Cara Mengganti No HP BPJS Kesehatan di JKN Mobile (Ubah Nama)

Cara Mengubah dan Mengganti Nomor HP di Aplikasi JKN Mobile – Apabila Anda adalah warga negara Indonesia yang sudah berusia diatas 17 tahun, Anda tentu tidak asing lagi dengan nama JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional.

JKN merupakan program jaminan sosial yang diadakan secara menyeluruh di Indonesia. Tujuan dari adanya JKN ini adalah untuk menjamin peserta mendapatkan manfaat pemeliharaan kesehatan yang baik.

Sama seperti jaminan kesehatan dan sosial lainnya, JKN membutuhkan verifikasi nomor ponsel untuk bisa digunakan.

Hal ini dikarenakan sistem yang digunakan oleh JKN memang berbasis digital. Bila pada suatu saat nanti Anda butuh untuk mengganti nomor ponsel, otomatis Anda juga harus mengubah nomor ponsel di JKN ini.

Sekilas Tentang JKN Mobile

Layanan mobile melalui aplikasi JKN yang memudahkan peserta BPJS dalam mendapatkan kebutuhan informasi. Mengenai layanan kesehatan pada fasilitas kesehatan yang sesuai dan terdaftar pada kartu Bpjs peserta. Serta memberikan banyak kemudahan bagi peserta yang telah mengisntall aplikasi JKN Mobile pada smartphone mereka.

Sebelum memiliki akun pada aplikasi JKN Mobile, pastinya kamu akan mendaftarkan nomer handphone yang aktif. Untuk dapat memverifikasi akun kamu melalui kode OTP yang terkirim melalui kotak masuk SMS pada nomer handphone kamu. Serta nomer handphone tersebut dapat kamu gunakan untuk memberikan keamanan dan juga untuk mereset password pada akun yang kamu miliki.

Namun jika nomer handphone yang sudah terdaftar pada akun JKN Mobile tersebut hilang atau nomer sudah tidak aktif lagi. Maka kamu harus segera memperbaharui dengan nomer handphone yang baru dan aktif. Untuk memudahkan kamu dalam penggunaan aplikasi JKN Mobile, lalu bagaimana cara kamu untuk mengubah nomer handphone yang sudah ilang atau tidak aktif dengan nomer handphone yang baru dan aktif pada aplikasi JKN Mobile.

Perubahan data nomor telepon tersebut bisa dilakukan melalui 6 layanan kanal yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

Cara Mengganti Nomor Ponsel di JKN BPJS Kesehatan

Nah, berikut ini adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengganti nomor ponsel di JKN.

1. Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN merupakan kanal layanan BPJS Kesehatan yang berbasis digital teknologi. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Android atau iOS, baik di Play Store maupun di App Store.

Peserta bisa mengganti nomor telepon yang terdaftar di BPJS Kesehatan melalui fitur perubahan data peserta.

Fitur berubahan data peserta akan menampilkan menu ubah data peserta. Selain nomor telepon, peserta juga bisa mengubah data lainnya seperti alamat email, alamat tinggal, dan pindah FKTP.

2. Care center 165

BPJS Kesehatan juga menyediakan kanal layanan BPJS Kesehatan Care Center 165. Kanal ini merupakan layanan yang berbasis media telepon dan media sosial.

Layanan care center 165 versi BPJS Kesehatan ini bisa diakses selama 24 jam. Peserta BPJS Kesehatan bisa mengakses dengan menghubungi nomor sambungan telepon 165.

Bagi peserta yang ingin mengganti nomor telepon yang terdaftar di BPJS Kesehatan bisa menggunakan jenis layanan BPJS Kesehatan Care Center 165 yang berupa perubahan/ mutasi data.

3. Layanan Pandawa

Sesuai namanya, layanan pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp) merupakan kanal layanan BPJS Kesehatan yang menggunakan media aplikasi Whatsapp

Layanan ini ditujukan bagi peserta yang ingin melakukan perubahan data, salah satunya data nomor telepon.

Adapun, nomor layanan Pandawa yang dapat diakses oleh peserta BPJS Kesehatan adalah 08118165165.

4. Mobile Customer Service (MCS)

Kanal layanan berikutnya yang disediakan oleh BPJS Kesehatan adalah mobile customer service (MCS). Berbeda dengan tiga layanan sebelumnya yang non-tatap muka, layanan MCS ini dilakukan secara tatap muka.

MCS merupakan kanal layanan BPJS Kesehatan yang menggunakan kendaraan roda empat dengan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya.

MCS memberikan jenis layanan untuk mengubah data nomor telepon bagi perserta BPJS Kesehatan yang hendak mengganti nomor telepon mereka.

5. Mal pelayanan publik

Pengubahan data nomor telepon peserta BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui kanal mal pelayanan publik.

Layanan ini dilakukan secara tatap muka. Mal Pelayanan Publik ini akan terintegrasi dengan sistem pelayanan publik terpadu milik Pemerintah Pusat/Daerah.

6. Kantor cabang BPJS Kesehatan

Peserta yang hendak mengganti nomor teleponnya bisa langsung mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan sesuai dengan wilayah domisilinya.

Kantor cabang BPJS Kesehatan telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kantor cabang tersebut akan memberikan pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan setiap hari Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00 – 15.00 waktu setempat.

Langkah Mengganti No Hp di JKN Mobile Apk Mudah tanpa Ribet

Banyak peserta BPJS Kesehatan yang belum mengetahui caranya mengganti nomor telepon yang sudah terdaftar di sistem BPJS Kesehatan.

Nomor telepon ini digunakan ketika peserta hendak melakukan registrasi JKN Mobile.

Nah perubahan data nomor telepon yang terdaftar di BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui beberapa cara.

Dilansir dari laman BPJS Kesehatan, perubahan data berupa nomor telepon, alamat email, dan alamat tempat tinggal diperlukan untuk memudahkan penyampaian informasi kepada peserta.

Cara Mengganti No HP BPJS Kesehatan di JKN Mobile

Nomor handphone merupakan salah satu data pribadi yang sifatnya sangat penting. Bahkan, saat ini nomor handphone sering digunakan untuk keperluan pendaftaran akun atau verifikasi data diri. Termasuk untuk pendaftaran akun pada JKN Mobile, aplikasi layanan digital bagi peserta BPJS Kesehatan.

Namun karena suatu alasan, seseorang terkadang ingin mengganti nomor handphone yang terdaftar pada aplikasi JKN mobile. Sayangnya, masih banyak peserta BPJS Kesehatan yang belum tahu cara mengganti no HP bpjs kesehatan. Nah, berikut ini adalah panduan cara mengganti nomor HP BPJS Kesehatan dan tips-tips penting agar proses pergantian nomor bisa dilakukan dengan lancar.

JKN Mobile merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi kamu pengguna kartu BPJS Kesehatan. Dengan ini kamu bisa mengakses berbagai hal yang berkaitan dengan BPJS atau jaminan kesehatan nasional lainnya.

Hanya dengan satu genggaman, kamu bisa mengakses berbagai informasi dan pelayanan. Seperti melakukan pendaftaran, mengecek VA, melihat tagihan, melihat lokasi cabang, dan lain sebagainya.

Pada awal perilisannya, aplikasi ini dibekali dengan fitur cukup terbatas. Tetapi sekarang lebih lengkap dengan menu barunya yaitu, Ketersediaan Tempat Tidur, Obat Ditanggung, serta Jadwal Tindakan Operasi.

Cara Mengubah Nomor HP JKN Mobile

Lalu bagaimana jika kamu ingin mengganti nomor HP terdaftar? Kamu bisa membuka menu ubah data peserta. Berikut cara mengubahnya.

  • Pertama kamu buka aplikasi JKN Mobile pada smartphone kamu.
  • Selanjutnya kamu pilih menu Ubah Data Peserta. Maka informasi dan kartu digital peserta akan muncul saat kamu memilih menu tersebut.
  • Lalu pilih menu atau kolom Nomer Handphone. Kamu tap atau tekan saja pada menu nomer handphone tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul menu pop up Ubah Nomer Handphone, pastikan kamu mengisi nomer handphone dengan benar. Karena akan di gunakan sebagai media komunikasi lebih lanjut. Lalu simpan
  • Selanjutnya masukan kode OTP yang telah di kirim melalui SMS. Pada nomer baru untuk melakukan verifikasi.
  • Selesai.

NAMUN Sebelum mengganti no HP di JKN Mobile, beberapa hal berikut perlu kamu perhatikan.

Pastikan Nomor yang Akan Didaftarkan Aktif

Pastikan jika nomor baru yang kamu daftarkan pada aplikasi JKN Mobile masih aktif. Sebab, nantinya pihak BPJS Kesehatan akan mengirimkan kode verifikasi via SMS ke nomor baru yang kamu daftarkan.

Aplikasi JKN Mobile Versi Terbaru

Jika beberapa kendala muncul, seperti akses pada aplikasi tidak lancar atau ada fitur yang tidak dapat digunakan, kemungkinannya adalah aplikasi kamu belum diperbaharui.

Jadi, sebelum mengganti nomor HP BPJS Kesehatan kamu, sebaiknya upgrade aplikasi versi terbaru terlebih dahulu.

Siapkan Data dan Berkas Lain

Untuk memperlancar proses penggantian nomor telepon pada JKN Mobile, siapkan data dan berkas lain seperti nomor KTP, ID kepesertaan BPJS Kesehatan dan Kartu Keluarga.

Cara Mengubah Nomor BPJS Kesehatan Karena Nomor sudah tidak aktif atau hilang

Nomor telepon BPJS sudah tidak aktif atau hilang? Kini kamu bisa mengubahnya dengan mudah lewat aplikasi resminya. Inilah solusi bagi kamu yang sedang mencari cara ganti nomor HP BPJS Kesehatan.

Mendaftarkan nomor HP pada sebuah layanan itu penting dilakukan. Biasanya nomor tersebut dipergunakan untuk melakukan verifikasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mencegah orang lain mengubah data pribadi yang terdaftar di BPJS.

Apabila nomor ponsel tidak aktif, besar kemungkinan nomor itu akan diaktifkan kembali oleh provider dan dijual kepada orang lain. Maka dari itu, kamu harus mengganti nomor HP lama BPJS ke nomor yang baru.

Bisa dibilang bahwa aplikasi JKN memang merupakan aplikasi BPJS versi digital. Ketika Anda akan mengubah nomor ponsel di JKN, maka Anda harus mengubah nomor BPJS terlebih dahulu.

  1. Langkah pertama untuk mengubah nomor BPJS Kesehatan adalah mendaftarkan nomor yang aktif. Hal ini dikarenakan Anda akan menerima kode verifikasi pada nomor tersebut.
  2. Langkah kedua adalah mengupdate aplikasi JKN hingga versi terbaru. Anda bisa mengubah versi ini dengan fitur update di Google Play Store.
  3. Selanjutnya Anda juga harus mempersiapkan berkas-berkas atau dokumen yang dibutuhkan seperti nomor dan foto KTP, Nomor ID BPJS, Kartu Keluarga dan lainnya.

Cara Mengganti Nomor HP di Aplikasi JKN Mobile

Anda tidak perlu bingung bagaimana cara melakukan pengubahan ini. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi BPJS Care Center di nomor 1500 400.

Untuk langkah aman, sebaiknya Anda mengisi pulsa yang cukup terlebih dahulu sebelum menelepon care center.

Selanjutnya, jika sudah terhubung maka Anda akan berbicara dengan Customer Service BPJS. Sampaikan kepada CS bahwa Anda ingin mengganti nomor telepon ID BPJS.

Untuk langkah verifikasi, CS akan menanyakan kepada Anda beberapa data pribadi seperti nama, alamat, nomor KTP, ID BPJS dan lain sebagainya.

Apabila data yang Anda berikan sudah sesuai dengan sistem, maka customer service akan membantu Anda melakukan perubahan nomor ponsel.

Berikan informasi nomor baru Anda dan customer service akan mengirimkan kode verfikasi ke nomor yang akan Anda daftarkan. Silahkan verifikasi kode tersebut.

Setelah verifikasi berhasil, maka nomor ponsel Anda di JKN Mobile atau BPJS Kesehatan sudah terganti dengan yang baru.

Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut terkait hal ini.

Kenapa Nmor HP JKN Mobile Tidak Bisa diganti dan diubah

Apabila terjadi eror atau tidak bisa mengubah nomor HP di mobile JKN, kemungkinan penyebabnya adalah:

  1. BPJS Kesehatan berstatus PBI;
  2. Karena bukan dibawa Perusahaan, peserta Mandiri harus menggantinya dengan melakukan login ke akun pribadi. Jadi, kamu tidak bisa mengubah nomor HP akun BPJS kamu dengan akun JKN anggota keluarga lain.
  3. Aplikasi JKN sedang dalam perbaikan.

Jika tidak bisa menginstall aplikasi karena memori penuh, kamu bisa melakukan pergantian nomor HP dengan alteratif berikut ini.

Itu dia beberapa hal yang bisa disampaikan terkait dengan perubahan nomor BPJS dan nomor ponsel di JKN Mobile.

Sekarang nomor HP BPJS Kesehatan yang tertera pada aplikasi JKN Mobile kamu sudah berubah. Jadi, jika ada pemberitahuan terkait program BPJS Kesehatan, maka akan masuk ke aplikasi dan SMS pada nomor tersebut