Belajar SEO On Page untuk Pemula

By | Juli 13, 2020
Belajar SEO On Page untuk Pemula – Optimasi mesin pencari saat ini lebih penting dari sebelumnya dan sangat penting bagi setiap webmaster untuk memahami arti sebenarnya dari SEO dan juga potensi yang diciptakannya untuk setiap bisnis.

Ada beberapa istilah yang harus anda ketahui seputar SEO diantaranya :

SERP (Search Engine Result Page), adalah posisi ranking/peringkat halaman website kita yang muncul dimesin pencari.

Backlink, adalah link atau tautan dofollow yang dicantumkan di situs lain yang mengarah ke situs kita. Semakin banyak dan berkualitas backlink, maka mesin pencari akan semakin memberikan nilai bagus ke situs kita.

Link dofollow, adalah link atau tautan yang ketika mesin pencari membacanya saat men-crawl sebuah situs, maka mesin pencari itu akan mengikuti kemana link itu menuju. Website yang dituju oleh link dofollow itu akan menerima reputasi atau penilaian yang bagus dari mesin pencari.

– Link nofollow, adalah link atau tautan yang tidak akan diikuti mesin pencari. Kebalikan dari link nofollow.

– Keyword (Kata kunci), adalah yang kita ketikkan saat mencari sesuatu di mesin pencari. Salah satu teknik SEO adalah dengan membidik dan memenuhi website dengan kata kunci tertentu supaya saat pengguna mengetikkan kata kunci itu, maka yang keluar adalah website kita. 

– SEO Friendly(Ramah SEO), adalah istilah yang digunakan untuk suatu hal/cara/keadaan yang sifatnya ramah atau baik untuk kualitas SEO situs kita.

Dasar dari SEO

Belajar SEO

© PreparedForThat.com

SEO adalah kunci awal dari kerja mesin pencari. Dengan mempelajarinya, kamu akan secara tidak langsung membuka pintu untuk membuat situs kamu terlihat di dalamnya. Nah, menurut Ahrefs, sebagai awal kamu harus memahami apa itu SEO.

Menurut mereka, SEO adalah metode untuk memenangkan persaingan dalam menembus mesin pencari dalam menyajikan konten. Ahrefs lantas menyarankan pemula untuk membaca panduan Google mengenai SEO sebelum masuk ke hal-hal berikutnya.

Riset kata kunci

belajar SEO

© Pixabay.com

Riset kata kunci adalah proses yang digunakan oleh SEO untuk menemukan pencarian yang dimasukkan oleh seseorang ke mesin pencari untuk topik tertentu. Proses riset ini bervariasi dan tidak ada satu pun cara yang salah.

Namun demikian, Google menjelaskan bahwa ada tiga jenis permintaan yang lazim diminta oleh seseorang ke sebuah mesin pencari. Tiga hal tersebut adalah permintaan transaksional, permintaan informasi, dan permintaan navigasi.

Riset kompetitor

belajar SEO

© Pexels.com

Melakukan penelitian terhadap kompetitor sangat penting untuk segala jenis kampanye SEO yang kamu lakukan. Kondisi ini dikarenakan SEO dapat membantu kamu menemukan apa yang menjadi keunggulan kompetitor.

Misalnya adalah kata kunci. Dengan melakukan riset, kamu akan mengetahui kata kunci apa yang menjadi keunggulan kompetitor.

Oleh karena itu, belajar SEO juga secara tidak langsung akan membuat kamu mengetahui segala kelebihan dan kekurangan kompetitor.

Audit konten

belajar SEO

© Pixabay.com

Audit konten mengacu pada optimisasi elemen-elemen pada halaman situs. Ini termasuk cara situs disusun dan dibuat. Nah, untuk mengoptimalkan website, kamu memerlukan evaluasi.

Proses ini dilakukan sewaktu-waktu dan menggunakan berbagai macam matriks, sepertitraffic dan backlink. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa saja konten yang dibutuhkan oleh audiens dan apa yang tidak dibutuhkan.

Mengapa SEO itu penting?

belajar seo

Di pasar yang semakin kompetitif saat ini, SEO lebih penting dari tahun telah lalu. Mesin pencari melayani jutaan pengguna per hari mencari jawaban atas pertanyaan mereka atau untuk solusi atas masalah mereka.

“Jika Anda memiliki situs web, blog atau toko online, SEO dapat membantu bisnis Anda berkembang dan memenuhi tujuan bisnis.”

Optimisasi mesin pencari sangat penting karena:

  • Mayoritas pengguna mesin pencari lebih cenderung mengklik salah satu dari 5 saran teratas di halaman hasil (SERPS), sehingga untuk memanfaatkan ini dan mendapatkan pengunjung ke situs web atau pelanggan Anda ke toko online Anda yang Anda butuhkan di posisi teratas.
  • SEO bukan hanya tentang search engine tapi praktik SEO yang baik memperbaiki pengalaman pengguna dan kegunaan situs web.
  • Pengguna mempercayai mesin pencari dan memiliki kehadiran di posisi teratas untuk kata kunci yang dicari pengguna, meningkatkan kepercayaan situs web.
  • SEO bagus untuk promosi sosial situs web anda. Orang yang menemukan situs web Anda dengan mencari Google atau Yahoo lebih cenderung mempromosikannya di Facebook, Twitter, Google+ atau saluran media sosial lainnya.
  • SEO penting untuk kelancaran situs web yang besar. Situs web dengan lebih dari satu penulis bisa mendapatkan keuntungan dari SEO secara langsung dan tidak langsung. Manfaat langsung mereka adalah peningkatan lalu lintas mesin telusur dan manfaat tidak langsung mereka memiliki kerangka umum (daftar periksa) untuk digunakan sebelum mempublikasikan konten di situs.
  • SEO bisa membuat Anda terdepan dalam persaingan. Jika dua situs web menjual hal yang sama, mesin pencari yang dioptimalkan situs web lebih cenderung memiliki lebih banyak pelanggan dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Kenapa Harus Belajar SEO?

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa belajar SEO adalah hal yang sangat penting sebelum terjun di dunia blogging. Kita tau bahwa di zaman sekarang ini internet merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Misalnya, mau makan bisa pesan secara online, beli baju melalui online, bayar tagihan melalui online, semuanya serba online.

Nah, kenapa harus WordPress? WordPress merupakan salah satu CMS yang mudah untuk dioptimasi dalam keperluan SEO. Mulai dari yang gratis sampai berbayar anda bisa menggunakan macam-macam plugin di WordPress ini. Jadi, saya sarankan untuk memakai wordpress sebagai platform yang tepat untuk anda pakai.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau SEO tentu sudah tidak asing bagi penulis khususnya para blogger. Tujuan praktik SEO ini untuk meningkatkan peringkat artikel dan lebih mudah dikenali mesin pencari. Cara optimaliasi SEO ini dapat dilakukan dengan dua teknik. Yaitu On Page dan Off Page.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page adalah serangkaian kegiatan optimasi SEO yang dilakukan dari dalam blog. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Tidak hanya dari sebuah artikel saja. Tetapi juga dapat berupa outbound link and internal link. Sedangkan SEO Off Page merupakan cara optimasi yang dilakukan dari luar blog.

Cara Optimasi SEO On Page

Pada artikel SEO dari On-Page SEO merupakan faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya halaman website Anda terhadap mesin pencari (Search Engine)dilihat dari dalam websitenya sendiri. Optimasi On-Page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai denga apa yang dicari oleh user. Kunci utama dalam membangun On-Page SEO ada 2 yaitu relevan dan kualitas.

Dalam SEO, konsep optimasi On-Page merupakan hal yang paling utama yang harus Anda pahami. Masih ada optimasi SEO lainnya (Off-Page SEO yang akan dibahas pada Part selanjutnya), namun tanpa memahami dan menerapkan optimasi On-Page, maka akan percuma jika Anda melakukan strategi lainnya. Tujuan Anda mengoptimasi SEO agar:

  1. Bermanfaat bagi pengunjung
  2. Memudahkan pengunjung untuk melakukan eksplorasi
  3. Kenyamanan Pengunjung
  4. Mesin pencari mengerti struktur website Anda

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, Mengapa Anda dituntut untuk lebih fokus ke pengunjung padahal Anda akan optimasi ke mesin pencari?

Ini alasannya…

Mesin pencari dapat mengetahui apakah pengunjung puas dengan halaman yang mereka kunjungi atau tidak. Contoh sederhananya begini, bayangkan jika Anda mencari sesuatu di Google dan masuk ke salah satu website. Ternyata isi dari website tersebut tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Kemungkin besar yang terjadi adalah Anda akan langsung menutup (close) halaman website tersebut dan mecari website lain. Karena Google ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website Andapun harus bisa memuaskan pengunjung.

Riset Kata Kunci dan Analisa Kompetisi

User melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci (keyword), dan mesin pencari akan memberikan hasil yang relevan dengan keyword tersebut. Dengan bantuan tool dari google, kita dapat melakukan riset untuk mendapat keywordyang paling banyak dicari pengunjung namun dengan kompetisi yang rendah. Bagi website atau blog yang belum memiliki podasi SEO yang kuat, ada kalanya perlu mengincar keyword yang kompetisinya rendah agar website Anda tetap bisa muncul di halaman pertama di mesin pencari.

Riset keyword dengan Google Keyword Planner

Salah satu tool yang bisa Anda gunakan untuk riset kata kunci adalah dengan Google Keyword Planner. Selain gratis, tool ini juga memiliki fitur yang lengkap dan lebih akurat.

Mencari kata Kunci dengan persaingan terendah

Jika Anda pemilik website baru, gunakan kata kunci dengan tingkat persaingan rendah. Karena website baru belum memiliki pondasi yang kuat sehingga akan kalah jika bersaing dengan website besar lainnya.

Long Tail Keyword

Satu lagi yang perlu Anda kenal mengenai riset kata kunci yaitu long tail keyword atau kata kuncing berekor panjang. Selain keyword yang Anda cari, Google Keyword Planner juga menampilkan jumlah pencarian dai kata kunci yang sejenis.

Contoh sederhananya seperti ini. Jika Anda mencari keyword “beli baju”, maka hanya ada 320 pencari per bulan. Tetapi jika Anda mengoptimasi “beli baju online” maka total pencariannya adalah 1.300+320=1.620 pencari per bulan.

Namun keputusan tetap ditangan Anda. Anda lah yang tahu relevan atau tidaknya konten yang Anda buat dengan long tail keyword yang ada.

Karena mesin pencari menggunakan kepuasan pengunjung, sebagai tolok ukur kualitas suatu website.

Semakin betah pengunjung di website Anda, mesin pencari akan mengartikan bahwa Anda memiliki website yang berkualitas.

Sehingga akan semakin berpeluang ditampilkan di halaman depan mesin pencari.

Ruang Lingkup Pengerjaan SEO On Page

Ruang Lingkup Pengerjaan SEO On Page

Berikut ini adalah 3 poin penting, yang termasuk ke dalam ruang lingkup pengerjaan SEO on page.

1 – Performa Website

Anda harus memastikan agar website Anda memiliki performa yang baik. Khususnya dari segi kecepatan atau loading speed-nya.

Caranya adalah dengan menggunakan hosting berkualitas. Atau yang direkomendasikan karena kualitasnya.

Contoh:

Kalau Anda menggunakan CMS wordpress untuk membuat website, Anda bisa menggunakan hosting yang direkomendasikan oleh wordpress.

Berdasarkan PageSpeed Insights, loading speed yang baik untuk versi mobile dan desktop, minimal berada di angka 50.

2 – Struktur Dan Desain Website

Poin berikutnya adalah struktur website.

Di sini Anda harus mengupayakan agar website Anda, memiliki struktur yang disukai oleh pengunjung dan juga mesin pencari.

Caranya:

Gunakan theme SEO Friendly.

Kalau belum berhasil mendapatkan theme tersebut, baca artikel Folder SEO yang berjudul Themes wordpress premium.

Di sana Anda akan mendapatkan beberapa opsi themes SEO Friendly, yang powerful dan profesional untuk membuat website.

Selain theme, Anda juga harus menggunakan plugin yang mensupport pengerjaan SEO.

Karena keberadaan plugin ini bisa mengoptimalkan fungsi website Anda.

3 – Kualitas Konten Di Dalam Website

Poin terakhir dari ruang lingkup pengerjaan SEO on page, adalah kualitas konten yang dimiliki oleh website tersebut.

Salah satu cara mengukur kalau konten di website Anda berkualitas, adalah dengan melihat engagement-nya. Seperti jumlah komentar atau jumlah share.

Lantas bagaimana cara membuat konten yang SEO Friendly?

Anda harus memastikan kalau kata kunci utama yang dibidik berada di dalam:

  • Title
  • Meta title
  • URL
  • Meta description
  • Heading
  • Sub heading
  • Gambar

Kesimpulan

SEO on page memiliki peran yang sangat krusial terhadap keberhasilan SEO suatu website. Karena ia ibarat pondasi pada suatu rumah.

Semakin kokoh pondasi suatu rumah, maka akan semakin kuat pula bangunan yang berdiri di atasnya.

Begitu juga dengan SEO on page.

Semakin baik SEO on page-nya suatu website, maka peluang keberhasilan SEO website tersebut akan semakin terbuka lebar.

Persiapan Belajar SEO WordPress

Sebelum memulai belajar SEO, alangkah lebih baiknya saya mengingatkan anda untuk mempersiapkan hal-hal di bawah ini

  • Memiliki domain hosting
  • Sudah menginstall WordPress
  • Instal Plugin SEO

Belajar SEO WordPress

Apabila semua perlengkapan anda sudah lengkap, saatnya untuk memulai belajar SEO

1. Setting Permalink WordPress

Pada awalnya, permalink bawaan WordPress memang belum termasuk SEO Friendly atau ramah SEO. Sedangkan Google menyukai permalink yang di dalamnya terkandung keyword, bukan berisi tanggal, bulan, tahun atau nomor post.

Untuk mengaturnya agar menghasilkan permalink yang berkualitas, silahkan anda ubah dengan strukturdomainAnda.com/%postname%? Sedangkan untuk settingnya silahkan ke menu Settings > Permalink > Custom Structure dan tulis seperti diatas.

2. Riset Keyword

Hal yang perlu untuk dilakukan sebelum membuat konten yaitu dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu. Keyword merupakan salah satu kunci untuk mendatangkan pengunjung di website anda. Carilah keyword yang paling banyak dicari oleh orang tapi memiliki pesaing yang sedikit.

Dengan menggunakan riset keyword anda juga dapat melakukan mapping keyword sehingga SEO On Page anda semakin bagus. Dengan begitu, peluang anda untuk mendapatkan pengunjung jadi lebih besar.

3. Menulis Artikel SEO friendly

Artikel yang disukai oleh Google yaitu artikel yang ramah SEO. Ramah SEO artinya artikel yang pembahasannya lengkap disertai dengan Heading H1 untuk judul, Heading H2 dan H3 untuk Sub heading. Buatlah artikel sebaik mungkin dan selengkap mungkin.

Ya walaupun tidak semua blogger memiliki kemampuan menulis yang baik. Maka dari itu biasanya orang menggunakan jasa penulis. Tapi hati-hati dalam memilih penulis artikel, anda harus mengetahui tips memilih penulis artikel yang berbakat untuk blog anda

4. SEO Image

Di dalam ilmu SEO, yang dioptimasi itu bukan hanya artikelnya saja melainkan penting juga untuk mengoptimasi gambar suatu konten. Gambar yang ada pada konten WordPress juga bisa anda dorong ke halaman pertama Google dengan menggunakan teknik SEO.

Caranya mudah, anda cukup memaksimalkan Alternate Image/ Alt Image pada gambar. Tulislah sesuai dengan keyword yang bersangkutan dengan judul artikel anda. Dan juga jangan lupa pada nama file ubahlah dengan kata yang mengandun keywors pencarian.

5. Backlink

Backlink adalah aspek yang sangat penting dalam SEO. Untuk On Page anda dapat menyisipkan internal link dengan artikel lain yang keywordnya bersangkutan dengan artikel anda tersebut. OH iya jangan lupa untuk menautkan link ke home page website anda agar lebih kuat.

Yang terakhir, sisipkan link website anda ke website atau blog orang lain. Hal tersebut berutujuan agar website anda lebih dikenal oleh Google. Semakin berkualitas backlink anda, maka website anda akan lebih berpeluang untuk naik ke halaman pertama Google.

6. Optimasi Yoast SEO

Ada beberapa hal yang harus anda isi dalam mengoptimasi Yoast SEO wordpress yaitu :

  • Focus Keyprase. Keyword utama yang anda gunakan dalam penulisan sebuah artikel.
  • Slug. Berisi keyword yang berada pada postname permalink
  • Meta description. Penjelasan secara singkat tentang isi yang ada pada artikel tersebut.

Masukkan Tag

Tag merupakan keyword turunan yang bersangkutan dengan keyword judul utama konten. Isi tag tersebut harus sesuai dengan judul konten utama anda karena tag bertujuan untuk memberi tau isi dari konten anda tersebut seperti apa. Cara mencari tag sama halnya seperti melakukan riset keyword.

Nah sekian dari pembahasan belajar SEO WordPress bagi pemula, lengkap dan mudah dipahami. Anda perlu tau bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik dalam SEO WordPress, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu diperlukan kesabaran dan terus belajar sampai anda bisa menjadi blogger yang profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *