Cara Mudah Membuat Label CD/DVD (Lengkap di Microsoft)

By | September 22, 2020

Cara Mudah Membuat Label CD/DVD (Lengkap di Microsoft) – Cover CD biasanya dibuat untuk mempermudah kita untuk menandai agar tidak mudah tertukar isi atau datanya.Sebenarnya si mudah saja ngeceknya, tinggal masukkan ke DVD selesai. Tapi kan butuh waktu juga….Untuk itu kita butuh membuat cover CD, biasanya yang paling penting dibuat cover CD nya adalah CD Skripsi yang akan kita kumpulkan ke Perpustakaan menjelang wisuda dari Kampus tercinta.Untuk membuat cover CD saat ini sangatlah mudah, karena Mic. Word sendiri sudah menyediakan fitur untuk memberikan label pada CD.Namun, untuk menampilkan fitur tersebut kita harus menggunakan sambungan Internet.Caranya, buka Mic. Word Klik New dan klik LABEL, kemudian cari di kotak pencarian CD, maka akan muncul label CD.Kemudian Klik Download

label cd

Selanjutnya kita sesuaikan isi text, gambar dan lainya.

Label

 Maka cover/label CD nya sudah siap untuk di print, siapkan printer, kertas stiker label CDPosisikan Kertas di tengah dengan menggeser tempat kertas pada printer ke tengah seukuran kertas Label CD.

Cara Membuat Cover Label CD-DVD di Microsoft Word

Untuk bisa membuat cover label CD/DVD dengan Microsoft Word, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Microsoft Word

Pertama Anda buka program Microsoft Word yang ada pada PC atau leptop Anda. Anda juga bisa memakai Microsoft Word 365 Online.

Setelah Microsoft Word Anda siap, pada bagian File → New kita akan mencari template. Masukan kata kunci “CD” atau “DVD”.

2 langkah cara membuat cover label CD-DVD di Microsoft Word
Masukan kata kunci “CD” atau “DVD” pada kotak pencarian template

Jika Anda tidak menemukan template, Anda bisa men-download pada link di bawah:

Setelah Anda men-download dua file di atas. Anda akan mendapatkan file bernama “CD or DVD Cover.dotx” dan “CD or DVD.dotx“.

File dengan nama “CD or DVD.dotx” adalah template untuk kepingan bulat. Sedangkan file bernama “CD or DVD Cover.dotx” adalah untuk cover.

Klik dua kali untuk membuka file tersebut. Pastikan Anda memiliki Microsoft Word yang sudah di-install pada PC atau leptop Anda.

2. Edit Tempate CD-DVD

Langkah kedua adalah melakukan editing. Baik itu untuk template keping CD-DVD atau untuk cover CD/DVD. Caranya sangat mudah.

Pada contoh di bawah, saya mengunakan template keping CD-DVD. Ukuran kertas pada template ini sudah disesuaikan dengan ukuran CD-DVD sebenarnya.

Edit bagian CD-DVD pada template
Edit bagian CD-DVD pada template

Untuk mengganti latar belakang keping CD-DVD, Anda bisa memasukan gambar yang besar di luar garis CD-DVD. Tidak apa-apa keluar garis, toh nantinya akan Anda gunting bukan?

Caranya adalah dengan arahkan kursor pada area CD-DVD. Lalu pilih menu Insert → Picture → Picture From File…. Pilih gambar yang Ada pada komputer atau leptop Anda.

Agar garis CD/DVD tidak tertutupi gambar. Pilih menu Picture and Format → Wrap Text → Behind Text.

Gunakan formating Behind Text untuk membuat gambar di belakang garis CD-DVD
Gunakan formating Behind Text untuk membuat gambar di belakang garis CD-DVD

Selanjutnya untuk membuat cover-nya, Anda bisa membuka template Cover.

Ada dua bagian pada template Cover. Cover untuk bagian depan dan cover untuk bagian belakang.

Edit tampilan cover CD-DVD
Edit tampilan cover CD-DVD

Cara untuk edit cover CD-DVD tidak jauh berbeda dengan cara yang dilakukan pada bagian edit template untuk keping CD-DVD sebelumnya. Anda bisa mengganti gambar atau text. Yang membatasi pada proses editing ini hanyalah kreativitas Anda.

3. Cetak pada Kertas Khusus CD-DVD

Ok, setelah semuanya selesai. Anda bisa mencetak cover CD-DVD yang baru Anda buat. Sedikit tips, jika Anda akan melakukan printing di luar. Ada baiknya Anda menyimpan file ini dalam format PDF dengan ukuran kertas yang sama.

Kenapa?

Dengan menyimpan sebagai PDF, Anda sudah mengunci layouting dan format cover. Dengan mengunci layout dan format, kita memastikan bahwa hasil print akan sama percis dengan apa yang di tampilkan di PDF.

Selanjutnya Anda bisa mencetaknya pada kertas khusus untuk CD-DVD. Kertas ini berbeda dengan kertas HVS yang biasa Anda pakai.

**

Bagaimana? mudah bukan?

Saya yakin dengan sedikit kreativitas saja Anda sudah bisa membuat Cover CD-DVD yang bagus dan profesional. Template CD DVD di atas, selain bisa Anda download pada link download yang sudah saya sediakan. Anda juga dapat men-downloadnya di gallery Microsoft Word.

Tips Mudah Membuat Label CD/DVD dengan Microsoft Punlisher

1.Cara Setting label CD dengan Microsoft publisher

Silahkan disimak baik-baik. 1. Buka Microsoft publisher sobat2. Klik label > CD/DVD label > pilih yang Blank (Avery 8931) > klik Create

cara membuat label CD part 2 (setting label CD)

 3. Klik change page size > advance > lalu atur di pengaturan custom page size seperti gambar di bawah ini. *setiap kertas label CD ukurannya kadang berbeda, silahkan sesuaikan kertas label CD yang sobat miliki dengan ukurannya masing-masing.

cara membuat label CD part 2 (setting label CD)

Keterangan Gambar:A. pangjang dan lebar pola CDB. lebar kertas label CDC. panjang kertas label CDD. jarak dari pola CD ke sampingE. jarak dari pola CD ke atasF. jarak horizontal pola CD/kertas label CDG. jarak vertical pola CD/kertas label CD Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar kertas label CD di bawah ini yang sudah di beri jarak ukuran masing-masing. Yang selanjutnya, silahkan sobat ukur kertas label CD milik sobat seperti pada contoh di bawah ini

cara membuat label CD part 2 (setting label CD)

 4. Buatlah lingkaran dengan menggunakan oval, persis menempati pola CD yangsudah disediakan

cara membuat label CD part 2 (setting label CD)

 5. Masukan gambar label CD yang kemarin telah sobat buat pada lingkaran yang tadi dibuat. Caranya ikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini

cara membuat label CD part 2 (setting label CD)

 Sampai pada tahap ini proses setting label CD sudah berhasil dilakukan, pada proses selanjutnya label CD yang telah kita buat ini tinggal di print dengan kertas label CD yang sudah di persiapkan. 

2. Cara print label CD pada Microsoft publisher

1. Masih di kerjaan kita yang tadi. Klik Ctrl + P untuk membuka lalu pilih printer yang akan sobat gunakan untuk mengeprint. Di sini saya menggunakan canon MP230. Lalu klik properties

cara membuat label CD part 2 (setting label CD)

 2. setelah di klik properties silahkan atur printer paper size menjadi custom dan sesuaikan width dan Height nya dengan kertas label CD sobat. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

cara membuat label CD part 2 (setting label CD)

 3. Setelah diatur sekarang sobat tinggal klik print untuk memulai mengeprint label CD yang sobat buat. Dan lihat hasilnya. Jika semua pengaturannya sudah benar pasti gambar yang dihasilkan akan pas menempati pola yang ada pada kertas label CD, seperti gambar di bawah ini.

cara membuat label CD part 2 (setting label CD)

 Semoga dapat dimengerti dengan baik.Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *