Cara Masuk (Login) Akun TikTok dengan Nama Pengguna (Lengkap)

Cara Masuk (Login) Akun TikTok dengan Nama Pengguna (Lengkap) – TikTok adalah platrform sosial media berbagi video pendek yang di-upluad penggunanya. Aplikasi yang satu ini bisa dijadikan tempat untuk mencari hiburan dengan konten-konten menarik.

Layaknya sosial media pada umumnya, Kita diharuskan untuk membuat akun untuk bisa login ke dalam aplikasi. Di TikTok sendiri ada banyak pilihan login, salah satunya adalah menggunakan nama pengguna TikTok.

Selain login menggunakan nama pengguna, Kita juga bisa login menggunakan Facebook, Google, Line, Twitter, KakaoTalk. Login sendiri berarti masuk ke TikTok menggunakan metode yang sebelumnya Kita pilih saat mendaftar ya, gengs.

Salah satu pilihan yang banyak dipilih adalah login menggunakan nama pengguna dalam hal ini username atau ID. Cukup mengetahuinya, Kita sudah bisa login akun TikTok dengan nama pengguna dengan mudah.

Nah, kali ini MediaRale akan membahas mengenai cara masuk akun TikTok dengan nama pengguna. Jadi, buat kamu yang ingin tau cara login TikTok dengan nama pengguna, silahkan simak penjelasan + tutorial yang sudah ada di bawah.

Tentang Nama Pengguna TikTok

Sebelum masuk ke tutorial cara masuknya, sebaiknya kamu pahami dulu mengenai cara login akun TikTok dengan nama pengguna, jadi menggunakan pilihan “Nama Pengguna”.

Nama pengguna adalah username akun TikTok yang diawali dengan @, misalnya @mediarale. Setiap akun memiliki dua nama yakni nama yang tampil di aplikasi TikTok, sedangkan nama pengguna atau username adalah nama yang tidak tampil yang diawali dengan @.

Contohnya nama yang tampil adalah MEDIARALE dan username @Mediaralecom, jadi bisa dibuat berbeda. Nama pengguna Kita buat pada saat pertama kali membuat akun, bisa juga diatur di pengaturan profil TikTok.

Selain itu, nama pengguna tidak bisa ditiru oleh pengguna lain. Jika ingin tau cara mengetahui nama pengguna, silahkan cek tutorial selanjutnya di bawah.

Cara Mengetahui Nama Pengguna TikTok

Bagi yang sudah tau nama pengguna nya, silahkan skip ke cara masuk akun TikTok dengan nama pengguna yang ada di bawah.

Nah, bagi yang tidak tau atau lupa dengan nama pengguna akun TikTok miliknya, silahkan simak 2 cara di bawah.

Bisa Login

Jika saat ini kamu masih bisa login ke TikTok dengan akun milikmu dan ingin mengetahui nama pengguna akun, maka cukup ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Masuk ke aplikasi TikTok kamu >> Masuk ke menu Profil (Saya) >> Nah, lihat pada bagian bawah foto profil, disitu ada nama pengguna.

Cara Masuk Akun TikTok dengan Nama Pengguna

Tidak Bisa Login

Lalu bagaimana jika sudah tidak berada di dalam aplikasi dengan akun tersebut? dengan kata lain, sudah tidak bisa login.

Caranya itu dengan mengunjungi profil akun TikTok di akun lain. Misalnya di HP teman kamu, atau akun lain di HP milikmu. Tapi, kamu harus mencari tau sendiri bagaimana cara supaya bisa mengunjungi profil kamu.

Bisa menggunakan link akun yang dulu pernah kamu salin (jika ada), bisa mencari dengan nama akun yang kamu ingat, dan sebagainya. Intinya bagaimana caranya supaya kamu bisa menemukan akun atau video yang sudah kamu upload melalui menu pencarian TikTok. Setelah itu, tinggal masuk profil lalu cek username.

Cara Masuk Akun TikTok dengan Nama Pengguna

Nah, anggap saja kamu sudah mengetahui nama pengguna atau username akun TikTok yang kamu digunakan untuk login/masuk. Berikut ini cara masuk akun TikTok dengan nama pengguna:

  1. Buka aplikasi TikTok kamu.
  2. Pilih Masuk menggunakan Nama Pengguna.
  3. Pilih opsi Email dan Nama Pengguna.
  4. Nah, masukkan nama pengguna (tanpa @).
  5. Masukkan kata sandi.
    Cara Masuk Akun TikTok dengan Nama Pengguna
  6. Lalu tap Masuk.
  7. Selesai.

Jika kamu ingat kata sandi akun tersebut, maka kamu bisa login TikTok dengan nama pengguna tersebut. Jadi, tak hanya nama pengguna yang dibutuhkan, hal terpenting yang harus kamu ketahui adalah password akun tersebut.

Cara Masuk Lupa Kata Sandi Nama Pengguna TikTok

Apakah kamu lupa dengan kata sandi nya juga? Jika iya, berarti kamu harus melakukan reset kata sandi terlebih dahulu.

Pada saat pertama kali membuat akun, Kita masuk menggunakan nomor HP atau email. Nah, jika kamu masih memiliki nomor HP atau email yang digunakan dulu, berarti akun nya masih bisa diselamatkan. Tapi jika sudah hilang, rasanya sulit banget.

Berikut cara mengatasi lupa kata sandi nama pengguna TikTok saat login:

  1. Silahkan login seperti biasa.
  2. Masukkan nama pengguna.
  3. Tap lupa kata sandi.
  4. Nah, kamu akan dikirimi kode melalui nomor HP atau email.
  5. Silahkan masukkan jika ada.

Jika kamu dulu membuat akun tersebut menggunakan nomor telepon, maka bisa mengirim kode lewat nomor telepon tersebut. Tapi jika sudah tidak ada, maka mustahil bisa login kembali.

Sebenarnya masih bisa, tapi harus melalui support TikTok langsung, mungkin tutorial nya akan dibahas di lain waktu.

Cara Login Akun TikTok dengan Nama Pengguna Lewat PC (Web)

  1. Buka browser di PC atau laptop kamu.
  2. Kunjungi alamat web TikTok yakni TikTok.com
  3. Jika sudah masuk, klik Login di kanan atas.
  4. Pilih metode nama pengguna.
  5. Masukkan kata sandi.
  6. Klik Masuk.
  7. Selesai.

Cara Membuat Password atau Kata Sandi Baru Tanpa Menggunakan Nomer Telepon
Salah satu cara ketika kamu lupa alamat email, maka kamu bisa menggunakan bantuan nomer telepon. Langkah yang bisa kamu lakukan yaitu :

Setelah klik ‘Lupa kata sandi’ maka selanjutnya pilih opsi ubah sandi menggunakan email.
Kode untuk mereset sandi akan dikirim lewat email.
Masukan kode yang telah terkirim melalui email. Lalu masukan sandi yang baru.
Cara Mengatasi Apabila Lupa Email dan Nomer Handphone
Cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi kasus lupa sandi pada akun TikTok yaitu dengan menggunakan alamat email ataupun nomer telepon.

Lalu bagaimana jika lupa alamat email dan nomer telepon. Maka yang harus kamu lakukan yaitu dengan menghubungi Pusat Bantuan dan Dukungan dari Pihak TikTok.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai Cara Masuk Akun TikTok dengan Nama Pengguna. Semoga setelah membaca cara login akun TikTok dengan nama pengguna di atas dapat membantu, khususnya bagi yang ingin login ke akun TikTok kesayangan. Sekian, semoga bermanfaat.