[Panduan Lengkap 2021] Belajar Cara Mendapatkan Uang di Youtube Untuk Pemula

By | September 14, 2020

Cara menghasilkan uang dari Youtube bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Youtube merupakan salah satu platform digital yang belakangan sangat banyak diminati oleh pengguna internet hampir di seluruh dunia. Dalam platform ini, memungkinkan pengguna unutk mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Tak hanya itu, platform video milik Google ini belakangan tren karena menjanjikan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Banyak konten kreator yang sukses meraup pendapatan bernilai fantastis dari Youtube.

Hal inilah yang membuat banyak orang kini berlomba-lomba menjadi seorang Youtuber. Lantas, bagaimanakah caranya menghasilkan uang dari Youtube? Berikut informasi selengkapnya:

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, Untuk Pemula Bisa Dicoba nih!

Beberapa waktu belakangan ini muncul kabar menghebohkan tentang penghasilan para Youtuber di Indonesia, satu diantaranya adalah Ria Ricis. Menurut kabar yang beredar, Ricis bisa mendapatkan penghasilan hingga miliaran rupiah dari YouTube per bulannya.

Bahkan, akun YouTube dengan nama Ricis Official tersebut hingga Januari 2020 telah memiliki 18,5 juta lebih subscribers. Jumlah subscribers kedua terbanyak di Indonesia setelah Atta Halilintar.

Tak kurang dari 20 ribu subscribers bertambah setiap harinya di akun tersebut. Rata-rata views dari setiap video unggahannya pun mencapai jutaan. Dari situlah pendapatan yang diperoleh Ria Ricis dari YouTube tiap bulannya dapat diprediksi.

Melihat berita ini tentu membuat banyak orang terkaget-kaget dan berlomba ingin mengikuti jejak tersebut. Dengan berbagai variasi konten yang menarik seperti jelajah kuliner atau mukbang, tentunyaviewers setia bisa didapat dengan mudah. Namun, benarkah jika YouTube bisa menghasilkan uang sebanyak itu?

Pertanyaan tersebut kerap kali terlontar dari mulut para vlogger terlebih bagi para pemula. Karena jikasubscriber dan juga viewers sebuah channel masih sedikit, belum ada penghasilan yang bisa didapatkan.

Tentunya butuh kerja keras dan juga kesabaran agar bisa jadi Youtuber populer dengan pendapatan miliaran rupiah seperti Atta Halilintar dan juga Ria Ricis. Tetapi tenang, jangan langsung patah semangat karena berikut akan kami ulas tips menjadi Youtuber yang menghasilkan yang cocok bagi Anda, para pemula. Berikut ulasannya.

4 Tips Mendapatkan Penghasilan dari YouTube 

Tips Mendapatkan Penghasilan dari YouTube 
Tips Mendapatkan Penghasilan dari YouTube

1. Maksimalkan Program Google AdSense 

Sebagai seorang vlogger, menawarkan produk ataupun jasa memang bukan jadi fokus utama. Namun jangan salah, kesuksesan yang didapatkan seorang vlogger juga tak jauh dari unsur-unsur pemasaran. Salah satu cara paling sering dan umum untuk menghasilkan uang dari YouTube ialah melalui iklan dan pemasaran. Maksudnya?

Dalam YouTube, ada sebuah program bernama Google AdSense. Melalui program gratis inilah setiap akun channel YouTube bisa mendapatkan uang.

Google Adsense ini merupakan program yang memasukkan iklan ke dalam konten yang ada di channel YouTube Anda. Program ini dinilai cukup efektif untuk mendapatkan uang dari konten yang diangkat karena memang didesain untuk target viewers.

Lalu seperti apa cara kerjanya? Setiap video yang tayang di sebuah channel YouTube sama seperti sebuah space iklan atau ruang untuk beriklan. Nah, ruang tersebut kemudian akan dilelang pada para pengiklan, dan pengiklan yang memberi tawaran tertinggi lah yang akan mendapatkan hak menyiarkan iklannya di video tersebut.

Selanjutnya, tiap kali ada viewers yang meng-klik iklan di salah satu konten video yang diunggah, maka pengiklan akan dikenai biaya. Dari situlah, seorang Youtuber bisa mendapatkan uang dari sejumlah biaya yang dibayarkan oleh pengiklan. Uang yang didapat dari pendapatan iklan ini tergantung dari jumlah views per videonya.

Maka dari itu, tingkatkan viewers Anda, agar peluang iklan yang masuk pun semakin lebih besar dan pendapatan yang dihasilkan pun akan meningkat.

2. Menjual Merchandise

Selain memaksimalkan program Google AdSense, ada cara lain yang bisa digunakan yakni menjual merchandise. Seperti kaos, topi, tas, gelas, dan masih banyak lagi yang lain.

Cara ini termasuk cara lama di dalam pemasaran produk atau dikenal sebagai branded merchandisedan hingga kini masih terbilang cukup efektif.

Dengan cara tersebut sebuah brand atau produk bisa lebih dikenal secara spesifik dan juga bisa menjadi salah satu metode pemasaran gratis. Sehingga, ketika channel YouTube yang dimiliki sudah punya subscriber setia dan loyal, kini saatnya untuk mulai branding merch.

Misalnya saja, dengan membuat sebuah online shop untuk menjual berbagai macam produk Anda. Lalu iklankan produk tersebut melalui media sosial yang dikelola, simpel kan?

3. Kerjasama dengan Brand Ternama

Kebanyakan orang berpikir jika cara termudah mendapatkan uang dari YouTube ialah melalui iklan. Meskipun tak sepenuhnya keliru, namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah kerjasama dengan brand ternama yang masih relevan dengan isi konten dichannel YouTube Anda. Sudah terbayang seperti apa? Kalau belum coba lihat dan pahami contoh berikut:

Jaclyn Hill seorang beauty vlogger sekaligus guru kecantikan yang memiliki jutaan subscriber, bersama Morphe Brushes sebuah perusahaan kosmetik ternama berkolaborasi menciptakan kosmetik eye shadow palette. Sehingga, ketika produk tersebut meledak di pasaran, Jaclyn Hill maupun Morphe Brushes akan mendapat keuntungan dari setiap produk yang terjual.

4. Dapatkan Sponsor

Saat mendengar kata sponsor tentu sudah terbayang bagaimana sulitnya mendapatkannya. Tapi nyatanya, mendapatkan sponsor tak sesulit yang dibayangkan. Saat minat para viewers sudah bisa dikenali dan dipahami, maka ini artinya tinggal selangkah lagi bisnis vlogging yang dijalankan akan semakin maju.

Mengapa demikian? Sebab, jika minat para viewers sudah bisa dipahami dengan baik, Anda tinggal mencari dan mendapatkan sponsor yang sesuai. Setelah itu, proposal yang berkualitas bisa langsung diajukan. Ketika relevansinya cukup tinggi, maka besar kemungkinan proposal yang diajukan tersebut akan disetujui oleh perusahaan tersebut.

Berikut beberapa langkah singkat untuk mendapatkan sponsor.

  • Lakukan identifikasi terhadap viewers.
  • Tentukan apa yang jadi kekuatan channel YouTube Anda.
  • Lakukan riset atau penelitian mendalam agar mendapatkan sponsor yang lebih relevan.
  • Buat sebuah proposal sponsorship dengan matang dan berkualitas.
  • Mulai ajukan proposal tersebut, kemudian lakukan pendekatan yang intensif pada pihak sponsor.

Ketika proposal ditolak, jangan sampai down dan gampang menyerah, teruslah mencoba. Tapi jangan lupa untuk lakukan perbaikan dan perubahan pada poin-poin di proposal yang sekiranya kurang diminati.

Tips penting ketika mempromosikan produk dari sponsor ialah tetap jujur dan konsisten serta terbuka pada viewers, jangan sampai berbohong hanya demi sponsor. Dengan begitu, viewers akan tetap setia dan percaya pada channel Anda dan jalan mendapatkan sponsor lain akan semakin terbuka.

Maksimalkan Akun ChannelYouTube Tersebut

Nah, itu tadi cara mudah menghasilkan banyak uang dari YouTube, menarik bukan? Ternyata jika hobi ditekuni dengan maksimal dan profesional bisa menghasilkan pendapatan yang besar.

Ketika mendapatkan uang bukan lagi hal yang sulit, selanjutnya yang harus diingat adalah merencanakan keuangan untuk masa depan yang lebih baik. Jangan sampai terlena hingga uang yang dihasilkan dari YouTube hilang tak bermakna.

[Panduan Lengkap 2021] Belajar Cara Mendapatkan Uang di Youtube Untuk Pemula

Menjadi youtuber sukses

 

Youtube adalah tempat berkumpulnya jutaan video – video yang bermanfaat untuk penonton, semua jenis video tersedia di youtube mulai dari kesehatan, tips & trik, bermain game, eksperimen dan lain sebagainya.

Menjadi seorang konten kreator youtube tidak semudah membalik telapak tangan, anda harus bekerja cerdas siang dan malam, mengedit dan merekam video seharian demi menarik pengguna youtube dan bisa terkenal serta menghasilkan banyak uang.

Para pemula kebingungan bagaimana cara memulai channel youtube, mereka biasanya asal upload video dan tidak peduli dengan kualitas video, info konten dan konsistensi channel. Disini, saya akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara menghasilkan uang dari youtube untuk pemula supaya anda tidak tersesat ke cara yang salah dan malah menghancurkan channel anda sendiri.

1. Program partner Youtube

Youtube partner program

 

Pertama tama untuk mendapatkan uang dari youtube adalah bergabung dengan partner program youtube, anda akan langsung bekerja sama dengan google dan memunculkan semua persentase iklan di video anda.

Untuk bergabung dengan partner program, anda harus berusia 18 tahun atau mempunyai orang dewasa yang bertugas untuk mengurus keuangan, kemudian ada persyaratan khusus untuk channel anda. Program partner hanya menerima channel yang mempunyai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Channel anda harus mengikuti kebijakan Youtube dan harus ramah pengiklan, artinya tidak ada konten dewasa atau penyebutan dan gambaran yang menunjukkan penonton dewasa. Masalahnya, kebijakan Youtube selalu berubah setiap waktu, anda harus rutin mengecek web Youtube untuk melihat kebijakan baru.

Setelah diterima program partner Youtube, anda harus mengaktifkan monetisasi di channel dan mendapatkan penghasilan saat orang lain menonton video anda. Untuk channel besar dan penggemar setia, ada program membership channel yang membuat penonton bisa mengakses konten eksklusif.

Manfaat membership channel adalah mendapatkan badge dan emoji khusus yang membuat penonton tersorot di kolom komentar. Penonton setia juga bisa mendapatkan video khusus, live streaming dan live chat.

Hanya channel yang sudah bergabung di partner Youtube saja yang bisa mendaftar membership channel, anda harus memenuhi syarat – syarat tertentu. Subscriber yang dibutuhkan juga lebih besar yaitu 30.000 subscriber, jika anda mengalami masalah saat mendaftar atau tidak memenuhi syarat maka gunakan situs pihak ketiga seperti patreon.

Perbedaannya, manfaat eksklusif tidak akan didapatkan penonton secara langsung di Youtube tapi  dikirimkan ke aplikasi patreon melalui E-mail.

2. Menjual merchandise

Cara mendapatkan uang dari Youtube adalah dengan menjual merchandise, anda mungkin mempunyai desain logo yang unik untuk channel, bisakah dipasang di kaos, cangkir, gantungan kunci dan lain – lain. Jika bisa maka lakukan saja untuk menambah penghasilan anda dari Youtube.

Ada puluhan situs web E-commerce yang bisa membantu anda membuat barang dagangan bagus dan pasti diincar oleh subscriber setia channel anda. Jika anda mempunyai 10.000 subscriber maka anda bisa mempunyai galeri barang dagangan sendiri yang tersedia di bagian bawah video anda.

Galeri yang ada akan menampilkan semua barang terbaik dari anda, jika ada penonton yang melihat dan tertarik maka mereka akan membelinya. Sebelum itu, anda harus mengetahui situs merch yang disetujui google supaya barang anda bisa dijual dan terlihat di bawah video.

3. Live streaming

Live streaming adalah cara yang baik untuk menghasilkan uang dari Youtube, buat jadwal live streaming anda mungkin seminggu sekali atau sebulan dua kali. Penghasikan dari live streaming bisa menutupi biaya produksi video sehingga tidak memberatkan konten kreator.

Anda bisa mulai dengan menjawab pertanyaan dari penonton, memberitahu rencana selanjutnya dan memberi tahu video yang akan diupload selanjutnya. Live streaming Youtube menyediakan super chat dan super sticker, penonton bisa berdonasi supaya komentar mereka disorot selama beberapa menit di bagian live chat.

Dengan menjawab pertanyaan yang disorot atau memasang target donasi, penonton akan lebih terdorong untuk berdonasi dan anda pun akan mendapatkan uang. Anda bisa melakukan live streaming di beberapa situs populer seperti patreon dan twitch.

4. Program afiliasi

Program afiliasi

 

Selain iklan langsung dari video, anda bisa bergabung dengan program afiliasi. Anda hanya perlu mendaftar di situs web tertentu dan menaruh link di deskripsi video, jika penonton bertanya tentang produk yang anda punya maka berikan link ke situs web yang sudah anda daftarkan, saat penonton tertarik dan membeli barang tersebut maka anda akan mendapatkan imbalan.

Beberapa merk memberi kode diskon kepada penonton di channel anda, saat penonton memakai kode diskon tersebut maka anda akan mendapat keuntungan. Penonton mendapatkan kode diskon untuk potongan harga barang yang ingin dibeli sedangkan anda mendapat imbalan karena mengantarkan mereka ke situs web yang dituju.

Youtube juga menyarankan anda untuk terbuka pada link afiliasi, semakin transparan channel ands maka semakin baik. Tidak ada penonton yang ingin dibohongi oleh konten kreator.

Cara lain adalah menjual tempat di akhir video untuk channel baru, banyak channel kecil yang mencari promosi dan jika anda mempunyai banyak subscriber maka anda bisa menayangkan potongan video konten kreator lain di akhir video anda maka anda akan mendapat imbalan.

Jika anda ingin seperti pengusaha, anda bisa membuat merk sendiri dan menggunakan Youtube sebagai media promosi. Penjualan akan lebih cepat jika sudah mempunyai penonton setia yang selalu melihat produk baru anda.

Channel yang mempunyai genre tertentu, anda bisa menjual kelas online. Misalnya channel kecantikan atau fashion bisa menjual preset kecantikan untuk foto Instagram dan channel memasak bisa menjual teknik tertentu saat memasak.

Cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube

Cara lainnya

 

Anda bisa mendapatkan uang dari berbagai merek dengan menampilkan produk mereka di video anda, untuk channel kecil sebaiknya minta produk gratis yang nanti ditukarkan dengan promosi video. Banyak sekali channel kecil yang awalnya mengirim email ke merek dan mengusulkan kerja sama.

Anda harus tentukan topik utama channel dan tentukan produk yang cocok untuk penonton anda, untuk hal ini anda bebas negoisasi persyaratan dan harga. Beberapa merk ingin anda membicarakan produk mereka selama 30 – 60 detik, sementara merk lainnya ingin anda mencantumkan nama produk di judul atau membuat video khusus tentang produk mereka.

Anda harus memberitahu bahwa anda melakukan sebuah promosi, buka pengaturan video lanjutan dan centang opsi video berisi promosi berbayar. Dengan melakukan ini maka anda akan terhindari dari masalah dengan Youtube dan penonton setia.

Jika semua tips gagal

Anda harus fokus pada channel dan branding, cari target pasar dengan cara yang berbeda tentunya dengan versi anda sendiri. Buatlah video dengan konsep yang berbeda dengan youtuber lainnya supaya ciri khas channel bisa dikenal banyak orang dan mulai terkenal.

Jangan lupa untuk membeli peralatan yang cukup untuk membuat video, suara anda harus jelas dan jernih, kualitas video harus bagus dan cerah. Hal ini akan membuat penonton puas dengan konten yang disajikan dan mereka tentunya akan menyukai channel anda.

Ikuti kelas akting dan pidato supaya anda bisa mengekspresikan peran anda dengan sungguh – sungguh di depan kamera. Setelah membuat video kualitas tinggi untuk menarik minat penonton, anda harus konsisten mengunggah video di channel.

Dengan rutin mengupload video maka video anda akan muncul di beranda penonton dan rekomendasi video, tentunya mereka akan mengingat channel anda dan mulai menonton setiap video yang ada. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mengatur jadwal upload video Youtube dengan sempurna.

Jangan sekali – kali mencoba cara mudah supaya channel banyak subscriber, membeli subscriber dan jam tayang tidak akan membuat channel anda sukses besar. Selain itu, anda harus terus berinteraksi dengan penonton mulai dari membalas komentar, merapihkan halaman media sosial dan membangun komunitas untuk menerima saran dan kritik.

Setelah itu, anda harus membuat thumbnail video yang menarik, judul yang bagus dan deskripsi yang lengkap. Dengan itu, video anda akan masuk daftar rekomendasi youtube dan masuk video teratas kata kunci pencarian.

Baca Juga

Cara Beli Paket Internet XL Streaming Youtube 2021 Unlimited 24 Jam

5 Tips Menjadi Pelajar Pintar Era Digital Milenial

5 Tips Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik disukai penonton

[Panduan Lengkap 2021] Belajar Cara Mendapatkan Uang di Youtube Untuk Pemula

Menjadi youtuber sukses

 

Youtube adalah tempat berkumpulnya jutaan video – video yang bermanfaat untuk penonton, semua jenis video tersedia di youtube mulai dari kesehatan, tips & trik, bermain game, eksperimen dan lain sebagainya.

Menjadi seorang konten kreator youtube tidak semudah membalik telapak tangan, anda harus bekerja cerdas siang dan malam, mengedit dan merekam video seharian demi menarik pengguna youtube dan bisa terkenal serta menghasilkan banyak uang.

Para pemula kebingungan bagaimana cara memulai channel youtube, mereka biasanya asal upload video dan tidak peduli dengan kualitas video, info konten dan konsistensi channel. Disini, saya akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara menghasilkan uang dari youtube untuk pemula supaya anda tidak tersesat ke cara yang salah dan malah menghancurkan channel anda sendiri.

1. Program partner Youtube

Youtube partner program

 

Pertama tama untuk mendapatkan uang dari youtube adalah bergabung dengan partner program youtube, anda akan langsung bekerja sama dengan google dan memunculkan semua persentase iklan di video anda.

Untuk bergabung dengan partner program, anda harus berusia 18 tahun atau mempunyai orang dewasa yang bertugas untuk mengurus keuangan, kemudian ada persyaratan khusus untuk channel anda. Program partner hanya menerima channel yang mempunyai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Channel anda harus mengikuti kebijakan Youtube dan harus ramah pengiklan, artinya tidak ada konten dewasa atau penyebutan dan gambaran yang menunjukkan penonton dewasa. Masalahnya, kebijakan Youtube selalu berubah setiap waktu, anda harus rutin mengecek web Youtube untuk melihat kebijakan baru.

Setelah diterima program partner Youtube, anda harus mengaktifkan monetisasi di channel dan mendapatkan penghasilan saat orang lain menonton video anda. Untuk channel besar dan penggemar setia, ada program membership channel yang membuat penonton bisa mengakses konten eksklusif.

Manfaat membership channel adalah mendapatkan badge dan emoji khusus yang membuat penonton tersorot di kolom komentar. Penonton setia juga bisa mendapatkan video khusus, live streaming dan live chat.

Hanya channel yang sudah bergabung di partner Youtube saja yang bisa mendaftar membership channel, anda harus memenuhi syarat – syarat tertentu. Subscriber yang dibutuhkan juga lebih besar yaitu 30.000 subscriber, jika anda mengalami masalah saat mendaftar atau tidak memenuhi syarat maka gunakan situs pihak ketiga seperti patreon.

Perbedaannya, manfaat eksklusif tidak akan didapatkan penonton secara langsung di Youtube tapi  dikirimkan ke aplikasi patreon melalui E-mail.

2. Menjual merchandise

Cara mendapatkan uang dari Youtube adalah dengan menjual merchandise, anda mungkin mempunyai desain logo yang unik untuk channel, bisakah dipasang di kaos, cangkir, gantungan kunci dan lain – lain. Jika bisa maka lakukan saja untuk menambah penghasilan anda dari Youtube.

Ada puluhan situs web E-commerce yang bisa membantu anda membuat barang dagangan bagus dan pasti diincar oleh subscriber setia channel anda. Jika anda mempunyai 10.000 subscriber maka anda bisa mempunyai galeri barang dagangan sendiri yang tersedia di bagian bawah video anda.

Galeri yang ada akan menampilkan semua barang terbaik dari anda, jika ada penonton yang melihat dan tertarik maka mereka akan membelinya. Sebelum itu, anda harus mengetahui situs merch yang disetujui google supaya barang anda bisa dijual dan terlihat di bawah video.

3. Live streaming

Live streaming adalah cara yang baik untuk menghasilkan uang dari Youtube, buat jadwal live streaming anda mungkin seminggu sekali atau sebulan dua kali. Penghasikan dari live streaming bisa menutupi biaya produksi video sehingga tidak memberatkan konten kreator.

Anda bisa mulai dengan menjawab pertanyaan dari penonton, memberitahu rencana selanjutnya dan memberi tahu video yang akan diupload selanjutnya. Live streaming Youtube menyediakan super chat dan super sticker, penonton bisa berdonasi supaya komentar mereka disorot selama beberapa menit di bagian live chat.

Dengan menjawab pertanyaan yang disorot atau memasang target donasi, penonton akan lebih terdorong untuk berdonasi dan anda pun akan mendapatkan uang. Anda bisa melakukan live streaming di beberapa situs populer seperti patreon dan twitch.

4. Program afiliasi

Program afiliasi

 

Selain iklan langsung dari video, anda bisa bergabung dengan program afiliasi. Anda hanya perlu mendaftar di situs web tertentu dan menaruh link di deskripsi video, jika penonton bertanya tentang produk yang anda punya maka berikan link ke situs web yang sudah anda daftarkan, saat penonton tertarik dan membeli barang tersebut maka anda akan mendapatkan imbalan.

Beberapa merk memberi kode diskon kepada penonton di channel anda, saat penonton memakai kode diskon tersebut maka anda akan mendapat keuntungan. Penonton mendapatkan kode diskon untuk potongan harga barang yang ingin dibeli sedangkan anda mendapat imbalan karena mengantarkan mereka ke situs web yang dituju.

Youtube juga menyarankan anda untuk terbuka pada link afiliasi, semakin transparan channel ands maka semakin baik. Tidak ada penonton yang ingin dibohongi oleh konten kreator.

Cara lain adalah menjual tempat di akhir video untuk channel baru, banyak channel kecil yang mencari promosi dan jika anda mempunyai banyak subscriber maka anda bisa menayangkan potongan video konten kreator lain di akhir video anda maka anda akan mendapat imbalan.

Jika anda ingin seperti pengusaha, anda bisa membuat merk sendiri dan menggunakan Youtube sebagai media promosi. Penjualan akan lebih cepat jika sudah mempunyai penonton setia yang selalu melihat produk baru anda.

Channel yang mempunyai genre tertentu, anda bisa menjual kelas online. Misalnya channel kecantikan atau fashion bisa menjual preset kecantikan untuk foto Instagram dan channel memasak bisa menjual teknik tertentu saat memasak.

Cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube

Cara lainnya

 

Anda bisa mendapatkan uang dari berbagai merek dengan menampilkan produk mereka di video anda, untuk channel kecil sebaiknya minta produk gratis yang nanti ditukarkan dengan promosi video. Banyak sekali channel kecil yang awalnya mengirim email ke merek dan mengusulkan kerja sama.

Anda harus tentukan topik utama channel dan tentukan produk yang cocok untuk penonton anda, untuk hal ini anda bebas negoisasi persyaratan dan harga. Beberapa merk ingin anda membicarakan produk mereka selama 30 – 60 detik, sementara merk lainnya ingin anda mencantumkan nama produk di judul atau membuat video khusus tentang produk mereka.

Anda harus memberitahu bahwa anda melakukan sebuah promosi, buka pengaturan video lanjutan dan centang opsi video berisi promosi berbayar. Dengan melakukan ini maka anda akan terhindari dari masalah dengan Youtube dan penonton setia.

Jika semua tips gagal

Anda harus fokus pada channel dan branding, cari target pasar dengan cara yang berbeda tentunya dengan versi anda sendiri. Buatlah video dengan konsep yang berbeda dengan youtuber lainnya supaya ciri khas channel bisa dikenal banyak orang dan mulai terkenal.

Jangan lupa untuk membeli peralatan yang cukup untuk membuat video, suara anda harus jelas dan jernih, kualitas video harus bagus dan cerah. Hal ini akan membuat penonton puas dengan konten yang disajikan dan mereka tentunya akan menyukai channel anda.

Ikuti kelas akting dan pidato supaya anda bisa mengekspresikan peran anda dengan sungguh – sungguh di depan kamera. Setelah membuat video kualitas tinggi untuk menarik minat penonton, anda harus konsisten mengunggah video di channel.

Dengan rutin mengupload video maka video anda akan muncul di beranda penonton dan rekomendasi video, tentunya mereka akan mengingat channel anda dan mulai menonton setiap video yang ada. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mengatur jadwal upload video Youtube dengan sempurna.

Jangan sekali – kali mencoba cara mudah supaya channel banyak subscriber, membeli subscriber dan jam tayang tidak akan membuat channel anda sukses besar. Selain itu, anda harus terus berinteraksi dengan penonton mulai dari membalas komentar, merapihkan halaman media sosial dan membangun komunitas untuk menerima saran dan kritik.

Setelah itu, anda harus membuat thumbnail video yang menarik, judul yang bagus dan deskripsi yang lengkap. Dengan itu, video anda akan masuk daftar rekomendasi youtube dan masuk video teratas kata kunci pencarian.

Baca Juga

Cara Beli Paket Internet XL Streaming Youtube 2021 Unlimited 24 Jam

5 Tips Menjadi Pelajar Pintar Era Digital Milenial

5 Tips Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik disukai penonton

[Panduan Lengkap 2021] Belajar Cara Mendapatkan Uang di Youtube Untuk Pemula

Menjadi youtuber sukses

 

Youtube adalah tempat berkumpulnya jutaan video – video yang bermanfaat untuk penonton, semua jenis video tersedia di youtube mulai dari kesehatan, tips & trik, bermain game, eksperimen dan lain sebagainya.

Menjadi seorang konten kreator youtube tidak semudah membalik telapak tangan, anda harus bekerja cerdas siang dan malam, mengedit dan merekam video seharian demi menarik pengguna youtube dan bisa terkenal serta menghasilkan banyak uang.

Para pemula kebingungan bagaimana cara memulai channel youtube, mereka biasanya asal upload video dan tidak peduli dengan kualitas video, info konten dan konsistensi channel. Disini, saya akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara menghasilkan uang dari youtube untuk pemula supaya anda tidak tersesat ke cara yang salah dan malah menghancurkan channel anda sendiri.

1. Program partner Youtube

Youtube partner program

 

Pertama tama untuk mendapatkan uang dari youtube adalah bergabung dengan partner program youtube, anda akan langsung bekerja sama dengan google dan memunculkan semua persentase iklan di video anda.

Untuk bergabung dengan partner program, anda harus berusia 18 tahun atau mempunyai orang dewasa yang bertugas untuk mengurus keuangan, kemudian ada persyaratan khusus untuk channel anda. Program partner hanya menerima channel yang mempunyai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Channel anda harus mengikuti kebijakan Youtube dan harus ramah pengiklan, artinya tidak ada konten dewasa atau penyebutan dan gambaran yang menunjukkan penonton dewasa. Masalahnya, kebijakan Youtube selalu berubah setiap waktu, anda harus rutin mengecek web Youtube untuk melihat kebijakan baru.

Setelah diterima program partner Youtube, anda harus mengaktifkan monetisasi di channel dan mendapatkan penghasilan saat orang lain menonton video anda. Untuk channel besar dan penggemar setia, ada program membership channel yang membuat penonton bisa mengakses konten eksklusif.

Manfaat membership channel adalah mendapatkan badge dan emoji khusus yang membuat penonton tersorot di kolom komentar. Penonton setia juga bisa mendapatkan video khusus, live streaming dan live chat.

Hanya channel yang sudah bergabung di partner Youtube saja yang bisa mendaftar membership channel, anda harus memenuhi syarat – syarat tertentu. Subscriber yang dibutuhkan juga lebih besar yaitu 30.000 subscriber, jika anda mengalami masalah saat mendaftar atau tidak memenuhi syarat maka gunakan situs pihak ketiga seperti patreon.

Perbedaannya, manfaat eksklusif tidak akan didapatkan penonton secara langsung di Youtube tapi  dikirimkan ke aplikasi patreon melalui E-mail.

2. Menjual merchandise

Cara mendapatkan uang dari Youtube adalah dengan menjual merchandise, anda mungkin mempunyai desain logo yang unik untuk channel, bisakah dipasang di kaos, cangkir, gantungan kunci dan lain – lain. Jika bisa maka lakukan saja untuk menambah penghasilan anda dari Youtube.

Ada puluhan situs web E-commerce yang bisa membantu anda membuat barang dagangan bagus dan pasti diincar oleh subscriber setia channel anda. Jika anda mempunyai 10.000 subscriber maka anda bisa mempunyai galeri barang dagangan sendiri yang tersedia di bagian bawah video anda.

Galeri yang ada akan menampilkan semua barang terbaik dari anda, jika ada penonton yang melihat dan tertarik maka mereka akan membelinya. Sebelum itu, anda harus mengetahui situs merch yang disetujui google supaya barang anda bisa dijual dan terlihat di bawah video.

3. Live streaming

Live streaming adalah cara yang baik untuk menghasilkan uang dari Youtube, buat jadwal live streaming anda mungkin seminggu sekali atau sebulan dua kali. Penghasikan dari live streaming bisa menutupi biaya produksi video sehingga tidak memberatkan konten kreator.

Anda bisa mulai dengan menjawab pertanyaan dari penonton, memberitahu rencana selanjutnya dan memberi tahu video yang akan diupload selanjutnya. Live streaming Youtube menyediakan super chat dan super sticker, penonton bisa berdonasi supaya komentar mereka disorot selama beberapa menit di bagian live chat.

Dengan menjawab pertanyaan yang disorot atau memasang target donasi, penonton akan lebih terdorong untuk berdonasi dan anda pun akan mendapatkan uang. Anda bisa melakukan live streaming di beberapa situs populer seperti patreon dan twitch.

4. Program afiliasi

Program afiliasi

 

Selain iklan langsung dari video, anda bisa bergabung dengan program afiliasi. Anda hanya perlu mendaftar di situs web tertentu dan menaruh link di deskripsi video, jika penonton bertanya tentang produk yang anda punya maka berikan link ke situs web yang sudah anda daftarkan, saat penonton tertarik dan membeli barang tersebut maka anda akan mendapatkan imbalan.

Beberapa merk memberi kode diskon kepada penonton di channel anda, saat penonton memakai kode diskon tersebut maka anda akan mendapat keuntungan. Penonton mendapatkan kode diskon untuk potongan harga barang yang ingin dibeli sedangkan anda mendapat imbalan karena mengantarkan mereka ke situs web yang dituju.

Youtube juga menyarankan anda untuk terbuka pada link afiliasi, semakin transparan channel ands maka semakin baik. Tidak ada penonton yang ingin dibohongi oleh konten kreator.

Cara lain adalah menjual tempat di akhir video untuk channel baru, banyak channel kecil yang mencari promosi dan jika anda mempunyai banyak subscriber maka anda bisa menayangkan potongan video konten kreator lain di akhir video anda maka anda akan mendapat imbalan.

Jika anda ingin seperti pengusaha, anda bisa membuat merk sendiri dan menggunakan Youtube sebagai media promosi. Penjualan akan lebih cepat jika sudah mempunyai penonton setia yang selalu melihat produk baru anda.

Channel yang mempunyai genre tertentu, anda bisa menjual kelas online. Misalnya channel kecantikan atau fashion bisa menjual preset kecantikan untuk foto Instagram dan channel memasak bisa menjual teknik tertentu saat memasak.

Cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube

Cara lainnya

 

Anda bisa mendapatkan uang dari berbagai merek dengan menampilkan produk mereka di video anda, untuk channel kecil sebaiknya minta produk gratis yang nanti ditukarkan dengan promosi video. Banyak sekali channel kecil yang awalnya mengirim email ke merek dan mengusulkan kerja sama.

Anda harus tentukan topik utama channel dan tentukan produk yang cocok untuk penonton anda, untuk hal ini anda bebas negoisasi persyaratan dan harga. Beberapa merk ingin anda membicarakan produk mereka selama 30 – 60 detik, sementara merk lainnya ingin anda mencantumkan nama produk di judul atau membuat video khusus tentang produk mereka.

Anda harus memberitahu bahwa anda melakukan sebuah promosi, buka pengaturan video lanjutan dan centang opsi video berisi promosi berbayar. Dengan melakukan ini maka anda akan terhindari dari masalah dengan Youtube dan penonton setia.

Jika semua tips gagal

Anda harus fokus pada channel dan branding, cari target pasar dengan cara yang berbeda tentunya dengan versi anda sendiri. Buatlah video dengan konsep yang berbeda dengan youtuber lainnya supaya ciri khas channel bisa dikenal banyak orang dan mulai terkenal.

Jangan lupa untuk membeli peralatan yang cukup untuk membuat video, suara anda harus jelas dan jernih, kualitas video harus bagus dan cerah. Hal ini akan membuat penonton puas dengan konten yang disajikan dan mereka tentunya akan menyukai channel anda.

Ikuti kelas akting dan pidato supaya anda bisa mengekspresikan peran anda dengan sungguh – sungguh di depan kamera. Setelah membuat video kualitas tinggi untuk menarik minat penonton, anda harus konsisten mengunggah video di channel.

Dengan rutin mengupload video maka video anda akan muncul di beranda penonton dan rekomendasi video, tentunya mereka akan mengingat channel anda dan mulai menonton setiap video yang ada. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mengatur jadwal upload video Youtube dengan sempurna.

Jangan sekali – kali mencoba cara mudah supaya channel banyak subscriber, membeli subscriber dan jam tayang tidak akan membuat channel anda sukses besar. Selain itu, anda harus terus berinteraksi dengan penonton mulai dari membalas komentar, merapihkan halaman media sosial dan membangun komunitas untuk menerima saran dan kritik.

Setelah itu, anda harus membuat thumbnail video yang menarik, judul yang bagus dan deskripsi yang lengkap. Dengan itu, video anda akan masuk daftar rekomendasi youtube dan masuk video teratas kata kunci pencarian.

Baca Juga

Cara Beli Paket Internet XL Streaming Youtube 2021 Unlimited 24 Jam

5 Tips Menjadi Pelajar Pintar Era Digital Milenial

5 Tips Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik disukai penonton

Aplikasi Nonton TV Online Streaming Gratis 2021 Tanpa Kuota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *