Cara Membuat Paper Bag Pengganti Kantong Kresek

By | September 4, 2020
Cara Melipat Paper Bag
Sejalan dengan gencarnya kampanye mengurangi Kantong Kresek / Kantong Plastik di seluruh dunia ! Maka muncul pula berbagai macam ide dan inovasi baru untuk mencari bahan alternatif pengganti Plastik yang lebih ramah lingkungan, salah satunya ada dengan memanfaatkan Kertas – kertas bekas yang di lipat menjadi Kantong Belanja, atau yang biasa kita kenal dengan nama Paper Bag ! Sebenarnya di luar negeri penggunaan Paper Bag untuk kantong belanja sudah populer sejak lama, mengingat kesadaran akan kelestarian lingkungan sudah tertanam sejak lama di kehidupan masyarakat tersebut ! Khususnya di Negara Maju seperti Amerika dan Jepang, Paper Bag bukanlah barang baru di dalam kehidupan sehari – hari mereka, Kalau di Indonesia sih sepertinya baru belakangan ini saja Paper bag itu mulai populer dampak dari pelarangan penggunaan kantong kresek di Super Market sampai ke Mini market dan pasar – pasar moderen, sebagai alternatif untuk membawa barang – barang belanjaan, mereka menyediakan Kantong – kantong Belanja yang terbuat dari kain sebagai pengganti kantong Kresek, namun ada juga toko – toko yang sudah mulai menggunakan Kantong yang terbuat dari kertas. Emang sih Paper Bag ini sudah umum di pakai oleh tukang Beras di Pasar untuk mengantongi beras yang kita beli, biasanya kantong beras tersebut terbuat dari Kertas Bekas Kantong Semen yang Berwarna Coklat ! Paper Bag juga sering di gunakan di gerai – gerai Ayam Goreng dan Penjual cemilan Jaman Now ! Jika kita perhatikan, Kebutuhan akan paper Bag di masa yang akan datang tentunya akan meningkat hingga ratusan kali lipat di bandingkan saat ini, karena salah satu alternatif pengganti Kantong Kresek yang paling familier di masyaratkat indonesia adalah kantong dari kertas / Paper Bag !  Mengingat Peluang usaha Paper Bag ini sangat bagus kedepannya, maka gak ada salahnya jika kita mulai Mempelajari Bagaimana Caranya Bikin Paper Bag Sendiri dan Jika sudah Mahir Bisa Buka usaha Pesanan Paper Bag Juga Loh ! Gimana ? apakah kalian tertarik mempelajarinya ?

Contoh  Bahan – Bahan Paper Bag serta Model Paper Bag Jaman Now Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara — >   https://c.lazada.co.id/t/c.XPqV

Kata Nenek, Kalau Mau Usaha pasti ada Jalan ! Kalau mau dapat rejeki berlimpah harus rajin berusaha, Nah aktifitas membuat / Melipat Papar Bag Juga Merupakan sebuah usaha yang dapat mendatangkan Rejeki loh guys !  Walaupun kita terkadang gak punya modal sekalipun, tapi jika punya tekad yang kuat untuk menjadi orang sukses, maka pasti ada jalan buat kita ! Melipat Paper Bag adalah sebuah Peluang usaha yang masih cukup menjanjikan di jaman now, asal kalian punya keterampilan melipat kertas dengan cepat pasti untungnya juga besar ! di saat ini Paper Bag untuk Kantong Makanan sudah sangat banyak di butuhkan, berawal dari Tukang Tahu dan Gorengan yang pakai Paper bag dari Kertas bekas, maka kini sudah banyak bermunculan usaha – usaha jajanan jaman now yang menggunakan Paper bag seperti tukang gorengan tradisional. Kenapa Paper Bag menjadi Pilihan Pengganti Kantong Kresek, selain lebih aman untuk mengemas makanan di banding kantong kresek, Tenyata Paper Bag Juga mudah terurai di dalam tanah di bandingkan kantong Kresek ! inilah alasannya kalian perlu mempelajari cara melipat Paper Bag dengan Trampil dan Cepat !

Ok Lanjut, Sekarang kita akan coba uraikan kembali langkah – langkah / proses pembuatan alatnya berikut ini :

Langkah Pertama adalah menyiapkan Bahan – Bahan Yang di perlukan, Berupa 1 Lembar Seng / Alumunium Bekas Kaleng Biskuit yang sudah di gunting dan di ratakan permukaannya sesuai dengan pola Gambar Part, Beberapa Buah Paku dan 1 Buah Gunting, Serta Isolasi Double Tape, barang – barangnya seperti tampak di bawah ini :

Untuk Membuat Alat Bantu Pelipat Paper Bag yang 1 Jamnya bisa melipat 400 Hingga 500 Pcs Paper bag, Mari kita perhatikan Pola Potong Komponennya pada gambar berikut ini, dan satukan ke 5 part potongan komponen tersebut sesuai ukurannya :

Proses Pembuatan dan Perakitan Alat Bantu Untuk Melipat Paper Bag
Buatlah Ke 5 Pola Gambar  Part / Komponen Tersebut di atas Lempengan Seng / Aluminium, Kemudian Gunting sesuai Bentuk gambarnya.

langkah Berikutnya adalah merekatkan Part Pertama, kedua dan ke tiga dengan isolasi double Tape, kemudian Paku Part / Komponen Pertama ke Meja agar tidak bergerak saat di gunakan untuk mencetak Paper Bag.  Langkah terakhir pasang bagian ke 4 dan ke 5 di sisi samping dan atas sebagai batas  ukuran kertas yang akan kita pergunakan untuk membuat paper bag.

Untuk Proses Perakitan Komponennya Maka Berikut ini kita akan uraikan Bagaimana caranya Membuat alat bantu
Sederhana yang berfungsi sebagai Mal / pola melipat Paper Bag dengan
cepat dan rapih Hasilnya, silahkan perhatikan video
tutorialnya berikut ini :

Nah, Gampang sekali bukan ? dengan alat bantu sederhana yang baru saja kita buat tadi, akan mempermudah proses pelipatan dan pengeleman kertas untuk membuat paper bag, untuk ukuran paper bag bisa kalian sesuaikan skala ukuran mal / seng nya ! semakin besar / lebar ukuran kertas yang kita pergunakan maka akan semakin besar juga part / komponen alat bantu pelipat paper bag nya ! semoga dengan alat sederhana ini, pekerjaan melipat paper bag yang kalian kerjakan akan menjadi semakin cepat dan semakin mudah !

Next, kita juga akan mempelajari bagaimana membuat lubang untuk jing-jingan paper bag nya, selain itu kita juga akan mempelajari, berbagaimacam model paper bag lainnya yang lebih kekinian seperti contoh gambar di bawah ini :

Paper bag yang bagus adalah paper bag yang tidak mudah ambrol lipatan dan lemnya serta mampu menahan beban belajaan di dalamnya, oleh sebab itu kita perlu mempelajari tehnik pelipatan dan pengeleman bagian dasar paper bag agar tidak mudah ambrol ! Mari kita pelajari caranya sekarang !

->  BERIKUTNYA ->

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *