Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Stabil Setiap Bulan

By | Oktober 10, 2020

Teknisi-Blogger.id- Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Stabil Setiap Bulan – Bagi seorang blogger atau pebisnis online, trafik adalah hal yang sangat penting karena semua blogger atau internet marketer pasti ingin websitenya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kita. Beberapa upaya meningkatkan trafik ke situs kita bisa kita lakukan secara gratis, tapi ada juga sumber trafik yang memang butuh modal. Strategi seperti apa yang paling cocok untuk blog/ website Anda?

Di artikel ini saya akan coba jelaskan beberapa cara untuk meningkatkan trafik potensial untuk website kita, baik itu secara gratis ataupun dengan cara berbayar. Walaupun ada banyak cara yang bisa kita lakukan, tapi tidak semua cara bisa cocok dengan jenis blog/ website yang kita miliki. Kita harus bijak dalam memilih sumber trafik agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Meningkatkan Traffic blog meningkat, stabil & naik setiap bulan.

Cara Meningkatkan Traffic blog meningkat, stabil & naik setiap bulan.
Cara Meningkatkan Traffic blog meningkat, stabil & naik setiap bulan.

Selamat Datang, Tujuan konten ini dibuat untuk menjawab & memberikan solusi kepada semua blogger pemula yang ingin mendapatkan traffic blog secara maksimal mendatangkan ( meningkatkan ) volume trafik asli user (bukan bot) blog secara organik lewat google search .

Panduan ini khusus hanya untuk blogger yang serius.

Membuat atau membangun BLOG secara serius itu tidak Gratis, perlu biaya ⇒ modal awal untuk beli laptop, kuota internet, nama domain & sewa hosting.

Mengubah Blog menjadi ramai dan banyak pengunjung itu perlu strategi & cara yang tepat, bahkan akan lebih sulit jika: Mempertahankan & booster visitor stabil yang kategori On-Target nice atau Topik.

OK, disini kamu akan belajar banyak hal tentang visitor blog & dimulai dari hal yang sederhana, Lanjut…..

Tips Terbaik untuk Mulai

Diawali membuat blog menggunakan platform terbaik “WordPress“, ini menjadi media pendukung meningkatkan traffic.

Kita tidak merekomendasikan tetep bertahan dengan blogspot, karena nanti ada fitur yang hanya dimiliki oleh wordpress untuk booster pengunjung secara maksimal.

Solusi yang ditawarkan segera migrasi (pindah) blogspot ke wordpress secara aman tanpa kehilangan konten atau traffic yang sudah ada. Syarat utama untuk mendapatkan trafik stabil, saat ingin membangun blog pilih tema / topik yang kamu suka, agar tidak bosan menulis konten dikemudian hari.

Langkah pertama jangan langsung ingin cepat-cepat dapat traffic banyak, sedikit akan jauh lebih baik jika setabil, ini tentunya tidak terlalu susah untuk blog baru.

Ingat: pengunjung blog OnTarget adalah nyawa, dimana semakin banyak pengunjung tetap (setia) bisa menjadi indikator awal kerberhasilan.

Buat konten jenis EverGreen

Setiap blog bisa mendapatkan traffic stabil & akan naik seiring waktu jika menerbitkan konten “EverGreen” atau konten yang selalu segar, abadi, tanpa harus di update dalam waktu dekat.

Jenis konten evergreen yang selalu dicari orang setiap waktu lewat internet:

Konten topik tutorial – panduan – cara – bagaimana Konten topik daftar / list Konten topok definisi, arti, pengertian dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Contoh:

Tutorial =“Cara membuat email, Cara menurunkan berat badan.

Daftar = “10 daftar keajaiban dunia.

Difinisi=”SEO adalah ?, apa itu  CTR ?, dll.

konten diatas bisa disebut konten evergreen yang selalu dicari, dibutuhkan orang setiap tahun – setiap waktu. Sekarang kita bisa simpulkan cara untuk membuat konten Blog memiliki Trafik pengunjung yang stabil itu sangat mudahkan, ayo langsung dipraktekan.

Riset Keyword High Volume

Pemilihan keyword high volume menjadi metode paling ampuh untuk meningkatkan traffic Blog atau Website, supaya hasilnya maksimal pakai 2 tools riset:

UberSuggest: https://neilpatel.com/ubersuggest

Keyword Everywhare: https://keywordseverywhere.com

Google Suggest.

Kenapa harus Riset Keyword ?

Riset keywords bertujuan untuk mendapatkan informasi topic yang paling dicari, memiliki jumlah pencari terbanyak, mendapatkan data analisa visitor.

Baca panduan:

Data2 hasil riset sangat penting sebagai bahan dasar dalam pembuatan konten sehingga apabila website / post sudah dihalaman 1 google berkesempatan dapat traffic stabil, banyak & super potensial.

Silahkan cari, temukan keyword dengan volume traffic 100k – 1000k / 1 bulan, Ini penting karena tujuan kita membuat blog yang berpotensi trafik minimal 50k / hari.

Masalah: Secara itung2an itu sangat gampang, tapi beda kenyataan dilapangan untuk menang persaingan SEO keyword2 diatas butuh waktu bertahun2, apalagi kalau blog baru.

√ Strategi & solusi: Gunakan tool ubersugget untuk mencari sebanyak2-nya keyword longtail (turunan), LSI keyword yang memiliki volume traffic lumayan (100 – 500 / bln) dan persaingan paling ringan.

Buat konten sebanyak mungkin dengan target Longtail keyword, ini akan lebih mudah tayang di halaman 1 Google, walaupun Blog baru.

Rujukan Petuah:

Jika #BLOG baru seumur jagung, mungkin akan sulit untuk mengincar kata-kata kunci popular dalam waktu yang singkat.

Menurut pengalaman saya, akan lebih baik jika buat banyak artikel berkualitas yang memuat kata-kata kunci yang spesifik, ketimbang langsung mengincar kata kunci trafik pencarian tinggi.

Syarat dapat traffic banyak & stabil

Kualitas konten no.1, bermanfaat untuk user lewat informasi & solusi yang dihadirkan Isi konten super Lengkap & mudah dipahami untuk semua orang

Template blog simple, responsive, seo friendly dan ringan

Performa web Hosting Full Speed ( Wajib ).

Kualitas hosting / server harus kapasitas bandwidh Unlimited , kapasitas besar + High Speed cepat minimal server jenis SSD Hosting untuk menopang traffic besar, ini memang perlu budget lebih.

Waktu pembuatan konten disarankan 1 artikel @minggu, bertujuan ada waktu panjang: Create, Edit konten sampai benar2 berkualitas + lengkap yang bermanfaat, dibutuhkan User, Al-hasil Traffic dari 1 konten akan menyumbang trafik 2-5%.

Konten Berkualitas ?

Kriteria Konten berkualitas itu seperti apa ya, bagaiman cara membuatnya? temukan jawabnya dibawah:

Mendatangkan Traffic Blog lewat SEO

YA… Mendatangkan trafik secara organik lewat teknik SEO, perlu waktu dan kerja keras, kualitas konten dan share ke sosmed menjadi bagian dari point2 dalam SEO. Google Update setiap waktu jadi harus aktif mengikuti aturan seo terbaru.

Minimal 3 – 4 bulan progress SEO bisa terlihat, faktor waktu dipengaruhi persaingan topik / kata kunci yang ditarget.

Sumber Traffic blog lainya

Kekuatan Branding

Media Sosial ( facebook ads, instagram ads ), E-mail Marketing, Perlu kamu Coba !.

Note: Traffic blog mode referral / redirect dari facebook ads lainya bisa didapat dengan mudah & murah lewat beriklan namun jenis traffic ini kurang potensial jika dibandingkan dari google search Organik. bisa saja jumlah traffic tinggi namun persentase konversi kecil.

Meningkatkan Trafik Blog/ Website Dengan Cara Gratis

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kita bisa mendapatkan trafik menuju situs bisnis atau blog kita secara gratis. Tapi dibutuhkan upaya yang terus menerus dan dengan cara yang benar agar trafik yang didapatkan sesuai dengan yang kita harapkan. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan pengunjung traffic pengunjung blog/ website secara gratis:

1.  Melalui Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Biasakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Dengan berkomentar dengan baik dan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang Anda berikan. Dari proses blog walking ini kita bisa mendapatkan cukup banyak trafik, tapi memang dibutuhkan usaha ekstra dengan memberikan komentar di blog-blog lain terlebih dahulu.

2. Melalui Situs Social Bookmarking

Situs-situs social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Pada perkembangannya, situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan trafik. Nah, yang saya tulis di sini adalah trafik langsung dari Social bookmarking-nya, bukan efeknya ke SEO sebuah situs.

Kita bisa menyimpan URL blog/ website atau URL postingan artikel blog milik kita ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang kita submit dan mengunjungi situs kita dengan media social bookmarking tersebut. Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Jadi, menurut saya kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

3. Melalui Situs Social Media

Banyak orang bilang, sekarang itu jamannya media sosial dan itu sangat benar. Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia saja sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ditambah lagi perkembangan smartphone di Indonesia sudah sangat pesat. Kebanyakan pengguna smartphone pasti punya akun di situs-situs media sosial, paling tidak salah satu dari situs media sosial. Nah, tentunya ini adalah potensi trafik yang cukup besar bagi kita pemilik blog/ website.

Bisnis yang populer di media sosial pasti tidak akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari pengguna media sosial lainnya. Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan trafik adalah Facebook, Twitter, Google plus, YouTube, LinkedIn, dan Pinterest. Sebenarnya masih ada beberapa media sosial yang bisa digunakan, tapi berdasarkan pengalaman saya, 6 situs yang saya sebutkan itu adalah media sosial yang paling populer.

4. Melalui Situs Forum

Situs forum diskusi sering digunakan para internet marketer sebagai media untuk mendapatkan trafik menuju blog/ website bisnis mereka. Ada banyak situs forum yang memperbolehkan link di dalam thread atau pada signature para member mereka. Tentunya ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Penutup

Pastikan proses riset keyword dikerjakan dengan sempurna dan performa server bagus, percuma saja dapat trafik tinggi jika pengunjung tidak potensial akhirnya tidal dapat diubah menjadi konversi, paling mudah untuk klik iklan (Google Adsense). faktor ini biasanya terjadi karena melewati proses riset keyword dan tidak optimalkan kinerja blog.

Buat konten sebanyak mungkin dengan persaingan low, volume pencari sedikit namun akan mudah tayang dihalaman 1 google ini menjadi solusi cepat, efektif meningkatkan trafik blog.

Ingat! semua tips diatas bukan cara instan, tentunya perlu proses & waktu serta dikerjakan secara berkelanjutan…

Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *