Cara Mendapatkan PIN dari Google AdSense agar Segera Dikirim oleh Kantor Pos

By | Juni 27, 2020
Cara Mendapatkan PIN dari Google AdSense

Cara Mendapatkan PIN dari Google AdSense – AdSense merupakan salah satu program Google di mana para mitranya dapat menjadi publisher iklan yang telah Google AdSense sediakan.

Akan menjadi suatu kebanggan tersendiri ketika kita sudah diterima menjadi publisher AdSense.

Bagi kalian yang sudah memiliki pengalaman pertama diterima Google AdSense, kalian pasti bisa merasakan bagaimana indahnya momen-momen tersebut setelah kita melewati proses yang cukup panjang.

Hal ini dikarenakan bahwa pada kenyatannya tidak mudah untuk bisa diterima menjadi publisher Google AdSense

Jika kamu menjadi salah satu Blogger atau YouTuber yang sudah berhasil menayangkan iklan dari AdSense, maka Selamat! Karena ini akan menjadi langkah awal bagi kamu untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari Google AdSense.

Seperti yang kita tahu bahwa pendapatan yang akan kita peroleh dari AdSense berasal dari iklan yang diklik oleh pengunjung.

Sistem seperti ini dalam dunia periklanan dinamakan sistem CPC atau Cost per Click, yang artinya publisher akan dibayar ketika ada klik pada iklan yang ditayangkan.

Penghasilan atau saldo dari iklan AdSense akan sementara di simpan pada penyimpanan virtual di halaman Google AdSense, dan hanya bisa dicairkan ketika sudah mencapai ambang batas pembayaran yakni senilai Rp. 1.300.000,-

Nah, yang paling penting adalah ketika kamu baru pertama kali mencairkan penghasilan dari Google AdSense, selain harus memenuhi ambang batas pembayaran, perlu juga melewati proses-proses berikut:

  1. Melakukan Verifikasi Identitas Google AdSense menggunakan KTP/SIM/Pasport
  2. Menambahkan Metode Pembayaran Google AdSense, maksudnya adalah dengan cara apa kamu mencairkan penghasilanmu nanti. Biasanya akan diarahkan untuk menggunakan metode pembayaran melalui Transfer Bank.
  3. Melakukan Verifikasi Alamat Rumah, dan usahakan alamat yang kamu daftarkan harus benar-benar sesuai alamat KTP.

Nah, pada poin ketiga inilah, Google akan mengirimkan PIN ke alamat rumah yang kita daftarkan guna untuk memastikan, apakah alamat yang kita daftarkan itu benar-benar alamat kita atau alamat palsu.

Kapan PIN Google AdSense Dikirim?

Google AdSense akan mengirimkan PIN untuk memverifikasi kebenaran alamat rumah yang kamu daftarkan setelah saldo pembayaranmu sudah mencapai 10% dari ambang batas pembayaran.

Setelah saldomu sudah sampai 10% dari ambang batas pembayaran, kamu perlu memverifikasi identitas dan metode pembayaran terlebih dahulu. Setelah itu baru.. PIN akan otomatis terkirim ke alamat rumah yang kamu daftarkan di Google AdSense.

Jadi pastikan kamu sudah menginput alamat rumah di akun AdSense dengan benar dan sesuai KTP, agar PIN bisa selamat sampai tujuan.

Berapa Lama PIN AdSense Sampai di Rumah?

Biasanya saat proses menunggu kedatangan PIN AdSense ke rumah, akan muncul kartu di beranda AdSense untuk menginputkan PIN yang tiba nanti.

Di kartu tersebut biasanya muncul notifikasi agar kamu bersabar menunggu selama kurang lebih 2 hingga 4 minggu. Berarti paling lama 30 hari lah ya.

Nah, tapi apakah benar PIN akan datang ke rumah tidak lebih dari 30 hari?

Tentu saja tidak, karena tidak menutup kemungkinan akan ada hambatan selama proses pengiriman PIN AdSense ke rumah kamu.

Biasanya yang menjadi penghambat adalah PIN terhenti di Kantor POS dan terbengkalai sehingga PIN tak kunjung datang ke rumah.

Nah, bagaimana untuk mengatasi hal ini? Berikut akan saya jelaskan berdasarkan pengalaman saya, dan 100% PIN langsung bisa sampai rumah keesokan harinya.

Semoga saja setalah mengikuti tutorial ini, bisa membuat PIN yang kamu tunggu-tunggu langsung datang keesokan harinya, sesuai dengan pengalaman saya.

Cara Mendapatkan PIN AdSense yang Tak Kunjung Datang

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa PIN AdSense tidak selalu datang tepat waktu sesuai dengan perkiraan kita. Ada saja faktor penghambat pengiriman PIN AdSense sehingga membuat PIN tak kunjung datang ke rumah.

Seperi halnya yang saya alami, AdSense mengirim PIN ke rumah saya sejak 20 April 2020, akan tetapi baru sampai pada tanggal 4 Juni 2020. Berarti kurang lebih saya harus menunggu selama 45 hari.

Karena saya tidak sabar menunggu, akhirnya saya baca-baca artikel yang membahas seputar permasalahan PIN AdSense yang tidak kunjung datang. Selain itu sempat juga saya tanyakan ke temen-temen yang sudah lebih dulu menerima PIN AdSense.

Dari situ, saya bisa menyimpulkan apa yang harus saya lakukan agar PIN segera dikirim dan datang ke rumah saya. Berikut yang saya lakukan sehingga PIN AdSense langsung dikirim oleh pak Pos pada keesokan harinya:

1. Datang ke Kantor Pos Cabang Kecamatan

Yang wajib kamu lakukan saat PIN AdSense tak kunjung datang adalah dengan langsung mengeceknya ke Kantor Pos Cabang Kecamatan, sesuai dengan alamat yang kamu daftarkan.

Datang ke kantor pos untuk mengecek PIN AdSense
Gambar dari Pinterest

Untuk mengeceknya, kamu tinggal datang ke sana, langsung tanyakan apakah PIN AdSense atas nama mu ada di sana atau tidak. Biasanya tidak perlu antri karena kamu bukan hendak mengirim barang.

Langsung tanyakan saja, “Permisi pak/bu, saya mau ngecek. Amplop PIN Google AdSense atas nama.. (.. yang kamu daftarkan di AdSense) dengan alamat.. (.. sesuai yang kamu daftarkan di AdSense) sudah datang belum ya?

Biasanya pihak kantor pos sudah faham apa yang kamu cari, saya sendiri juga demikian. Saya tidak perlu ngomong panjang lebar karena mereka sudah mengerti apa maksud tujuan saya setelah saya ajukan pertanyaan seperti itu.

Akan tetapi jika pihak kantor Pos tidak mengerti tentang Amplop PIN AdSense yang kamu cari, coba kamu tunjukkan contoh amplop PIN AdSense dalam bentuk gambar yang bisa kamu cari di internet. Begitu saran yang saat itu saya dapat dari temen-temen yang lebih dulu mendapatkan PIN AdSense.

Jika ternyata PIN mu sudah ada di sana, maka Selamat! karena yang kamu tunggu-tunggu akhirnya bisa kamu dapatkan juga.

Namun bagaimana jika ternyata di kantor kecamatan juga belum ada? Saya jelaskan di poin kedua di bawah ini..

2. Minta Kontak Pihak Kantor POS

Jika ternyata Amplop PIN AdSense milikmu belum sampai di kantor POS, cobalah untuk meninggalkan nomormu di sana agar ketika PIN mu datang, kamu bisa meminta untuk dihubungi oleh petugas kantor POS.

Tapi, akan lebih bagus lagi jika kamu mendapatkan nomor dari petugas POS, apalagi nomor dari karyawan kantor POS yang tugasnya mengirimkan barang ke rumah-rumah.

Sempat saya mencoba untuk meninggalkan nomor di sana tapi sepertinya tidak di gubris (karena mereka cukup sibuk dan saya juga lupa ga bawa kertas dan bulpoin), alhasil saya coba untuk meminta nomor dari salah satu petugas yang ada di sana.

Dan ternyata saya diberi nomornya pak POS yang bertugas untuk mengirimkan barang ke rumah-rumah.

Sampai rumah, saya langsung menghubungi nomor tersebut melalui WhatsApp. Saya jelaskan bahwa saya adalah orang yang tadi mencari PIN AdSense di kantor POS kecamatan blablabla.

Tidak lupa juga, saya menyertakan nama lengkap dan alamat rumah lengkap sesuai yang terdaftar di AdSense, dengan harapan agar pak POS bisa segera mengirim ke rumah saya ketika PIN tiba di kantor POS.

Namun ternyata WA saya tidak dibalas, agak khawatir memang barangkali pesan saya tenggelam.

Tapi pada keesokan harinya yakni pada 4 Juni 2020 sekitar pukul 13:35 WIB, pas saya lagi enak-enaknya ngeblog, ternyata pak POS datang dan menghantarkan Amplop PIN AdSense yang saya tunggu-tunggu selama 45 hari.

Saya sangat senang sekali rasanya, saya menyambut pak POS dengan senyum lebar karena sangat gembira sekali saat itu.

Bahkan beliau sempat mohon maaf dan memberikan penjelasan karena PIN lama tak kunjung datang, tapi karena hati rasanya masih senang saya tidak menggubris omongan beliau, cuman saya iya-iya in aja yang penting PIN AdSense yang saya tunggu sudah sampai.. wkwk

Nah, setelah itu langsung saya tunjukkan ke orang tua saya dan respon mereka tentu senang untuk mengetahuinya.

Setalah mendapatkan PIN AdSense, saya langsung menginputkan PIN tersebut ke kartu yang ada di beranda akun AdSense guna memverifikasi alamat. Karena kalau tidak, maka penghasilan saya akan ditangguhkan dan saya tidak akan bisa mencairkan penghasilan saya dari AdSense.

Nah jika sudah menghubungi pak POS namun PIN AdSense tak kunjung datang, maka coba ikuti penjelasan berikutnya di bawah ini..

3. Datang ke Kantor Pos Kabupaten

Kenapa ini tidak saya letakkan di awal? Karena bisa jadi PIN AdSensemu sudah sampai di Kantor Pos kecamatan.

Daripada jauh-jauh nyari di Kantor Pos kabupaten tapi ternyata sudah sampai di Kantor Pos kecamatan kan?

Nah, untuk mengecek PIN AdSense di Kantor Pos Kabupaten, bisa kamu lakukan seperti yang saya jelaskan pada tahap pertama tadi.

Tanyakan saja PIN AdSensemu di sana apakah sudah datang atau belum. Dan jangan lupa untuk mendapatkan kontak pihak Kantor Pos di sana.

Dari pengalaman blogger lain yang saya baca, ada juga PIN AdSense yang nyantol di Kantor Pos kabupaten.

Mungkin karena suatu hal sehingga tidak kunjung di kirim ke Kantor Pos Kecamatan.

Oh ya sedikit informasi, jangan lupa bawa uang saat ke kantor Pos karena biasanya ada tukang parkir hehe..

Apa yang Dilakukan Selanjutnya?

Setelah kamu berhasil mendapatkan PIN dari AdSense, kamu bisa langsung menginputkan PIN tersebut ke kartu verifikasi alamat yang ada di beranda AdSense.

Jangan lupa untuk terus meningkatkan penghasilan dari AdSense. Karena setelah mendapatkan PIN bukan berarti Pembayaran bisa langsung kamu cairkan, sebelum kamu mencapai ambang batas pembayaran yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Setelah penghasilan kamu sudah terkumpul, baru bisa kamu cairkan ke rekening mu, bisa juga lewat WU atau Western Union tergantung metode pambayaran apa yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Dari apa yang saya jelaskan di atas, bisa kita simpulkan bahwa:

  1. Kedatangan PIN AdSense tidak selalu dalam rentang waktu 2 hingga 4 minggu, bisa lebih atau bisa kurang.
  2. Jika PIN AdSense tak kunjung datang juga, silahkan cek di kantor Pos, baik di Kabupaten maupun cabang Kecamatan.
  3. Kedatangan PIN AdSense bukan berarti penghasilanmu bisa langsung dicairkan, penghasilan hanya bisa dicairkan setelah sudah memenuhi batas ambang pembayaran yakni sebesar Rp. 1.300.000,-

Jadi walau PIN AdSense sudah datang, semangat untuk membuat konten tidak boleh hilang. Karena tanpa adanya konten tidak mungkin kita bisa mendapatkan penghasilan dari AdSense.

Sampai sini artikel yang saya tulis mengenai Cara Mendapatkan PIN dari Google AdSense agar Segera Dikirim oleh Kantor Pos, semoga artikel ini mudah difahami dan bermanfaat!

Jangan lupa baca artikel lain yang juga membahas seputar Google AdSense.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *