Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda Tahun 2020

By | September 29, 2020

Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda 2021 – Sukses Tak Harus Menunggu Tua , Banyak orang beranggapan bahwa hidup sukses tidak harus menunggu usia tua, jika sukses bisa diraih di usia muda mengapa harus menunggu tua. Bahkan ada yang bilang bahwa sukses di usia tua adalah hal yang biasa, sementara sukses di suia muda merupakan sesuatu yang luar biasa.

Kesuksesan dimaksud tentu dalam berbagai aspek dan deminsi kehidupan, setidaknya bisa disederhanakan dalam definisi sukses yang paling dasar, yaitu tercapainya sesuatu yang menjadi impian dalam idup seseorang. Maka, jika hal itu bisa digapai di usia yang sangat belia mengapa harus ditunda-tunda.

Cara Sukses Berwirausaha di Usia Muda

Ada Kata Motivasi yang menjelaskan “Cara cepat sukses di usia muda tanpa menunggu masa tua” itulah salahsatu ungkapan dan Motivasi Para Pengusaha sukses. karena Usia muda adalah usia emas, Begitulah kurang lebih kata bijak yang seringkali terdengar ketika ada orang yang menasehati para pemuda. Dalam usia muda seseorang akan menentukan nasibnya ke depan. Apakah pada usia muda tersebut produktif atau tidak produktif akan sangat mempengaruhi masa depannya nanti.

Ketika pemuda memiliki pemikiran yang kreatif serta produktif dalam bekerja maka ia akan menghasilkan karya-karya yang luar biasa besar. Bahkan, tidak sedikit anak muda yang berhasil menciptakan sejarah hebat dan kini banyak dikenang oleh orang.

Pada dasarnya usia muda adalah usia yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai tahun berkreasi. Termasuk juga berkreasi di bidang wirausaha. Tentu sangat disayangkan ketika banyak sekali pemuda yang menganggur dan tidak jelas nasibnya.

Kondisi seperti inilah yang akan menjadikan pemuda tidak produktif. Untuk itu, sudah saatnya para pemuda mengalihkan waktu kosongnya ke dalam bidang wirausaha. Dan berikut adalah cara sukses berwirausaha di usia muda.

#Catat Semua Impian dan Target

Usia muda seringkali memiliki impian yang begitu banyak. Terutama impian yang berhubungan dengan kehidupan khususnya keuangan. Banyak dari pemuda yang mengidam-idamkan memiliki banyak uang. Untuk itu, gunakan kesempatan ini sebagai langkah yang produktif. Caranya adalah tuliskan semua impian yang pernah anda pikirkan ke dalam suatu kertas atau buku tertentu.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Memang menulis itu hal yang cepat membuat bosan. Akan tetapi hal itu dapat anda antisipasi dengan cara menuliskan poin-poin tertentu saja yang berhubungan dengan impian anda. Tidak perlu menulis layaknya novel atau cerpen lainnya. Jika sudah menuliskan semua impian tersebut selanjutnya adalah tentukan target-target impian yang ingin anda capai dalam batas waktu tertentu.

#Bergabung ke Dalam Komunitas Pengusaha

Biasanya pemuda sangat identik dengan senang-senang, foya-foya, begadang, dan menghaburkan uang. Sebenarnya hal itu tidak berdampak positif bagi pemuda yang produktif. Pemuda yang memiliki misi wirausaha hendaknya mulai bergabung dengan komunitas pengusaha juga, atau berada di lingkungan wirausaha.

Dengan bergaul ke dunia pengusaha ini maka anda akan mendapatkan pengetahuan yang banyak seputar wirausaha. Di komunitas tersebut anda bisa share pengalaman bisnis atau sekedar ngobrol seputar tips dan trik berwirausaha dengan baik dan benar.

Dengan seringnya bertemu dengan lingkungan pengusaha, maka sedikit demi sedikit akan terbawa tumbuh jiwa enterpreneur di dalam dirinya. Begitu pun sebaliknya jika terlalu sering berada di lingkungan anak muda yang tidak produktif, maka lama kelamaan akan semakin terjerumus kedalamya.

#Mulai dari Bisnis Kecil

Untuk mencapai sukses itu memerlukan jalan yang panjang, maka dari itu alangkah baiknya jika kita memulai bisnis dari usia muda, dengan begitu anda sudah start duluan di banding yang lain. Perjalanan usaha pun tidak akan selamanya lancar, maka lebih baik mendapatkan rintangan dalam usaha saat kita masih muda.

Terkadang kita bingung untuk memulai bisnis, padahal bisnis apapun jika di jalankan dengan serius tentunya akan membuahkan hasil yang maksimal. Untuk itu jangan terlalu lama menganalisa sebuah bisnis, segera jalankan meski itu masih bisnis kecil-kecilan, karena semua bidang usaha yang besar berawal dari sebuah usaha kecil.

Kebanyakan para anak muda merasa malu oleh rekan-rekannya jika menjalankan sebuah usaha, beragam alasan mengapa mereka merasa malu. Padahal seharusnya tidak perlu begitu, karena kita menjalankan hal yang positif. Dalam jangka waktu kedepan akan terlihat perbedaannya, mana yang berhasil sukses lebih dulu.

#Bangun Lebih Awal

Bangun lebih awal, tepatnya 3 jam sebelum memulai kerja akan membuat semua persiapan sebelum berangkat jadi lebih matang.

Waktu 3 jam dapat kamu maksimalkan untuk merencanakan kegiatan di hari itu hingga tidak ada yang terlewat.

Bahkan menurut penelitian terkini, 44 persen orang sukses memilih untuk disiplin bangun pagi 3 jam lebih awal dari waktu kerja.

Tanpa harus tergesa-gesa, momen di pagi hari akan cukup untuk me-reviewpekerjaan kemarin, sarapan pagi, mandi, menyiapkan mood, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, datang lebih awal ke tempat kerja juga akan membuat perasaan lebih rileks untuk memulai jadwal seharian yang padat.

#Rubah Hidup Sehat: Olahraga, Makanan dan Minuman serta Pikiran

Bagaimanapun juga, produktivitas seseorang sangat dipengaruhi oleh kesehatan. Baik kesehatan jasmani maupun rohani.

Gaya hidup sehat membuat orang merasa lebih bahagia karena tidak terkontaminasi berbagai macam toksin.

Kurang olahraga dan makanan yang tidak sehat membuat tubuh menerima banyak racun hingga dapat merusak metabolisme.

Ketika sakit, seseorang akan lebih mudah lelah dan tidak bisa memaksimalkan kapasitas otak. Bisa jadi karena pusing atau mata berkunang-kunang.

Oleh karena itu, mulailah hari dengan sarapan pagi dan olahraga ringan.

Lari-lari kecil atau jalan kaki bisa membuat anggota tubuh bagian bawah lebih kuat dan tidak mudah kesemutan ketika harus duduk lama di kursi kantor.

Selain itu, rilekskan juga pikiran sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan bahagia.

Tirulah kata-kata bijak dari Dale Carnegie berikut untuk menjauhkan diri dari stres:

“Bila kita telah menerima yang terburuk, kita tidak akan rugi lagi. Hal itu membuat kita secara otomatis memiliki segalanya untuk diperoleh!”

#Buat Agenda dan Tujuan yang Jelas

Tujuan yang jelas dapat terpantau dari bagaimana dan kapan ingin diraih.

Buat goals yang spesifik sehingga tidak membingungkan ketika membuat rencana dan timeline.

Jangan lupa eksekusikan rencanamu, dengan begitu kamu sudah selangkah lebih dekat dengan tujuan.

Lakukan semua secara seimbang. Jangan membuat rencana yang terlalu tidak bisa digapai. Bagi tujuan menjadi 3 yaitu jangka pendek, menengah dan panjang.

#Gunakan Manajemen Waktu & Manajemen Energi

Ingat, tidak ada manusia super di dunia ini. Jadi, jangan memaksakan diri untuk melakukan semua hal secara terus-menerus.

Pastikan untuk membagi hari menjadi 3 bagian. 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk tidur, dan 8 jam untuk lainnya seperti makan, mandi, perjalanan, beribadah, dan lain sebagainya supaya hidup bisa menjadi lebih seimbang.
Sukses tentu adalah dambaan setiap orang, meski tidak semua orang mau perpenjuangkannya. Maka, jika anda hendak meraih sukses di usia muda, uraian dalam buku terbitan Mizania ini bisa dijadikan rujukan untuk memperkuat semangat meraih sukses sebelum usia tua. Selamat membaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *