Cara Beli Barang Melalui E-Commerce Alibaba Indonesia Dari Luar Negeri

By | Juni 16, 2020
Jika Kita melihat mundur ke beberapa Tahun yang lalu mungkin hanya sedikit orang yang berbelanja online di e-commerce yang berbasis di luar negeri seperti E-commerce Amazon yang berada di Amerika Serikat atau E-commerce Alibaba yang berpusat di China, Namun seiring perkembangan Tehnologi digital yang sangat membantu perbaikan sistem logistik dan sistem pembayaran onlline maka Berbelanja di e-commerce yang berada di luar negeri bukanlah hal yang ribet dan sulit, sistem yang smart mempermudah segala urusan mulai dari mencari barang – barang yang kita butuhkan, proses oder, proses pembayaran sampai dengan proses pengirimannya di atur secara rapih dan aman hingga barang pesanan kita tiba di alamat yang kita tuju. pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih spesifik mengenai caranya membeli atau belanja barang – barang murah dari luar negeri melalui layanan e-commerce Alibaba indonesia dan bayar belanjaannya pun menggunakan Mata Uang Rupiah. Bagi yang ingin mengembangkan binis toko online artikel ini mungkin akan sangat membantu anda mendapatkan berbagai macam barang – barang up to date yang sedang viral dan lagi trend saat ini langsung dari pabrik atau produsennya di luar negeri tentunya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di market lokal. Dalam kesempatan ini kita bisa mengimport barang – barang yang kita ingin jual kembali di indonesia tanpa ribet mengurus dokumen importnya, karena kita tinggal duduk manis di rumah menunggu barang – barang pesanan kita tiba, karena semuanya sudah di urus dan di atur oleh layanan e-commerce tersebut dalam hal ini Alibaba.

Berikut Contoh Barang – Barang Yang di Jual di E-commerce Alibaba, Lebih Jelasnya Bisa Kita Lihat dengan Cara — >   https://c.lazada.co.id/t/c.XPqV

Alibaba adalah sebuah pasar digital online yang mempertemukan para pelaku bisnis baik individu maupun badan usaha untuk  melakukan transaksi jual beli produk – produk mereka secara lokal maupun internasional, sehingga dapat dengan mudah mencari produk yang kita butuhkan di sana, .dalam hal tentu tidaklah sulit untuk bisa berbelanja di Alibaba, melalui panduan langkah langkah dibawah ini setidaknya dapat membantu kita untuk belajar berbelanja di Alibaba. Dengan dukungan e-commerce seperti Alibaba ini, maka kita bisa memesan barang – barang dari luar negeri, tanpa harus ribet mengurus dokumen importnya, bahkan kita bisa berbelanja langsung dari pabrik atau produsennya langsung. Berbelanja di Ecommerce Alibaba tidak seperti berbelanja di e-commerce lokal seperti Toko Pedia atau Bukalapak dan sejenisnya, karena berbelanja di E-commerce Alibaba kita akan di hadapkan dengan banyak Pilihan Produk Serta Minimum order Quantity yang harus dipenuhi agar ongkos kirim dan biaya importnya sebanding dengan harga barangnya. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya, sebelum melangkah kita bisa lihat – lihat dulu produk yang ada di sana dan sekaligus kita belajar bagaimana cara mengorder barangnya serta bagaimana cara membayar barang – barang pesanan kita. Nah Berikut ini langkah – langkah dan Tips Berbelanja Barang – Barang Luar Negeri Melalui Situs E-commerce Alibaba Berbahasa Indonesia.

Ada beberapa Tips Bagi pemula yang ingin coba berbelanja di e-commerce Alibaba, sehingga barang – barang yang di pesan bisa sampai ke alamat tujuan dengan aman, untuk memulainya kita harus membuat atau mendaftar untuk mendapatkan akun Alibaba terlebih dahulu, silahkan masuk ke situs e-commerce alibaba.com dan lakukan pendaftaran dengan menekan sign up jika Anda belum memiliki akun dan tekan tombol sign in jika Anda sudah memiliki akun Alibaba, ikuti petunjuk pendaftarannya selayaknya anda biasa membuat akun toko online lokal.

Cara dan Tips  Berbelanja Barang Dari Luar Negeri Melalui Situs E- Commerce Alibaba :

1. Masuk Ke Situs / Web Site Alibaba.com dan Daftar Akun Alibaba dengan profil lengkap, kita tidak mendaftar maka kita hanya dapat menelusuri atau melihat – lihat produk – produknya tetapi bisa melakukan Transaksi.

2. Cek email anda untuk langkah konfirmasi akun, agar bisa melanjutkan proses berikutnya.

3. Melakukan pencarian produk yang kita inginkan, kita bisa masuk ke menu home untuk melihat lebih banyak produk – produk populer di sana, agar lebih mudah, kita bisa tulis di kotak pencarian nama produk yang kita diinginkan.

4. Pilihah dari Supplier terpercaya dengan Histori review yang bagus.

5. Jangan pilih Seller yang menggunakan alamat e-mail gratisan sebagai kontak bisnis mereka, carilah supplier yang menggunakan alamat email dari perusahaan mereka sendiri atau website mereka.

7. Melakukan Proses order barang yang kita inginkan dengan menghubungi  supplier untuk melakukan penawaran dan negosiasi harga.

8. Menentukan Metode Pembayaran, Jika ingin Bayar Pakai Rupiah, Pilihlah metode pembayaran menggunakan western union dan kita bisa menggunakan jasa kantor pos, pegadaian, Indomaret atau pun Alfamart untuk menyelesaikan Proses membayaran pesanan Kita

9. Menentukan Metode Pengirman Barang, di Situs Alibaba tersedia berbagai macam jasa pengiriman barang dari luar
negri seperti Fedex, EMS ataupun DHL, anda bisa pilih DHL atau pun
EMS yang sudah memiliki nama di Indonesia.

10. Jika Sudah Cocok, Baru Lakukan Proses Start Order, dengan memperhitungkan jumlah barang yang akan dibeli, metode pengiriman, tujuan pengiriman, dan cara pembayaran yang paling mudah bagi kita.

11. Setelah Proses Start Order, Kita akan Mendapatkan performa invoice dari seller

12. Lakukan Proses Pembayaran, Misalnya bisa dengan melakukan transfer bank, paypal atau Western Union

13. Setelah Verifikasi Pembayaran, Tunggu Barang di Kirim, biasanya seller akan memberikan informasi tracking number paket yang dikirim.

Untuk Membuat Akun di Alibaba kita memang tidak memerlukan lisensi wholesaler, Tetapi  Jika akan kita menjual kembali barang yang diambil dari Alibaba, maka kita harus mematuhi hukum dan peraturan perpajakan dan peraturan bisnis setempat, misalnya Jika kita akan berjualan di AS, carilah bantuan untuk memperoleh izin bisnis dan nomor pajak dari situs web U.S. Small Business Administration, dan jika kita berdomisili dan akan berjualan di Indonesia , telusurilah trlebih dahulu peraturan pajakan di www.pajak.go.id atau www.kemenkeu.go.id – Jika ternyata kita kurang paham dengan peraturan perpajakan dan perdagangan di setiap negara maka kita dapat meminta bantuan pada pihak ketiga untuk menangani pengadaan produk kita dari alibaba Seperti asiacommerce.

Tips Cara Mencari Barang / Produk Yang Baik di Alibaba
Ada  Banyak cara untuk mencari produk yang sesuai denga harapan dan expetasi kita di Alibaba,  dimana cara yang paling mudah adalah dengan cara memasukkan kata kunci dari produk yang  kita inginkan ke dalam kolom pencarian yang terletak di paling atas halaman utama website alibaba, selain itu kita juga bisa mencari produk yang paling populer dengan menggunakan kategori yang berada di  pojok kiri halaman utama website alibaba.

Agar Barang yang kita cari lebih spesifik dan sesuai dengan harapan maka sebaiknya kita gunakan fasilitas Filter pada website alibaba, sehingga hasil pencarian produk akan lebih terfokus, karena jika mencari produk dengan cara memasukan kata kunci di kolom pencarian maka hasil pencariannya akan menampilkan banyak produk yang berhubungan dengan kata kuci yang kita gunakan, sehingga kita pasti akan kerepotan untuk memilah – milah produk yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan keinginan kita, nah untuk mempersingkat waktu memilah produk tersebut kita bisa menggunakan Fitur “ Option ” yang ada di bagian kiri halaman hasil pencarian, dengan menggunakan fitur Option, maka  kita bisa mengecilkan skala pencarian Anda dengan target pencarian yang lebih spesifik, misalnya saja ketika kita mencari produk “ T-Shirt ”  maka akan menghasilkan 300,000 hasil pencarian, Namun kitabisa menguranginya agar lebih spesifik dengan mengecek box seperti “T-Shirt Polos” atau “Katun”, dan kita juga bisa menambahkan kata kunci lainnya  seperti warna tertentu atau option yang lainnya sehingga barang yang akan di caril ebih spesifik dan juga memudahkan proses pencarian produk yang kita inginkan, selain itu kita juga bisa memfilter produk pencarian berdasarkan negara asal barang tersebut, maka dengan menggunakan cara ini kita bisa melacak prioritas supplier yang berasal dari negara terdekat dengan lokasi kita berada, dan bisa memungkinkan akan menghemat biaya shipping dan waktu pengiriman.

Jika kita ingin mencari barang berdasarkan pemasok. Kita bisa gunakan  fitur tab “ Suppliers ” di sebelah kotak pencarian, dengan cara ini maka hasil pencarian akan menampilkan pemasok yang kita mengkhususkan di dalam produk yang kita cari, misalnya jika kita sudah pernah membeli dari suatu pemasok, atau mengenal pemasok yang cocok untuk produk yang sedang kita cari,, maka ketika kita gunakan fitur pencarian tersebut, barang yang kita cari akan lebih mudah ditemukan.

Cara Minta RFQ – Request for Quotation Ke Suppplier

Jika yang kita cari barangnya sudah cocok, maka kita bisa meminta penawaran ke supplier yang akan menentukan produk atau barang tersebut dan kemudian kita bisa bandingkan penawarannya dengan beberapa supplier. Caranya kita tinggal menekan tab “submit RFQ”  dan buatlah kiriman permintaan  penawaran kita di halaman yang telah disediakan, jangan lupa Masukkan kata kunci produk dan juga banyaknya atau jumlah barang yang kita inginkan, didalam kolom pesan utama, kita bisa menambahkan note untuk spesifikasi khusus dari produk yang relevan dan Di bagian bawah pesan utama, kita bisa menambahkan detail tentang tujuan pengiriman kita dan metode pengiriman yang kita inginkan.

Demi Keamanan dan Kenyamanan Berbelanja Maka Perlu di perhatikan hal – hal berikut ini :

Jangan Periksa Lencana Verifikasi pada Profil Pemasok, Ketika kita menemukan pemasok dari mesin pencari atau berdasarkan RFQ, Jangan lupa terlebih dahulu kita kunjungi halaman profil mereka untuk memastikan keabsahannya.dari Lencana profil supplier tersebut, hal ini akan bermanfaat untuk memastikan bahwa kita hanya akan bertransaksi dengan pemasok yang terverifikasi.

 Misalnya A&V Check yang menandakan bahwa supplier tersebut telah lulus inspeksi autentikasi dan verifikasi oleh Alibaba dan layanan verifikasi pihak ketiga.
   
Kemudian Onsite Check juga memastikan bahwa staf Alibaba telah memeriksa lokasi pemasok yang berbasis di Cina dan memastikan bahwa operasional perusahaan pemasok benar-benar ada
   
Dan Assessed Supplier Check yang mencatat bahwa suatu pemasok telah diverifikasi oleh layanan pihak ketiga.

Agar Lebih yakin dan lebih aman, sebaiknya anda lebih Teliti lagi dengan melakukan pengecekan lebih mendalam, misalnya ketika kita mengecek lencana profil supplier tersebut, kita bisa pastikan terlebih dahulu dengan cara mecari informasi sebanyak – banyaknya tentang supplier tersebut secara online, sehingga kita dapat meminimalisir hal – hal yang tidak kita inginkan seperti penipuan dan barang nantinya tidak sesuai dengan yang di tawarkan, cobalah lebih teliti dengan mencari informasinya secara online  terutaman komen atau komplain terhadap supplier yang akan kita ajak berbisnis. Kita juga bisa melihat refrensi informasi kontak yang ada di profil Alibaba mereka dengan informasi yang ada di pencarian google misalnya. Dan harus kita ingat bahwa Hindarilah supplier yang mendaftarkan alamat email non bisnis, seperti G-mail atau Yahoo, walaupun tidak semuanya bermasalah tetapi ini adalah awal yang kurang baik.


Bagaimana Agar Barang Yang Kita Cari di Alibaba Bisa Lebih Murah Ongkos Kirimnya ?

Jawabannya sudah pasti salah satunya adalah mencari supplier yang memiliki Gudang di Negara Kita, kalau bisa dekat dengan kota kita berada, sehingga biaya kirimnya jadi murah dan kita akan terhindar dari segala macam biaya untuk urusan bea masuk barang dari luar negeri. 

Ketika kita bekerjasama dengan supplier yang tidak memiliki gudang di negara kita. maka kita harus bekerjasama dengan supplier  tersebut untuk mengurus  bea cukai  dengan menggunakan Alibaba’s Freight Logistics resource. Tetapi jika supplier tersebut memiliki gudang di negara kita maka otomatis urusannya akan menjadi lebih mudah dan lebih murah.

Lalu Bagaimana Cara Pembayaran di Alibaba, apakah semudah kita belanja online di Toped dan Lazada ? Yuk kita Pelajari Juga !
 

->  BERIKUTNYA ->

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *