Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Berkualitas Meningkatkan Seo Website

Backlink Dofollow Berkualitas – Perlu diketahui Backlink berkualitas tidak mungkin didapatkan dengan mudah. Strategi menanam backlink berkualitas terdiri diawali dengan membuat konten yang lengkap, unik, dan solutif. Berikut adalah cara mendapatkan backlink berkualitas di website Anda. Bagi Anda yang senang menulis di blog atau mempunyai website pribadi. Mungkin Anda sudah tak asing dengan istilah backlink dofollow. Namun faktanya, banyak yang bingung dan kurang paham mengenai istilah yang satu ini. 

Backlink adalah sebuah tautan atau link, yang berasal dari suatu situs. Lalu, diarahkan ke alamat website maupun salah satu halaman situs yang Anda miliki. Tak hanya itu, backlink juga dikenal dengan sebutan incoming links, dan inbound links. Untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, Anda harus membangun kredibilitas website atau blog Anda terlebih dahulu. Seperti yang sudah saya sebutkan di poin Kualitas Outbound Link, biasanya website atau blog dengan backlink berkualitas hanya bersedia untuk memberikan backlink ke website dan blog berkualitas. Oleh karena itu, Anda perlu membenagun kredibilitas terlebih dahulu.

Apa itu Backlink Dofollow Berkualitas

Bagi Anda yang baru saja memulai membuat blog atau website, istilah apa itu backlink mungkin masih kurang familiar. Apa yang membedakan backlink dari jenis-jenis link lainnya? Mengapa istilah backlink sering muncul di pembahasan SEO (Search Engine Optimization)? Kenapa Anda harus memahami backlink dan menerapkannya di website atau blog Anda? Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Semuanya akan dibahas di artikel ini, dimulai dari apa itu backlink.

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/website yang mengarah ke halaman blog/website Anda. Dilangsir dari sumber www.niagahoster.co.id bahwa Kegiatan membangun backlink disebut juga link building. Terdapat juga istilah external link dan inbound link. Jadi ada pemberi backlink dan penerima backlink. Anda adalah pemberi backlink ketika meletakkan link website atau blog orang lain di website Anda. Penerima backlink adalah website yang mendapatkan link dari pemberi backlink.

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Nah, perbedaan backlink dofollow dan nofollow terletak pada nilai yang diberikan terhadap dua link tersebut, ketika mesin pencari membaca sebuah backlink, link tersebut akan dianalisa apakah link nofollow atau dofollow, jika link tersebut adalah sebuah backlink dofollow maka mesin pencari menghitungnya sebagai sebuah point untuk halaman yang dirujuknya, kemudian akan diakumulasikan dengan backlink lain yang sudah diperoleh oleh halaman rujuknya tersebut.

Memperhitungkan berapa banyak backlink yang merujuk pada halaman tersebut dan datang dari situs seperti apa backlink tersebut berasal. Sedangkan jika backlink tersebut adalah backlink nofollow, maka link tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah point, link nofollow tidak berarti apa-apa dimata mesin pencari, tapi meskipun meskipun link nofollow tidak dapat mempengaruhi pagerank setiap halaman, link ini tetap masih memiliki pengaruh dalam membantu meningkatkan traffic sebuah halaman. So, jika memang relevan tidak ada masalahnya kamu mendapatkan backlink nofollow.

Fungsi Backlink Berkualitas Untuk Blog

Visibilitas konten blog menjadi salah satu kunci agar trafik dan konten yang dimiliki blog kita dapat dikunjungi dan menjangkau seluruh pembaca. Sebagus apapun konten yang dibuat, apabila blog belum visible di mesin pencari (Google) akan mubadzir.  Agar cepat terlihat oleh Google, blog kita harus memiliki Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) tinggi dengan memerhatikan aspek SEO. SEO adalah sistem penilaian google untuk kualitas blog dan konten, semakin bagus skor SEO semakin visible dan mudah dicari oleh Google. 

Agar lebih visible di mata pencarian Google, maka kita dapat lakukan beberapa langkah optimasi blog agar SEO yaitu “Menanam Backlink untuk meningkatkan Domain Authority”. Semakin banyak backlink (ekternal-dofollow/nofollow) yang mengarah ke blog kita, secara otomatis akan meningkatkan DA dan PA. DA dan PA blog paling bermanfaat untuk memunculkan artikel dan postingan blog di page one atau halaman hasil pencarian awal Google dan sumber pendapatan (rupiah) dari jasa backlink yang kita tawarkan. 

Setelah memahami apa itu backlink, kini saatnya untuk mempelajari mengapa backlink itu penting. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari backlink dan mengapa Anda juga harus memanfaatkannya.

cara untuk mendapatkan backlink secara natural. Konten yang bagus, unik, lengkap, dan solutif akan menarik orang-orang untuk meletakkan link website atau blog Anda di website mereka.

Walaupun begitu, Anda juga harus menjemput bola agar bisa mendapatkan backlink berkualitas. Sebab website dan blog dengan kualitas backlink bagus perlu didekati secara personal terlebih dahulu untuk kemudian bisa menanam backlink di sana.

Untuk menemukan website dan blog berkualitas tersebut, Anda membutuhkan bantuan pihak ketiga seperti Ahrefs. Sampai saat ini, Ahrefs adalah tool terbaik untuk menemukan backlink berkualitas. Dengan Ahrefs Anda bisa menemukan blog dan website berkualitas berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kredibilitas website melalui Domain Rating (DR) dan jumlah trafik yang dihasilkan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa backlink itu penting:

  • Google Menemukan Website Anda Melalui Backlink

Penjelasan termudah di balik pertanyaan “Mengapa backlink penting?” adalah itulah cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan di hasil pencariannya. Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu.

Seperti ketika manusia menggunakan peta untuk menemukan lokasi-lokasi baru, mesin pencari Google menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, melakukan crawling di halaman tersebut, untuk kemudian memasukkannya ke indeks Google.

Coba pikirkan hal ini. Anda akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung dengan lokasi lainnya, bukan? Lokasi terpencil yang tidak terhubung dengan lokasi lainnya akan lebih sulit ditemukan. Begitu juga dengan halaman website. Halaman website yang tidak mendapatkan backlink dari website lainnya akan sulit ditemukan oleh Google.

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin mudah Google menemukan halaman website Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas backlink. Anda tidak bisa asal-asalan dalam mencari backlink. Sebab backlink tidak berkualitas bisa jadi malah merugikan website Anda.

  • Backlink Berguna untuk Menjaga Reputasi di Google

Ketika orang mencari sebuah kata kunci di Google, Google akan berusaha untuk memberikan hasil pencarian terbaik untuk si pencari. Google tentu akan mengarahkan pencarian pada halaman-halaman website yang populer. Bagaimana Google menilai sebuah halaman website populer atau tidak? Ya, benar. Google menggunakan backlink sebagai indikator popularitas sebuah halaman website. Semakin banyak backlink berkualitas mengarah ke website Anda, semakin baik reputasi website Anda di penilaian Google.

  • Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website

Sebelumnya sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa backlink menjadi indikator penting dalam menentukan popularitas sebuah halaman website di Google. Namun, Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitasnya saja. Google juga menilai backlink di website Anda berdasarkan relevansinya.

Apa yang dimaksud dengan backlink yang relevan? Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche yang relevan. Misalnya, sebuah perusahaan smartphone dikatakan memiliki backlink relevan ketika mereka mendapatkan backlink dari website atau blog yang niche-nya adalah teknologi. Dengan begitu perusahaan smartphone tersebut bisa dianggap kredibel oleh Google.

Apa yang terjadi ketika perusahaan smartphone tersebut mendapatkan backlink dari website atau blog kecantikan, fashion, atau bahkan blog furnitur? Tentu Google akan mempertanyakan kredibilitas website perusahaan smartphone tersebut, apakah perusahaan tersebut cukup kredibel untuk industri smartphone dan teknologi?

  • Backlink Mendatangkan Trafik ke Website

Di poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa backlink dapat membantu website untuk lebih mudah ditemukan oleh Google sehingga bisa muncul di hasil pencarian. Semakin banyak backlink berkualitas yang didapatkan, semakin bagus juga penilaian Google terhadap website Anda. Kemudian halaman website Anda bisa mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian.

Selain trafik yang Anda dapatkan dari hasil pencarian Google, backlink juga mendatangkan trafik dari link yang ditanam di website pemberi backlink. Apalagi jika website pemberi backlink tersebut sudah memiliki reputasi bagus di Google dan mendapatkan banyak trafik. Trafik yang didapatkan dari website pemberi backlink tersebut juga akan mengarah ke website Anda.

Cukup sederhana, bukan? Meskipun terlihat sederhana, backlink juga memegang peranan penting dalam kesuksesan website atau blog Anda.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mendapatkan backlink dofollow berkualitas?

Bagaimana menanam backlink di blog supaya DA dan PA tinggi? Lihat ringkasan pada infografis dan ulasan lengkap di bawah ini:

Dalam praktik secara umum, Dikutip dari redcomm.co.id Bahwa Anda menjadi pihak yang memberikan backlink untuk situs lain. Caranya, dengan memasang tautan ke situs tertentu dari situs Anda. Hal ini karena, ada banyak manfaat backlink yang bisa Anda dapatkan, terutama kalau status backlink-nya dofollow. Itu sebabnya, selain jadi pemberi backlinkwebsite Anda juga perlu jadi penerima backlink dari situs lain.

Proses yang dilakukan dalam upaya mendapatkan backlink, disebut sebagai link building dalam teknik SEO. Proses memperoleh tautan URL ini tentu tak bisa dikatakan sesederhana kelihatannya. Jadi, tak heran ketika banyak yang mencari jalan pintas dengan membeli backlink.

Hal ini memang bisa dilakukan, tetapi backlink yang didapatkan pun belum tentu berkualitas. Apalagi jika niche situs yang memberikan tautan balik tersebut tidak sama dengan niche situs Anda. Bahkan mungkin saja, website tersebut memiliki kredibilitas buruk di mata mesin pencari, yang mana hal ini bisa turut membuat situs Anda menjadi buruk di search engine.

Sumber Backlink Gratis & Berkualitas Untuk Situs

Dari beberapa sumber terpercaya Bahwa Ada beberapa pihak yang melakukan proses menanam backlink dengan cara memberikan komentar. Namun untuk pemberian komentar itu sendiri akan lebih baik jika hal tersebut dilakukan dengan tepat. Seperti halnya pemberian komentar yang sesuai dengan isi konten tersebut.

Hindari proses penanaman backlink yang dilakukan dengan menggunakan robot. Apalagi jika komentar yang diberikan tidak sesuai dengan isi konten. Dapat dipastikan bahwa penggunaan backlink tersebut tidak memiliki kualitas yang baik.

Jangan pernah lakukan hal ini karena akan merusak reputasi website Anda dan tentu saja Anda tidak akan mendapatkan backlink berkualitas.

Facebook

  • Domain Authority : 100
  • Atribut Tautan : Nofollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Kalian bisa buat halaman Facebook untuk situs Anda, bangun komunitas yang kuat, promosikan konten yang bermanfaat secara organik. Memiliki komunitas dan halaman yang kuat akan membantu mengarahakan lalu lintas ke situs web Anda

Twitter

  • Domain Authority : 100
  • Atribut Tautan : Nofollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Saat ini Google sering sekali menampilkan tweet pada hasil pencarian mereka. Hal tersebut bisa dikatakan Google sering mengunjungi situs Twitter dalam hal perayapan dan pengindeksan. Mempromosikan halaman / konten situs Anda yang baru diterbitkan di Twitteri akan dapat membantu mempercepat indeksasi mereka dan menghasilkan lalu lintas juga.

Quora

  • Domain Authority : 90
  • Atribut Tautan : NoFollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Kalian bisa cari pertanyaan dari pengguna Quora dan Anda jawab pertanyaan tersebut dengan tepat. Jika jawaban Anda tepat, berharga dan menarik maka kemungkinan jumlah upvotes akan meningkat dan juga akan banyak yang mengklik tautan Anda

Youtube

  • Domain Authority : 100
  • Atribut Tautan: Nofollow 
  • Cara Mendapatkan Tautan : Anda daftar dan buat channel Anda sendiri. Dengan memiliki tautan dari akun YouTube yang aktif itu akan membantu website Anda sering dikunjungi oleh perayap mesin pencari

Medium

  • Domain Authority : 94
  • Atribut Tautan : Nofollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Anda bisa daftar akun baru setelah itu Anda bisa tulis cerita Anda. 

About.me

  • Domain Authority : 91
  • Atribut Tautan : Dofollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Daftar akun baru about.me lalu buat profil pribadi Anda

Slideshare

  • Domain Authority : 96
  • Atribut Tautan : NoFollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Anda bisa buat konten atau materi Anda yang bermanfaat dan menarik dalam bentuk slide deck. Setelah itu upload ke slideshare. Tautan disisipkan di slide tersebut yang bisa di klik.

Academia.edu

  • Domain Authority : 92
  • Atribut Tautan : NoFollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Kalian daftar akun lalu buat artikel yang didalamnya sudah anda beri link dan upload ke academia.edu. Artikel dapat menggunakan format doc, pdf dan lainnya

Scribd

  • Domain Authority : 93
  • Atribut Tautan : NoFollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Sama seperti academia, kalian daftar akun scribd, buat artikel yang didalamnya ada link kalian dan upload artikel tersebut ke scribd.com

Crunchbase

  • Domain Authority : 89
  • Atribut Tautan : Dofollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Kalian daftar akun dan buat profil Anda sendiri atau perusahaan 

Linkedin

  • Domain Authority : 100
  • Atribut Tautan : Nofollow
  • Cara Mendapatkan Tautan : Daftar akun linkedin dan buat artikel baru di feed Linkedin Anda. 

Cara Memilih Backlink Agar Blog Semakin Populer

Karena proses penanaman backlink sering kali dilakukan dengan cara memberikan komentar. Akan lebih baik jika komentar yang diberikan oleh Anda tidak dilakukan dalam waktu bersamaan dengan kata-kata yang sama. Dalam hal ini, gunakanlah kata-kata yang berbeda, sehingga blog Anda pun tidak akan terkesan seperti spam.

Jika pada tips sebelumnya kita membahas tentang apa dan bagaimana cara melakukan link building, maka pada tips kali ini akan lebih membahas bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Bedanya link building dengan backlink apa sih? Nah, jika kita tarik dalam sebuah hirarki maka letak link building berada diatas backlink, dalam artian link building membangun backlink.

Secara teori link building adalah praktek SEO untuk melakukan aktifitas membangun link guna meningkat popularitas sebuah website, biasanya aktifitas yang dilakukan tidak hanya menanam backlink, namun lebih luas daripada hanya sekedar menambah backlink. Sementara backlink adalah sebuah tautan link text yang mana jika kamu klik maka akan mengarah pada sebuah halaman website.

Jika kamu baru membuat blog dan menggunakan domain baru maka DA PA nya belum terbentuk. DA PA adalah sistem penilaian web untuk mengukur kualitas blog yang dikembangkan oleh MOZ, digunakan pula Ahref dan ubbersuggest. Moz merupakan tools untuk mengukur nilai DA PA. Nilai berkisar antara 0-100. Semakin besar, lebih bagus. Jika kamu cek, beberapa situs pendidikan (edu/ac.id), pemerintah (gov), dan berita biasanya memiliki DA PA tinggi. Blog ub ini memiliki DA 67 dan PA 36, cukup bagus dan dikategorikan sebagai blog edu. Semakin bagus DA PA, akan mendukung postingan yang kita upload di blog menjadi page one. 

Contohnya ketika upload dua konten serupa yaitu cara membuat daftar isi A dan cara membuat daftar isi B yang di upload di dua blog berbeda. Konten A lebih banyak pembaca dan memiliki ranking di google lebih baik ketimbang B. Dua faktor yang terlihat karena Blog A memiliki DA 11 dan PA 22 dengan kunjungan 1.000/hari, sedangkan Blog B memiliki DA 6 dan PA 9  dengan kunjungan 10/hari. 

Bandingkan ketika upload di Quora, Kompasiana, Kaskus dan blog sendiri. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing. Saya upload untuk membandingkan 3 konten yang sama yaitu rekomendasi ebook untuk anak di 3 situs pilihan dan blog saya. Hasilnya sebagai berikut:

  1. Kompasiana: Artikel saya mendapatkan 157 kunjungan selama 1 bulan dengan DA PA 83 39
  2. Quora: Artikel saya mendapatkan1.100 kunjungan selama 1 bulan dengan  DA PA 93 43
  3. Kaskus: Artikel saya mendapatkan 511 kunjungan selama 1 bulan dengan  DA PA 77 37
  4. Blog ini: Artikel saya mendapatkan 120 kunjungan selama 4 bulan dengan DA PA 11 22

Meskipun hasil tersebut tidak mencerminkan manfaat DA PA blog berpengaruh terhadap page one dan trafik postingan, maka kiranya kita dapat disimpulkan:

  1. Apabila kamu ingin artikelmu lebih visible kamu bisa cari komunitas pembaca dan platform menulis yang tinggal pakai seperti kompasiana, kaskus, atau quora dengan memerhatika DA PA blog.
  2. Apabila kamu butuh mengembangkan DA PA blog mu, maka ketiga situs tersebut dapat menjadi sumber backlink. 

Tanamkan Backlink Secara Langsung Pada Artikel atau HomePage

Selain melakukan proses penanaman backlink pada website milik orang lain. Ada pula cara lainnya yang dapat Anda gunakan. Cara tersebut adalah menanam backlink pada konten yang Anda miliki sendiri.

Dalam hal ini, Anda dapat menyisipkannya pada artikel yang Anda buat atau bahkan pada HomePage website Anda. Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan, bahkan Anda pun tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pembuatannya. Akan tetapi untuk menghasilkan efek yang maksimal, pastikan Anda membuat konten yang lebih baik pula.

Tanamkan Backlink Dengan Wajar

Tips lainnya yang dapat coba Anda lakukan adalah menanam backlink dengan wajar. Artinya tidak menanam backlink secara berlebih. Karena melakukan proses penanaman backlink secara berlebih juga tidak memberikan efek yang baik.

Dalam hal ini hindari menanam backlink di waktu bersamaan dalam jumlah banyak. Karena penanaman backlink secara bertubi-tubi, akan menjadikan kualitas backlink tersebut menurun. Untuk itu, pastikan Anda menanam backlink dengan cara yang wajar.

Bertukar Link Blog Dengan Orang Lain

Cara lainnya yang dapat coba Anda lakukan adalah menanam backlink dengan saling bertukar link. Hal ini dapat Anda lakukan ketika berinteraksi dengan para pengguna blog lainnya. Selain menguntungkan bagi blog yang Anda miliki, tentunya cara ini juga akan membantu para pengguna blog lainnya.

Pilih Blog Dengan Kualitas Baik

Bagian paling akhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menanam backlink pada blog yang memiliki kualitas bagus di mata Google. Dengan kualitas blog yang baik, maka penanaman backlink pun akan berjalan dengan lebih lancar. Bahkan hasil yang didapatkan pun umumnya jauh lebih maksimal.

Untuk mempelajari cara mendapatkan backlink adalah salah satu taktik SEO tertua dan paling efektif . Ini juga salah satu cara paling produktif untuk menumbuhkan lalu lintas pencarian organik. Tetapi Anda harus berhati-hati dengan cara membangun backlink yang berkualitas.

Tautan telah menjadi bagian utama bagaimana Google dan mesin pencari lainnya menentukan seberapa tepercayanya sebuah situs web sejak awal. Mereka memandang setiap tautan sebagai semacam rekomendasi, sehingga semakin banyak tautan yang diarahkan oleh sebuah situs web semakin tinggi juga peringkatnya dan kredibilitasnya dalam hasil pencarian.

Untuk itu kami akan membagikan beberapa peluang backlink atau link berkualitas tinggi yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan cukup instan untuk Anda hubungkan ke situs Anda sebagai sumber backlink berkualitas.

Walaupun cukup sulit dan memerlukan proses panjang untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas tinggi, Anda tak perlu khawatir. Sebab, selalu ada cara untuk memperolehnya dengan benar. Seperti berikut ini!

  1. Guest Post

Apakah Anda pernah mendengar tentang guest post atau penulis tamu? Ya, guest post atau penulis tamu adalah pembuatan konten gratis di suatu situs atau blog milik orang lain, di mana imbalannya adalah diberikan link yang mengarah ke situs Anda. Ada pun link ini bisa diletakkan di bagian biodata penulis, atau bisa juga berbentuk kutipan informasi yang ada dalam artikel (anchor text). 

Guest post termasuk cara menanam backlink yang sangat digemari. Alasannya, cara ini bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik itu untuk Anda sebagai penulis, maupun untuk pemilik blog, di mana artikel Anda akan ditayangkan.

  1. Membuat Konten dengan Kualitas Terbaik

Supaya bisa mendapatkan backlink dengan kualitas tinggi, Anda pun harus membuat konten yang sama berkualitasnya. Jadi, konten tersebut dapat membantu branding brand Anda secara menyeluruh di mata masyarakat, terutama warganet. 

Namun jika sebaliknya, saat halaman situs Anda kualitasnya rendah, apalagi tidak ada informasi yang berharga di sana, tentu bisa menimbulkan penilaian negatif, dan audiens enggan berkunjung kembali.

  1. Membuat Konten yang Jelas Menghasilkan Backlink

Tidak hanya sekadar teks artikel saja. Ternyata, ada beberapa jenis format konten yang kinerjanya jauh lebih bagus dalam mendapatkan backlink. Misalnya saja infografik, video, kuis, dan konten yang berisi tips atau tutorial. Nah, buatlah artikel dengan format tersebut, supaya nantinya ada situs lain yang membuat tautan ke artikel Anda.

Pada umumnya, konten berupa artikel panduan atau tutorial memiliki jumlah kata yang banyak dan juga komprehensif. Kinerja konten seperti ini jauh lebih bagus dibandingkan artikel pendek. Konten panduan lengkap akan dimanfaatkan sebagai artikel sumber atau referensi oleh situs lain, ketika mereka menulis topik yang serupa dengan Anda.

Agar artikel Anda lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkan referensi tersebut, terapkan riset keyword yang tepat sasaran, dan gunakan pula long tail keyword.

  1. Buatlah Skyscraper Content

Setelah menemukan konten yang bagus di blog atau situs Anda, maka poleslah supaya lebih bagus lagi. Misalnya, dengan memperbaharui isi artikelnya, disesuaikan dengan perubahan yang terkini. Kemudian, tambahkan bagian yang masih kurang dan lainnya. 

Dengan begini, besar kemungkinan artikel Anda akan muncul di page one. Dan akhirnya, banyak orang yang membaca serta menjadikannya referensi, sehingga dengan senang hati mereka memberi backlink.

  1. Membuat Tools yang Gratis

Ingin backlink dofollow gratis yang lebih jitu? Cobalah membuat tools gratis yang banyak digunakan. Misalnya, template blog atau situs, template email marketing, kalkulator, informasi Covid-19, dan berbagai tools sederhana lainnya. 

Sebelum menyediakan tools gratis ini, Anda harus terlebih dulu melakukan semacam riset. Gunanya, untuk mengetahui tools apa yang paling banyak digunakan dan bisa membantu Anda mendapatkan backlink dofollow berkualitas. Hingga kemudian bisa Anda adaptasi di situs digital marketing websites Anda.

  1. Menggunakan Metode Broken Link Building

Cobalah menjangkau situs dengan outbound link yang rusak, lalu sarankan supaya mereka memperbaharui link tersebut ke salah satu halaman di situs Anda, yang berhubungan dengan artikel orang tersebut.

Tips Mencari Backlink Berkualitas

Dalam mencari backlink, kamu tidak boleh sembarangan menautkan link. Google tidak menilai backlink dari kuantitas saja, tetapi juga mempertimbangkan kualitas.

Backlink yang tidak berkualitas akan merugikan website kamu, sehingga kamu harus menyeleksi backlink dengan teliti agar mendapatkan backlink berkualitas. Apa saja kriteria backlink berkualitas? Berikut enam kriteria backlink berkualitas:

Backlink Terindeks Google

Hal utama yang paling penting ketika melakukan backlink tentu website yang ditautkan sudah terindeks Google. Menanam backlink di website yang tidak terindeks Google merupakan hal yang sia-sia.

Cara mengecek apakah sebuah website sudah terindeks Google atau belum, tinggal ketikkan “site:contohwebsite.com” di halaman pencarian Google. Jika tidak muncul hasil pencarian apapun, berarti website tersebut belum terindeks.

Memiliki Domain Authority Tinggi

Selanjutnya kamu juga perlu memastikan website yang akan kamu tanami backlink benar-benar memiliki kredibilitas dan berpengaruh.

Bagaimana cara memastikan kredibilitas sebuah website? Kamu bisa memeriksa kredibilitas website menggunakan software seperti Ahrefs. Kredibilitas di Ahrefs diukur menggunakan skala 1 sampai 100 yang disebut dengan Domain Rating (DR).

Domain Rating tersebut mengukur berapa banyak backlink berkualitas yang didapatkan sebuah website. Semakin tinggi nilai DR, semakin potensial untuk backlink.

Trafik Website Tinggi

Selain Domain Rating, kamu juga perlu mempertimbangkan jumlah trafik (jumlah kunjungan sebuah website). Untuk mengukur berapa trafik yang dihasilkan sebuah website per bulannya, kamu juga bisa menggunakan Ahrefs. Pastikan website yang akan ditanami backlink memiliki trafik yang baik.

Kualitas Outbound Link

Kemudian perhatikan outbound link dari calon website yang akan ditanami backlink. Biasanya website dengan kualitas backlink yang bagus akan memberikan backlink ke website berkualitas pula.

Perhatikan apakah rekam jejak outbound link mereka bagus? Apakah mereka memberikan outbound link ke website berkualitas atau tidak?

Backlink dengan Konten Relevan

Saat melakukan backlink, kamu juga harus membuat tautan link pada website yang relevan dengan website atau bisnis kamu. Google juga akan memberikan penilaian yang bagus terhadap website yang melakukan backlink yang relevan dengan website tersebut.

Misalnya kamu menjual komputer dan laptop, maka kamu bisa membuat backlink pada website yang membahas berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Cara menanam backlink agar DA dan PA blog meningkat

Cara menaikan domain authority sebenarnya sudah banyak dibahas oleh Pegiat SEO. Menurut pemahaman saya, mereka (tapi tidak semua) menyarankan untuk menanam backlink di situs web 2.0, media sosial, blog walking, web profile, dll. Kamu harus menanam banyak backlink menuju situs web mu karena ketika ingin memanen hasilnya maka kamu dapat peroleh dua hal yaitu DA PA tinggi dan rupiah dari jasa backlink. 

Tidak semua backlink yang kamu tanam menghasilkan DA PA, sebagian pasti ada yang gagal panen (rusak/tidak terindeks google). Berikut lahan sawah yang dapat kamu tanam backlink secara gratis: 

1. Share artikel blog di Web 2.0 

Web 2.0 dipahami sebagai situs untuk menulis artikel, yang biasanya dipakai sebagai web utama ataupun dummy. Aktivitas menanam backlink di web 2.0 biasanya disebut eksternal link. Apabila web eksternal kita terindeks di google dan mengarahkan ke blog kita, kita dapat backlink dan 1 poin untuk DA PA. Backlink ini serupa dengan kita mengutip artikel jurnal dan mencatumkan di daftar pustaka. Apabila saya mengutip penulis A, maka secara otomatis penulis A mendapatkan manfaat seperti tulisannya banyak dikutip, banyak dibaca dan dihargai di dunia akademis. Perlakuan mengutip ini sama di blog, dihargai oleh MOZ (bukan Google) dan tools DA PA lainnya seperti Ahref dan ubbersuggest. 

Selain mendapatkan backlink, cara share artikel ini dapat meningkatkan trafik blogger. Beberapa eksperimen yang saya jalankan seperti share konten di Quora dengan membuat space ruang Ebookgratis.quora.com. Web ini berisi artikel blog yang berisi label panduan praktis, sehingga di upload ulang ke Quora. Selama 1 bulan, saya telah mendapatkan 1.1k pengikut, hasilnya sehari blog saya bisa mendapatkan kunjungan 5-15 pengunjung dari internal link Quora. Tips mendapatkan trafiknya adalah selalu update artikel. 

Berikut daftar situs backlink Web 2.0 yang dapat kamu manfaatkan. Kamu juga bisa manfaatkan situs edu yang kamu peroleh ketika menjadi mahasiswa menjadi backlink. 

  1. https://livejournal.com/
  2. https://mystrikingly.com/
  3. https://www.hipwee.com/
  4. https://quora.com/
  5. https://www.kompasiana.com/
  6. https://www.kaskus.co.id/
  7. https://www.wattpad.com/
  8. https://www.qureta.com/
  9. https://www.idntimes.com/

2. Berkomentar di blogger lain (blogwalking)

Meskipun cara ini sudah agak ditinggalkan, mengomentari dan memberikan apresiasi di blog orang lain yang serumpun dengan blog kita akan dihargai oleh MOZ. Komentar yang terindeks akan menjadi backlink ke website kita. Cara berkomentar untuk mendapatkan backlink antara lain:

Menggunakan 2 model Tier 1, Tier 2, dan Tier 3. Langkahnya kamu singkat domain utama di bit.ly (situs perpendek URL lainnya s.id). Replace sesuai alamat bit.ly dan taruh komentar di situs dengan DA PA blog bagus. 

<a href=” https://bit.ly/3qK1geT”> Visit my blog at masgani </a>

Ganti teks warna merah dengan short url kamu, dan Ganti teks warna biru dengan pesan teks

Membuat internal link domain utama di komentar. Caranya cukup mudah, kamu tingalkan komentar di postingan situs. Pastikan kamu mengisi alamat situs web utama di kolom komentar blog (lihat gambar). 

backlink melalui komentar blog

Berikut daftar situs untuk memperoleh backlink dari komentar blog: 

  1. https://wordpress.oise.utoronto.ca/arc/ar-clycle/#comment-143191
  2. https://cunymathblog.commons.gc.cuny.edu/2012/09/20/polls-observational-studies-and-the-meaning-of-random/  
  3. http://formulaelectric.sko.its.ac.id/blog/wp/2021/08/20/cara-membaca-hasil-cek-turnitin/
  4. http://insurance.kangyusufmn.com/2019/05/cara-mudah-meningkatkan-rpm-adsense.html
  5. https://www.bly.com/blog/general/whats-your-addiction/
  6. https://www.bly.com/blog/success/dream-big-start-small
  7. https://www.lutfin.com/2019/05/membuat-widget-recent-post-responsive-pada-blog.html
  8. http://www.gurumaju.com/2018/07/contoh-proposal-hut-ri.html
  9. https://wordpress.oise.utoronto.ca/arc/ar-clycle/#comment-143191
  10. http://getstartedtodayonline.dreamhosters.com/tell-me-why-i-love-sundays-its-not-what-you-think/#add-comment
  11. https://greatnesia.id/menikmati-keberagaman-tempat-wisata-di-kediri/
  12. https://www.finansialku.com/cara-mengatur-keuangan-mahasiswa-belum-punya-penghasilan-tetap-dan-masih-bergantung-pada-orang-tua/
  13. https://www.cilyainwonderland.id/2010/04/charlies-angels-style-fashion.html?showComment=1636890278157#c3737882535763356313
  14. https://pojokmungil.com/serunya-4-wahana-di-seaworld-ancol/  
  15. https://www.garuda.website/backlink/backlink-pbn/#comment-613 
  16. https://comment.blogcms.jp/livedoor/nwknews/5159108/post
  17. http://sheffield2013.blogs.latrobe.edu.au/2013/06/the-study-tour-has-been-great.html

BACA JUGA

Adapun tips yang saya berikan ketika melakukan aktivitas blogwalking berkomentar yaitu:

  1. Pastikan DA PA blog lebih tinggi dari yang kita miliki
  2. Menimalisir komentar di blog yang memiliki spam skor tinggi
  3. Jangan membuat spam di komentar, membuat komentar terlalu banyak
  4. Pastikan komen di website yang memiliki tema dan topik sama dengan blog yang kita miliki

3. Membuat web profile 

Website profile blogger dapat kamu manfaatkan sebagai media backlink berkualitas. Kamu hanya perlu mendaftar dan mengisi biografi singkat yang berisi link website mu. Ada banyak sekali web profil yang memiliki DA PA tinggi. Namun beberapa diantaranya sulit diindeks, diindeks di search console namun tidak berpengaruh pada DA PA.

Berikut daftar situs web profile yang dapat kamu manfaatkan dan terbukti cepat terindeks dan menambah poin DA PA di MOZ, kurun waktu 1-2bulan:

  • https://www.mysciencework.com/ (DA 55)
  • https://artistecard.com/ (DA 56)
  • https://www.mycustomer.com/ (DA 64)

Beberapa web profile lainnya untuk backlink sebagai berikut:

  1. https://www.blogger.com/profile/
  2. https://linktr.ee/ (Indeks search console)
  3. https://orcid.org/ (Indeks search console)
  4. https://dribbble.com (Indeks search console)
  5. https://www.linkedin.com/
  6. https://sites.google.com/
  7. https://github.com/
  8. https://issuu.com/
  9. https://myspace.com/
  10. https://medium.com/
  11. https://www.slideshare.net/
  12. https://en.gravatar.com/
  13. https://id.pinterest.com/
  14. https://www.scribd.com/
  15. https://archive.org/
  16. https://disqus.com/
  17. https://www.quora.com/
  18. https://soundcloud.com/
  19. https://ui-ac.academia.edu/
  20. https://www.goodreads.com/ 
  21. https://about.me/
  22. https://dribbble.com/
  23. https://www.behance.net/
  24. https://trello.com/
  25. https://www.wattpad.com/
  26. https://scholar.google.co.id/
  27. https://www.flickr.com/
  28. https://hub.docker.com/
  29. https://ask.fm/
  30. https://anchor.fm/
  31. https://www.zotero.org/
  32. https://dev.to/
  33. https://www.semanticscholar.org/
  34. https://cults3d.com/ 
  35. https://zenodo.org/
  36. https://tawk.to/
  37. http://www.heromachine.com/
  38. https://www.goodfirms.co/ 
  39. https://mstdn.social/ 
  40. https://support.themecatcher.net/
  41. https://trakteer.id/
  42. https://sociabuzz.com/
  43. https://www.indiegogo.com/
  44. https://www.dmca.com/

4. Upload artikel di repositori

Kamu dapat manfaatkan situs upload dokumen (PDF) gratis dan menambahkan tautan menuju websitemu. Ubah artikel ke bentuk PDF, lalu upload ke repositori. Cara ini terbilang sederhana, kamu dapat memanfaatkan beberapa situs repositori berikut secara gratis:

  1. Zenodo 
  2. Academia 
  3. Slideshare 
  4. Researchgate
  5. Isuu

5. Submit URL di Seo Checker

Kamu dapat manfaatkan tools checker seo sehingga mendapatkan backlink dari situs tersebut. Ada beberapa situs yang dapat kamu manfaatkan sebagai berikut:

  1. http://alestat.com/
  2. https://checkhostname.com/
  3. https://www.keyworddifficultycheck.com/
  4. https://www.sitelinks.info/
  5. https://www.siteprice.org/
  6. https://seositecheckup.com/
  7. https://www.siteprice.org/
  8. https://www.sitelinks.info/

Memanen backlink blog

Biasanya menanam dan merawat backlink melalui web 2.0, media sosial, komentar, dan profil membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Setelah satu bulan, kita dapat panen berupa adanya penambahan skor DA PA di MOZ dapat meningkat. 

Agar backlink dapat kita panen, maka kita perlu melakukan crawl dan indexing ataupun dengan melakukan ping agar cepat terindeks. 

Merawat backlink dengan pingfarm dan pingler. Caranya kunjungi situs pingler.com, isikan kategori dan tautan backlink dari web, profil yang kamu buat klik ping! (Lihat gambar). Kamu juga bisa menggunakan pingfarm, copy paste 10 URL lalu ping. 

Merawat backlink dengan pingler

Update peta situs di search console. Kunjungi tautan, pilih Situs tertaut teratas. Disini kamu bisa cek backlink yang sudah terindeks oleh Google yang mengarah ke situs yang kamu miliki. 

Update backlink di search console

Mengecek melalui ekstensi web browser DA PA trial seperti ubbersuggest, dan MOZ. Perhatikan kotak DA PA pada hasil pencarian.

cek DA PA MOZ

Jual backlink

Setelah DA PA blog meningkat, kamu bisa juga buka jasa backlink (jual backlink) berkualitas. Kamu bisa buka harga sesuai pasaran. Biasanya, kamu hanya perlu menambahkan tautan Dofollow yang mengarah ke situs pelangganmu. Artikelnya bisa pakai yang lama, atau membuat baru sesuai Niche, atau topik website pelanggan. 

Saya pernah diajak kerjasama terkait backlink di tautan artikel yang pernah saya buat, yang dihargai 75ribu. Namun, karena saya masih ragu-ragu belum saya lanjutkan. Waktu itu DA PA blog ini masih  9 20. 

Jika kita cari tau, harga jasa backlink sangat beragam, mulai dari 500ribu. Adapun manfaat yang dapat kita peroleh utamanya adalah trafik berlimpah dari situs yang menyediakan backlink, dan pastinya poin DA PA meningkat.

BONUS Backlink redirect Google DA PA 

Selain cara menaikan da pa di atas, kamu juga bisa lakukan backlink melalui redirect Google. Ganti alamat url di bawah ini dengan blog kamu, lalu publikasikan di situs komentar. Pastikan kamu ping dan share konten tersebut agar cepat terindeks dan menambahkan poin DA PA MOZ. 

Berikut daftar URL redirect google untuk menaikan DA PA:

  1. https://cse.google.ac/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  2. https://cse.google.ad/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  3. https://cse.google.ae/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  4. https://cse.google.al/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  5. https://cse.google.am/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  6. https://cse.google.as/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id

Cukup Sekian Pembahasan mengenai Backlink Website Berkualitas dari artikel Teknisi-Blogger.id. Semoga membantu