Cara Melaporkan Pencurian Artikel Blog Plagiat (Copy Paste) ke Google DMCA

By | Oktober 11, 2020

Teknisi Blogger – Cara Melaporkan Pencurian Artikel Blog Plagiat (Copy Paste) ke Google DMCA – Belum lama ini saya mengetahui ada sebuah blog yang telah mengcopy artikel yag ada di blog kami, dan cara copy pastenya pun lumayan membabi buta, hampir semua di copy secara mentah-mentah. dari per label seisi-isiny dan saya lihat juga hampir sama label blognya dengan label blogku karena memang mudah untuk membuat sebuah artikel jika hanya bermodal copy paste, saya saja mampu sehari 100 artikel jika hanya copy paste, namun yang menjadi pertanyaan, “apalah yang di banggakan artikel hasil dari copy paste?”

Gambar terkait
Cara Melaporkan Pencurian Artikel Blog Plagiat (Copy Paste) ke Google DMCA

Menurut cara copy paste dari blog lain tanpa ada izin saya mempunyai anggapan akan merugikan dirinya sendiri, karena harga sebuah harga diri adalah segalanya di mata pengunjung, bagaiman blog anda akan meningkat jika anda sudah terkenal sebagai raja copy paste, selain itu bisa saja merugikan bagi pemilik blog yang di copas, namun bahanya tidak seberap sih, karena artikel orisinil akan tetap jaya berbeda artikel-artikel yang hasil dari copas. mungkin hanya menambah persaingan saja.

Dan jika anda mengalami hal yang sama seperti saya yaitu banyak artikel blognya di curi (copy paste) secara mentah-mentah dan anda belum bisa menerima, dan ingin melaporkan artikel blog tersebut ke google dmca notice dengan harapan agar artikel hasil copasan tersebut di hapus oleh pihak google. emangnya mungkin google menghapus sebuah artikel? tentu karena saya juga pernah melaporkan sebuah artikel hasil copasan tersebut ke google dmca notice (namun bukan yang saat ini) yang dulu ada 1 artikelku yang di copy secara mentah-mentah dan ahirnya saya kunjungi blognya ternyata memang manjur, artikel hasil copi paste tersebut sudah tiada.

Kenapa sekarang saya tidak melaorkan artikel yang di copy paste? bukannya tidak namun belum saja, karena begitu banyaknya artikel saya yang telah di copy mungkin jika saya melaporkannya semua akan menghabiskan banyak waktu saja. selain dari pada itu kasian juga bagi yang telah mengcopy mungkin dia masih tahap beajar ngeblog, dan saya yakinkan saja suatu saat jika sudah lumayan mahir mau membuat sebuah artikel sendiri. amin 

Cara melaporkan blog yang mencuri artikel kita

Baiklah kembali ke permasalahan yaitu Cara melaporkan blog yang mengcopy artikel kita, jika anda masih belum menerima jika artikel anda di curi (copy paste) maka bisa saja anda melaporkannya kepada mr google berikut langkah-langkahnya:

You may like these posts

Lelah memang jika ngurusin blog yang suka Copy – Paste blog kita, seperti halnya pada blog a-dhea.com ini sudah puluhan postingan Blog ini di Copas oleh para blog plagiat, sudah susah payah menulis artikel di blog ini tapi dengan seenaknya mereka mengCopas artikel kita, yang paling parahnya jika RSS blog kita dicuri dan dimanfaatkan oleh Blog AGC.

AGC (singkatan dari Auto Generated Content , sebuah trik ‘hitam’ yang dapat membuat content generated dari hasil search Google/Yahoo/Bing atau search engine (SE) lainnya. Tapi , hasil search tersebut ‘diputar’ lagi untuk men-generate content baru lagi .. dari hasil search SE lagi).

Kalian tentunya tau kan salah satu penyebab turunya trafik blog di Search Engine Google itu adalah konten duplikat, faktanya justru blog AGC lebih unggul di Google dari pada pemilik konten aslinya. Seperti pada postingan ini saya membutuhkan kurang lebih 20 menit menulis konten, karena harus berpikir bagaimana agar konten berkualitas dan enak dibaca oleh visitor.

Bagi kalian yang mengalami kejadian Blog di Copy Paste oleh blog lain, disini saya akan membantu kalian mengatasi agar tidak terjadi duplikat konten kita wajib memberi peringatan kepada si pemilik Blog plagiat tersebut agar segera menghapus semua konten yang kita punya.

Namun jika mereka tidak merespon dan tetap Copy Paste konten pada blog kita, maka jangan ragu ragu untuk melaporkannya ke Google DCMA.

Menggunakan Layanan Ping Blog yang terpercaya

Hati hati jika sobat menggunakan fasilitas Ping dari situs lain yang tidak recommend bisa bisa alamat RSS blog sobat dicuri, seperti contohnya situs Babab.net (https://babab.net/domain/adhea-putra.blogspot.com) kurang lebih ada sekitar 30% konten pada blog ini di Curi, dan situs antetonline.blogspot.com juga sama sebagian besar konten pada blog ini dicuri. Jika kalian para blog plagiat tetap mencuri konten Blog saya cukup saya peringatkan kalian mencari rezeki diatas penderitaan Blogger lain itu perbuatan tercela dan akan ada pembalasannya kelak, karena hukum alam berlaku untuk kalian.

Saran saya kepada para blogger original hati hati dalam menggunakan fasilitas ping blog yang tidak kalian tau betul. Karena jika salah memilih layanan Ping Blog bisa jadi RSS blog kalian akan dicuri Blog Plagiat konten.

Lalu bagaimana menyikapi hal tersebut jika konten blog sudah terlanjur dicopas blog lain? Cara nya adalah memberi peringatan kepada pemilik blog plagiat untuk segera menghapus seluruh konten milik kita, namun jika mereka tidak merespon peringatan kita maka laporkan saja ke Google DMCA, agar segera blog tersebut hilang dari pencarian Google.

Cara Melaporkan Blog/Web Plagiat ke Google DMCA

Sekarang mari kita lanjutkan ke pokok utama, yaitu cara melaporkan Blog Plagiat ke DMCA. Dengan melaporkan blog tersebut jika di setujui oleh Google maka Blog plagiat itu akan hilang dari Search Engine Google. Begini cara melapornya :

1. Kunjungi dan login ke situs https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice
2. Jika sudah login maka akan tampil halaman beserta form seperti gambar berikut :

3. Silahkan Sobat isi dengan data seperti berikut ini :

  • First Name (isi dengan nama depan anda)
  • Last Name (isi dengan nama belakang anda)
  • Company Name (isi dengan nama perusahaan atau nama blog anda)
  • Copyright Header You Present (isi dengan self)
  • Email Address (isi dengan alamat email)
  • Country/region (pilih negara indonesia)

Jika sudah silahkan isi data “You Copyrighted Work” seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :

Silahkan isi data data yang diminta seperti data berikut ini :

  • Isi keterangan dengan pernyataan kalau Blog/Web anda sudah di copas orang lain tanpa seizin anda.
  • Silahkan isi dengan Url artikel blog anda yang di copas pada kotak no 2, data url yang bisa anda masukan adalah maksimal 1000 baris, 1 link untuk 1 baris.
  • Silahkan masukan juga Url hasil pencurian dari blog si pencuri pada kolom no 3, data url yang bisa kalian masukan hingga 1000 baris, 1 link untuk 1 baris.

Jika data diatas sudah kalian isi maka tahapan selanjutnya adalah mengisi bagian “Sworn Statement” seperti gambar berikut ini :

Silahkan isi dengan data sebagai berikut :

  • Sign on this date of, isi tanggal yang bersangkutan
  • Signature isi dengan nama lengkap anda
  • Masukan juga code Capcha

Jika data diatas sudah anda isi dengan lengkap maka klik tombol submit dan anda juga bisa memantau hasil laporan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *