Cara Membuat Papan Lampu LED Acrylic Dengan Mudah dan Cepat

By | Agustus 27, 2020

Sesuai Perubahan jaman yang kian maju, tentu saja tehnologi pencahayaan ( lampu hias ) juga ikut berkembang dan semakin beraneka ragam sehingga sangat mendukung terciptanya karya – karya kreatif seperti lampu hias yang menggunakan lampu – lampu LED dan bahan Acrylic. Jika kalian berminat untuk mencoba lebih kreatif dengan menciptakan model lampu LED Acrylic sesuai dengan inovasi dan juga selera kalian masing – masing maka pada kesempatan kali ini kita bisa mempelajari langkah demi langkah Bagaimana Cara Bikin Lampu Hias LED Pakai Bahan Acrylic melalui artikel ini. Sebelum kita mulai, perlu kita ketahui bersama bahwa Acrylic adalah bahan transparan yang bisa kita ukir pemukaannya, sehingga jika disinari dengan lampu LED yang berwarna – warni maka akan terlihat karya seni yang sangat begitu indahnya, dan tentu saja lampu Acrylic dengan lampu LED ini kegunaannya dapat sebagai Lampu hias ruangan, serta bisa juga sebagai lampu tidur dengan ukiran nama – nama orang terkasih dalam hidup anda, atau bahkan bisa juga berfungsi sebagai Plat Nomor Rumah anda yang bisa menyala di malam hari. Keren kan guy’s ! Yuk Kita coba membuatnya !

Tidaklah sulit untuk membuat lampu acrylic dengan lampu LED, bahan acrylic dan lampu LED sbisa anda dapatkan informasi toko penjual berikut harganya dengan cara Klik di —> SINI

Setelah anda mengetahui informasi bahan – bahan yang akan di gunakan
untuk menciptakan karya lampu hias acrylic yang indah, maka untuk lebih
jelas bagaimana Langkah Demi Langkah Proses pembuatan Lampu Hias LED
menggunakan Bahan Acrylic silahkan simak salah satu video tutorial
berikut ini :

Bagaimana ? apakah sudah mulai ada gambaran bahwa membuat lampu hias yang indah serta kekinian dengan lampu – lampu LED dan Acrylic itu tidaklah sulit, jika masih belum jelas, anda bisa menyimak sekali lagi video tutorial di atas atau membaca uraian penjelasan langkah demi langkahnya  di bawah ini :

Bahan – bahan yang harus kita siapkan :

    Lembaran Acrylic Bening Tebal 6 atau 9 mm
    Lampu Led warna biru dan merah
    Driver lampu ( rangkaian electronik )
    Solder dan timahnya
    kabel
    Potongan Tiplek atau kayu
    Lem tembak
    Saklar
    Adaptor / Catu daya

Langkah 1 : Merangkai Lampu LED

ambil 4 buah lampu led berwarna biru dan 4 buah lampu led berwarna merah, kemudian di rangkai dengan rangkaian pararel hingga membetuk untaian sepanjang permukaan acrylic yang akan kita terangin nantinya. untuk lebih jelasnya, contoh rangkai lampu led nya bisa lihat gambar di bawah ini :

Rangkaian Lampu LED Pararel

Langkah 2 : Mengukir Permukaan Acrylic Dengan Mesin Gerinda Mini
Langkah berikutnya kita siapkan sebuah mesin gerinda mini yang bisa kita
buat sendiri dari dinamo bekas mobil mainan tamiya dimana ujung dinamo
tersebut bisa kita pasang amplas atau mata gerinda mini, sebelum kita
ukir permukaan acrylic nya sesuai pola gambar atau huruf yang kita
inginkan nantinya tampak timbul dan menyala saat di sinari cahaya lampu
led sebaiknya kita gambar permukaan acrylic dengan spodol, sehingga
dengan mudah anda mengerinda dengan mengikuti alurnya, seperti gambar di
bawah ini :

Proses Mengukir Permukaan Acrylic dengan Gerinda Mini

Setelah anda kerjakan proses pengukiran dengan hati – hati dan rapih maka nantinya anda akan dapatkan hasil seperti gambar di bawah ini :

Langkah 3 : Merekatkan Lampu LED Pada Potongan Kayu Sebagai Dudukan Acrylic

Pada tahap ini anda harus merekatkan rangkaian lampu – lampu Led Pada potongan triplek atau kayu yang berfunsi sebagai rumah lampu dan dudukan lampu Acrylic, comtoh proses bisa anda lihat pada gambar di bawah ini :

Proses Perekatan Rangkaian Lampu LED

Langkah 4 : Memasang Driver Lampu ke Rangkaian Lampu LED

Driver electronik untuk merubah cahaya lampu bisa anda beli di toko electronik atau di toko online langganan anda, karena driver lampu yang kita gunakan adalah yang paling sederhana, maka harganya pun tidak mahal, kisaran hanya 15 s/d 20 ribu rupiah saja, jika anda cari di toko online kemungkinan bisa dapat lebih murah, apalagi jika anda merakitnya sendiri.

Langkah 5 : Menyambungkan Lampu Acrylic dengan Adaptor ( Catu Daya )

Jika semua langkah di atas sudah selesai dan lampu Acrylic buatan anda sudah terpasang dengan rapih, langkah terakhir anda tinggal menyambungkan arus DC yang berasal dari Adaptor ( Catu daya ) ke rangkaian driver lampu led anda. Tralaaaaaaa lampu acrylic karya anda akan menyala dengan indah seperti gambar di bawah ini :

Karena kita menggunakan driver electronik dan dua warna lampu maka otomatis lampu acrylic buatan anda ini juga bisa berganti warna cahaya lampunya, contohnya seperti gambar di bawah ini :

Setelah anda mengikuti prosesnya bagaimana Langkah Demi Langkah Cara membuat Lampu Hias LED  Bahan Acrylic di atas, dengan metode dan proses yang sama seperti yang kita pelajari di atas, maka anda juga bisa kembangkan produk lampu hias karya anda tersebut dengan berbagai fungsi lainnya, misalnya untuk plat nomor rumah seperti gambar di bawah ini.

—>  SELANUTNYA ->

Untuk Informasi kwalitas, harga bahan – bahan serta contoh – contoh produk Lampu Hias LED Acrylic di jaman sekarang bisa —>

http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *