Cara Membuka File Ekstensi .Com atau MS-DOS Application pada Windows 7, 8, 10

By | Desember 14, 2019
Contoh File Ekstensi Com Atau MS-DOS Operation File
Saya tebak kalian yang berkunjung ke artikel blog ini pasti ingin mencari tahu tentang apa itu jenis file MS-DOS Application. Seharusnya jenis file seperti ini tidak lagi dapat dijumpai pada generasi komputer seperti sekarang ini, yang mana hampir sebagian besar sudah menggunakan antarmuka grafis atau lebih dikenal GUI.
Pasalnya jenis file ini biasanya hanya akan dijumpai atau seringkali dijumpai pada komputer yang masih menggunakan MS-DOS sebagai sistem operasinya. Lalu bagaimana jenis file ini tiba-tiba bisa ada pada komputer atau laptop kita?
Secara umum jenis file MS-DOS Application ini dapat berada pada komputer atau laptop kita disebabkan oleh beberapa faktor, dan secara umum biasanya didapatkan dari website, baik secara sengaja (download) maupun tidak secara sengaja. Akan tetapi ada juga yang disebabkan oleh user-error atau kesalahan pengguna, misalnya seperti tidak sengaja menyimpan file konfigurasi dengan nama atau akhiran file ”.Com”.
Yang menjadi warning-nya adalah tidak semua jenis file ini adalah safe alias aman. Oleh sebab itu seharusnya Kita dapat lebih berhati-hati lagi sewaktu sedang berselancar di internet. 

Sekilas Mengenai Apa Itu MS-DOS

MS-DOS adalah singkatan dari Microsoft Disk Operating System, yaitu sebuah sistem operasi yang berbasis teks atau CLI yang banyak digunakan pada komputer IBM-PC dan komputer-komputer yang kompatibel pada masanya. Perusahaan pembuat sistem operasi ini adalah Microsoft, sebelum pada akhirnya dukungan terhadap sistem operasi ini dihentikan secara perlahan dan digantikan dengan mulai dikembangkannya sistem operasi yang lebih interaktif, berbasis antarmuka atau yang lebih dikenal dengan sebutan GUI, yakni sistem operasi Windows.
Oleh karena itu tipe file seperti MS-DOS Application ini seharusnya sudah jarang ditemukan pada komputer atau laptop zaman sekarang, apalagi dengan semakin banyaknya vendor atau perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba mengembangkan sistem operasi yang nyaman bagi penggunanya, sebut saja misalnya Mac OS yang dimotori perusahaan hardware dan software ternama di dunia, Apple.
Akan tetapi, meskipun tidak lagi digunakan sebagai sistem operasi utama dari komputer, MS-DOS ini masih dapat Kita akses melalui CMD atau Command Prompt, yang merupakan software terminal bawaan sistem operasi Windows.
Selengkapnya pembahasan tentang sistem operasi MS-DOS dan bagaimana perkembangannya di dunia komputer, silakan kunjungi sumber berikut:

Langkah-Langkah Cara Membuka Jenis File MS-DOS Application pada Sistem Operasi Windows

Tipe file MS-DOS Application adalah suatu file yang terdapat pada komputer, yang hanya bisa dijalankan atau dibuka melalui terminal Command Prompt pada sistem operasi Windows. Pada komputer zaman sekarang, keberadaan jenis file ini seringkali dianggap membahayakan karena diidentikkan sebagai virus.
Makanya tidak jarang orang yang tidak begitu mengetahui jenis file ini paling tidak akan kebingungan apa isi daripada file tersebut, dan bahkan mungkin ada yang sampai merasa khawatir akan keberadaan file tersebut pada komputer atau laptop mereka.

Bagi Kalian yang ingin tahu sebenarnya apa sih isi dari file jenis MS-DOS Application ini, lalu bagaimana cara kita untuk bisa membuka file tersebut, karena ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa isi dari file tersebut sebelum kita menjalankan atau mulai menggunakan file tersebut. Dan tentunya hal ini adalah untuk melindungi komputer atau laptop kita tetap aman.

Lantas bagaimana cara membukanya, berikut langkah-langkah membuka jenis file MS-DOS Appication pada sistem operasi Windows.

1. Penting Untuk Mencari Tahu Dari Mana File Berasal

Pertama kali yang harus kita lakukan sebelum membuka jenis file MS-DOS Application ini, ada baiknya kalau kita mencari tahu terlebih dahulu dari mana file ini berasal, apakah dari internet, atau karena user-error atau kesalahan pengguna.
Jika berasal dari internet, maka file tersebut kita dapatkan dari jalan tidak lain adalah download, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Jika bukan karena Anda memang men-download file tersebut, maka ada kemungkinan kalau file tersebut memang sengaja diselundupkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab agar diikutkan pada file atau paket download sewaktu Anda sedang men-download sebuah file.
Jika bukan didapat dari internet, maka besar faktor penyebab keberadaan file tersebut berikutnya adalah karena user-error atau kesalahan pengguna. Kesalahan pengguna yang dimaksud misalnya begini, Anda sedang menjalankan sebuah program atau aplikasi, kemudian setelah selesai Anda akan menyimpan file tersebut. Pada saat Anda akan menyimpan file inilah letak dari kesalahan penggunanya, seperti Anda memberi nama file dengan akhiran “.Com”.

 2. Siapkan Aplikasi Ekstrak File (Winrar)

Dalam hal ini bebas sobat mau ekstrak pakai aplikasi apa, recommanded silakan gunakan Winrar. Selanjutnya adalah pastikan aplikasi Winrar telah terinstal pada komputer/laptop. Untuk versinya bebas, rekomendasi gunakan versi terbaru.
Aplikasi Winrar

3. Ubah Format File MS-DOS Menjadi File Zip

Selanjutnya silakan ubah format file MS-DOS nya ke dalam bentuk Zip. Caranya klik kanan file -> Send to -> Compressed (zipped) folder.
Compressed File to Zip
Sehingga hasilnya berupa folder Zip seperti berikut.
Result File Zip

4. Klik 2 Kali File dalam Format Zip Tersebut

Selanjutnya silakan klik 2 kali file Zip tersebut.
Membuka File Zip dengan Winrar
Terakhir klik 2 kali pada file MS-DOS nya, dan silakan cek apa isi dari file MS-DOS tersebut.
Membuka Isi File MS-DOS
Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *