Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0

By | Februari 12, 2020
Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0 | Windows 7 adalah sistem operasi dari Microsoft yang dirilis 11 tahun lalu tepatnya pada tahun 2009. Windows 7 adalah salah satu sistem operasi Windows yang paling nyaman dan paling ringan selain Windows XP. Karena ringan dan nyaman itulah banyak orang yang laptop atau komputernya sudah pakai Windows 10 lalu downgrade ke Windows 7.
Downgrade dari Windows 10 ke Windows 7 pada komputer atau laptop jadul itu adalah pekerjaan mudah. Kita tinggal buat bootable Windows 7 dengan rufus lalu install saja seperti biasa. Namun untuk komputer atau laptop dengan Intel Core Generasi ke-7 atau ke atas dan AMD Ryzen ke atas akan merasa kesulitan ketika menginstal Windows 7 terutama masalah USB 3.0 dan NVME SSD yang tidak terdeteksi.

Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0

Penyebab utama kenapa USB 3.0 dan NVME SSD yang tidak terdeteksi sebenarnya karena ketika Windows 7 dirilis, kedua teknologi ini belum ada sehingga jika ingin menggunakan kedua teknologi ini perlu driver. Windows 7 ISO sendiri belum termasuk driver USB 3.0 dan NVME SSD, untuk Windows 8.1 dan Windows 10 driver USB 3.0 dan NVME SSD sudah termasuk di dalam ISOnya.
Jadi jika kita ingin menginstal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0, kita perlu memodifikasi installer Windows 7. Dari Microsoft sendiri sudah membuat tutorial untuk menambahkan driver USB 3.0 dan NVME SSD pada installer Windows 7 pada link berikut. Karena support Windows 7 telah dihentikan, file yang tersedia pada link tadi sudah tidak dapat diakses.
Untuk alternatifnya, kita perlu tools lain untuk instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0. Pada artikel kali ini saya akan membahas Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0.
Bahan-bahan yang diperlukan :
– Windows 7 ISO original (bukan aio, precracked, dll)
– Flashdisk 8GB
– Rufus (Download disini)
Alat-alat yang diperlukan :
– Laptop atau Komputer dengan Windows 8.1 atau 10.
– Jaringan Internet (Untuk mendownload tool)
Langkah-langkah instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0

1. Download Gigabyte Windows USB Installation Tools disini, untuk prosessor AMD klik disini.
2. Buat Flashdisk Bootable Windows 7 dengan rufus.

Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0 - gambar 1

3. Jika sudah membuat bootable Windows 7 dengan rufus, sekarang buka Gigabyte Tools.
4. Centang pada add USB Driver, add NVME Drivers, dan add packages. Pada destination pilih flashdisk anda.

Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0 - gambar 2

5. Setelah itu tekan start.

6. Jika anda tidak ingin repot menggunakan 2 tools, anda dapat menggunakan Gigabyte Tools untuk menambahkan driver USB 3.0 dan NVME SSD sekaligus membuat flashdisk Bootable. Caranya adalah pada langkah ke-4, mount ISO Windows 7 anda lalu pada source path pilih drive hasil Mount ISO Windows 7 tadi.
Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0 - gambar 3

7. Driver USB 3.0 dan NVME SSD berhasil ditambahkan ke dalam flashdisk bootable.
8. Sekarang buka BIOS dan pastikan fastboot telah disable dan Support CSM di enable kan.

Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0 - gambar 4

9. Boot dari Flashdisk tadi.
10. Install Windows 7 seperti biasa.
11. Windows 7 berhasil di install pada komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0.

Walaupun Windows 7 berhasil di install pada komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0, anda masih harus bertemu dengan masalah lainnya yaitu driver yang tidak cocok atau tidak tersedia dan Support Windows 7 yang telah habis. Tutorial ini cocok bagi anda yang punya komputer atau laptop baru namun perlu Windows 7 untuk aplikasi tertentu. Namun, komputer dan laptop baru lebih cocok menggunakan Windows 10 karena driver dan update yang selalu tersedia.

Itulah Cara instal Windows 7 di komputer dengan NVME SSD dan USB 3.0. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *