✔ Cara Install Windows 10 Lengkap Beserta Gambarnya

By | Juni 2, 2019
Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai panduan lengkap cara install windows 10 dengan mudah dan cepat. Windows 10 merupakan sistem operasi luncuran terbaru dari microsoft. Sistem operasi ini merupakan penyempurnaan dari sistem operasi sebelumnya yaitu windows 8 dan 7. 
Pada panduan ini kami memberikan cara menginstall windows 10 menggunakan flashdisk. Kenapa menggunakan flashdisk? Karena menggunakan flashdisk merupakan cara yang paling praktis dan modern. Jika menggunakan metode install windows 10 versi lama menggunakan cd/kaset pasti membutuhkan waktu yang lama dan tentunya 
Sebelum masuk pada artikel inti kenapa sih orang ingin melakukan install sistem operasi terhadap laptopnya. Kami akan berikan beberapa alasan yang mungkin menjadi sebab orang ingin melakukan install ulang laptopnya. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa orang ingin melakukan install ulang sistem operasi. 
Salah satu penyebab atau alasan orang ingin install windows baru:
  • Laptop sudah lemot
  • Terkena virus
  • Jenuh ingin merubah suasana baru atau tampilan baru
  • Sudah tidak compatible di zaman sekarang

Persiapan Install Windows 10

Apa saja yang perlu di siapkan sebelum mulai menginstall Windows 10? berikut ini akan kami berikan hal yang perlu di siapkan oleh anda sebelum melakukan instalasi sistem operasi windows 10 ini. 

#1. Pastikan Baterai Full

Pastikan keadaan laptop dalam posisi baterai full, jangan sampai kehabisan baterai saat proses install sedang berlangsung. Upayakan laptop dalam keadaan dekat dengan charger atau bisa saat proses instalasi posisi laptop di charger saja untuk antisipasi laptop habis baterai lebih baik mencegah terlebih dahulu. 
Karena dalam proses install windows 10 membutuhkan waktu sekiranya 30 menit bahkan bisa lebih tergantung pada spesifikasi atau performa laptop anda. Semakin bagus laptop anda dan tidak bermasalah maka akan semakin cepat proses instalnya. 

#2. OS Windows 10

Siapakan file OS windows 10 tentunya yang bisa anda download di situs resmi microsoft. Caranya bagaimana anda bisa baca pada artikel ini : Cara Download Windows 10 Ori. Anda bisa mengikuti langkah langkah di atas untuk mendownload file os windows 10 untuk instalasi nanti. 

#3. Siapakan Rufus dan Flashdisk

Apa itu rufus? Rufus merupakan software yang di gunakan untuk bootable flashdisk sehingga dapat di gunakan untuk install windows 10 nantinya. 

Cara Install (Ulang) Windows 10 Lengkap dengan Flashdsik

Seperti yang saya tuliskan di atas kami akan memberikan cara install windows 10 dengan menggunakan flashdisk yang sebenarnya terdapat 1 cara lagi yaitu menggunakan cd/vcd ini merupakan cara lama yang sudah di tinggalkan karena sudah terlalu jadul dan ribet. 
Lalu bagaimana cara install windows 10 dengan flashdisk berikut ini akan kami berikan langkah langkahnya lengkap beserta dengan gambarnya. 

Langkah Pertama, Siapkan USB Flashdisk Bootable Windows 10

Langkah pertama yaitu silahkan anda lakukan bootable flashdisk anda dengan windows 10. Bagaimana cara melakukan bootable? berikut ini kami telah membuat artikel secara lengkap bagaimana Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10
Setelah selesai melakukan bootable silahkan matikan laptop anda atau bisa dengan restart dan lanjut pada langkap selanjutnya yaitu masuk ke BIOS.

Langkah Kedua, Masuk ke Setting BIOS

Masuk ke Setting BIOS
Untuk masuk ke setting bios setiap laptop memiliki cara berbeda beda berikut ini kami berikan beberapa cara masuk ke bios berbagai laptop. Ada beberapa laptop menggunakan tombol ESC pada keyboard atau tombol F2, F4, F8, F9, atau F12.

Langkah Ketiga, Ubah Boot Option

Setelah anda masuk pada tab boot, Silahkan anda ubah option boot primarynya menjadi usb removable atau flashdisk tadi. 
Ubah Boot Option
Setelah selesai, silakan save dan keluar. Maka laptop atau PC akan restart.

Langkah Ke Empat, Proses Instalasi Windows

Pada langkah ini teman teman sudah masuk pada tahap instalasi windows di laptop anda. 
1. Silahkan Pilih bahasa
Pada tampilan pertama anda akan di suruh memilih bahasa yang akan di gunakan, silahkan anda gunakan bahasa yang menurut anda relevan dan enak di pakai dan di mengerti. 

2. Klik install now
Muncul tampilan baru seperti di bawah ini, silahkan anda langsung klik install now untuk melanjutkan proses instalasi windows 10 nya. 
Proses Instalasi Windows

3. Silahkan Centang “I accept the license terms
Masuk dari tampilan ini yaitu anda menyetujui license terms. Silahkan anda centang lalu klik next. 
4. Pilih Custom: Install Windows only (advanced).
5. Pemilihan Partisi Hardisk
Langkah selanjutnya yaitu memilih partisi mana yang akan di isi dengan os windows 10. Misalkan anda ingin melakukan install ulang ataupun upgrade atau downgrade dari sistem operasi windows lama ke windows 10 baru.
  • Delete Drive 0 Partition 2 (Partisi C:) setelah di delete menjadi unallocated space.
  • Delete Drive 0 Partition 1 : System Reseved
Lalu buat partisi untuk install windows 10
  • Klik Drive 0 Partition 2 
  • Lalu Klik new 
  • lalu Next
berikut ini adalah langkah lengkapnya dalam bentuk gif supaya teman teman tidak binggung.
6. Proses Instalasi Windows 10
pada langkah ini membutuhkan waktu yang lumayan lama yaitu sekitar 20-30 menit tergantung laptop anda. Silahkan anda tunggu proses instalasi ini sampai masuk tahap selanjutnya. 
7. Pengaturan Dasar Windows 10
Setelah proses di atas selesai maka laptop akan meresteart sendirinya dan akan masuk ke pengaturan dasar windows 10.
  • Pilih Use Express settings.
  • Masukan username dan password
Setelah anda melakukan pengaturan dasar silahkan lanjut pada proses selanjutnya. Pada proses selanjutnya yaitu anda hanya perlu menunggu sebentar tidak memerlukan waktu yang lama. 
Windows 10 sudah siap di gunakan namun pastinya ada beberapa hal yang harus anda lakukan, misalkan menginstall antivirus, driver dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan kaset/cd yang biasanya berada dalam penjualan laptop di sana terdapat driver driver untuk laptop anda. atau anda juga bisa mendownload driver di internet banyak sekali. Proses installasi driverpun cukup mudah tinggal next next saja. 
Itu dia mengenai Cara Install Windows 10 Lengkap Beserta Gambarnya yang dapat kami berikan kepada teman teman semua semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman teman dalam melakukan install windows 10 menggunakan flashdisk. Cukup sekian dan terimakasih dari kami.

Pencarian serupa:

  • cara menginstal windows 10 beserta gambarnya
  • cara menginstal windows 10 dengan flashdisk
  • cara instal windows 10 di laptop baru
  • cara instal windows 10 ori
  • cara instal windows 10 dengan flashdisk di laptop asus
  • cara instal windows 10 menggunakan flashdisk beserta gambarnya
  • cara instal windows 10 2019
  • cara instal ulang windows 10 tanpa kehilangan data

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *