Cara Agar Usaha Warkop / Cafe Laris Banyak Pelanggannya

By | Juni 24, 2020
Penting untuk tahu bagaimana cara serta tips supaya bisnis warung kopi (warkop) atau kafe yang Anda kelola laris manis dan ramai didatangi pembeli. Karena dengan ramainya pengunjung, tentunya akan membuat usaha warung kopi Anda maju dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Mengingat saat ini sangat banyak orang yang membuka usaha kecil menengah (UKM) berupa warung kopi ataupun cafe, sehingga diperlukan kiat-kiat khusus agar usaha Anda tidak kalah saing dengan warkop-warkop yang lainnya.
Sebagai pemilik UKM berupa tempat kuliner, anda perlu tahu apa saja tips agar warkop atau cafe laris dan banyak dikunjungi pembeli. Sebab umumnya, pengusaha-pengusaha cafe atau pemilik warkop yang baru buka akan mengalami kendala berupa kurangnya pengunjung yang datang, sedangkan pengeluaran untuk biaya perawatan dan gaji pegawai terus berjalan.
Dan langkah pertama dalam membuka bisnis UKM kuliner seperti ini adalah dengan menarik minat pengunjung sebanyak-banyaknya. Tetapi bagaimana caranya? Nah, kita akan membahas beberapa tips dan cara menarik perhatian pelanggan agar warkop atau cafe milik anda bisa cepat laris.
foto Cangkir untuk Warung kopi yang unik
Tips Agar Warkop atau Cafe Laris dan Banyak Pelanggan
Untuk anda para pengusaha atau pemilik UKM di bidang kuliner seperti cafe, anda bisa mengikut tips-tips di bawah ini untuk menarik perhatian pelanggan baru.

1. Buat Konsep Cafe Yang Unik

Bila anda perhatikan, banyak cafe atau warkop baru yang cepat laris dan langsung didatangi banyak pelanggan karena memiliki desain atau konsep yang unik. Mulai dari yang berkonsep otomotif dengan membuat dekorasi-dekorasi motor atau mobil di dalam cafe, konsep game atau elektronik dengan tatanan kursi layaknya di warnet atau tempat turnamen e-sport, hingga yang berkonsep penjara atau tempat markas mafia.
Konsep-konsep yang unik seperti ini membuat banyak orang penasaran. Terlebih lagi bila cafe atau warkop anda sudah banyak diposting di Instagram dan mulai terkenal atau bahkan menjadi viral di sana, pasti akan membuat cafe anda semakin ramai didatangi pelanggan.
Untuk itu, agar usaha warung kopi dan cafe anda sukses, tips pertama silahkan pikirkan konsep yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.

2. Miliki Spot Instagramable di Dalam Cafe

Bicara soal Instagram, tips agar warkop atau cafe laris yang berikutnya ini ada hubungannya dengan Instagram sebagai media marketing paling ampuh di era modern seperti saat ini. Caranya adalah dengan membuat satu spot foto yang instagramable di warkop anda agar para pengunjung bisa berfoto.
Umumnya, pengunjung yang berfoto akan mempostingnya di akun sosial media mereka terutama Instagram. Terkadang juga di Twitter, Facebook bahkan status WhatsApp. Sehingga secara tidak langsung, anda akan dibantu promosi oleh para pelanggan anda sendiri yang berfoto maupun merekam video di sana. Cara ini juga banyak dilakukan oleh para pemilik tempat wisata dan terbukti ampuh dalam menarik perhatian pelanggan baru.

3. Pasang Free Wifi di Warkop

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini, khususnya para anak muda, adalah menjadikan cafe sebagai tempat hangout bersama teman maupun sendirian. Dan kebanyakan dari mereka hanya memesan satu atau dua makanan, kemudian memainkan gadgetnya sambil berseluncur di internet.
Oleh karena itu, internet gratis atau free wifi menjadi salah satu daya tarik utama dari cafe maupun warkop di mata pelanggan. Jadi cobalah memasang wifi di cafe anda sebagai tips untuk menarik perhatian dan memperlaris bisnis UKM. Dan jangan lupa, gunakan WiFi yang memiliki koneksi yang cepat dan stabil, agar pengunjung warung anda bisa menjadi pelanggan setia.

4. Berikan Pelayanan yang Ramah

Cara efektif agar warung kopi atau cafe Anda laris berikutnya adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pengunjung pasti senang dan akhirnya bisa jadi pelanggan setia apabila dilayani dengan ramah, tulus, murah senyum dan bersahabat. Sebaliknya, jika pelayanannya jutek, cemberut, apalagi sering ngomel-ngomel, dijamin pelanggan Anda akan kabur dan tidak akan sudi lagi ngopi di warung Anda.

5. Sediakan Televisi

Tips selanjutnya yang tak kalah penting supaya warung kopi dan cafe anda ramai pengunjungnya yaitu dengan menyediakan TV, syukur-syukur berupa televisi layar lebar. Pasalnya jaman sekarang orang-orang pergi ke warkop bukan sekedar ngopi dan ngobrol-ngobrol saja, banyak juga yang tujuannya untuk nonton bareng (nobar) siaran langsung olahraga terutama sepakbola. Karena rasanya lebih seru jika menonton ramai-ramai dibandingkan menyaksikan sendirian di rumah.
Hampir tiap akhir pekan ada live sepakbola liga-liga ternama di Eropa. Belum lagi ketika ada event liga Champions, Piala Eropa dan Piala Dunia, warkop ataupun cafe yang ada TV-nya pasti ramai sekali pengunjungnya. Dan warkop yang tidak menyediakan televisi, dijamin kalah bersaing.

6. Daftarkan Warkop atau Cafe ke Google Map

Tips sederhana yang patut dicoba untuk melariskan warung kopi anda adalah dengan mendaftarkannya di Google Map. Selain memudahkan pencarian bagi costumer yang akan mengunjungi cafe anda, terdaftarnya warkop anda di Google Map membuat pengunjung bisa memberikan ulasan dan rating untuk kafe anda. Jika pelayanannya bagus, WiFi kenceng, makanan dan minumannya enak dan harganya terjangkau, pengunjung pasti tidak akan sungkan-sungkan memberikan review bagus dan bintang lima.
Dan ketika sebuah cafe atau usaha kuliner apapun itu banyak mendapat review dan rating bagus di Google Map, pasti akan membuat calon-calon pelanggan yakin memilih jajan di cafe anda. Karena cukup banyak juga orang yang sebelum memutuskan mengunjungi kafe, membaca ulasan-ulasan dan melihat rating di Google Map terlebih dahulu.

7. Buat Promo dan Diskon

Tips terakhir yang bisa diterapkan untuk menarik kedatangan pembeli adalah dengan rutin membuat promo-promo menarik. Sebab anda semua pasti tahu bahwa tidak ada orang yang tidak suka promo. Bahkan meskipun potongannya tidak begitu besar, promo selalu menarik di mata pelanggan.
Umumnya pemilik cafe membuat promo setiap bulan atau setiap minggu pada menu yang berbeda-beda. Sehingga pengunjung tidak bosan dengan diskon yang diberikan. Memasang poster menu yang sedang diskon di depan cafe juga bisa menjadi salah satu cara menarik perhatian pelanggan.
Seperti itulah 7 tips ampuh supaya warkop atau cafe jadi laku keras dan didatangi banyak pelanggan. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan promosi di media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter agar bisnis anda bisa menjangkau lebih banyak orang lagi. Tidak perlu pasang jimat penglaris ataupun percaya ritual-ritual dan mantra yang katanya bisa melariskan warung. Cukup dengan mempraktekkan tips-tips di atas, dijamin usaha warung kopi atau kafe anda bakal laris manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *