Aplikasi Android Terbaik 2021 Untuk Merubah Suara ke Dalam Teks.

By | September 16, 2020

Aplikasi Android Terbaik 2019 Untuk Merubah Suara ke Dalam Teks.

Merubah Suara Menjadi Teks. Di bawah ini Anda dapat menemukan beberapa aplikasi yang dapat merubah file audio menjadi teks. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat merubah suara menjadi bentuk teks. Aplikasi seperti ini sangat bermanfaat untuk Anda yang mempunyai hobi menulis, tetapi dengan keterbatasan yang ada maka aplikasi ini dapat membantu.
Sebagai contoh untuk seorang Tunarungu, aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu menerjemahkan apa yang diomongkan oleh lawan bicaranya sehingga dia dapat mengerti lawan bicaranya sedang bercakap apa.
Aplikasi ini juga bermanfaat untuk seorang penulis konten, sehingga dapat menghemat waktu dalam proses penulisannya karena dengan menggunakan aplikasi ini mereka hanya berbicara kemudian aplikasi akan men-transcribe hasil bicaranya itu ke dalam bentuk teks.

Saat ini aplikasi yang tersedia hanya dapat digunakan khusus untuk PC desktop. Dewasa ini sudah dikembangkan aplikasi yang dapat digunakan pada Smartphone atau ponsel.

1. Google Keyboard (Gboard).

Gboard (Google Keyboard)
Gboard (Google Keyboard)

Aplikasi ini mengubah teks ke suara dengan mudah. Aplikasi ini bersifat gratis, mudah digunakan, dan banyak fitur tambahan. Kelemahan dari Google Keyboard adalah tidak adanya perintah untuk menampilkan shortcut di layar home.

Jika saat ini di perangkat Android anda belum memiliki Google Keyboard, maka anda bisa langsung download Google Keyboard dari Link yang tersedia dan kamu akan mendapatkan aplikasi cara instan untuk merubah teks ke suara. Meskipun Google Keyboard dirancang untuk keyboard fisik, aplikasi ini juga mempunyai inputan suara yang langsung tersedia. Jika itu tidak cukup maka ada fitur tambahan di samping input secara fisik. Seperti menggeser, Anda juga dapat men-trigger gambar di dalam teks menggunakan perintah suara. Selain itu juga dapat digabungkan menggunakan Google Translate. Google Keyboard juga mendukung lebih dari 60 bahasa yang ada di dunia ini.

Meskipun Google Keyboard tidak di dedikasikan untuk alat transkripsi khusus, karena tidak ada perintah membuat shortcut atau text editing secara langsung di dalamnya. Tapi Google Keyboard mempunyai semuanya yang anda butuhkan dari alat transkripsi dasar. Dan seperti keyboard fisik lainnya, Google Keyboard dapat bekerja dengan beberapa software yang dapat Anda jalankan pada perangkat Android Anda. Sehingga Anda dapat melakukan editing teks, menyimpan dan export. dan yang lebih penting lagi Google Keyboard gratis, tidak ada iklan, sehingga anda bebas dalam menggunakan aplikasi ini.

Disini anda dapat men-download aplikasi Gboard. Disini

2. Speechnotes.

speechnotes
speechnotes

Aplikasi ini di dukung oleh teknologi Google. Beberapa kelebihan dari aplikasi ini adalah.

  • Built-in Google voice recognition tech
  • Recognizes punctuation marks
  • Mudah digunakan.
Kelemahan.
  • Aplikasi ini tidak tersedia di iOS app.
Ini merupakan salah satu aplikasi Dekte yang mudah digunakan. Untuk menggunakannya anda tidak perlu membuat sebuah akun baru. Penggunaannya pun sangat sederhana, buka aplikasi kemudian tekan tombol microphone dan aplikasi akan langsung siap digunakan.
Voice Recognition atau teknologi pengenalan suara dari Google yang mendukung berjalanya aplikasi ini. Pada saat anda melakukan perekaman, Anda dapat mudah mendeteksi tanda baca melalui perintah suara atau dengan menggunakan tanda baca yang terdapat pada keyboard bawaan ponsel. Menambahkan tanda tangan, Nama, Teks dan Salam dapat anda lakukan dengan menggunakan satu set tombol khusus pada keyboard bawaan. Juga terdapat pemberian huruf kapital secara otomatis pada setiap awal kalimat. Setiap perubahan yang ada di aplikasi tersimpan langsung pada sistem Cloud.
Ketika anda hendak menyesuaikan catatan, Anda dapat mengakses sejumlah besar Font dan ukuran teks yang ada. Ini merupakan aplikasi gratis yang bisa anda download dari Google Play Store. Aplikasi ini juga menyediakan fitur premium, Jika anda ingin mengakses fitur-fitur khusus yang hanya tersedia di premium selain itu juga terdapat versi Browser yang bisa berjalan pada Chrome.

2. Live Transcribe (Transkripsi Instan).

transkripsi instan
transkripsi instan

Live Transcribe (transkripsi instan) merupakan aplikasi aksesibilitas yang pada awalnya didesain untuk seorang tunarungu atau yang mempunyai gangguan pendengaran. Pada dasarnya aplikasi ini dapat digunakan oleh semua orang. Aplikasi ini memanfaatkan kecanggihan teknologi voice recognition atau pengenalan suara otomatis dari Google.
Live Transcribe menjalankan transfer ucapan dan suara yang anda inputkan melalui Microphone di ponsel secara real-time di layar. Sehingga Anda dapat berpartisipasi dengan lebih mudah dalam sebuah percakapan yang sedang berlangsung di hadapan Anda. Selain itu Anda juga dapat berpartisipasi langsung dengan cara mengetikkan teks atau kata yang ada di layar. 
Bukan saja untuk penyandang tunarungu, aplikasi live transcribe ini juga dapat anda gunakan untuk memudahkan dalam menuangkan ide-ide secara langsung dari suara Anda yang kemudian diubah menjadi teks. Hal ini sangat bermanfaat sekali Jika anda adalah seorang copywriter di mana dapat menghemat waktu dalam menulis sebuah tulisan. 
Cara menggunakan live transcribe di ponsel Anda pun cukup sederhana dan sangat mudah sekali. cukup Anda install live transcribe yang bisa anda download langsung dari Google Play Store melalui ponsel Android. Kemudian aktifkan untuk membuka aplikasi tersebut, aplikasi ini tersedia secara gratis, sehingga anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Beberapa fitur yang tertanam dalam aplikasi ini adalah sebagai berikut :
Fitur Utama Live Transcribe (Transkripsi Instan)
  1. live transcribe mendukung transkripsi lebih dari 70 bahasa dan dialek yang ada di dunia ini , tetapi saya sendiri menggunakannya untuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris saja.
  2. Mempunyai dukungan bilingual dengan tombol cepat untuk beralih antara dua bahasa.
  3. Membalas ucapan tanpa berbicara dengan cara mengetikkan respon secara langsung pada aplikasi.
  4. Aplikasi ini juga dapat menyaring level suara yang di ambil oleh mikrofon. Jadi dapat membedakan suara manusia dengan suara yang ada disekitarnya misalkan suara kerumunan  orang, suara mobil, suara klakson, suara ketukan, dll. Sehingga suara-suara yang selain dihasilkan oleh manusia tidak akan ditampilkan dalam bentuk teks.
  5. Aplikasi ini juga mendukung mikrofon eksternal yang umumnya terdapat pada headset yang berkabel, headset Bluetooth, dan microphone USB untuk menangkap sinyal audio yang lebih baik.
  6. Anda dapat menyimpan transkripsi dari hasil percakapan di dalam ponsel Android selama kurang lebih 3 hari.
  7. Aplikasi ini tersedia pada ponsel yang minimal berjalan dengan sistem operasi Android 5.0 (lollipop)

One thought on “Aplikasi Android Terbaik 2021 Untuk Merubah Suara ke Dalam Teks.

  1. Doris Kelly

    Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article.
    I will make sure to bookmark it and return to read more of
    your useful info. Thanks for the post. I will definitely
    comeback.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *