaman anda, agar tidak mengalami RKT tinggi.
Jumlah CPC akan terus naik jika jumlah pengunjung pada bulan ini atau pada hari ini banyak dan tingginya CPC juga dipengaruhi posisi iklan, biasanya CPC tinggi terletak di iklan yang paling atas. Serta pengunjung yang datang dari negara luar seperti amerika pastinya memiliki CPC yang tinggi, tapi tidak selalu pasti, bahwasanya negara kita sendiri pun dapat menjadi tinggi asalkan seperti catatan diatas, jumlah tayang yang banyak dapat membuat CPC tinggi.

Untuk mempermudah anda dalam menampilkan iklan, aktifkan semua pengoptimalan yang disarankan oleh Google AdSense agar Google AdSense yang akan menilai dan memberikan saran untuk jenis iklan yang terbaik untuk website anda. Serta kontrol pemblokiran iklan yang mengandung gambar-gambar telanjang yang dapat membuat orang malas untuk melihat karena malu, lebih baik anda atur penampilan iklan dengan iklan yang menginspirasi atau produk penjualan.

Penutup
Demikian ulasan singkat admin seputar cara menurunkan ctr yang semakin runcing meninggi disebabkan ulah oknum yang tak bertanggung jawab atas ketaknyamannya dengan blog kita. Mungkin hanya itu saja yang hanya sanggup admin sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Semoga dengan ulasan diatas anda terbantu ketika rkt lagi meninggi. Selamat Mencoba!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *